Accurate Online untuk Kemudahan Pembukuan Bisnis Properti Anda

Bagi Anda yang menjalankan bisnis properti atau mengelola properti untuk klien, pembukuan untuk bisnis properti temasuk pembukuan yang rumit. Bisnis properti adalah bisnis yang memerlukan penghitungan cermat untuk setiap data yang Anda input pada pembukuan Anda.

Bisnis properti adalah salah satu bisnis yang bisa menghasilkan keuntungan besar saat Anda bisa mengembangkannya dengan baik. Hal ini dikarenakan bsinis properti seperti penyewaan atau penjualan rumah adalah kebutuhan dasar yang dibutuhkan setiap orang.

Disisi lain, bisnis properti juga terkenal dengan pengelolaan aset yang terperinci. Hal ini dikarenakan bisnis jenis ini menawarkan produk yang membutuhkan pemasaran terbaik dan jangka waktu yang tidak ditentukan hingga produk tersebut laku terjual.

Tantangan pada Bisnis Properti

Seperti yang telah kita bahas diatas, bisnis properti memiliki tantangan tersendiri, terutama untuk pembukuan bisnis properti.

Hal yang harus diperhatikan adalah bahwa nilai pengeluaran dan pemasukan yang akan Anda catat pada bisnis ini biasanya cukup besar. Jika Anda masih menggunakan sistem pencatatan manual, tentunya risiko kesalahan pencatatan sangat besar dan akan memberikan kerugian yang besar pula.

Jangan mengambil risiko untuk bisnis sudah atau akan Anda bangun. Proses pembukuan terperinci dan minim kesalahan adalah hal yang penting untuk setiap bisnis.

Baca juga : Tertarik Membangun Bisnis? Berikut Tips Perencanaan Bisnis yang Efektif

Gunakanlah software akuntnasi seperti Accurate Online untuk meminimalisir kesalahan yang bisa menyebabkan kerugian pada bisnis. Tidak hanya memudahkan, Accurate Online juga memiliki fitur lengkap yang sesuai dengan kebutuhan akuntansi bisnis properti Anda.

Untuk mengetahui lebih jauh fitur apa saja yang bisa memudahkan proses pembukuan bisnis Anda, berikut akan kami bahas beberapa contoh fitur pada Accurate Online untuk binis properti Anda :

Perkirakan nilai properti Anda dengan mudah

Pada bisnis lain, stok memiliki nilai yang jelas dan spesifik. Tetapi dalam bisnis properti, transaksi lebih jarang terjadi. Satu blok rumah atau kantor mungkin tetap berada di tangan yang sama selama bertahun-tahun atau bahkan puluhan tahun, sehingga sulit untuk mengetahui nilainya saat ini.

Sebagian besar penilaian properti didasarkan pada perkiraan. Sampai suatu transaksi terjadi, nilai sebenarnya tidak diketahui. Jadi estimasi nilai adalah bagian dari penjualan atau pengelolaan properti untuk klien. Mereka biasanya didasarkan pada penjualan properti yang sama baru-baru ini dan di daerah yang sama.

Evaluasi aset yang akurat sangat penting untuk tujuan akuntansi. Pajak dan biaya lainnya seringkali didasarkan pada nilai.

pembukuan bisnis properti aset tetap

Jika Anda secara tidak akurat memberikan harga pada propeti yang Anda kelola atau jual, Anda bisa dikenai tuntutan. Jadi ikutilah peraturan penilaian dengan cermat dengan Accurate Online.

Baca juga : Pembukuan Bisnis Konveksi Lebih Mudah dengan Accurate Online

Accurate Online memiliki menu Aset Tetap yang akan memandu Anda dalam memahami fitur aset tetap, kategori aset, kategori aset tetap pajak, hingga disposisi aset tetap dan data aset perlokasi. Nantinya setalah mencatatnya, laporan nilai aset Anda akan secara otomatis pada laporan keuangan atau proses akhir bulan di Accurate Online.

 

Kelola gaji, komisi, atau tunjangan dengan cepat

Bisnis properti sering mempekerjakan staf berdasarkan komisi, atau persentase dari pendapatan sewa yang mereka kelola. Beberapa menggunakan kombinasi gaji tetap ditambah komisi.

Untuk agensi atau broker khususnya, masuk akal untuk menawarkan komisi tenaga penjualan untuk penjualan lengkap. Ini adalah insentif besar bagi mereka untuk bekerja keras. Namun komisi dapat mempersulit penggajian, karena pembayaran staf Anda akan berfluktuasi.

pembukuan bisnis properti gaji

Dengan Accurate Online Anda bisa mengelola penggajian beserta tunjangan lengkap dengan pajaknya secara otomatis pada fitur Gaji/Tunjangan.

 

pembukuan bisnis properti komisi penjual

Jika Anda menerapkan komisi bagi karyawan Anda, Accurate Online juga menyediakan fitur Komisi Penjualan yang berdasarkan kuantitas penjualan atau komisi bertingkat. Untuk mengetahui lebih jauh fitur penggajian pada Accurate Online, Anda dapat membacanya melalui artikel ini.

 

Otomatisasi penghitungan biaya dan pembuatan laporan keuangan

Pelaporan keuangan adalah bagian besar dari pembukuan bisnis properti. Jika Anda mengelola properti dengan kepemilikan klien Anda atau properti yang bekerja sama dengan banyak investor, ada banyak yang harus dipertimbangkan. Hal yang sama berlaku jika Anda menjalankan perusahaan konstruksi bangunan.

Baca juga : Pembukuan Bisnis Agen Perjalanan Lebih Mudah Dengan Accurate Online

Sangat penting untuk berhati-hati ketika menghitung biaya operasional. Jika Anda gagal memperhitungkan setiap biaya, Anda atau klien Anda bisa kehilangan uang.

pembukuan bisnis properti laporan keuangan

Dengan Accurate Online Anda bisa membuat perencanaan bisnis yang lebih matang dengan fitur Laporan yang mengotomatisasi 100 jenis laporan keuangan dan grafik yang bisa Anda gunakan untuk membantu membuat keputusan bisnis yang lebih baik. Mulai dari laporan laba rugi per proyek, laporan arus kas, neraca, rasio keuangan, perubahan ekuitas, dan masih banyak lagi.

 

Pengelolaan Banyak Proyek lebih Terukur

Bisnis properti sarat dengan pengembangan banyak proyek denga tempat yang berbeda. Akan sangat memakan waktu jika Anda menggunakan pembukuan manual, untuk menghitung seluruh laporan keuangan per-proyek. Belum lagi risiko kesalahan yang akan terjadi, tentu ini akan membahayakan setiap proyek yang Anda.

pembukuan bisnis properti proyek

Pada Accurate Online, Anda bisa mengelola pembukuan banyak proyek dengan mudah lewat fitur Proyek, mulai dari menginput penanggung jawab proyek, saldo awal, tanggal mulai, tanggal selesai, dan pelanggan.

Pembukuan Benar, Bisnis Properti Lancar

Jika Anda ingin menjalankan bisnis properti yang sukses, Anda harus memperhatikan pembukuan bisnis dengan serius. Itu berarti menggunakan setiap sumber daya yang mungkin untuk membantu Anda unuk kemajuan bisnis.

Menggunakan akuntan bisa menjadi solusi jika Anda menginginkan hasil instan dalam proses pembukuan bisnis. Jika bisnis Anda belum bisa menyewa jasa akuntansi, menggunakan software akuntansi yang musah digunakan seperti Accurate Online bisa juga menjadi solusi cadangan.  Ini akan memungkinkan Anda tetap mendapatkan proses pembukuan yang baik juga

Baca juga : Langkah Awal Menggunakan Accurate Online untuk Pembukuan Bisnis

Banyak pengembang dan pemilik bisnis properti yang bangkrut akibat tidak memiliki proses pembukuan yang baik. Orang-orang yang sukses adalah orang-orang yang merencanakan dengan baik, dan menganggap serius proses pembukuan dan akuntansi. Dengan kontrol yang cermat terhadap angka-angka, Anda dapat membangun bisnis yang solid yang teruji oleh waktu.

Tertarik menggunakan Accurate Online? Anda bisa mencoba secara gratis selama 30 hari melalui link ini.