Mengenal Tantangan Akuntansi pada Bisnis Agen Perjalanan

Agen perjalanan biasanya merupakan bisnis yang sulit dengan beragam margin produk dan variabel harga. Anda harus benar benar memanajemen arus kas untuk memastikan pemesanan berjalan lancar dan menemukan potensi masalah yang akan terjadi, mengetahui neraca untuk memahami aset dan liabilitas Anda dan membuat laporan laba rugi  untuk mengawasi margin laba. Semua hal ini penting dalam akuntansi dan pembukuan bisnis agen perjalanan.

Memulai bisnis agen perjalanan tidaklah mudah, terutama berbicara pembukuan yang mengharuskan Anda untuk menyimpan catatan transaksi yang tepat untuk bisnis Anda. Catatan-catatan ini membantu Anda melacak kinerja bisnis Anda dan sangat penting untuk mempersiapkan laporan pajak Anda dan keperluan pengembangan bisnis.

Prosedur akuntansi utama untuk bisnis agen perjalanan mencakup manajemen arus kas, buku besar, laporan pendapatan, dan laporan laba rugi.

Baca juga : Perilaku Konsumen Untuk Pengembangan Bisnis yang Lebih Baik

Manajemen Arus Kas

Melacak arus kas bisnis Anda adalah salah satu tujuan paling penting dari prosedur akuntansi  pada agen perjajalanan Anda. Saat mengoperasikan agen perjalanan dengan beragam transaksi harian, akan sangat besar risiko laporan transaksi penjualan dan pembayaran yang masuk.

Dengan menggunakan perangkat software akuntansi sepert Accurate Online, Anda dapat mengelola jejak arus kas secara cermat pada bisnis Anda, baik dari pos pengeluaran dan penjualan.

Ini akan menjaga pengelolaan kas bisnis Anda tetap baik dan membantu menggali potensi masalah keuangan apa pun pada bisnis Anda. Pastikan juga bahwa Anda atau akuntan Anda memposting semua transaksi bisnis dalam catatan pembukuan.

Baca juga : 5 Tips Evaluasi Kinerja Untuk Pengembangan Bisnis Berkelanjutan

Buku Besar

Buku besar adalah alat akuntansi lain untuk agen perjalanan. Buku besar menyoroti ringkasan posisi perusahaan Anda saat ini. Buku besar ini juga berguna untuk melacak aset pada usaha Anda, semua yang Anda dimiliki dan hutang perusahaan Anda.

Buku besar diperbarui setiap hari atau setiap minggu oleh sebagian besar bisnis. Sangat penting untuk memperbarui buku besar Anda sesering mungkin sehingga Anda dapat fokus pada status keuangan bisnis agen perjalanan Anda.

Mengidentifikasi Penghasilan

Mengidentifikasi pendapatan adalah prosedur akuntansi lain untuk bisnis apa pun. Prinsip ini ditetapkan ketika suatu bisnis telah mendapatkan pendapatan secara resmi dan dapat mengumumkan pendapatan pada laporan akuntingnya dan untuk kepentingan perpajakan.

Sebagai sektor jasa, agen perjalanan harus menggunakan metode tunai untuk mengidentifikasi pendapatan. Bisnis Anda harus mengidentifikasi pendapatan segera setelah pembayaran diperoleh. Analoginya, setiap kali Anda menyelesaikan layanan kepada pelanggan dan menerima pembayaran, Anda harus mengidentifikasi pembayaran sebagai pendapatan.

Laporan Laba Rugi

Mempertahankan laporan laba rugi adalah metode akuntansi terakhir untuk menjalankan bisnis agen perjalanan. Total penghasilan dan pengeluaran Anda dicatat dalam laporan laba rugi untuk menghitung laba bersih Anda selama periode waktu tertentu.

Laporan laba rugi Anda memenuhi tujuan yang sama dengan laporan arus kas. Sementara uang tunai sedang dilacak oleh laporan arus kas Anda, di sisi lain, keuntungan bisnis Anda diukur dengan laporan laba rugi Anda.

Ketika Anda memulai bisnis Anda, laporan arus kas lebih signifikan karena menawarkan Anda gambaran efektif dari total keuntungan perusahaan Anda.

Baca juga : Mengenal lebih Jauh Apa Itu Biaya Overhead dalam Bisnis

Kesimpulan

Variabel di atas membantu Anda menjalankan bisnis agen perjalanan baru agar berjalan dengan lancar dan efisien. Entri yang tidak cocok atau kehilangan entri akan menjadi hal yang sangat merepotkan dalam pembukuan agen perjalanan, karena nantinya semua entri ini akan terkait dengan laporan keuangan bisnis Anda.

Untuk meminimalisir kesalahan yang mungkin Anda atau akuntan Anda lakukan, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online untuk pengelolaan akuntansi agen perjalanan yang lebih efektif. Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang bisa Anda gunakan kapan saja dan dimana saja. Dengan harga terjangkau dan mudah digunakan, cocok untuk berbagai jenis bisnis termasuk agen perjalanan Anda.

Tidak percaya? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.