Jurnal Eliminasi Konsolidasi: Pengertian Dan Perannya Untuk Perusahaan

Kehadiran jurnal eliminasi konsolidasi akan sangat membantu pebisnis seperti Anda dalam menyajikan transaksi dari pemisahaan perusahaan induk dengan perusahaan anak. Walaupun memang jurnal eliminasi konsolidasi ini sering disandingkan dengan jurnal umum ataupun jurnal khusus, namun hal tersebut sangat jauh berbeda.

Karena, jurnal eliminasi adalah suatu jurnal yang dibuat secara khusus untuk menghilangkan ataupun mengeliminasi saldo dari seluruh rekening timbal balik antara kantor cabang dengan kantor induk.

Tujuan dari dilakukannya pencatatan ini adalah agar perusahaan induk dengan perusahaan cabang yang terlibat di dalam kegiatan transaksi bisa menghitung kerugian ataupun keuntungan yang terjadi karena adanya kegiatan transaksi yang tidak wajar.

Pengertian Laporan Keuangan Konsolidasi dan Jurnal Eliminasi

Secara umum, laporan keuangan konsolidasi adalah laporan yang didalamnya menyajikan hasil saldo operasi dan juga posisi keuangan. Laporan ini diperoleh dari dua ataupun lebih entitas perusahaan secara terpisah yang menjadi satu secara menyeluruh.

Oleh karena itu, laporan keuangan memerlukan jurnal eliminasi konsolidasi ini agar bisa mencapai proses konsolidasi dengan mengeliminasi seluruh transaksi kepemilikan antar perusahaan induk dan transaksi antar perusahaan anak.

Jadi, jurnal eliminasi adalah kegiatan melakukan penyesuaian saldo akun, yang mana jurnal ini wajib menghapus dan juga menghilangkan akun timbal balik antara perusahaan induk dengan perusahaan anak agar bisa dilakukan kegiatan penggabungan laporan keuangan.

Tujuannya adalah agar bisa memberikan gambaran menyeluruh terkait status keuangan dan kegiatan sekelompok perusahaan sehingga berbagai pihak terkait bisa memahaminya dengan baik.

Bila perusahaan induk mengendalikan perusahaan anak, maka laporan ini akan sangat diperlukan. Nah, persyaratan yang harus dipenuhi untuk membuat jurnal eliminasi konsolidasi adalah sebagai berikut:

  • Mempunyai satu atau lebih anak perusahaan sebagai bukti ekuitas.
  • Perusahaan induk mempunyai lebih dari 50% saham pada anak perusahaan.
  • Mempunyai saham di anak perusahaan kurang dari 50%, tapi perusahaan induk tetap mempunyai kendali penuh.

Bila kondisi di atas tidak bisa terpenuhi dengan baik, maka perusahaan cukup membuat laporan keuangan secara mandiri saja.

Baca juga: Faktur Penjualan Kredit: Pengertian, Komponen, dan Cara Membuatnya

Manfaat Laporan Keuangan Konsolidasi

Beberapa manfaat dari jurnal eliminasi konsolidasi adalah sebagai berikut:

  • Mengerti dampak jangka panjang anak perusahaan atas perusahaan induknya
  • Memberikan informasi terbaru pada tim manajemen perusahaan induk terkait kinerja anak perusahaan
  • Memberikan informasi pada pihak eksternal yang memang memerlukan.

Baca juga: Format Jurnal Khusus: Ini Jenis dan Contohnya

Format Kertas Kerja Pada Ayat Jurnal Eliminasi Konsolidasi

Format kertas kerja jurnal eliminasi konsolidasi biasanya terdapat 4 kolom, yakni nama akun, data neraca percobaan, ayat jurnal eliminasi, dan juga konsolidasi. Lalu, pada data neraca percobaan akan diberikan format dua kolom, seperti perusahaan anak dan perusahaan induk.

Jangan lupa juga untuk menginput ayat jurnal eliminasi dengan format debit dan juga kredit.

Baca juga: Cara Menghitung Payback Period Secara Cepat Dan Mudah

Contoh Soal dan Perhitungan Pada Ayat Jurnal Eliminasi Konsolidasi

Agar bisa meningkatkan pemahaman dan pengetahuan Anda, berikut ini adalah contoh soal jurnal eliminasi konsolidasi setelah dilakukan akuisisi penuh.

Data Neraca Sebelum Penggabungan Usaha Pada PT Induk dan PT Anak di Tanggal 01 Januari 2021

Perhitungan Kepemilikan Penuh PT. Induk dan Anak Dibeli Secara Nilai Buku

Katakanlah PT Induk membeli seluruh saham biasa dari PT Anak dengan harga Rp 300.000.000. Di tanggal 01 Januari dilakukan penggabungan bisnis dari nilai wajar setiap aset dan kewajiban dari PT Anak sama dengan nilai buku yang disajikan seperti tabel sebelumnya.

Untuk itu, PT Induk melakukan akuisisi seluruh saham biasa dengan PT Anak yang hanya memiliki satu jenis saham yang beredar saja.

Sehingga, total dari nilai buku saham yang diakuisisi sama dengan total ekuitas dari pemegang saham sebesar yang didapat oleh PT Anak, yakni Rp 200.000.000 + Rp 100.000.000. Harga beli sebanyak Rp 300.000.000 sama dengan nilai buku dari saham yang sudah diakuisisi.

Biaya Perolehan Investasi = Rp 300.000.000

Nilai Buku:

Saham Biasa – PT. Anak = Rp 200.000.000

Saldo Laba – PT. Anak = Rp 100.000.000

Perbedaan antara nilai buku dan harga perolehan adalah Rp 0

(Dr) Investasi Saham PT. Anak Rp 300.000.000

(Cr) Kas Rp 300.000.000

Berikut ini adalah data neraca setelah dilakukan penggabungan bisnis pada PT Induk dan PT Anak di tanggal 01 Januari 2020.

Sedangkan lembar kertas kerja neraca konsolidasi di tanggal 1 Januari 2020 adalah sebagai berikut:

Untuk pencatatan ayat jurnal eliminasinya adalah sebagai berikut:

(Dr) Saham Biasa – PT. Anak Rp200.000.000(Dr) Saldo Laba Rp100.000.000

(Cr) Investasi Saham PT. Anak Rp300.000.000

Berikut ini adalah laporan neraca konsolidasi PT Induk dan PT Anak Perusahaan

Baca juga: Mengenal Perbedaan Aset Tetap Berwujud dan Tidak Berwujud

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang jurnal eliminasi konsolidasi yang harus Anda ketahui ketika membuat laporan keuangan perusahaan. Namun bila Anda kesulitan atau tidak memiliki waktu untuk membuat jurnal eliminasi konsolidasi ataupun jurnal keuangan lainnya, Anda bisa memanfaatkan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Kenapa? karena Accurate Online mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan pada Anda secara otomatis, cepat dan akurat. Anda juga bisa mengakses laporan tersebut secara mudah di mana saja dan kapan saja Anda berada.

Selain itu, Accurate Online juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur dan modul yang mampu meningkatkan efisiensi bisnis Anda, seperti fitur penjualan, pembelian, persediaan, manufaktur, dan fitur lainnya.

Tertarik? Silahkan klik banner di bawah ini untuk mencoba Accurate Online selama 30 hari, Gratis!

Lala

Seorang lulusan S1 ilmu akuntansi yang suka membagikan istilah, rumus, dan berbagai hal yang berkaitan dengan dunia akuntansi lewat tulisan.