4 Tips Ampuh dalam Mengelola Minimarket Selama New Normal

Selama kondisi new normal berlangsung, manajemen minimarket adalah salah satu hal yang paling banyak menarik perhatian, khususnya untuk para pebisnis yang bergerak pada bidang ini. Dengan adanya dampak pandemi yang berkepanjangan saat ini, manajemen bisnis memang harus mendapatkan perhatian khusus agar usaha yang dijalankan bisa terus bertahan dengan baik.

Nah, untuk Anda yang ingin meningkatkan keuntungan bisnis di masa new normal, terdapat beberapa tips ampuh dalam mengelola minimarket, berikut ini adalah tipsnya.

1. Membuat Laporan Keuangan yang Rapi

Bila sebelumnya Anda belum pernah melakukan kegiatan ini, maka sekarang adalah waktu yang sangat tepat. Melakukan pencatatan arus pendapatan secara akurat, termasuk membuat laporan arus kas dan laporan laba rugi yang baik, akan sangat membantu Anda dalam hal merancang strategi bisnis agar bisa menanggulangi dampak yang diakibatkan pandemi.

Selain itu, dalam kondisi new normal seperti saat ini, terdapat banyak sekali penyesuaian yang harus dilakukan. Kehadiran laporan keuangan yang rapi akan sangat membantu Anda  dalam menentukan arah bisnis di masa depan.

2. Mengontrol Efisiensi Operasional Bisnis

Pengelolaan bisnis yang baik, khususnya dalam hal operasional, akan mampu memberikan dampak yang sangat signifikan pada tingkat kepuasan pelanggan.

Untuk itu, sederhanakanlah operasional bisnis Anda agar bisa memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk melakukan pembelian, seperti dengan menggunakan dua mesin kasir yang bisa mempercepat pelanggan dalam hal menerima pelayanan dari kasir.

Kebanyakan pelanggan umumnya memilih berbelanja di minimarket karena cepat dan mudah. Sehingga, pelanggan akan tertarik dan mau menjadi pelanggan setia minimarket karena mampu memenuhi kebutuhannya tersebut.

3. Lakukan Manajemen Bisnis Terkait Stok Barang

Agar keuntungan bisa meningkat, cobalah untuk memilih pemasok dengan penawaran yang lebih menguntungkan. Periksalah laporan penjualan Anda secara berkala agar bisa mengetahui barang apa saja yang memang harus dibeli lagi, dan barang apa saja yang harus dihentikan pembeliannya.

Jangan lupa juga untuk selalu mengontrol kualitas barang yang Anda jual. Bila memang ada barang yang kualitasnya berada di bawah standar, maka jangan ragu untuk meminta pengembalian dari pihak pemasok.

Dengan adanya dampak pandemi seperti saat ini, kemungkinan besar pelanggan akan lebih membutuhkan kepastian tersedianya barang tertentu saja daripada kelengkapan barang yang Anda jual. Untuk itu, pastikanlah perputaran barang dalam minimarket yang Anda kelola bisa selalu terjaga.

4. Perhatikan Kebutuhan Tenaga Kerja

Selain kebutuhan dan juga tingkat kepuasan pelanggan, kebutuhan karyawan yang Anda pekerjakan juga mempunyai peran yang sangat penting agar bisa memastikan bisnis Anda bertahan. Untuk itu, pastikanlah agar setiap pekerja bisa menempati pos yang sudah ditentukan dan tidak mengalami kejadian overlapping saat melayani pelanggan.

Dalam kondisi pandemi seperti saat ini, beberapa minimarket mungkin ada yang harus terpaksa merumahkan sebagian karyawannya, sehingga tenaga kerja yang tersisa kemungkinan besar akan kewalahan dalam menghadapi pelanggan.

Dalam hal ini, Anda harus mengevaluasi laporan keuangan dan penjualan dari minimarket yang sedang Anda kelola, pertimbangkanlah untuk menambah karyawan bila memang dibutuhkan. Tapi bila bisnis Anda masih sepi, cobalah untuk mengatur shift seefisien mungkin agar tenaga kerja Anda bisa bekerja lebih efisien.

Jadi, mau bagaimanapun kondisinya, tenaga kerja adalah pasukan paling depan dalam memastikan tingkat kepuasan pelanggan Anda.

Penutup

Efisiensi bisnis adalah hal yang sangat penting dalam melakukan manajemen minimarket dikala kondisi new normal. Untuk itu, cobalah lebih fokus pada bisnis Anda agar bisa tetap beroperasi di tengah kondisi saat ini. Bila perlu, gunakanlah aplikasi kasir dari iSeller untuk meningkatkan keuntungan Anda melalui berbagai manfaat yang ditawarkan.

Saat ini, aplikasi kasir iSeller sudah terintegrasi dengan Accurate Online. Apa untungnya? Untungnya adalah Anda bisa melakukan manajemen outlet minimarket yang banyak secara mudah dan akurat.

Terlebih lagi, Anda juga akan lebih mudah dalam melakukan sinkronisasi data transaksi pembelian dan penjualan, melaporkan setiap harga secara otomatis, memudahkan kegiatan impor dan ekspor barang, dan melakukan posting penjual per shift.

Penasaran? Ayo cari tahu lebih lanjut dengan klik tautan gambar di bawah ini.