Cara Terbaik dalam Memilih Aplikasi Kasir (POS) untuk Bisnis Anda

Software Point of Sale (POS) atau aplikasi kasir sudah menjadi fasilitas pendukung yang wajib Anda sediakan jika bisnis Anda ingin tetap rapi dan bisa dikelola untuk masalah pembukuan dan juga akuntansinya.

Karena pembukan yang dilakukan dengan aplikasi kasir akan lebih efektif dan lebih mudah daripada melakukan pembukuan secara manual.

Aplikasi kasir saat ini pun sudah semakin banyak, baik itu yang sifatnya berbayar ataupun yang gratis. Masing-masing aplikasi tersebut memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri. Nah, dalam memilih aplikasi kasir ini tentunya Anda tidak bisa asal pilih.

Karena, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan terlebih dahulu sebelum benar-benar memilih mana yang cocok dan sesuai untuk digunakan.

Untuk itu, sebelum Anda memilih aplikasi kasir tersebut, ada baiknya Anda membaca tips cara memilih aplikasi kasir berikut ini.

5 Tips Memilih aplikasi POS

1. Cari Fitur yang Lengkap dan Memudahkan

Pada dasarnya, aplikasi kasir dipilih agar bisa memudahkan setiap pebisnis dalam mengelola keuangan dan memperoleh laporan keuangannya. Oleh karena itu, pastikanlah aplikasi kasir yang Anda pilih sudah didukung dengan berbagai aplikasi yang lengkap.

Jika Anda mengira aplikasi kasir yang Anda gunakan hanya untuk menghitung biaya transaksi dan sebagai mesin kalkulator saja, maka Anda salah besar. Karena, aplikasi kasir memiliki banyak sekali fitur yang bisa Anda gunakan.

Untuk itu, pilihlah aplikasi kasir yang memiliki banyak fitur lengkap seperti fitur mencatat uang modal dan laporan transaksi secara tunai maupun non tunai, memiliki hak akses kasir dan supervisor, memiliki sistem keamanan yang tinggi, memberikan seluruh laporan keuangan.

Dengan fitur yang lengkap tersebut, tentunya aplikasi POS yang Anda pilih akan sangat berguna untuk seluruh transaksi jual beli Anda.

Baca juga: Kelola Data Transaksi dengan Mudah dan Aman dengan Menggunakan Accurate POS Beta

2. Pilihan Metode Pembayaran

Seperti yang sudah disinggung sedikit sebelumnya, pilihlah aplikasi POS atau aplikasi kasir yang sudah mendukung metode pembayaran tunai maupun non tunai, seperti kartu kredit, debit, atau dompet digital lainnya. Sehingga, hal tersebut akan memberikan kemudahan untuk setiap pelanggan Anda.

Kita tentu paham bahwa gaya hidup masyarakat kita saat ini sudah banyak yang menggunakan uang digital dan sedikit sekali yang menggunakan uang tunai. Artinya, sudah banyak yang tidak lagi mengandalkan uang cash dalam melakukan transaksinya.

3. Multi User

Usahakanlah untuk mencari aplikasi yang bisa digunakan oleh lebih dari satu pengguna saja, terlebih lagi jika Anda sudah memiliki banyak outlet. Setiap outlet Anda harus memiliki akunnya masing-masing, sehingga hal tersebut akan lebih memudahkan Anda dalam melihat laporan dan dari segi keamanannya pun akan sangat terjamin.

4. Pahami Fitur yang Ditawarkan 

Saat ini, setiap pengembang atau developer aplikasi pasti menjelaskan secara detail tentang fitur yang ada pada aplikasinya. Tapi, tetap saja ada beberapa istilah yang memang sulit untuk dimengerti oleh para pebisnis.

Nah untuk itu, Anda harus bisa menanyakan seluruh kemampuan dari fitur yang ditawarkan aplikasi tersebut, agar mampu memberikan keuntungan yang maksimal untuk Anda.

5. Sesuaikan Budget 

Cara terakhir ini adalah yang paling penting. Anda harus mencari paket apa saja yang ada pada aplikasi POS yang sesuai dengan dana atau anggaran keuangan Anda. pertimbangkanlah seluruh fitur dan keperluan dari bisnis yang sedang Anda jalankan.

Jangan sampai Anda tidak mengerti seluruh fitur yang disediakan pada aplikasi POS tersebut tapi Anda mau membayarnya begitu saja, terlebih lagi jika harganya mahal.

Baca juga: 3 Fitur pada Aplikasi Accurate POS Beta yang Berguna Untuk Kemudahan Bisnis Anda

Penutup

Jadi, berdasarkan penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa ada 5 tips yang harus anda lakukan dalam memilih aplikasi kasir atau software POS, yaitu mencari fitur yang lengkap dan memudahkan, memiliki fitur metode pembayaran, memiliki fitur multi user, memahami fitur yang ditawarkan, dan juga sesuaikan dengan anggaran keuangan anda.

Namun, saat ini Anda sudah tidak perlu khawatir lagi, karena seluruh tips diatas sudah ada pada aplikasi Accurate POS. Anda bisa buktikan sendiri dengan mencoba Aplikasi POS BETA sekarang juga.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

ayunda tania

Seorang yang memiliki hobi penulisan dan jurnalistik dan sedang mendalami ilmu akuntansi dan bisnis agar bisa memberikan manfaat bagi para pebisnis di Indonesia.