Pengertian Sistem POS dan 10 Fitur Penting Di Dalamnya

oleh | Agu 21, 2023

source envato.

Pengertian Sistem POS dan 10 Fitur Penting Di Dalamnya

Sistem point of sales (POS) telah menjadi elemen integral dalam operasional bisnis modern. Seiring dengan perkembangan teknologi, peran POS tidak lagi terbatas pada pencatatan transaksi penjualan semata, melainkan telah berkembang menjadi alat yang membantu mengelola inventaris, mengoptimalkan pengeluaran, dan meningkatkan pengalaman pelanggan.

POS, dalam pengertiannya yang sederhana, adalah sistem yang digunakan oleh peritel atau penjual untuk memproses transaksi penjualan.

Dalam berbagai industri seperti ritel, restoran, atau bahkan bisnis online, sistem POS telah menjadi sarana penting untuk mengelola segala aspek terkait penjualan dan operasional.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai aspek sistem POS, mulai dari fitur dan keuntungannya, hingga tips dalam memilih sistem POS yang sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Dengan pemahaman yang mendalam tentang sistem POS, diharapkan pembaca dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan efisiensi operasional dan mencapai kesuksesan dalam dunia bisnis yang terus berkembang.

Pengertian Sistem POS

accurate.id Pengertian Sistem POS

Berdasarkan laman Wikipedia, sistem point of sales (POS) adalah sistem yang digunakan dalam bisnis untuk memproses dan mencatat transaksi penjualan. POS mencakup perangkat keras (seperti komputer, scanner barcode, printer, dan kasir elektronik) serta perangkat lunak khusus yang dirancang untuk mengelola proses penjualan dan informasi terkait.

Secara umum, sistem point of sales berfungsi untuk:

1. Pencatatan Transaksi

Sistem point of sales akan mencatat semua transaksi penjualan, termasuk detail seperti jumlah produk, harga, diskon, metode pembayaran, dan informasi pelanggan. Hal ini memungkinkan pemilik bisnis untuk memiliki catatan akurat tentang penjualan mereka.

2. Manajemen Inventaris

Sistem POS juga akan membantu mengelola inventaris dengan melacak persediaan barang, memperbarui stok saat ada penjualan atau pengadaan, dan memberikan laporan tentang ketersediaan produk. Hal ini akan membantu pemilik bisnis untuk menghindari kekurangan atau kelebihan persediaan.

3. Pelacakan Penjualan

Sistem ini akan memungkinkan pemilik bisnis untuk memantau penjualan secara real-time, melihat laporan penjualan harian, mingguan, atau bulanan, dan menganalisis data penjualan untuk mengidentifikasi tren atau pola pembelian pelanggan.

4. Integrasi Pembayaran

Sistem point of sales umumnya akan terhubung dengan terminal pembayaran atau perangkat kartu kredit, sehingga pelanggan dapat dengan mudah membayar dengan berbagai metode pembayaran seperti kartu kredit/debit, uang tunai, atau pembayaran nontunai lainnya.

5. Manajemen Pelanggan

Beberapa sistem POS memiliki fitur manajemen pelanggan yang memungkinkan pemilik bisnis untuk menyimpan informasi pelanggan, melacak riwayat pembelian, memberikan program loyalitas, atau mengirimkan pemberitahuan dan promosi khusus kepada pelanggan.

Keuntungan penggunaan sistem point of sales meliputi peningkatan akurasi pencatatan penjualan, efisiensi dalam pengelolaan inventaris, analisis data penjualan yang lebih baik, dan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Dengan mengotomatiskan proses penjualan dan manajemen bisnis, sistem POS membantu meningkatkan efisiensi operasional dan memungkinkan pemilik bisnis untuk fokus pada pertumbuhan bisnis mereka.

Namun, perlu dicatat bahwa fitur dan fungsionalitas sistem POS dapat bervariasi tergantung pada jenis bisnis dan kebutuhan individu. Dalam memilih sistempoint of sales, penting untuk mempertimbangkan faktor seperti skala bisnis, jenis industri, integrasi dengan sistem lain, kebutuhan khusus, dan biaya.

Baca juga: Pengertian Aplikasi Kasir Restoran dan 6 Manfaat Besarnya

Fitur Sistem POS

Fitur Sistem POS

Sistem point of sales (POS) menawarkan berbagai fitur yang membantu dalam pengelolaan transaksi penjualan dan operasional bisnis. Meskipun fitur yang tersedia dapat bervariasi tergantung pada sistem POS yang digunakan, berikut adalah beberapa fitur umum yang sering ditemukan dalam sistem POS:

1. Pencatatan Transaksi

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mencatat semua detail transaksi penjualan, termasuk informasi produk, jumlah, harga, diskon, pajak, dan metode pembayaran.

2. Manajemen Inventaris

Fitur ini memungkinkan pemilik bisnis untuk mengelola stok barang dengan melacak persediaan, memperbarui stok saat ada penjualan atau pengadaan, dan memberikan laporan tentang ketersediaan produk. Beberapa sistem POS juga dapat memberikan notifikasi saat stok barang mencapai batas minimum atau memberikan saran pengadaan.

3. Integrasi Pembayaran

Fitur ini memungkinkan sistem point of sales untuk terhubung dengan perangkat pembayaran seperti terminal kartu kredit/debit atau aplikasi pembayaran digital.  Hal ini akan memudahkan pelanggan dalam melakukan pembayaran dengan berbagai metode pembayaran yang mereka pilih.

4. Manajemen Pelanggan

Beberapa sistem point of sales memiliki fitur manajemen pelanggan yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan informasi pelanggan, melacak riwayat pembelian, memberikan program loyalitas, atau mengirimkan pemberitahuan dan promosi khusus kepada pelanggan.

5. Laporan dan Analitik

Fitur ini menyediakan laporan penjualan yang rinci dan analitik untuk membantu pemilik bisnis dalam menganalisis kinerja penjualan, mengidentifikasi tren, dan mengambil keputusan yang lebih cerdas. Laporan ini dapat mencakup penjualan harian, mingguan, bulanan, atau periode khusus lainnya.

6. Integrasi dengan E-commerce

Beberapa sistem POS dapat terintegrasi dengan platform e-commerce, yang memungkinkan pemilik bisnis untuk mengelola penjualan online dan offline secara terpadu. Hal ini memungkinkan terjadinya sinkronisasi inventaris, pemrosesan pesanan, dan manajemen pelanggan di berbagai saluran penjualan.

7. Keamanan dan Otentikasi

Fitur ini melibatkan langkah-langkah keamanan untuk melindungi data transaksi dan informasi pelanggan. Hal ini dapat mencakup enkripsi data, penggunaan kata sandi, dan izin akses pengguna terbatas untuk melindungi integritas sistem.

8. Integrasi dengan Perangkat Keras

Sistem point of sales dapat terhubung dengan perangkat keras seperti scanner barcode, printer struk, kasir elektronik, timbangan, atau perangkat lainnya untuk meningkatkan efisiensi operasional.

9. Pemantauan Penjualan Secara Real-time

Beberapa sistem POS menawarkan pemantauan penjualan secara real-time, memungkinkan pemilik bisnis untuk melihat penjualan saat ini, performa toko, atau aktivitas kasir secara langsung.

10. Dukungan Pelanggan

Sistem point of sales yang baik biasanya menyediakan layanan dukungan pelanggan yang responsif, baik melalui telepon, email, atau chat, untuk membantu pengguna dalam mengatasi masalah atau pertanyaan yang mungkin timbul.

Penting untuk diingat bahwa fitur yang tersedia dalam sistem POS dapat berbeda tergantung pada vendor atau penyedia sistem POS yang digunakan. Sebelum memilih sistem point of sales, penting untuk mengevaluasi kebutuhan bisnis dan memastikan bahwa sistem yang dipilih memiliki fitur yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan spesifik.

Baca juga: Apa Perbedaan Mesin Kasir dan POS? Baca Disini!

Tips Memilih Sistem POS

Tips Memilih Sistem POS

Memilih sistem point of sales (POS) yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda adalah langkah penting untuk menjalankan operasi penjualan dengan efisien. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam memilih sistem point of sales yang sesuai:

1. Pahami Kebutuhan Bisnis Anda

Silakan lakukan identifikasi kebutuhan khusus bisnis Anda, seperti jenis produk atau layanan yang dijual, jenis transaksi yang umum dilakukan, dan apakah Anda memiliki multiple store atau outlet.

2. Fungsionalitas yang Relevan

Pastikan sistem POS tersebut memiliki fitur yang sesuai dengan bisnis Anda, seperti manajemen inventaris, integrasi pembayaran, penjualan online, pelacakan pelanggan, dan pelaporan penjualan.

3. Skalabilitas

Pertimbangkan pertumbuhan bisnis di masa depan. Pilihlah sistem point of sales yang dapat dengan mudah disesuaikan dengan perkembangan bisnis Anda.

4. Kemudahan Penggunaan

Sistem POS harus mudah digunakan oleh staf Anda. Antarmuka atau interface yang intuitif akan membantu mengurangi waktu pelatihan dan meningkatkan efisiensi.

5. Integrasi

Pilihlah sistem yang dapat diintegrasikan dengan perangkat lunak atau layanan lain yang Anda gunakan, seperti akuntansi, manajemen inventaris, atau platform penjualan online.

6. Keamanan Data

Pastikan sistem point of sales yang akan Anda gunakan memiliki lapisan keamanan yang kuat untuk melindungi informasi pelanggan dan data bisnis Anda.

7. Dukungan Teknis

Periksalah ketersediaan dukungan teknis dari penyedia sistem POS. Dukungan yang baik akan membantu Anda mengatasi masalah teknis dengan cepat.

8. Harga dan Biaya

Tentukanlah anggaran Anda dan bandingkan dengan biaya sistem point of sales yang berbeda. Jangan hanya mempertimbangkan biaya awal, tetapi juga biaya bulanan, biaya transaksi, dan biaya penyesuaian.

9. Mobile-Friendly

Di era digital, fleksibilitas akses melalui perangkat mobile dapat sangat penting. Pilihlah sistem point of sales yang memungkinkan Anda untuk mengaksesnya melalui perangkat mobile.

10. Ulasan dan Referensi

Membaca ulasan dari pengguna lain atau mendapatkan referensi dari bisnis serupa dapat memberikan informasi tentang pengalaman nyata menggunakan sistem POS tertentu.

11. Uji Coba

Jika memungkinkan, lakukanlah uji coba sebelum memutuskan. Hal ini akan membantu Anda mengenali apakah sistem POS tersebut benar-benar sesuai dengan operasi bisnis Anda.

12. Kemampuan Pelaporan

Pilihlah sistem POS yang memiliki kemampuan pelaporan yang kuat. Pelaporan yang baik dapat membantu Anda menganalisis kinerja bisnis dan mengambil keputusan yang lebih baik.

13. Ketersediaan Pembaruan atau Update

Pastikan bahwa penyedia sistem POS Anda secara aktif mengembangkan dan memperbarui sistem mereka untuk tetap relevan dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan bisnis.

14. Kompatibilitas Hardware

Pastikan juga bahwa sistem point of sales tersebut dapat berjalan di perangkat keras yang Anda miliki atau mudah ditemukan di pasaran.

15. Reputasi Penyedia

Pilihlah penyedia sistem point of sales yang memiliki reputasi baik dan telah lama berkecimpung di industri ini.

Ingatlah bahwa setiap bisnis memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, jadi pastikan Anda memilih sistem POS yang benar-benar cocok dengan karakteristik bisnis Anda. Melakukan riset mendalam sebelum mengambil keputusan akan membantu Anda menghindari potensi masalah di masa depan.

Baca juga: Pengertian Struk Kasir dan 6 Manfaatnya Bagi Bisnis

Penutup

Jadi, sistem point of sales (POS) memiliki peran yang sangat penting dalam mengoptimalkan operasional bisnis modern.

Dengan keakuratan dan efisiensinya dalam mencatat transaksi penjualan, manajemen inventaris yang lebih baik, analisis data yang mendalam, dan pengalaman pelanggan yang ditingkatkan, sistem POS membantu pemilik bisnis untuk mengelola bisnis mereka dengan lebih efektif dan efisien.

Dalam era digital ini, sistem POS terus berkembang dengan fitur-fitur yang lebih canggih, seperti integrasi dengan platform e-commerce, analitik yang lebih dalam, dan kemampuan integrasi dengan sistem lainnya.

Semakin banyak bisnis yang memanfaatkan potensi sistem POS untuk meningkatkan daya saing mereka di pasar yang semakin kompetitif.

Namun, penting bagi pemilik bisnis untuk memilih sistem POS yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik bisnis mereka. Evaluasi yang cermat tentang fitur yang dibutuhkan, kemampuan integrasi, keamanan data, dan dukungan pelanggan yang baik menjadi faktor penting dalam pengambilan keputusan.

Dengan memanfaatkan sistem POS secara optimal, bisnis dapat meraih manfaat yang signifikan, termasuk efisiensi operasional yang lebih tinggi, pengelolaan inventaris yang lebih baik, pengambilan keputusan yang lebih cerdas, dan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Dalam dunia bisnis yang terus berkembang, penggunaan sistem POS telah menjadi suatu keharusan untuk mencapai kesuksesan dan pertumbuhan yang berkelanjutan.

Maka dari itu, memahami konsep, fitur, dan manfaat sistem POS merupakan langkah penting dalam mengoptimalkan operasional bisnis dan mencapai keunggulan kompetitif.

Dengan terus mengikuti perkembangan teknologi dan memanfaatkannya secara tepat, sistem POS akan terus menjadi alat yang tak tergantikan bagi bisnis dalam mencapai kesuksesan jangka panjang.

Nah, salah satu sistem POS yang harus Anda pertimbangkan adalah Accurate POS. Aplikasi kasir digital yang sudah terintegrasi dengan ekosistem Accurate Online ini tidak hanya mampu mempercepat transaksi di kasir saja.

Aplikasi ini juga akan membantu Anda dalam melakukan penjualan dan pembelian, mengelola karyawan, pelanggan, dan persediaan, hingga mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan.

Penasaran dengan Accurate POS? Klik tautan gambar di bawah ini untuk mencoba Accurate POS selama 30 hari, Gratis!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

15 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Daftar konsultasi accurate lite
Ayunda

Artikel Terkait