Slogan Adalah Salah Satu Media Brand Awareness, Ini Cara Membuatnya!

Slogan adalah salah satu sarana dalam membangun bisnis. Selain itu, slogan adalah identitas yang membuat suatu bisnis bisa terlihat lebih menonjol dibandingkan dengan yang lainnya. Audiens akan lebih mudah dalam mengenal suatu bisnis karena slogannya yang mudah diingat.

Salah satu tantangan terbesar dari bisnis baru adalah membuat slogan yang mampu memikat audiens. Nah, untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tips dalam membuat slogan yang baik untuk Anda.

Tips Menulis Slogan yang Baik

Perkembangan zaman yang terjadi saat ini membantu pebisnis untuk bisa berjualan secara online. Selain produk yang menarik, berjualan secara online pun memerlukan slogan agar bisa menggambarkan bisnisnya.

Slogan bisa menjadi sarana komunikasi antara bisnis dengan audiens dalam menjelaskan identitas toko. Beberapa konsumen bahkan ada yang langsung percaya pada toko online karena slogan.

Slogan dianggap sebagai representasi bisnis agar bisa menyampaikan manfaat penting pada para konsumen. Tujuannya adalah agar bisnis bisa terlihat lebih menonjol dan mudah dikenal oleh audiens.

Slogan bisa ditempatkan di kolom deskripsi pada toko online, khususnya pada bagian atas. Slogan dan deskripsi bisa dibuat secara menarik agar bisa membuat bisnis lebih mudah diingat oleh para pelanggan. Inilah tips untuk membuat slogan yang menarik.

1. Pahami Target Pasar

Riset target pasar ataupun audiens tidak hanya berguna untuk membuat produk yang sesuai, tapi juga untuk membangun identitas suatu bisnis. Target pasar sangat berguna untuk bisa menentukan gaya bahasa yang nantinya ingin digunakan. Gaya bahasa pada slogan harus bisa disesuaikan dengan bahasa keseharian para target audiens salat menjalin komunikasi.

Faktor geografis dan demografis akan sangat menentukan perbedaan gaya bahasa dan deskripsi toko online. Contohnya, Anda lebih menargetkan anak-anak mudah, nah dalam hal ini Anda bisa menggunakan gaya bahasa yang lebih santai dan dibumbui dengan beberapa bahasa gaul agar mereka bisa merasa cocok dengan bisnis Anda.

2. Tonjolkan Manfaat Produk

Karena akan sangat berguna untuk menyampaikan produk, maka pastikanlah slogan dan deskripsi menampilkan kelebihan produk Anda. Karena, benefit produk menjadi salah satu hal yang bisa meningkatkan minat audiens untuk berbelanja.

Tampilkanlah kualitas produk Anda secara umum, lalu jelaskan manfaat dan keunggulannya dalam deskripsi toko. Jelaskan juga kelebihan bisnis Anda di dalam deskripsi atau slogan toko online Anda.

Harus selalu Anda ingat bahwa Anda tidak boleh melakukan klaim yang terkesan berlebihan. Jelaskanlah apa adanya agar bisa menjaga loyalitas pelanggan. Mereka akan merasa kecewa bila produk Anda tidak sesuai dengan deskripsi, bahkan mereka bisa meninggalkan komentar yang buruk tentang produk Anda nantinya.

Baca juga: Kesalahan yang Banyak Dilakukan dalam Mengembangakan Bisnis UMKM

3. Tonjolkan Keunikan Bisnis

Keunikan dalam suatu bisnis online bisa membuat toko menjadi lebih menonjol. Untuk itu, masukkanlah poin-poin keunikan ini di dalam kolom deskripsi ataupun slogan Anda. Keunikan yang ditawarkan nantinya akan menjadi daya tarik toko Anda.

Ada banyak sekali keunikan toko online yang bisa Anda tampilkan, mulai dari metode pengiriman, jenis produk, pelayanan, bonus, dan lain sebagainya.

Poin ini akan membuat produk Anda terlihat lebih unggul daripada kompetitor dan menjadi kunci untuk menarik pelanggan yang lebih tertarget. Pastikan juga keunikan yang Anda tawarkan memang benar-benar diperlukan oleh audiens.

4. Buat Slogan yang Bersifat Konsisten

Slogan adalah bagian dari brand image toko Anda, untuk itu proses pembuatannya harus konsisten. Jadi, buatlah slogan yang sesuai dengan identitas bisnis Anda, seperti logo, nama bisnis, dan lain sebagainya. Slogan adalah alat komunikasi yang akan menjelaskan identitas bisnis Anda.

Kunci penting dalam membuatnya adalah dengan menghindari slogan berdasarkan tren semata, terutama gaya bahasa. Alasannya karena tren akan terus berubah, sedangkan toko Anda harus terus berjalan. Oleh karena itu, buatlah slogan yang tidak akan hilang di benak para pelanggan.

5. Hindari Ambiguitas

Ambiguitas adalah hal yang harus Anda hindari dalam membuat slogan. Audiens Anda akan kabur bila Anda membuat slogan yang tidak jelas, karena mereka bingung dengan apa yang bisnis Anda tawarkan.

Slogan harus dibuat secara to the point atau langsung pada intinya. Sampaikanlah keunggulan dan kelebihan toko Anda dalam beberapa kalimat agar pelanggan Anda ingin segera membeli produk Anda. Jangan buang-buang waktu audiens Anda dengan memberikan slogan yang tidak jelas.

6. Gunakan Bahasa yang Komunikatif

Gaya bahasa yang komunikatif ataupun interaktif adalah kunci paling penting dalam membuat slogan. Gaya bahasa ini akan memungkinkan terjadinya interaksi dengan pelanggan, bahkan memungkinkan adanya transaksi. Anda bisa menyinggung masalah umum pelanggan dan mengemasnya dengan gaya bahasa komunikatif.

Gunakan juga teknik storytelling dalam membuat deskripsi. Teknik ini akan bisa memancing sisi emosional para pelanggan agar mereka bisa lebih mudah membeli produk Anda.

Langkah ini juga bisa sangat mudah dilakukan ketika Anda memposisikan diri sebagai target audiens. Bangunlah suatu narasi berupa deskripsi toko dari berbagai sisi keunggulan produk atau keunikan bisnis Anda. Gunakanlah kosa kata yang lebih bervariasi dan tidak monoton saat membuat deskripsi.

Baca juga: Iklan Elektronik: Pengertian, Jenis, dan Ciri-Cirinya

Penutup

Demikianlah enam tips membuat slogan dari kami. Bila Anda sudah berhasil membuat slogan yang bagus. Anda bisa lebih memuaskan para pelanggan Anda dengan menggunakan platform digital dari Accurate POS.

Accurate POS adalah salah satu aplikasi kasir digital atau sistem POS yang akan membuat Anda lebih mudah dalam melakukan pembelian, penjualan, mengelola karyawan dan pelanggan. Selain itu, karena sudah terintegrasi dengan ekosistem Accurate Online, Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan. Kegiatan transaksi di konter kasir pun nantinya akan bisa berlangsung secara cepat.

Penasaran dengan Accurate POS? Anda bisa lebih dulu mencobanya selama 30 hari gratis dengan klik banner di bawah ini.