30 Ide Usaha Kreatif Yang Bisa Anda Jalankan Di Tahun 2020

Ide usaha kreatif banyak macamnya. Selain tidak membutuhkan modal yang terlalu besar, keuntungan dari bisnis kreatif yang didapatkan juga lumayan besar. Namun sayang tidak semua orang mengetahui apa saja jenis usaha tersebut.

Maka dari itu, di artikel berikut akan dijelaskan beberapa ide usaha kreatif yang bagus. Jika dijalankan dengan serius bukan tidak mungkin penghasilan harian bisa mencapai jutaan rupiah perhari. Berikut adalah beberapa jenis usaha kreatif yang bisa Anda pilih :

1. Membuat Kerajinan Tangan

Ide usaha bisnis kreatif yang pertama adalah membuat kerajinan tangan. Ini biasanya dilakukan oleh orang yang telaten dan detail. Bisnis ini sangat menguntungkan. Pasalnya harga per kerajinan sangat mahal. Apalagi jika memiliki desain yang cantik, mewah dan artistik.

2. Jual Produk Secara Online

Jika menjual produk secara online keuntungannya lebih besar dibandingkan offline. Karena pelanggannya lebih banyak bahkan dari luar negeri. Selain itu, modal yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Karena tidak perlu mendirikan toko atau kios yang membutuhkan biaya selangit.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang membangun bisnis online secara efektif, Anda bisa membacanya melalui artikel ini.

3. Bisnis Kreasi Mahar

Jika Anda memiliki kemampuan membuat kreasi mahar ini juga bisa dijadikan ide bisnis yang bagus. Apalagi saat ini orang kawin sudah tidak mengenal musim. Ini juga tidak membutuhkan modal besar. Karena Anda bisa membuatnya dari barang bekas pakai atau dari plastik yang harganya murah.

4. Bisnis Souvenir

Souvenir adalah benda-benda yang unik yang menjadi ciri khas dari suatu daerah. Biasanya barang seni ini dijual di tempat wisata di daerah tersebut. Nah Anda bisa menjalankan bisnis dengan membuat souvenir. Setelah selesai tinggal dititipkan saja pada toko souvenir yang biasanya di setiap daerah menyediakannya.

5. Menjadi Penulis Artikel Situs

Menjadi penulis artikel situs juga ide usaha kreatif yang bagus. Bahkan bisnis ini bisa dilakukan tanpa modal karena yang dibutuhkan hanya kemampuan menulis saja. Sekalipun begitu profit yang dihasilkan sangat besar. Jika Anda mampu membuat 10 artikel 500 kata dengan harga Rp10.000 per artikel berarti Anda akan mendapatkan penghasilan Rp100.000 perhari.

6. Menjadi You Tuber

Untuk menjadi you tuber Anda tidak perlu membangun toko dan memiliki produk. Karena yang dilakukan cukup membuat video berkualitas saja lalu upload di You Tube. Bisnis ini sepertinya akan booming ke depan. Apalagi pelakunya tidak mengenal usia. Anak kecil saja ada yang menjadi youtuber profesional. Berikut adalah artikel yang berisi tips dan cara menghasilkan profit menjadi youtuber.

7. Menjadi Dropship

Dropship adalah bisnis kreatif yang menguntungkan. Anda tidak perlu memiliki produk untuk menjalankannya karena cukup membantu memasarkan produk orang lain. Untuk sukses di bisnis ini Anda harus bisa mempromosikan produk dengan kreatif. Sehingga pelanggan tertarik untuk membeli produk tersebut. Berikut adalah artikel yang menjelaskan tentang tips membangun bisnis dropship secara mendalam.

8. Menjadi Fotografer

Fotografer adalah seseorang yang menekuni aktifitas fotografi. Salah satu syarat menjadi sosok ini ialah harus kreatif ketika mengambil angle foto. Nah menjadi seorang fotografer juga bisa mendatangkan uang. Apalagi jika Anda mahir mengambil foto pre wedding yang eksotis dan mesra.

9. Bisnis Henna

Henna adalah seni lukis di kulit yang biasanya dilukiskan pada perempuan yang akan menikah. Ini mulai dikenal di Indonesia sekalipun asalnya dari India dan Arab. Henna bisa dijadikan bisnis kreatif yang menguntungkan. Bahkan untuk menyewa layanan ini ada yang harganya mencapai ratusan ribu rupiah.

10. Menjual Kue Secara Online

Bisnis ini bisa dijalankan oleh ibu-ibu yang pintar memasak, kue. Jika masakannya enak pasti pelanggannya banyak. Oleh sebab itu, manfaatkan hobi anda tersebut untuk mendapatkan uang. Untuk mengetahui tips membangun kue kering, Anda bisa membacanya melalui artikel ini.

11. Mendirikan Penyewaan Novel

Ini memang membutuhkan modal tetapi barang tetap menjadi milik Anda. Karena novel tidak dijual melainkan disewakan saja. Ini juga bisnis yang bagus dan menguntungkan, terutama jika Anda berada di lingkungan yang memiliki minat baca tinggi dan banyak anak muda yang suka membaca.

12. Membuka Les Privat

Jika Anda memiliki kemampuan mengajar silakan jalankan les privat di rumah. Anda tinggal mengajak anak tetangga dekat rumah di sore hari. Penghasilannya bisa didapatkan dari sumbangan orang tuanya.

Perhatikan juga tentang disiplin ilmu yang akan Anda ajarkan pada murid Anda, akan lebih baik jika Anda memiliki spesialisasi pada disiplin ilmu tertentu, misalnya bahasa inggris atau matematika.

13. Jasa Makelar Tanah

Menjadi makelar tanah juga bisnis kreatif yang menguntungkan dan sedikit menantang. Karena Anda harus mampu mempromosikan tanah tersebut dengan baik kepada pelanggan. Tentunya dibutuhkan orang yang memiliki kemampuan komunikasi yang bagus. Namun saat Anda mampu menjual properti yang Anda pasarkan, komisi yang Anda dapatkan akan sangat besar.

14. Bisnis Tata Rias

Bisnis Tata Rias adalah usaha luar biasa. Karena penghasilannya cukup besar. Bahkan jenis usahanya cukup banyak seperti rias pengantin, karnaval, maupun acara wisuda.

15. Membuka Bisnis Desain

Bisnis yang selanjutnya adalah membuka usaha desain. Anda bisa memilih desain undangan, logo lembaga, banner atau yang semacamnya. Untuk ini yang dibutuhkan hanya kemampuan mengoperasikan Adobe Photoshop saja.

16. Bisnis Photobox

Photobox bisa dibilang foto selfie di dalam ruangan. Ini disukai karena hasilnya pasti cantik. Maka dari itu, pemiliknya pasti mendapatkan keuntungan yang luar biasa.

17. Kursus Online

Kursus online mulai marak dan banyak yang menyukainya. Karena aktifitas ini bisa dijalankan melalui android tanpa harus bertatap muka dengan siswa. Maka dari itu, bisnis ini bermodal kecil sehingga profit-nya lebih besar.

18. Jasa Pembuatan Website

Jika memiliki kemampuan membuat website Anda bisa membuka jasa layanan kepada para blogger. Caranya hanya dengan membuatkan situs untuk mereka. Nantinya Anda akan mendapatkan bayaran yang besar.

19. Membuka Usaha Potong Rambut

Untuk membangun usaha potong rambut tidak membutuhkan modal membeli produk. Karena yang dijual adalah keahlian Anda. Semakin kreatif melayani pelanggan dengan model rambut yang bagus maka usaha bisa tumbuh besar.

20. Berjualan Makanan Ringan

Makanan ringan mungkin lebih disukai dibandingkan makanan berat. Bahkan hampir di setiap keramaian ada  yang menjajakannya. Oleh sebab itu, membuat camilan juga bisa menjadi bisnis yang bagus.

Untuk mengetahui tips dalam membangun bisnis ini, Anda bisa membacanya melalui artikel ini.

21. Jasa Penterjemah

Membuka jasa penterjemah adalah peluang usaha yang bagus. Juga termasuk ide usaha kreatif yang penghasilannya lumayan. Karena untuk menjalankan bisnis dibutuhkan kemampuan berbahasa asing yang mumpuni.

22. Usaha Katering

Usaha Katering adalah ide bisnis kreatif yang bisa dijalankan oleh ibu rumah tangga. Diutamakan Anda yang memiliki kemampuan untuk memasak berbagai jenis masakan.

Baca juga : Tertarik Membangun Bisnis Kuliner? Mari Kita Bahas Secara Lengkap

23. Jasa Make Up Pengantin

Jika memiliki kemampuan di bidang rias merias maka bisnis make up pengantin bisa dicoba. Ini juga bisnis yang bagus karena terkadang mempelai menggunakan jasa busana pengantin dengan make up dari penyedia jasa yang berbeda.

24. Bisnis Guide Wisata

Nah, jika Anda memiliki kemampuan berbahasa asing yang mumpuni bisnis guide bisa menjadi ladang uang. Biasanya usaha ini dibutuhkan oleh pihak penyedia wisata. Anda tinggal melamar saja di sana untuk menjadi pemandu wisata. Anda juga bisa mengetahui peluang bisnis pariwisata lainnya melalui artikel ini.

25. Bisnis Laundry

Ide bisnis kreatid selanjutnya adalah bsinis laundry. Bisnis Laundry mulai marak dilakukan oleh masyarakat. Pasalnya bisnis tidak membutuhkan modal besar dan bisa dijalankan di rumah. Anda tinggal kreatif saja mengelola bisnis dengan membuka layanan antar jemput cucian.

Akan sangat baik jika Anda memulai bisnis ini pada lingkungan yang kebanyakan para mahasiswa atau pekerja kantoran. Hal ini dikarenakan waktu mereka untuk mencuci pakaian sangat terbatas. Untuk Anda yang sedang mencari ide pemasaran untuk bisnis laundry Anda, Anda bisa memcanya melalui artikel ini.

26. Usaha Tailor

Usaha Tailor bisa dilakukan oleh Anda yang memiliki kemampuan menjahit. Jika hasilnya bagus biasanya pelanggannya akan banyak. Anda juga bisa memberikan patokan harga yang mahal. Baca artikel ini untuk mengetahui hal apa saja yang diperlukan dalam mengembangkan bisnis menjahit.

27. Usaha Sewa Pakaian

Usaha sewa pakaian adalah bisnis yang akan semakin marak di tahun 2020. Anda bisa menyewakan pakaian yang memang dibutuhkan oleh masyarakat. Seperti pakaian pengantin, karnaval, baju adat dan selainnya.

28. Menjual Mainan Anak Tradisional

Mainan anak tradisional ternyata masih disukai. Karena ini lebih aman dan bagus untuk kecerdasan anak. Maka dari itu, jika Anda kreatif silakan buat permainan tradisional dari barang-barang bekas. Jika Anda tertarik dengan ide bisnis kreatif ini, Anda bisa membaca artikel ini untuk membangun bisnis mainan anak yang menguntungkan.

29. Menjadi Influencer

Bisnis ini bisa dijalankan oleh Anda yang memiliki follower media sosial cukup banyak. Pekerjaannya mudah cukup mempromosikan produk ke orang-rang tersebut. Nanti pihak pemilik produk akan membayar sesuai kesepakatan. Berikut adalah artikel yang menjelaskan pentingnya influencer pada suatu bisnis.

30. Bisnis Afiliasi

Bisnis ini  bisnismemiliki sistem menjual produk dari perusahaan atau lembaga pemilik produk yang bersifat sebagai produsen dan pelaku usaha yang menjalankannya akan mendapatkan komisi ketika produk-produk tersebut berhasil terjual.

Jadi Anda hanya tinggal memasarkan produk yang produsen buat, nantinya Anda akan mendapatkan keuntungan dari setiap produk yang laku. Untuk mengethaui lebih jauh tentang bisnis ini, Anda dapat membacanya pada artikel ini.

Kesimpulan

Demikian beberapa ide usaha kreatif yang akan booming di, tahun 2020. Jika Anda ingin sukses silakan usaha-usaha tersebut dijalankan dengan serius dan dengan komitmen penuh.

Lakukan juga pencatatan pada setiap keuntungan dan pengeluaran pada bisnis Anda. Hal ini penting, karena tanpa pencatatan yang baik, kemungkinan mengembangkan bisnis akan sulit dilakukan karena Anda tidak mengetahui secara menyeluruh ksesahatan keuangan bisnis Anda.

Jika Anda kesulitan dengan melakukan pencatatan manual atau Anda tidak mengetahui ilmu akuntansi sama sekali, Anda bisa menggunakan software akuntansi yang mudah digunakan dan memiliki fitur terlengkap seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah softwere akuntansi yang sudah digunakan oleh 300 ribu pengguna di Indonesia dan juga sudah meraih Top Brand Award sejak tahun 2016 sampai sekarang sebagai software akuntansi terbaik di Indonesia.

Jika Anda tertarik menggunakan Accurate Online, Anda bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalaui link ini.