4 Kegiatan Positif di Bulan Puasa yang Bisa Dilakukan Perusahaan

Bulan Puasa adalah bulan yang paling dinantikan oleh seluruh umat muslim di dunia, termasuk umat muslim di Indonesia. Walaupun begitu, masyarakat non muslim lainnya pun akan turut berbahagia untuk menyambutnya.

Kenapa? karena ada banyak sekali promo yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan. Dari mulai elemen masyarakat biasa hingga para pebisnis pun pasti sangat menantikan bulan penuh berkah ini.

Sebagai pemilik perusahaan, tentunya Anda harus mampu memanfaatkan momentum ini untuk bisa semakin mengembangkan sumber daya manusia di perusahaan Anda. Dalam hal ini, Anda bisa saja mengadakan kegiatan yang melibatkan orang-orang yang berada di sekitar perusahaan.

Nah, karena berhubungan dengan masyarakat sekitar, maka ada baiknya bagi Anda untuk sedikit memahami konsep Corporate Social Responsility (CSR).

CSR atau tanggung jawab perusahaan adalah suatu konsep terkait perusahaan dalam memberdayakan masyarakat sekitar perusahaan untuk membangun citra perusahaan, dan yang paling penting adalah memeratakan laba perusahaan pada masyarakat menengah kebawah.

Umumnya, masyarakat yang memperoleh program CSR ini adalah mereka yang berada pada ring satu perusahaan. Walaupun pada praktik pelaksanaannya jarak perusahaan dengan ring satu berbeda-beda pada tiap perusahaan.

Nah, kegiatan yang Anda buat untuk bisa meningkatkan SDM perusahaan ini bisa dimulai dengan menggunakan konsep CSR. Tujuannya adalah untuk memanfaatkan momentum dan mempererat hubungan, baik itu antar karyawan ataupun antar masyarakat sekitar.

Sehingga, ada baiknya agar Anda membaca inpirasi kegiatan yang baik untuk dilakukan di bulan puasa ini.

3 Kegiatan yang Bisa dilakukan Perusahaan di Bulan Puasa

1. Buka Bersama di Panti Asuhan

Inspirasi kegiatan pertama yang bisa dilakukan oleh perusahaan di bulan puasa adalah dengan fokus mempererat hubungan perusahaan dengan para karyawan atau pegawainya. Sehingga, tidak ada salahnya untuk melakukan kolaborasi dengan tim CSR dalam melakukan satu ataupun dua kegiatan.

Nah, salah satunya adalah dengan berbuka puasa bersama dengan yayasan yatim piatu dan memberikan santunan. Pilihan lainnya adalah dengan membagikan takjil atau menu buka puasa sederhana pada masyarakat ring satu perusahaan sekaligus meningkatkan hubungan yang erat dengan mereka.

Berbagai kegiatan ini bisa dilakukan bersama dengan karyawan, sehingga nantinya setiap karyawan Anda bisa merasakan indahnya hidup berbagi dengan masyarakat.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan kegiatan yang mampu mempererat hubungan antar karyawan. Walaupun memang tidak melibatkan masyarakat yang berada di sekitar perusahaan atau menggunakan konsep CSR.

Beberapa acara yang bisa Anda coba adakan adalah dengan mengadakan pengajian bersama yang diisi dengan tausiah. Lalu dilanjutkan dengan acara buka bersama yang diikuti oleh seluruh elemen perusahaan tanpa membedakan statusnya.

Baca juga: 10 Bisnis Ramadhan yang Cocok Anda Lakukan pada saat Puasa Nanti

2. Sahur On The Road

Inspirasi kegiatan selanjutnya yang bisa dilakukan oleh perusahaan di bulan puasa adalah dengan mengadakan program sahu on the road untuk tunawisma yang berada di sekitar perusahaan,

Kegiatan ini akan mengenalkan sisi lain dari lingkungan perusahaan yang memang harus mendapatkan bantuan dari karyawan atau perusahaan. Nantinya, diharapkan setiap rasa empati karyawan pada lingkungan sekitar bisa meningkat. Dengan begitu, maka akan tersampaikan tujuan dari dilaksanakannya konsep CSR.

Yang paling penting lagi adalah setiap karyawan bisa bersyukur atas apa yang dimilikinya sekarang, termasuk pekerjaan yang belum tentu semua orang memilikinya. Sehingga, akan meningkatkan semangat kerja karyawan.

3. Mudik Bersama

Inspirasi kegiatan selanjutnya di bulan puasa adalah dengan mengadakan program mudik bersama. Terlebih lagi bila karyawan Anda kebanyakan berasal dari luar kota. Anda bisa membuat program mudik gratis bersama karyawan yang tidak mampu atau memang kehabisan tiket.

Anda juga masih bisa memberikan kesempatan ini untuk masyarakat sekitar yang mengikuti program transmigrasi dan sudah lama ingin pulang ke kampung halamannya tapi terkendala biaya.

Anda bisa menyewa bus untuk membawa para calon pemudik tersebut. Walaupun program seperti ini baru bisa dilakukan saat mendekati hari raya, namun pemberitahuan yang dilakukan di awal bulan puasa tentunya akan semakin meningkatkan semangat mereka.

Selain itu, cobalah untuk lebih bisa mengatur ulang jadwal mereka yang tentu saja harus disesuaikan dengan cuti bersama perusahaan.

Lalu, Anda juga bisa memberikan program mudik bersama ini untuk pelanggan loyal Anda. Sehingga, mereka akan merasa lebih diperhatikan dan membuat loyalitas mereka semakin meningkat.

4. Rangkaian Acara

Inspirasi kegiatan lainnya yang bisa Anda lakukan Adalah dengan menggabungkan seluruh kegiatan yang Anda buat. Anda bisa melakukan kegiatan dengan tim CSR perusahaan dan melibatkan masyarakat sekitar atau hanya pihak internal perusahaan saja.

Contoh sederhananya adalah dengan menggabungkan rangkaian acara yang diadakan selama beberapa hari setiap ingin berbuka puasa. Walaupun nantinya Anda menjadi sangat sibuk, namun dampaknya akan sangat luar biasa.

Baca juga: Tips Pemasaran Bisnis untuk Menggandakan Omzet di Bulan Puasa

Penutup

Itulah beberapa pilihan acara yang bisa Anda selenggarakan untuk bisa meningkatkan hubungan yang sudah terjalin di perusahaan. Mulai dari hubungan yang terjalin antar sesama karyawan, karyawan dengan pimpinan, atau karyawan dengan masyarakat yang ada di sekitar perusahaan.

Menciptakan lingkungan yang sehat dan baik di dalam perusahaan tentunya akan mampu meningkatkan performa setiap karyawan Anda. Jadi, ayo manfaatkan momen spesial di bulan puasa ini sebagai titik balik dalam menciptakan lingkungan kerja yang nyaman untuk semua karyawan.

Selain itu, manfaatkanlah bulan yang penuh berkah ini dengan meningkatkan kegiatan berbagi dan bersedekah. Sehingga, nantinya setiap karyawan akan bisa merasakan indahnya rasa saling berbagi antar sesama manusia.

Dalam hal ini, Accurate Online bekerja sama dengan KitaBisa.com dalam mengadakan kegiatan donasi melalui hastag #SelaluBisaBerbagi. Anda bisa memberikan donasi dengan klik tautan gambar di bawah ini. Berapapun donasi yang Anda sumbangkan akan sangat berarti untuk mereka yang membutuhkan.