Apa Itu Evolusi? Apa Bedanya Dengan Revolusi? Mana Yang Lebih Pas Untuk Bisnis Anda?

Evolusi dan revolusi adalah dua kata yang pengucapan dan penulisannya hampir sama, bahkan hanya memiliki perbedaan satu huruf saja. Namun, banyak orang yang keliru tentang memaknai apa itu evolusi dan revolusi.

Lebih uniknya lagi, kedua kata ini bisa digunakan pada hal yang sama, termasuk di dalam dunia bisnis. Bila suatu bisnis ingin berkembang, terkadang ada suatu hal yang harus dilakukan dari salah satu kedua proses tersebut. Jadi, agar tidak salah dalam menggunakannya, akan lebih baik lagi jika Anda mengetahui arti dari kedua kata tersebut.

Lalu, apa itu evolusi? Apa bedanya dengan revolusi? Temukan jawabannya dengan membaca artikel di bawah ini hingga selesai.

Apa Itu Evolusi?

Jika kita lihat dari kamus, apa itu evolusi memiliki arti proses perkembangan yang berjalan secara bertahap dari sesuatu hal. Itu artinya, suatu hal tertentu akan mengalami proses perubahan dari tahap satu ke tahap lainnya yang berbeda.

Perkembangan dari tahap ke tahap ini biasanya akan lebih bersifat progresif. Terdapat perbedaan jelas yang terjadi dalam setiap tahapannya. Salah satu contoh yang paling sederhana adalah evolusi sikap perilaku manusia dalam periode waktu tertentu.

Contoh lainnya dari evolusi adalah perubahan kondisi sosial secara bertahap dalam periode waktu tertentu. Perubahan yang terjadi pada populasi selama periode waktu tertentu ini dikenal dengan evolusi. Salah satu hal yang harus Anda garis bawahi adalah bahwa evolusi didasari dari hasil pengamatan, data empiris, serta hipotesis yang sudah diuji dengan baik.

Contohnya saja pada evolusi manusia, terdapat berbagai macam teori terkait perubahan perilaku dan juga kondisi fisik manusia. Hal tersebut bisa didapat dari adanya kegiatan pengamatan atas respons manusia pada kondisi sosial.

Perilaku manusia bisa berubah karena adanya perkembangan peradaban dan berbagai alasan yang lainnya. Dari adanya pengamatan ini kemudian nanti akan lahir dan dikenal dengan apa itu evolusi.

Baca juga: Eco-Farming dan Manfaatnya Bagi Dunia Pertanian Indonesia

Apa Itu Revolusi?

Di sisi lain, revolusi diambil dari bahasa latin, yaitu revolutio yang memiliki arti pembalikan. Revolusi ini bisa kita artikan juga sebagai perubahan yang terjadi secara menyeluruh, mendadak, ataupun radikal atas suatu hal.

Umumnya, revolusi ini terjadi di dalam perubahan yang mendasar pada struktur organisasi maupun kekuatan politik yang terjadi dengan kurun waktu yang singkat.

Khusus untuk revolusi dalam hal politik, Aristoteles menjelaskan terdapat dua jenis revolusi politik. Pertama, perubahan total dari satu konstitusi ke konstitusi lainnya yang berbeda total. Sedangkan yang kedua adalah bentuk modifikasi yang telah ada.

Di dalam peradaban manusia seringkali mengalami revolusi dari waktu ke waktu. Hal penting yang harus dicatat dari revolusi adalah bahwa revolusi mampu memberikan perubahan dalam hal budaya, ekonomi, serta sosial dan politik.

Walaupun lebih sering digunakan dalam perubahan yang terjadi dalam hal politik, namun revolusi sebenarnya tidak hanya tentang politik saja. Manusia juga pasti pernah mengalami revolusi budaya dan juga revolusi sosial.

Baca juga: Apa Itu Corporate Communication Strategy dan Bagaimana Cara Menyusunnya?

Perbedaan Utama Evolusi dan Revolusi

Berdasarkan penjelasan di atas, kita bisa tarik kesimpulan terkait perbedaan utama evolusi dan revolusi. Perbedaan yang paling utama dari keduanya bisa dilihat dari jangka waktunya. Evolusi diketahui sebagai perbedaan yang terjadi secara perlahan dan bertahap. Sedangkan revolusi dianggap sebagai perbedaan yang dramatis, tiba-tiba, dan menyeluruh.

Umumnya, evolusi akan dianggap sebagai perubahan yang terjadi sebagai bawaan populasi biologis pada generasi selanjutnya. Di sisi lain, revolusi adalah perubahan yang total, ekstrim dan tiba-tiba dari kehidupan, politik, metode kerja, dan lain sebagainya.

Evolusi adalah perubahan yang diperoleh dari data empiris, pengamatan, dan hipotesis yang diuji. Sedangkan revolusi bukanlah suatu hal yang bisa diuji, melainkan perubahan yang terjadi secara cepat dan mampu memberikan pengaruh di dalam sektor budaya, ekonomi, dan bahkan dalam hal politik dan sosial.

Biasanya, evolusi juga akan memberikan dampak pada budaya masyarakat tertentu. Sedangkan revolusi lebih mampu membawa perubahan di hampir berbagai sektor.

Baca juga: Apa itu Penawaran Inelastis Sempurna? Ini Contohnya!

Kesimpulan

Bila diterapkan dalam dunia bisnis, bila seorang pemilik bisnis ingin adanya perubahan yang cepat dan menyeluruh, maka mereka memerlukan revolusi. Sedangkan bila pebisnis ingin adanya perubahan kebiasan, maka dirinya harus menanamkan perubahan tersebut secara perlahan-lahan, sama seperti evolusi.

Baik itu evolusi ataupun revolusi, keduanya akan lebih mudah dilakukan dengan menggunakan suatu sistem ataupun aplikasi bisnis. Nah, rekomendasi aplikasi bisnis saat ini adalah Accurate Online.

Aplikasi buatan anak bangsa ini dikembangkan dengan menggunakan cloud computing dan telah dilengkapi dengan sistem keamanan yang canggih. Tampilan dashboardnya pun telah didesain dengan sangat sederhana, sehingga Anda bisa menggunakan aplikasi ini secara aman, nyaman dan juga mudah.

Accurate Online juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur dan modul yang akan memudahkan Anda dalam mengelola persediaan barang digudang, melakukan kegiatan penjualan dan pembelian, menyelesaikan administrasi perpajakan, dan mencatat setiap kegiatan transaksi secara otomatis.

Setiap fitur dan modul tersebut pun sudah terintegrasi, sehingga nantinya Anda bisa mendapatkan laporan penjualan, laporan keuangan, ataupun laporan persediaan barang secara cepat dan akurat.

Saat ini, Accurate Online telah dipercaya oleh ratusan ribu pebisnis di Indonesia. Bahkan, Accurate Online pun sudah berhasil meraih penghargaan TOP Brand Award sejak tahun 2016. Sehingga, Anda sudah tidak perlu lagi mengkhawatirkan keandalan dari aplikasi ini.

Lebih menariknya lagi, seluruh kelebihan dan fitur luar biasa dari Accurate Online bisa Anda nikmati dengan biaya investasi yang sangat terjangkau. Anda pun bisa mencobanya terlebih dahulu selama 30 hari gratis dengan klik banner di bawah ini.

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.