Pengelolaan Faktur Hanya Melalui Genggaman Dengan Accurate Lite

banner pengelolaan faktur

Mengapa Faktur Penting dalam Setiap Transaksi Bisnis?

Faktur adalah dokumen yang merinci komponen keuangan dari transaksi bisnis. Faktur untuk barang dan jasa, biaya per item dan jumlah dari barang yang jatuh tempo. Faktur biasanya juga menyertakan tanggal jatuh tempo pembayaran, nomor faktur, dan metode pembayaran yang beragam.

Membuat dan mengirim faktur dapat menjadi proses yang menghabiskan banyak waktu jika dikerjakan secara manual. Namun, proses ini adalah proses penting yang tidak bisa dilewati atau diabaikan. pengelolaan faktur yang dilakukan dengan tepat adalah untuk mengupayakan pembayaran tepat waktu (jika pembayaran dilakukan secara kredit), klaim garansi, dan memberikan perlindungan hukum bagi kedua belah pihak, baik pemasok maupun pembeli.

Berikut Adalah Manfaat Pengelolaan Faktur yang Benar dalam Transaksi Bisnis :

Pembayaran Tepat Waktu

Dengan pengelolaan faktur yang tepat dapat membantu perusahaan agar dibayar penuh tepat waktu.  Selain itu, perusahaan dapat mengecek rincian pembayaran atau jumlah kurang bayar melalui faktur yang ada sesuai ketentuan pembayaran yang telah disepakati. Sebagai contoh, sebuah perusahaan dapat menegahkan jatuh tempo pembayaran pada saat barang diterima, dalam 30 hari setelah penerimaan atau 60 hari setelah penerimaan.

Penetapan Dasar Hukum

Faktur memberikan bukti bahwa produk dan layanan sudah terjual dan menetapkan hak penerimaan pembayaran pada perusahaan. Jika pelanggan tidak membayar sesuai nominal atau waktu yang telah disepakati, perusahaan dapat mengambil tindakan  hukum sesuai ketentuan yang berlaku. Demikian juga pelanggan dapat menyimpan salinan faktur jika terjadi masalah terkait produk yang sudah dibelinya.

Sebagai Bukti Audit

Pengelolaan faktur dengan benar akan memudahkan perusahaan Anda saat melakukan audit. Jika Anda memiliki sistem pencatatan faktur dengan nomor urut yang terorganisir, auditor akan lebih mudah melakuakan tugasnya dan Anda telah melaporkan penghasilan secara jujur dan benar. Jika faktur tidak terorganisir atau tidak lengkap, ada kemungkinan auditor menganggap Anda menyembunyikan pendapatan.

Kini Anda bisa menghemat waktu dalam melakukan pembuatan faktur dengan Accurate Lite. Accurate Lite adalah aplikasi akuntansi online berbasis cloud yang bisa Anda gunakan kapanpun dan dimanapun. Dengan fitur pengelolaan faktur yang lengkap tentunya membuat bisnis Anda menjadi lebih cepat berkembang. Dibawah ini adalah beberapa fitur pengelolaan faktur dari Accurate Lite:

Mengedit / Menghapus Faktur Penjualan Pada Accurate Lite

Bagi pengguna Accurate Lite, setiap transaksi penjualan dengan pembayaran tunai maupun kredit akan secara otomatis dibuatkan faktur. Namun terkadang, ada kalanya transaksi tersebut harus diedit atau dihapus karena alasan tertentu. Bisa dikarenakan ada kesalahan harga, kuantitas, ataupun barang yang dimasukan. Langkah untuk mengedit atau menghapus faktur penjualan yang telah dibuat adalah sebagai berikut.

1. Dari menu Penjualan tap pada bagian Penjualan. Selanjutnya tap pada baris tanggal terjadinya penjualan, sehingga akan ditampilan baris-baris faktur penjualan yang terjadi pada tanggal tersebut.

pengelolaan faktur dengan ALT 1

2. Pada baris faktur penjualan yang akan diedit, geser ke arah kiri sehingga muncul tombol Ubah dan Hapus. Untuk Mengedit faktur penjualan, pilih opsi pada tombol Ubah, lalu lakukan perubahan pada faktur penjualan tersebut kemudian tap tombol Simpan untuk menyimpan perubahan yang telah dilakukan. Untuk Menghapus faktur penjualan, pilih opsi Hapus.

pengelolaan faktur dengan ALT 2

Bagi pengguna Accurate Lite yang telah mencatat transaksi penjualan dan sudah ada pembayaran atas faktur tersebut, maka akan muncul peringatan jika faktur tersebut akan dihapus seperti pada gambar di bawah ini :

pengelolaan faktur dengan ALT 3

Bagaimana jika saya mengalami hal tersebut? Apakah faktur penjualan yang sudah ada pembayaran bisa saya hapus?

Tentu saja Anda bisa menghapus faktur yang sudah dilakukan pembayaran. Accurate Lite mengerti tentang hal ini dan berikut adalah cara menghapus faktur tersebut :

1. Dari menu Penjualan tap pada bagian Penjualan, lalu bagian Penjualan carilah faktur yang pelunasan atau pembayarannya akan dihapus.

AOL-image-smartlink-ecommerce-min
pengelolaan faktur dengan ALT 5

2. Setelah sudah ditentukan fakturnya, maka bukalah faktur penjualan tersebut dengan tap sekali pada faktur penjualan yang dipilih, lalui swipe atau geser di Info Penjualan dari faktur penjualan tersebut sampai masuk ke bagian Info Pembayaran.

pengelolaan faktur dengan ALT 6
pengelolaan faktur dengan ALT 7
pengelolaan faktur dengan ALT 8

3. Selanjutnya tap pada bagian titik 3 hingga muncul informasi Lihat.

accurate online-banner-atas-min
pengelolaan faktur dengan ALT 10

4. Tap tanda Hapus seperti pada gambar di bawah ini dan jika ada konfirmasi silakan pilih YA.

pengelolaan faktur dengan ALT 11
aol smartlink ecommerce bg
pengelolaan faktur dengan ALT 13

5. Jika sudah berhasil menghapus pembayarannya, silakan hapus faktur penjualannya dengan swipe ke kiri pada bagian faktur tersebut, lalu pilih opsi Hapus dan jika ada konfirmasi pilih opsi YA.

pengelolaan faktur dengan ALT 15
pengelolaan faktur dengan ALT 16

Lalu, bagaimana cara mencatat penerimaan pembayaran dari faktur penjualan kredit pada Accurate Lite?

Apabila Anda ingin mencatat penerimaan pembayaran atas faktur yang belum dilunasi atau penjualan dengan sistem pembayaran, maka Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah seperti di bawah ini :

1. Tap menu Penjualan lalu pilih opsi Piutang. Akan ditampilkan rincian baris-baris faktur penjualan yang statusnya masih belum lunas.

  • Apabila akan melunasi semua faktur penjualan, maka Anda dapat langsung tap pada bagian SEMUA sehingga semua faktur yang belum dilunasi akan menjadi tercentang, lalu tap TERIMA UANG.
  • Apabila hanya ingin melunasi salah satu faktur Anda cukup tap pada faktur penjualan yang akan dilunasi lalu tap TERIMA UANG.
pengelolaan faktur dengan ALT 17
BG-fitur-AOL-6icon-min
BG-fitur-AOL-approval-min-min

2. Masukan akun kas atau bank yang akan menerima pembayaran, lalu tap TERIMA.

BG-fitur-AOL-min

Masih Merasa Bingung Dengan Pengelolaan Faktur Pada Accurate Lite? Video Di Bawah Ini Mungkin Bisa Membantu Anda.

Accurate Lite Menjadikan Kemudahan Sebagai Bagian Dari Bisnis Anda

Dengan Accurate Lite kini Anda bisa mengelola faktur dengan mudah dan praktis tanpa harus membuang banyak waktu. Sebagai aplikasi akuntansi online yang sudah banyak dipakai ribuan UKM, Accurate Lite senantiasa menghadirkan kemudahan untuk setiap bisnis yang Anda kelola. Kini siapapun bisa merasakan kemudahan pengelolaan bisnis melalui genggaman dengan Accurate Lite, begitupun dengan Anda.