10 Tips Meningkatkan Kemampuan Akuntansi dengan Kebiasaan Sederhana

Pada era globalisasi yang makin canggih seperti saat ini, persaingan di dunia kerja tentunya semakin ketat. Para pebisnis akan lebih memilih kandidat terbaik yang mampu memberikan kontribusi menguntungkan . Kandidat yang terpilih bukan hanya mereka yang mempunyai nikai akademik yang tinggi, melainkan mereka yang mempunyai soft skill. Khusus untuk para akuntan,  pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang berbagai kebiasaan sederhana yang mampu meningkatkan kemampuan akuntansi Anda.

10 Kebiasaan yang Mampu Meningkatkan Kemampuan Akuntansi Anda

Sebagai seorang akuntan, sudah seharusnya Anda mempunyai berbagai kemampuan, seperti organisasi yang baik, fokus yang tinggi, teliti, serta mampu berkomunikasi dengan baik. Selain itu, Anda juga harus mampu memecahkan masalah dengan  baik, memiliki manajemen waktu, berpikir analitis, dan bijak dalam mengambil keputusan.

Beberapa kemampuan yang telah disebutkan tersebut akan membantu Anda di dalam dunia kerja atau mampu menunjang karir Anda sebagai seorang akuntan. Untuk menguasainya pun ternya tidaklah sulit, karena Anda hanya harus melakukan beberapa penyesuaian di dalam rutinitas harian Anda.

Berikut ini adalah sembilan kebiasaan yang mampu meningkatkan kemampuan akuntansi Anda. Ke sembilan kebiasaan ini bisa Anda terapkan setiap hari, karena kebiasaan ini juga akan membantu karir professional Anda dan memperkaya kehidupan pribadi Anda.

1. Mampu Membuat Rencana Kerja yang Matang 

Agar mampu merencanakan waktu sebaik dan seefektif mungkin, maka Anda harus mempunyai misi yang setiap hari harus Anda kerjakan. Hal apa yang ingin dan harus Anda capai? Kesulitan atau hambatan apa yang nantinya mungkin akan terjadi? Cobalah untuk pikirkan hal tersebut lalu tuliskan beberapa tugas yang harus Anda lakukan dalam mencapai tujuan Anda.

Setelah Anda sudah mengetahui hal apa saja yang harus Anda kerjakan, maka Anda harus menulisnya di dalam buku catatan Anda, lalu lakukanlah berbagai tugas yang sudah tersusun tersebut secara disipilin dan tepat.

Selain dengan cara di atas, Anda juga bisa menggunakan metode kanban atau manajemen proyek dalam membantu Anda dalam menyelesaikan seluruh kerjaan harian Anda. Kanban menyarankan agar Anda membuat daftar tugas yang harus Anda kerjakan, lalu membaginya menjadi tiga bagian, yaitu tugas yang harus dilakukan, tugas yang sedang dalam tahap proses, dan tugas yang sudah selesai.

Berikanlah suatu kode berdasarkan tingkat kepentingannya. Pertama, selesaikanlah tugas yang paling susah atau paling malas untuk Anda lakukan, sehingga tugas berikutnya nanti akan terasa lebih mudah.

2. Mampu Berpikir Kreatif

Mampu berpikir kreatif adalah salah satu faktor penentu kesuksesan dalam suatu bisnis. Melakukan latihan kreativitas akan membuat Anda menjadi lebih mudah beradaptasi, baik itu dalam hal memecahkan masalah ataupun pengambilan keputusan. Anda bisa melakukannya dengan cara mengikuti berbagai rapat yang telah dibuat oleh perusahaan atau organisasi Anda.

Suatu rapat biasanya dilakukan karena ada suatu masalah, Anda akan dituntut untuk bisa menemukan solusi yang kreatif. Selain mampu mengasah kreatifitas Anda, kegiatan ini juga akan meningkatkan kemampuan Anda dalam hal berkomunikasi , memimpin, dan memecahkan masalah. Selain itu, melakukan kegiatan inisiatif seperti ini akan membuat Anda terlihat lebih teladan.

Baca juga: Pengertian dan Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang3. 

3. Meningkatkan Kemampuan Akuntansi dengan Bermain Game

Bermain game adalah salah satu cara yang paling ideal dalam meningkatkan fungsi otak. Dilansir dari laman sciencedaily.com, saat Anda memainkan suatu game, maka otak Anda membutuhkan aktivasi yang lebih banyak agar bisa tetap fokus dalam bermain game. Kabar baiknya, saat ini sudah banyak games yang memiliki tema akuntansi.

Dengan sering memainkan game tersebut, Anda akan semakin terlatih dalam memecahkan berbagai masalah. Hal ini sangat menguntungkan perusahaan, karena kemampuan dalam memecahkan masalah mampu meningkatkan produktivitas bekerja hingga 12% banyaknya.

Namun, Anda juga harus membatasi diri dalam memainkan game, barikanlah waktu rehat untuk mata Anda. Anda bisa melakukan beberapa pertandingan rutin dengan teman-teman akuntansi Anda. Bermain beberapa game seperti Charades, Articulate, dan Scrabble akan membantu meningkatkan gelombang theta pada otak Anda. Gelombang ini akan membantu Anda dalam memengaruhi daya ingatan, komunikasi, kreativitas, dan relaksasi Anda.

4. Meningkatkan Kemampuan Akuntansi dengan Melakukan Meditasi Ringan 

Melakukan meditasi ringan selama 25 menit ternyata mampu meningkatkan daya konsentrasi, komunikasi, serta kreativitas Anda. Jika dilakukan secara teratur, maka mampu mengurangi tingkat stress dan kecemasan Anda. Jika waktu 25 menit sulit dilakukan, maka Anda bisa memulainya dengan waktu yang lebih sedikit terlebih dahulu, asalkan rutin dilakukan.

Misalnya, Anda bisa memulainya dengan bermeditasi selama 5 menit setiap hari. Dengan melakukannya secara rutin, maka hal ini akan sangat membantu Anda.

5. Manajemen Waktu

Terdapat dua teknik yang efektif untuk melakukan menajemen waktu, yaitu teknik podomoro dan teknik jam daya. Teknik podomoro atau yang lebih dikenal dengan filosofi manajemen waktu akan melatih tingkat kreativitas dan fokus Anda. Teknik ini akan mampu membantu Anda dalam menyelesaikan pekerjaan secara lebih cepat dengan daya konsentrasi yang maksimal.

Caranya sangat sederhana, Anda hanya tinggal membagi jam kerja per 25 menit dengan jeda istirahat selama 5 menit. Satu tahapan itu disebut dengan isitilah podomoros. Jika 4 podomoros telah selesai, maka Anda bisa berisitrahat selama 15-20 menit, dan terus lakukan kegiatan ini sepanjang hari.

Disisi lain, teknik jam daya bisa digunakan untuk mengerjakan kerjaan yang sebelumnya tertunda. Caranya adalah dengan mencari waktu selama satu jam saja, dimana pada waktu itu Anda harus tenang dan tidak boleh diganggu dalam bentuk apapun. Teknik ini mampu melatih otak Anda agar bisa bekerja secara intensif dalam kurun waktu yang relatif singkat.

Baca juga: Akuntansi Keuangan Daerah: Pengertian, Fungsi, dan Metode Pencatatannya

6. Mengidentifikasi dan Mengubah Kebiasan Buruk

Disadari ataupun tidak, faktanya sebagian kegiatan yang kita lakukan setiap hari adalah suatu bentuk kebiasaan. Sangat penting bagi kita untuk bisa mengidentifikasi kebiasaan yang setiap hari kita lakukan, apakah kebiasaan Anda termasuk dalam kategori baik atau buruk?

Setelah Anda berhasil mengidentifikasinya, maka kebiasan buruk tersebut harus Anda ubah. Salah satu caranya adalah dengan mengubah kebiasaan buruk dengan cara mencampur kebiasaan dengan rutinitas yang biasa kita lakukan.

Proses perubahan ini bisa Anda lakukan perlahan-lahan, namun harus tetap efektif. Beberapa perubahan kecil yang bisa Anda lakukan akan memiliki efek yang luar biasa, seperti menjadi lebih fleksibel, tingkat fokus akan meningkat, dan bisa menciptakan berbagai peluang baru. Penelitian bahkan menunjukan bahwa manusia membutuhkan waktu antara 18-254 hari untuk menciptkan kebiasaan, jadi teruslah berusaha.

7. Selalu Up To Date

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa saat ini adalah era dimana teknologi internet sedang berjaya dana Anda bisa mengakses seluruh akses berita dengan media apapun, termasuk media sosial. Sebagai seorang akuntan, maka Anda harus mengikuti perkembangan informasi seperti ini. Dengan begitu, maka kemampuan dan pengetahuan baru Anda akan meningkat.

8. Merayakan Keberhasilan Karyawan

Tidak penting seberapa  besar pencapaian yang sudah Anda raih, Anda harus bisa memberikan apresiasi yaitu dengan cara merayakannya. Sehingga, kepercayaan diri dan semangat Anda akan meningkat. Selain itu, karyawan lainnya pun akan lebih semangat karena terdorong dengan pencapaian Anda.

9. Melakukan Evaluasi Kinerja Secara Berkala

Pihak perusahaan juga harus mengontrol performa karyawan dalam periode waktu yang sudah ditentukan Selain itu, para pemimpin juga harus melakukan evaluasi secara berkala agar semangat kerja karyawan bisa terus timbul. Kenapa? Karena mereka akan berusaha lebih keras dalam memperbaiki dan meningkatkan pekerjaannya untuk bisa mempertahankan posisi yang sudah diraih.

Baca juga: Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur: Jenis dan Perbedaannya dengan Laporan Keuangan Lain

Jadi, Siapkah Anda untuk Meningkatkan Kemampuan Akuntansi?

Selain beberapa kebiasaan yang sudah disarankan di atas. Agar kemampuan Anda bisa terus meningkat, maka Anda bisa menambah nilai kemampuan Anda dengan menguasai software akuntansi. Kenapa? Karena saat ini sudah era digital, dan Anda sudah seharusnya mampu menguasai software akuntansi, salah satunya adalah Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda akan lebih mudah dalam membuat catatan keuangan bisnis Anda dimanapun dan kapanpun. Selain itu, data laporan juga akan tersimpan dengan aman dan Anda bisa lebih mudah dalam menggunakannya.

Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:accurate1

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Lala

Seorang lulusan S1 ilmu akuntansi yang suka membagikan istilah, rumus, dan berbagai hal yang berkaitan dengan dunia akuntansi lewat tulisan.