Jadikan Pembukuan Usaha Bengkel lebih Baik dengan Accurate Online

oleh | Okt 24, 2023

source envato.

Jadikan Pembukuan Usaha Bengkel lebih Baik dengan Accurate Online

Pembukuan usaha bengkel merupakan aspek yang tak terhindarkan dalam menjalankan sebuah bisnis dengan kesuksesan jangka panjang. Dalam era yang penuh gejolak seperti saat ini, mengelola sebuah bengkel dengan efisiensi dan ketelitian adalah suatu keharusan.

Pembukuan bukanlah sekadar administrasi rutin, melainkan pondasi yang kuat untuk memahami perkembangan bisnis Anda. Selain itu, pembukuan bukan hanya sekadar pencatatan angka-angka, tetapi juga sebuah alat untuk membuat keputusan yang cerdas dan mengelola sumber daya dengan bijak.

Pada kesempatan kali ini, kita akan mempelajari bersama tentang berbagai aspek pembukuan usaha bengkel, mulai dari penilaian keuangan hingga pemahaman mendalam tentang arus kas dan laporan keuangan.

Dengan memahami secara baik manfaat dan peran penting pembukuan dalam bisnis bengkel, maka Anda akan dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mengoptimalkan kinerja bisnis Anda.

Mengenal Pembukuan Usaha Bengkel

Mengenal Pembukuan Usaha Bengkel

ilustrasi pembukuan usaha bengkel. source envato

Pada dasarnya, berdasarkan laman Wikipedia, pembukuan adalah roses mencatat, mengklasifikasikan, mengorganisir, dan melaporkan semua transaksi keuangan yang terjadi dalam suatu bisnis atau organisasi.

Nah, secara lebih khusus, pembukuan usaha bengkel adalah proses dokumentasi dan pencatatan semua transaksi keuangan yang terkait dengan operasi sebuah bengkel, termasuk semua pemasukan, pengeluaran, investasi, dan aktivitas keuangan lainnya yang berkaitan dengan bengkel.

Tujuan utama dari membuat pembukuan usaha bengkel adalah untuk mencatat dengan teliti dan akurat semua informasi keuangan yang diperlukan untuk mengelola bisnis bengkel dengan efisien dan menjaga keberlanjutan bisnis tersebut.

Perlu digaris bawahi bahwa bahwa pembukuan usaha bengkel bukan hanya kewajiban hukum saja, tetapi juga alat yang sangat penting dalam mengelola dan mengembangkan bisnis.

Dengan pembukuan yang tepat, Anda dapat mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan profitabilitas, mengelola risiko, dan menjaga bisnis bengkel Anda tetap berjalan dengan lancar.

Aspek Penting Pada Pembukuan Usaha Bengkel

Aspek Penting Pada Pembukuan Usaha Bengkel

ilustrasi pembukuan usaha bengkel. source envato

Pembukuan usaha bengkel melibatkan sejumlah aspek penting yang harus diperhatikan dengan cermat. Aspek-aspek tersebut mencakup:

  1. Pencatatan Transaksi Harian: Mengumpulkan dan mencatat semua transaksi harian, termasuk penjualan layanan, pembelian suku cadang, pembayaran gaji, dan biaya operasional lainnya.
  2. Laporan Keuangan: Menyusun laporan keuangan secara berkala, seperti laporan laba rugi (profit and loss statement), neraca (balance sheet), dan laporan arus kas (cash flow statement). Laporan ini akan memberikan gambaran menyeluruh tentang kinerja keuangan bengkel Anda.
  3. Pemahaman Arus Kas: Memahami arus kas masuk dan keluar sangat penting. Hal ini akan membantu Anda dalam mengelola keuangan dengan bijak, menghindari kekurangan kas, dan mengidentifikasi sumber dan penggunaan dana.
  4. Manajemen Persediaan: Melacak persediaan suku cadang dan bahan bengkel merupakan aspek penting dalam pembukuan. Anda perlu memahami berapa banyak stok yang Anda miliki, berapa yang digunakan, dan berapa yang tersisa.
  5. Pengelolaan Piutang dan Utang: Memantau piutang yang belum dibayar oleh pelanggan dan utang yang harus segera dibayar kepada pemasok adalah kunci untuk menjaga likuiditas bisnis Anda.
  6. Pajak dan Kepatuhan: Menyusun catatan yang akurat untuk keperluan perpajakan dan memastikan kepatuhan terhadap semua regulasi pajak yang berlaku.
  7. Analisis Kinerja: Dengan data yang tercatat, Anda dapat menganalisis kinerja bisnis Anda, mengidentifikasi tren, dan membuat keputusan strategis yang lebih baik.
  8. Budgeting dan Perencanaan Keuangan: Membuat anggaran dan perencanaan keuangan yang realistis dapat membantu Anda mengendalikan pengeluaran dan mengidentifikasi target pertumbuhan.
  9. Perangkat Lunak Pembukuan: Penggunaan perangkat lunak pembukuan yang tepat dapat membantu Anda mengotomatiskan banyak tugas administratif, meningkatkan efisiensi, dan mengurangi potensi kesalahan manusia.
  10. Keamanan Data: Melindungi data keuangan Anda adalah penting. Pastikan Anda memiliki salinan cadangan data dan langkah-langkah keamanan yang memadai.
  11. Audit Internal dan Eksternal: Melakukan audit internal secara berkala atau menggandeng auditor eksternal dapat membantu memastikan keakuratan dan keandalan pembukuan.
  12. Pemahaman Hukum dan Regulasi: Memahami regulasi bisnis dan hukum yang berlaku dalam bisnis bengkel Anda adalah suatu keharusan untuk memastikan kepatuhan dan menghindari masalah hukum.

Aspek-aspek ini saling terkait dan saling mendukung dalam menjaga kesehatan keuangan bisnis bengkel. Pembukuan yang baik membantu Anda mengelola bisnis dengan lebih baik, membuat keputusan yang lebih baik, dan memastikan keberlanjutan bisnis Anda dalam jangka panjang.

Tantangan dalam Membuat Pembukuan Usaha Bengkel

Tantangan dalam Membuat Pembukuan Usaha Bengkel

ilustrasi pembukuan usaha bengkel. source envato

Membuat pembukuan usaha bengkel dapat menghadapi berbagai tantangan, terutama jika Anda tidak memiliki latar belakang keuangan atau pengalaman dalam pembukuan. Beberapa tantangan umum dalam pembukuan usaha bengkel meliputi:

  1. Kompleksitas Transaksi: Bisnis bengkel seringkali melibatkan berbagai transaksi yang sifatnya kompleks, seperti pembelian suku cadang, penjualan layanan, dan pemakaian persediaan. Memahami dan mencatat transaksi ini dengan benar bisa menjadi sulit.
  2. Perbedaan Tipe Transaksi: Transaksi dalam bengkel bisa beragam, termasuk transaksi tunai, kartu kredit, pembayaran piutang, dan pembayaran cicilan. Mengelola semua jenis transaksi ini memerlukan perhatian khusus.
  3. Persediaan yang Berubah-ubah: Persediaan suku cadang dan bahan bisa berubah-ubah secara cepat. Mengelola dan mencatat persediaan yang tepat memerlukan sistem yang efisien.
  4. Biaya Operasional: Mengidentifikasi, mencatat, dan mengelola biaya operasional seperti gaji karyawan, sewa tempat, dan utilitas juga bisa menjadi tantangan.
  5. Kepatuhan Pajak: Pajak bisnis seringkali kompleks, dan kesalahan dalam perhitungan atau pelaporan dapat berdampak besar pada keuangan dan reputasi bisnis Anda.
  6. Perangkat Lunak dan Sistem: Memilih, menginstal, dan mengelola perangkat lunak pembukuan yang sesuai dengan bisnis bengkel Anda bisa menjadi tugas yang rumit.
  7. Kesalahan Manusia: Tantangan utama dalam pembukuan adalah kesalahan manusia. Kesalahan pencatatan atau pelaporan bisa menyebabkan ketidakakuratan data keuangan.
  8. Perubahan Peraturan Keuangan: Peraturan perpajakan dan keuangan seringkali berubah. Mengikuti perkembangan peraturan ini dan memastikan kepatuhan bisa menjadi tantangan tersendiri.
  9. Kesibukan Bisnis: Pemilik bengkel sering sibuk dengan operasional sehari-hari. Mencatat pembukuan bisa terlupakan atau diabaikan.
  10. Pemahaman Keuangan: Tidak semua pemilik bengkel memiliki pemahaman yang cukup dalam tentang konsep keuangan, seperti laporan keuangan, neraca, dan arus kas. Memahami aspek-aspek ini diperlukan untuk mengambil keputusan yang cerdas.

Untuk memudahkan semua ini, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online yang memiliki fitur terbaik untuk pembukuan usaha bengkel Anda.

Baca juga: Cara Menghitung Omset Bisnis: Lengkap dan Mudah!

Mengapa Harus Accurate Online?

Memilih software akuntansi yang tepat dapat membuat alur pembukuan menjadi mudah, cepat, dan minim kesalahan. Dengan begitu, Anda bisa tetap fokus pada bisnis Anda dan bukan pada pembukuan atau pencatatan transaksi Anda.

Accurate Online memiliki fitur-fitur terbaik dan telah teruji untuk semua jenis  bisnis yang ada di Indonesia, termasuk untuk pembukuan usaha bengkel Anda. Ketika Anda menggunakan Accurate Online, Anda akan mmendapatkan fitur yang berguna seperti yang kami jabarkan dibawah ini :

  • Syarat Pembayaran untuk Memudahkan Pembelian dan Penjualan

Syarat Pembayaran adalah fitur di Accurate Online yang mencatat jenis-jenis termin pembayaran dalam proses pembelian dan penjualan. Dengan fitur ini Anda bisa menentukan diskon, ketentuan pembayaran, ataupun masa jatuh tempo.

pembukuan usaha bengkel 1

Kami tahu, tidak semua pemasok atau pelanggan menetapkan diskon dan cara pembayaran yang berbeda satu sama lain bukan? Fitur ini akan memudahkan Anda sebagai pemilik usaha bengkel untuk menentukan detail pembayaran yang berbeda-beda untuk supplier atau pelanggan tetap Anda.

  • Solusi Pemantauan Keuangan Praktis melalui Smartlink e-Banking

Pernah merasa kesulitan memantau pemasukan dan pengeluaran Anda pada rekening bisnis Anda? Terdenger sepele memang, tapi pernahkan Anda menghitung berapa banyak waktu yang Anda buang untuk mengecek rekening Anda secara manual dan berkala.

pembukuan usaha bengkel 2

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa merasakan fitur smartlink e-Banking. Ini adalah fitur yang berfungsi untuk mempermudah proses Rekonsiliasi Bank dengan cara mencocokkan data rekening koran dengan histori bank langsung melalui akun Accurate Online Anda.

Data rekening koran dapat diambil langsung dari Internet Banking yang diintegrasikan dengan Accurate Online atau dapat juga mengupload file statement hasil unduhan Internet Banking terkait.

  • Catat Penggajian Karyawan Anda lengkap dengan PPh21 melalui Fitur Gaji/Tunjangan

Seperti yang kami bahas sebelumnya, usaha bengkel adalah usaha yang mengharuskan Anda tidak hanya harus menghitung stok, tapi juga pengeluran untuk penggajian karyawan Anda ataupun tunjangan lainnya.

Jika Anda memiliki bengkel besar dan memiliki banyak mekanik, tentu akan sangat memakan waktu jika Anda menghitung gaji dan tunjangan seluruh mekanik Anda dan mencatatnya pada pembukuan

pembukuan usaha bengkel 3

Fitur Gaji/tunjangan pada Accurate Online akan mencatat setiap beban gaji yang Anda keluarkan setiap bulan dan mencatatnya secara otomatis pada pembukuan usaha bengkel Anda. Tidak hanya itu, pajak karyawan seperti PPh21 akan terhitung secara otomatis pada laporan keuangan Anda nantinya

  • Penghitungan Aset Dimanapun dan Kapanpun

Ada banyak yang harus dihitung saat Anda mendirikan usaha bengkel, termasuk aset Anda. Penghitungan aset adalah suatu keharusan saat Anda mengembangkan usaha ini. Aset yang biasanya ada pada bengkel adalah seperti bangunan, peralatan mekanik, kendaraan operasional, dan masih banyak lagi.

pembukuan usaha bengkel 3

Dengan Accurate Online, Anda bisa menghitung penyusutan aset secara otomatis kapanpun, dimanapun. Accurate Online memiliki menu aset yang akan memandu Anda dalam memahami fitur aset tetap, kategori aset, kategori aset tetap pajak, hingga disposisi aset tetap dan data aset perlokasi.

Baca juga : Accurate Online Sebagai Solusi Akuntansi Manufaktur Sederhana

Kesimpulan

Menggunakan software akuntansi untuk pembukuan usaha bengkel Anda adalah suatu kebutuhan jika bengkel Anda ingin berkembang dan memantau arus keuangan yang baik secara keseluruhan. Anda bisa menggunakan Accurate Online sebagai solusi pembukuan manual.

Kebanyakan dari pemilik bengkel memang masih menganggap pembukuan adalah sesuatu hal yang memakan waktu dan tidak penting, terlebih jika mereka memiliki pengetahuan yang terbatas terhadap akuntansi. Accurate Online bisa menyerderhanakan semua masalah yang dihadapi oleh semua pemilik bengkel sekalipun mereka tidak beegitu mengerti ilmu akuntansi.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang memiliki fitur terlengkap dan dengan harga paling tejangkau, sehingga cocok digunakan oleh pemilik bengkel kecil sekalipun. Telah dikembangkan sejak 20 tahun yang lalu dan memiliki ratusan ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis menjadikan Accurate Online sebagai software akuntansi yang terpercaya dan teruji.

Anda bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan gambar di bawah ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

745 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Khaula Senastri

Artikel Terkait