10 Langkah Mudah Membuat Design Struk yang Menarik

oleh | Mar 5, 2024

source envato.

10 Langkah Mudah Membuat Design Struk yang Menarik

Dalam era digital yang penuh gejolak seperti sekarang, desain struk bukan lagi sekadar unsur fungsional, melainkan sebuah seni yang mampu merangkul keindahan visual dan memberikan pengalaman tak terlupakan bagi pelanggan. Desain struk yang baik tidak hanya mencakup elemen-elemen estetika, tetapi juga menjadi perwakilan dari identitas brand yang kuat.

Oleh karena itu, dalam menjalankan suatu usaha atau bisnis, memahami dan mengimplementasikan prinsip-prinsip desain struk menjadi kunci utama untuk menarik perhatian pelanggan, meningkatkan brand value, dan memberikan kesan profesional.

Lantas, bagaimana cara membuat design struk yang menarik? Ayo baca terus artikel di bawah ini hingga selesai.

Cara Membuat Design Struk yang Menarik

Cara Membuat Design Struk yang Menarik

ilustrasi design struk. source envato

Membuat desain struk yang menarik memerlukan perpaduan antara kreativitas, fungsionalitas, dan pemahaman terhadap citra brand. Dirangkum dari laman Hubspot, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat membantu Anda dalam membuat desain struk yang menarik:

1. Kenali Brand Anda

Sebelum memulai desain, pastikan Anda memahami identitas dan nilai-nilai brand Anda. Desain struk seharusnya mencerminkan karakter dan citra brand secara konsisten.

2. Sederhana dan Bersih

Hindari kerumitan yang tidak perlu. Desain yang bersih dan sederhana dapat meningkatkan keterbacaan dan membuat struk terlihat profesional. Pilih juga jenis huruf yang mudah dibaca.

3. Warna yang Relevan

Pilih palet warna yang konsisten dengan identitas brand. Warna dapat digunakan untuk menyoroti informasi penting dan menciptakan kesan tertentu.

4. Logo yang Tersusun dengan Baik

Letakkanlah logo secara strategis. Pastikan logo terlihat jelas dan tidak terlalu mencolok, sehingga tidak mengganggu informasi yang tertera.

5. Gunakan Grafis dan Gambar dengan Bijak

Jika memungkinkan, tambahkanlah elemen grafis atau gambar yang relevan dengan produk atau layanan Anda. Namun, pastikan tidak terlalu ramai dan tidak mengaburkan pesan utama.

6. Hierarki Informasi

Susunlah informasi dengan hierarki yang jelas. Bagilah informasi struk menjadi bagian-bagian yang terorganisir sehingga pelanggan dapat dengan mudah menemukan informasi yang dicari.

7. Font yang Sesuai

Pilihlah font yang sesuai dengan karakter brand dan mudah dibaca. Hindari penggunaan terlalu banyak jenis huruf yang berbeda, yang dapat menciptakan kekacauan visual.

8. Uji Keterbacaan

Sebelum mengaplikasikan desain secara menyeluruh, ujilah keterbacaan struk pada berbagai ukuran dan jenis cahaya. Pastikan informasi tetap mudah terbaca di berbagai kondisi.

9. Responsif dan Fleksibel

Desain struk harus responsif terhadap berbagai ukuran kertas dan format cetakan. Pastikan desain dapat disesuaikan dengan kebutuhan praktis.

10. Tambahkan Sentuhan Personal

Jika memungkinkan, tambahkanlah elemen personalisasi untuk meningkatkan hubungan pelanggan. Misalnya, mencantumkan nama pelanggan atau ucapan terima kasih.

Ingatlah selalu bahwa desain struk yang efektif adalah kombinasi harmonis antara estetika dan fungsionalitas. Jangan ragu juga untuk melakukan beberapa iterasi dan menerima umpan balik dari pengguna untuk meningkatkan desain struk Anda.

Baca juga: Pengertian Split Payment dan Cara Kerjanya

Ciri-Ciri Design Struk yang Baik

Ciri-Ciri Design Struk yang Baik

ilustrasi design struk. source envato

Desain struk yang baik memiliki beberapa ciri-ciri khusus yang mencerminkan keseimbangan antara estetika dan fungsionalitas. Berikut adalah beberapa ciri-ciri dari desain struk yang efektif:

1. Keterbacaan Tinggi

Desain struk yang baik harus memprioritaskan keterbacaan. Pilih jenis huruf yang jelas dan ukuran yang memadai, serta pastikan kontras warna antara teks dan latar belakang untuk memastikan pesan dapat terbaca dengan mudah.

2. Konsistensi Brand

Desain struk harus sejalan dengan identitas visual brand. Penggunaan logo, warna, dan elemen grafis harus konsisten dengan brand untuk membangun citra yang kuat dan mudah diingat.

3. Sederhana dan Terorganisir

Desain yang bersih, sederhana, dan terorganisir akan meningkatkan keterbacaan dan memudahkan pelanggan untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan. Jadi, hindarilah kerumitan yang tidak perlu.

4. Hierarki Informasi

Susunlah informasi dengan hierarki yang jelas. Bagian-bagian yang lebih penting atau urgen harus diberi penekanan visual yang lebih besar untuk menarik perhatian pelanggan.

5. Tata Letak yang Baik

Penempatan elemen-elemen seperti logo, judul, dan informasi penting lainnya harus dilakukan dengan cermat. Tata letak yang baik memastikan bahwa mata pelanggan dapat mengikuti alur informasi dengan lancar.

6. Warna yang Relevan

Penggunaan warna yang konsisten dengan brand dan mempertimbangkan psikologi warna dapat memberikan dampak emosional yang positif. Warna juga dapat digunakan untuk menyoroti informasi penting.

7. Logo yang Tersusun dengan Baik

Logo harus ditempatkan dengan strategis tanpa mengganggu keterbacaan informasi lainnya. Pastikan logo terlihat jelas dan sejajar dengan estetika keseluruhan desain.

8. Adaptabilitas

Desain struk sebaiknya dapat diadaptasi untuk berbagai format cetakan dan ukuran kertas. Kemampuan untuk menyesuaikan desain dengan kebutuhan praktis sangat penting.

9. Pemakaian Ruang yang Efisien

Hindari overloading informasi. Gunakanlah ruang dengan efisien tanpa membuat struk terlihat penuh sesak. Pemakaian ruang yang bijak dapat meningkatkan estetika dan keterbacaan.

10. Personalisasi (Jika Diperlukan)

Jika memungkinkan, desain struk dapat ditingkatkan dengan elemen personalisasi seperti nama pelanggan atau penawaran khusus yang ditargetkan.

Dengan memperhatikan ciri-ciri ini, Anda dapat menciptakan desain struk yang tidak hanya menarik secara visual tetapi juga efektif dalam menyampaikan informasi kepada pelanggan.

Baca juga: Apa itu MPOS? Ini Pengertian dan Manfaatnya untuk Bisnis!

Penutup

Dalam membuat desain struk yang menarik dan efektif, sangt penting sekali untuk memperhatikan berbagai aspek seperti keterbacaan, konsistensi brand, tata letak yang baik, dan adaptabilitas. Pilihan aplikasi desain grafis yang tepat juga dapat membantu Anda mencapai hasil yang diinginkan.

Dengan memahami ciri-ciri desain struk yang baik, Anda dapat menciptakan materi cetakan yang tidak hanya estetis, tetapi juga efektif dalam menyampaikan informasi kepada pelanggan.

Sebagai langkah terakhir, pastikan juga untuk mencetak desain struk menggunakan teknologi dan peralatan cetak yang berkualitas, atau mengandalkan jasa percetakan profesional untuk hasil yang optimal.

Sehingga, desain struk Anda dapat menjadi alat yang kuat dalam membangun brand image dan memberikan pengalaman positif kepada pelanggan.

Nah, untuk membantu Anda dalam mencetak desain struk yang sudah Anda buat dengan baik, Anda bisa menggunakan software POS atau aplikasi kasir digital dari Accurate POS.

Aplikasi ini bahkan akan memudahkan Anda dalam mengubah atau membuat desain struk yang sesuai dengan referensi Anda. Dengan begitu, Anda bisa sekaligus melakukan kegiatan marketing melalui desain struk yang menarik.

Silakan coba Accurate POS terlebih dahulu selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

aplikasikasirbanner
Ayunda
Seorang yang memiliki hobi penulisan dan jurnalistik dan sedang mendalami ilmu akuntansi dan bisnis agar bisa memberikan manfaat bagi para pebisnis di Indonesia.

Artikel Terkait