Apa itu MPOS? Ini Pengertian dan Manfaatnya untuk Bisnis!

Sebagai seorang pemilik restoran atau toko retail, sistem POS atau point of sale adalah salah satu hal penting di dalam bisnis. Sistem POS ini akan membuat bisnis Anda berjalan lebih lancar. Nah, sistem POS pun sudah mengalami perkembangan dengan hadirnya sistem mPOS.

Lalu, apa itu mPOS? Penasaran? Ketahui jawabannya dengan membaca artikel tentang mPOS di bawah ini hingga selesai.

Apa itu MPOS?

Dilansir dari laman Techtarget, mPOS adalah singkatan dari Mobile Point of Sale. Sistem ini memiliki bentuk perangkat seluler, seperti smartphone ataupun tablet yang mana fungsinya adalah sebagai mesin aplikasi kasir atau terminal POS nirkabel.

Saat penjual atau pebisnis memerlukan waktu untuk mendapatkan pembayaran, bahkan saat bepergian, maka solusinya adalah menggunakan mPOS. Sistem ini akan mengandalkan Wifi atau koneksi data untuk menyelesaikan pembayaran.

Tapi, terdapat beberapa penyedia aplikasi mPOS yang menyediakan mode offline, sehingga akan membantu Anda untuk bisa tetap mendapatkan pembayaran bila koneksi internet sedang buruk atau terputus.

Dengan adanya sistem ini, maka Anda hanya perlu menyediakan software mPOS, men-download aplikasinya, dan menghubungkannya dengan card reader Anda pada perangkat seluler. Setelah itu, Anda pun bisa mulai mendapatkan pembayaran.

Baca juga: Mengenal Aplikasi POS Lebih dalam Serta Manfaat yang Ada di Dalamnya

Lalu, Apa Bedanya MPOS dengan POS Konvensional?

mPOS adalah inovasi baru dari sistem POS konvensional. Sistem ini diklaim lebih murah, sederhana, dan mudah karena Anda bisa mengakses sistem ini kapanpun dan dimanapun Anda perlukan. Sistem ini mampu menggantikan perangkat POS konvensional yang lebih berat dan besar, karena sistem ini hanya perlu menggunakan perangkat yang lebih ringkas, seperti misalnya tablet ataupun smartphone.

Jadi, mPOS mampu memberikan kemudahan untuk bisa memproses transaksi secara lebih efisien, baik itu dengan menggunakan metode cashless ataupun cardless.

Salah satu keunggulan dari sistem ini adalah karyawan bisa berkontribusi dengan mengatur dan menjalankan bisnis hanya dengan sentuhan jari saja.

Karena saat ini perkembangan teknologi dalam dunia bisnis berkembang dengan sangat pesat, banyak yang mengklaim bahwa sistem ini akan terus mengalami perkembangan dan bisa menjangkau lebih banyak segmen di dalam bisnis lain.

Bukan hanya perusahaan besar saja yang memerlukannya, tapi bisnis UMKM juga akan sangat memerlukannya. Gabungan sistem yang mudah dalam penggunaannya, membuat penggunaan mPOS mampu membantu mengelola bisnis secara lebih efektif dan lebih efisien.

Baca juga: Memilih Aplikasi Kasir Terbaik? Ini Tipsnya!

Apa Manfaat mPOS untuk Bisnis?

1. Cepat dan Murah

Umumnya, pelanggan pasti akan mengantri untuk membayar pesanannya di konter kasir karena lamanya proses pembayaran tersebut. Tapi dengan kehadiran sistem mPOS, maka konsumen tidak lagi harus mengantri untuk menyelesaikan pembayaran. Petugas kasir hanya harus memasukkan jumlah ke dalam mPOS, lalu konsumen membayarnya saat tiba di kasir.

Selain cepat, penggunaan sistem ini juga relatif lebih murah dan juga tanpa biaya sewa jika dibandingkan dengan mesin EDC bank yang harus membutuhkan deposito dana terlebih dahulu.

Proses pendaftarannya pun sangat sederhana dan berbeda dengan sistem pendaftaran bank yang membutuhkan banyak dokumen serta memerlukan waktu yang lama.

2. Mengurangi Kesalahan Pencatatan

Sistem kasir yang dilakukan secara manual sangat rawan terjadi kesalahan. Berbagai jenis kesalahan yang kerap terjadi diantaranya adalah salah menginput nominal pembayaran, salah atau kurang menginput pesanan, dan lain sebagainya. Berbagai kesalahan tersebut tentu sangat merugikan.

Tapi, Anda sudah tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut lagi, karena sistem mPOS akan memeriksa nominal pembayaran Anda secara otomatis. Selain itu, sistem ini juga akan memeriksa kesesuaian pesanan yang sudah diinput dengan baik. Sehingga, akan mampu meminimalisir kesalahan yang terjadi dan tidak secara tidak sehingga. Dengan begitu, pelanggan puas akan lebih puas dengan layanan yang sudah Anda berikan.

3. Mampu Memantau Aktivitas Bisnis Secara Real-Time

Anda juga bisa memantau performa karyawan dan kegiatan bisnis dengan menggunakan sistem mPOS. Sistem ini akan membuat seluruh koneksi pada karyawan bisa saling terhubung. Transaksi yang mereka lakukan pun nantinya bisa tercatat secara langsung ke dalam laporan penjualan.

Dengan begitu, Anda bisa memperoleh informasi yang lengkap tentang penjualan, sehingga bisa membuat keputusan bisnis yang tepat.

4. Melakukan Promosi untuk Meningkatkan Penjualan

Sistem mPOS akan memungkinkan setiap karyawan untuk melakukan lebih banyak tindakan promosi dan juga meningkatkan kegiatan penjualan.

5. Fitur e-invoice

Kelebihan lain yang mampu ditawarkan mPOS adalah bisa mengirim invoice ataupun bukti pembayaran melalui email ke pelanggan. Hal tersebut tentunya jauh lebih praktis daripada harus mencetak kwitansi pembayaran di atas kertas.

Nah dengan menggunakan e-invoice, maka Anda bisa menghemat lebih banyak waktu dan juga biaya. Selain itu, e-invoice di dalam sistem mPOS juga akan membantu Anda untuk melindungi lingkungan dari konsumsi kertas yang terlalu berlebihan.

e-invoice pun akan memungkinkan perusahaan untuk bisa menyimpan data transaksi secara lebih baik dan akurat ketimbang nota kertas.

6. Menyimpan Informasi dan Profil Pelanggan

Dalam hal ini, informasi pelanggan yang bisa disimpan adalah nama pelanggan yang loyal. Selain itu, mPOS juga akan membantu Anda untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan. Dengan begitu, Anda bisa memiliki rencana pengembangan produk yang mampu membantu Anda dalam meningkatkan kepuasan pelanggan.

Baca juga: 4 Alasan Kenapa Anda harus Menggunakan Aplikasi Kasir

Penutup

Jadi, sistem mPOS adalah inovasi sistem POS konvensional. Dalam penerapannya, sistem ini berupa perangkat seluler, seperti tablet atau smartphone yang berguna sebagai mesin kasir atau terminal POS yang nirkabel. Sistem ini tentunya sangat berguna untuk keberlangsungan bisnis dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Nah, Accurate POS mampu memberikan solusi mPOS untuk memaksimalkan bisnis retail atau restoran Anda. Dengan tampilan antar muka yang sangat sederhana, Accurate POS sangat mudah untuk dipahami, ringan dan terasa cepat demi mempermudah proses transaksi Anda.

Penasaran dengan Accurate POS? Klik tautan gambar di bawah ini untuk mencobanya lebih dulu selama 30 hari, Gratis.

ayunda tania

Seorang yang memiliki hobi penulisan dan jurnalistik dan sedang mendalami ilmu akuntansi dan bisnis agar bisa memberikan manfaat bagi para pebisnis di Indonesia.