Peluang Bisnis Angkringan di Indonesia dan Tips Memaksimalkannya

oleh | Des 13, 2023

source envato.

Peluang Bisnis Angkringan di Indonesia dan Tips Memaksimalkannya

Peluang bisnis angkringan, dengan konsepnya yang unik dan tradisional, menawarkan pengalaman kuliner yang autentik dan terjangkau. Keberhasilan angkringan tidak hanya terletak pada rasa kuliner yang lezat, tetapi juga pada atmosfer yang hangat dan ramah.

Dalam artikel ini, kita akan mempelajari bersama tentang peluang bisnis angkringan, rincian modal yang dibutuhkan untuk menjalankannya, serta tips ampuh dalam memaksimalkan peluang bisnis angkringan.

Untuk itu, baca terus artikel tentang peluang bisnis angkringan di bawah ini hingga selesai.

Peluang Bisnis Angkringan

Peluang Bisnis Angkringan

ilustrasi peluang bisnis angkringan. source envato

Dilansir dari laman Wikipedia, angkringan, sebuah konsep kuliner yang merakyat, kini muncul sebagai ladang peluang bisnis yang menarik dalam peta bisnis Indonesia. Menyajikan santapan sederhana dengan harga terjangkau, angkringan bukan hanya sebuah tempat makan, tetapi sebuah pengalaman budaya yang menggugah selera.

Dalam era di mana kebutuhan akan pengalaman autentik semakin diapresiasi, angkringan menawarkan jawaban yang menarik dan dapat dimonetisasi.

1. Keunikan Produk dan Pengalaman

Daya tarik utama angkringan terletak pada keunikan produk dan pengalaman yang ditawarkannya. Makanan khas Indonesia yang disajikan dengan sentuhan tradisional menciptakan daya tarik tersendiri bagi konsumen.

Oleh karena itu, peluang untuk mengembangkan menu kreatif dan berinovasi dalam penyajian dapat menjadi kunci keberhasilan bisnis angkringan.

2. Harga Terjangkau dan Segmen Pasar Luas

Dengan harga yang terjangkau, angkringan mampu menjangkau berbagai lapisan masyarakat. Ini menciptakan peluang untuk menarik pelanggan dari berbagai segmen pasar, termasuk mahasiswa, pekerja kantoran, hingga keluarga

Strategi penetapan harga yang bijak dapat memperluas basis pelanggan dan meningkatkan daya saing di pasar kuliner.

3. Lokasi Strategis dan Mobilitas

Keberadaan angkringan yang sering kali dapat ditemui di pinggir jalan atau area publik menciptakan mobilitas yang tinggi.

Lokasi strategis ini dapat dimanfaatkan untuk menjangkau pelanggan yang berpindah-pindah, seperti pekerja kantoran yang mencari alternatif makan siang cepat. Penempatan yang cerdas dapat meningkatkan visibilitas dan daya tarik pelanggan.

4. Pendekatan Pemasaran Kreatif

Pemasaran berperan penting dalam meningkatkan kesadaran dan daya tarik angkringan. Pendekatan kreatif melalui media sosial, program loyalitas pelanggan, atau kolaborasi dengan komunitas lokal dapat membantu membangun citra positif dan meningkatkan visibilitas bisnis.

5. Menyentuh Aspek Kesejahteraan Sosial

Bisnis angkringan tidak hanya tentang makanan tetapi juga berkaitan erat dengan kehidupan sosial masyarakat. Melibatkan diri dalam kegiatan amal, mendukung produk lokal, atau berkolaborasi dengan pelaku usaha kecil lainnya dapat memperkuat ikatan dengan komunitas dan menciptakan dampak positif.

Dengan terus mengasah konsep yang telah menjadi bagian dari budaya kuliner Indonesia, angkringan bukan hanya sebuah peluang bisnis, tetapi juga upaya pelestarian kearifan lokal dalam sebuah inovasi bisnis yang berkembang pesat.

Dengan kreativitas dan kepekaan terhadap tren pasar, pelaku bisnis dapat menggali potensi bisnis angkringan secara optimal dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan kearifan lokal.

Baca juga: 10 Ide Bisnis Makanan yang Menjanjikan dan Tips Menjalankannya

Modal yang Dibutuhkan untuk Menjalankan Bisnis Angkringan

Modal yang Dibutuhkan untuk Menjalankan Bisnis Angkringan

ilustrasi peluang bisnis angkringan. source envato

Modal yang diperlukan untuk menjalankan bisnis angkringan dapat bervariasi tergantung pada skala dan lokasi bisnis. Berikut adalah perkiraan modal yang dibutuhkan:

1. Peralatan dan Perlengkapan

  • Kompor dan Gas: Rp 1.000.000 – Rp 2.000.000
  • Meja dan Kursi: Rp 5.000.000 – Rp 10.000.000
  • Peralatan Masak (Wajan, Panci, Sendok, dll.): Rp 2.000.000 – Rp 5.000.000
  • Gerobak atau Booth: Rp 5.000.000 – Rp 15.000.000
  • Perabotan Pendukung (piring, gelas, sendok garpu): Rp 2.000.000 – Rp 5.000.000
  • Peralatan Kebersihan (sabun, alat pembersih, dsb.): Rp 500.000 – Rp 1.000.000

2. Bahan Baku dan Stok Awal

  • Bahan Baku (nasi, lauk-pauk, bumbu, kopi, teh, dsb.): Rp 5.000.000 – Rp 10.000.000
  • Stok Awal (mengingat rotasi stok): Rp 3.000.000 – Rp 7.000.000

3. Perizinan dan Administrasi

  • Perizinan Usaha: Rp 2.000.000 – Rp 5.000.000
  • Administrasi dan Pendaftaran Bisnis: Rp 1.000.000 – Rp 3.000.000

4. Promosi dan Pemasaran

  • Material Promosi (spanduk, brosur, dsb.): Rp 1.000.000 – Rp 3.000.000
  • Biaya Pemasaran Digital: Rp 1.000.000 – Rp 5.000.000

5. Keamanan dan Perlindungan

  • CCTV dan Sistem Keamanan: Rp 3.000.000 – Rp 8.000.000
  • Asuransi Usaha: Rp 2.000.000 – Rp 5.000.000

6. Cadangan Dana dan Kontinjensi

  • Cadangan untuk Keperluan Tak Terduga: Rp 5.000.000 – Rp 10.000.000

7. Total Estimasi Modal Awal

  • Skala Bisnis Kecil: Rp 30.000.000 – Rp 60.000.000
  • Skala Bisnis Menengah: Rp 60.000.000 – Rp 150.000.000

Penting untuk dicatat bahwa estimasi di atas bersifat umum dan dapat bervariasi tergantung pada lokasi bisnis, biaya sewa tempat, dan faktor-faktor lainnya.

Selain itu, keberhasilan bisnis angkringan juga tergantung pada manajemen yang efisien, pemahaman pasar, dan kualitas pelayanan. Sebelum memulai, sebaiknya lakukan riset pasar dan perencanaan bisnis yang matang untuk memastikan keberlanjutan dan kesuksesan bisnis Anda.

Baca juga: 10 Ide Bisnis Modal 50 Juta Rupiah yang Mudah Dijalankan

Tips Memaksimalkan Peluang Bisnis Angkringan

Tips Memaksimalkan Peluang Bisnis Angkringan

ilustrasi peluang bisnis angkringan. source envato

Berikut ini adalah tips ampuh dalam memaksimalkan peluang bisnis angkringan:

1. Pemahaman Pasar dan Tren Konsumen

Tips pertama dalam memaksimalkan peluang bisnis angkringan adalah melakukan riset pasar secara menyeluruh untuk memahami kebutuhan dan preferensi konsumen. Identifikasi tren kuliner terkini dan pahami bagaimana Anda dapat menyelaraskan menu dan pengalaman yang ditawarkan dengan ekspektasi pasar.

2. Inovasi dalam Menu

Agar tetap bersaing, berinovasilah dalam menyajikan menu. Kembangkan variasi hidangan atau sajian khas yang unik, tetapi tetap sesuai dengan selera pasar lokal. Penyajian makanan yang kreatif dan berkualitas dapat menjadi daya tarik utama bagi pelanggan.

3. Kualitas Bahan dan Rasa

Jaga kualitas bahan baku dan proses memasak. Pastikan rasa makanan konsisten dan memuaskan pelanggan. Kualitas yang baik akan membantu membangun reputasi positif, yang pada gilirannya dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.

4. Pelayanan Pelanggan yang Ramah

Kehangatan dan keramahan dalam pelayanan pelanggan adalah elemen kunci dalam bisnis angkringan. Berikan pengalaman yang menyenangkan dan ramah, sehingga pelanggan merasa diterima dan ingin kembali lagi.

5. Lokasi Strategis dan Visibilitas

Pilih lokasi yang strategis dengan lalu lintas pelanggan yang tinggi. Pastikan angkringan Anda mudah ditemukan dan terlihat. Lokasi yang tepat dapat meningkatkan peluang bisnis Anda dan membuat Anda lebih mudah diakses oleh pelanggan potensial.

6. Pemasaran Kreatif

Manfaatkan media sosial dan strategi pemasaran kreatif untuk meningkatkan visibilitas. Buat konten yang menarik, ajak interaksi pelanggan melalui platform digital, dan manfaatkan promosi khusus untuk menarik perhatian konsumen.

7. Keberlanjutan dan Inisiatif Sosial

Fokus pada keberlanjutan dengan mendukung produk lokal dan praktik ramah lingkungan. Sertakan inisiatif sosial dalam bisnis Anda, seperti program amal atau kolaborasi dengan komunitas lokal, untuk membangun ikatan yang lebih kuat dengan pelanggan.

8. Manajemen Keuangan yang Bijak

Kelola keuangan dengan bijak. Buat perencanaan anggaran yang matang, pantau pengeluaran, dan pastikan keuangan bisnis tetap seimbang. Ini akan membantu menjaga keberlanjutan bisnis Anda dalam jangka panjang.

9. Evaluasi dan Adaptasi

Terus evaluasi kinerja bisnis Anda secara rutin. Tinjau umpan balik pelanggan, identifikasi area untuk perbaikan, dan berani beradaptasi dengan perubahan pasar. Kemampuan untuk belajar dan berubah akan menjadi kunci kesuksesan jangka panjang.

Baca juga: Apa itu MPOS? Ini Pengertian dan Manfaatnya untuk Bisnis!

Kesimpulan

Secara keseluruhan, peluang bisnis angkringan menawarkan potensi pertumbuhan yang signifikan di tengah dinamika pasar kuliner Indonesia.

Dengan memahami pasar, berinovasi dalam menu, memberikan pelayanan pelanggan yang ramah, dan mengelola bisnis secara bijak, angkringan dapat menjadi bisnis yang sukses dan berkelanjutan. Lokasi yang strategis, pemasaran kreatif, dan keterlibatan dalam inisiatif sosial juga dapat memperkuat posisi bisnis di tengah persaingan yang ketat.

Keunikan bisnis angkringan terletak pada kombinasi antara kenikmatan kuliner lokal yang autentik, harga yang terjangkau, dan atmosfer yang hangat.

Dengan mempertahankan kualitas rasa, melibatkan komunitas, dan menjaga keberlanjutan, angkringan tidak hanya menjadi tempat makan, tetapi juga destinasi yang menyatukan orang dalam pengalaman kuliner yang unik.

Dalam mengambil peluang bisnis angkringan, perlu diingat bahwa kesuksesan tidak hanya tergantung pada aspek finansial semata. Pemahaman mendalam terhadap kebutuhan konsumen, fleksibilitas dalam menghadapi perubahan pasar, dan komitmen terhadap standar kualitas yang tinggi akan menjadi fondasi keberhasilan bisnis ini.

Dengan merangkul esensi kearifan lokal dan beradaptasi dengan tren yang berkembang, bisnis angkringan memiliki potensi untuk tumbuh dan berkembang sebagai bagian integral dari industri kuliner yang terus berubah di Indonesia.

Untuk bisa memaksimalkan keuntungan dan mencapai kesuksesan dalam menjalankan bisnis angkringan, Anda bias menggunakan aplikasi kasir dari Accurate POS.

Aplikasi yang sudah terintegrasi dengan ekosistem Accurate Online ini mampu menyajikan berbagi pilihan metode pembayaran, mencatat transaksi secara otomatis, melakukan rekonsiliasi bank, mengurus utang-piutang, hingga menyajikan laporan keuangan yang akurat.

Terlabih lagi, di dalamnya juga Anda akan lebih mudah dalam melakukan penjualan dengan adanya fitur multi-stuan. Anda juga bisa mengelola persediaan barang secara mudah, mengelola pelanggan dan karyawan, dan masih banyak lagi.

Masih ragu dengan Accurate POS? Klik tautan gambar di bawah ini untuk membuktikan langsung kelebihan Accurate POS.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

11 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Daftar konsultasi accurate lite
Ayunda

Artikel Terkait