Merdeka dari Pencatatan Keuangan dengan QRIS

Kehadiran QR Code dalam QRIS disambut dengan sangat baik oleh masyarakat karena kehadiran akan barang yang grafiknya terus mengalami peningkatan serta mobilitas masyarakat yang minim sejak adanya pandemi di dunia setahun yang lalu.

Untuk para penjual, kehadiran QRIS ini tentunya akan memudahkan mereka dalam mencatat keuangan. Saat, ini mereka sudah tidak perlu lagi melakukan pencatatan keuangan secara manual dan memerlukan waktu yang lama.

Lantas, apa itu QRIS? Kenapa mampu mempermudah penjual dalam mencatat keuangan bisnisnya? Temukan jawabannya dengan membaca artikel ini hingga selesai.

Apa itu QRIS?

Quick Response Code Indonesian Standard atau yang disingkat dengan QRIS adalah suatu standar QR Code nasional agar bisa memberikan fasilitas pembayaran digital melalui berbagai aplikasi keuangan elektronik, e-wallet, dan juga mobile banking. QRIS diklaim sebagai jawaban atas kegiatan pembayaran online yang saat ini semakin masif.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, saat ini sudah banyak sekali penyedia pembayaran digital yang bisa dilakukan oleh masyarakat. Saat kita ingin membeli sesuatu, maka kita hanya perlu memindai QR Code yang sudah tersedia dan kegiatan transaksi pun bisa dilakukan dengan cepat.

Kehadiran QRIS mampu membantu para penyedia jasa sistem pembayaran berbasis quick response untuk bisa diakses dengan satu QR Code saja. Jadi, walaupun aplikasi pembayaran digital yang digunakan oleh masyarakat berbeda-beda, tapi penjual hanya perlu menyediakan satu QR Code saja.

QR Code mampu memberikan kemudahan transaksi dengan aplikasi pembayaran digital. Lewat kehadirannya, pihak penjual dan pembeli sama-sama bisa mendapatkan keuntungan.

Untuk penjual, disarankan mulai saat ini Anda menggunakan QR Code yang satu ini, karena nantinya Anda dapat merasakan beberapa kelebihan di bawah ini:

Baca juga: Menjalankan Bisnis Barbershop Kini Lebih Mudah dengan Sistem POS

1. Proses Transaksi Menjadi Lebih Mudah

Kehadiran QRIS mampu membuat seluruh proses transaksi dalam bentuk cashless menjadi lebih praktis, mudah, dan efisien. Anda hanya perlu mempunyai satu kode saja agar bisa digunakan dalam berbagai aplikasi pembayaran digital.

Dalam hal estetika, hal ini akan membuat tampilan meja kasir Anda jadi lebih kekinian dan juga lebih rapi karena tidak harus memasang barisan QR Code yang banyak. Setiap satu merchant hanya harus menempelkan QR dode yang diperoleh dari QRIS nya.

2. Pencatatan Transaksi Lebih Rapi

Anda bisa melakukan pemantauan pada seluruh transaksi cashless dan penjualan yang didapat secara realtime dimana saja Anda butuhkan. Sehingga, seluruh laporan penjualan bisnis Anda bisa tercatat dengan rapi dan baik. Anda tidak perlu lagi melakukan pencatatan secara manual, karena seluruh kegiatan transaksi sudah terekam secara otomatis dan juga sistematis.

3. Lebih Mudah Mendaftarkan Merchant

Keuntungan selanjutnya adalah proses pendaftaran merchant atau toko menjadi lebih praktis dan juga lebih mudah. Bila umumnya Anda harus melakukan pendaftaran merchant pada setiap aplikasi pembayaran digital, maka saat ini Anda hanya perlu satu kali daftar agar bisa menerima pembayaran digital dari seluruh aplikasi keuangan.

4. Mencegah Beredarnya Uang Palsu

Metode transaksi cashless mampu mengurangi resiko mendapatkan uang palsu. Pertukaran uang tunai sudah secara otomatis tidak ada, sehingga kemungkinan dalam memperoleh uang palsu makin minim. Terlebih lagi di masa pandemi seperti saat ini, transaksi yang dilakukan secara cashless mampu mencegah penyakit yang menular.

5. Biaya yang Lebih Murah

Selain empat kemudahan di atas, Anda juga bisa memperoleh keuntungan lainnya dari penggunaan QR Code, yakni dari sisi biaya yang sudah ditetapkan secara resmi oleh pihak BI atau Bank Indonesia. Tarif pembayaran dari BI jauh lebih murah ketimbang transaksi online pada umumnya.

Baca juga: Ingin Merdeka dalam Menilai Peluang Usaha? Perhatikan Hal Ini!

Penutup

Jadi, QRIS adalah suatu standar QR Code nasional agar bisa memberikan fasilitas pembayaran digital melalui berbagai aplikasi keuangan elektronik, e-wallet, dan juga mobile banking.

Software POS yang tersedia saat ini pun sudah mampu mendukung pembayaran dengan metode QRIS. Salah satunya adalah Accurate POS. Dengan menggunakan Accurate POS, mencatat transaksi penjualan akan jauh lebih cepat berkat adanya fitur pencatatan pembayaran tunai dan non tunai.

Jadi, bagaimana pengalaman Anda selama ini dalam menggunakan Accurate POS Beta? Ayo ceritakan pengalaman Anda, dan sampaikan kritik serta saran pada kami melalui email yang sebelumnya sudah kami kirim.

ayunda tania

Seorang yang memiliki hobi penulisan dan jurnalistik dan sedang mendalami ilmu akuntansi dan bisnis agar bisa memberikan manfaat bagi para pebisnis di Indonesia.