Pengertian Bisnis Internasional dan Tantangan Menjalankannya

oleh | Des 11, 2023

source envato.

Pengertian Bisnis Internasional dan Tantangan Menjalankannya

Dalam era globalisasi ini, bisnis internasional menjadi salah satu aspek utama yang tidak dapat diabh2aikan dalam dunia ekonomi. Pengertian bisnis internasional bukanlah sekadar sebatas transaksi lintas batas, tetapi lebih merupakan suatu konsep yang melibatkan strategi, risiko, dan kesempatan di pasar global.

Mengetahui dengan jelas dan mendalam tentang pengertian bisnis internasional menjadi langkah awal yang krusial bagi perusahaan yang ingin meraih kesuksesan di tingkat internasional.

Untuk itu, dalam kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa hal tentang bisnis internasional, dari mulai pengertian bisnis internasional, tantangan dalam menjalankannya, serta contoh bisnis internasional. Jadi, baca terus artikel tentang pengertian bisnis internasional di bawah ini hingga selesai.

Pengertian Bisnis Internasional

Pengertian Bisnis Internasional

ilustrasi pengertian bisnis internasional. source envato

Pengertian Bisnis internasional merujuk pada kegiatan ekonomi yang melibatkan transaksi perdagangan, investasi, atau kegiatan bisnis lainnya antara entitas bisnis di berbagai negara, seperti yang dijelaskan dalam laman Forbes. Di dalamnya mencakup pertukaran barang, jasa, modal, dan pengetahuan melintasi batas-batas nasional.

Bisnis internasional tidak hanya melibatkan perusahaan-perusahaan besar; bahkan perusahaan kecil dan menengah dapat terlibat dalam aktivitas bisnis internasional.

Beberapa aspek utama dari pengertian bisnis internasional adalah sebagai berikut:

1. Perdagangan Internasional

Bisnis internasional sering kali terkait dengan perdagangan internasional, di mana barang dan jasa ditukar antara negara-negara. Pertukaran ini dapat melibatkan ekspor (penjualan barang dan jasa ke luar negeri) dan impor (pembelian barang dan jasa dari luar negeri).

2. Investasi Asing

Bisnis internasional juga mencakup investasi asing, di mana perusahaan atau individu dari satu negara menanamkan modalnya di negara lain. Ini bisa berupa investasi langsung, seperti pembangunan pabrik atau akuisisi perusahaan, atau investasi portofolio dalam bentuk kepemilikan saham atau obligasi.

3. Kemitraan dan Aliansi Lintas Batas

Perusahaan dapat membentuk kemitraan strategis atau aliansi bisnis dengan perusahaan dari negara lain. Ini menciptakan kolaborasi untuk membagi risiko, sumber daya, dan pengetahuan bisnis.

4. Ekspansi Global

Beberapa perusahaan memutuskan untuk melakukan ekspansi global dengan membuka cabang atau anak perusahaan di berbagai negara. Hal ini dapat membantu mereka mendekati pasar lokal dengan lebih efektif.

5. Regulasi dan Keanekaragaman Budaya

Bisnis internasional juga melibatkan pemahaman dan ketaatan terhadap regulasi yang berbeda-beda di setiap negara, serta penanganan keanekaragaman budaya yang dapat mempengaruhi cara berbisnis.

Pengertian bisnis internasional mencerminkan kompleksitas dan dinamika pasar global. Perusahaan yang terlibat dalam bisnis internasional perlu memahami tantangan dan peluang yang muncul dari lingkungan bisnis yang lintas batas untuk mencapai kesuksesan di pasar global.

Baca juga: 8 Ide Bisnis Milenial dan Strategi Efektif Memulainya

Tantangan dalam Menjalankan Bisnis Internasional

Tantangan dalam Menjalankan Bisnis Internasional

ilustrasi pengertian bisnis internasional. source envato

Menjalankan bisnis internasional membawa sejumlah tantangan yang perlu diatasi oleh perusahaan agar dapat sukses di pasar global. Berikut adalah beberapa tantangan utama dalam menjalankan bisnis internasional:

1. Perbedaan Budaya

Keanekaragaman budaya antar negara dapat menjadi tantangan besar. Bahasa, norma-norma sosial, dan nilai-nilai budaya yang berbeda dapat mempengaruhi cara berkomunikasi, berinteraksi, dan memasarkan produk atau layanan.

2. Peraturan dan Kebijakan

Setiap negara memiliki peraturan dan kebijakan yang berbeda terkait dengan bisnis. Perusahaan perlu memahami dan mematuhi regulasi setempat terkait perdagangan, pajak, keamanan produk, dan hukum ketenagakerjaan.

3. Tantangan Logistik

Manajemen rantai pasok global dapat menjadi rumit. Perusahaan perlu mengatasi masalah logistik, termasuk transportasi, penyimpanan, dan distribusi produk di berbagai negara dengan infrastruktur dan kebijakan yang berbeda.

4. Fluktuasi Mata Uang

Perubahan nilai tukar mata uang dapat berdampak signifikan pada keuntungan perusahaan. Fluktuasi ini bisa terjadi karena faktor-faktor ekonomi, politik, atau peristiwa global yang tidak terduga.

5. Risiko Politik

Perubahan dalam stabilitas politik suatu negara atau konflik politik dapat memengaruhi operasi bisnis internasional. Risiko politik mencakup perubahan kebijakan pemerintah, sanksi internasional, dan ketidakstabilan politik.

6. Keamanan dan Risiko Global

Risiko terkait keamanan seperti konflik bersenjata, terorisme, atau bencana alam dapat mempengaruhi operasi bisnis. Perusahaan perlu mengelola risiko ini dan memiliki rencana darurat yang efektif.

7. Teknologi dan Inovasi

Perkembangan teknologi dapat berbeda di setiap negara, dan perusahaan perlu mengikuti tren dan inovasi teknologi untuk tetap bersaing. Tantangan ini juga mencakup keamanan data dan privasi yang berbeda-beda.

8. Manajemen Tim Lintas Batas

Memimpin tim yang terdiri dari anggota dari berbagai negara membutuhkan keahlian manajemen lintas budaya. Perbedaan waktu, bahasa, dan gaya kerja dapat menjadi kendala dalam berkomunikasi dan berkolaborasi.

9. Kompetisi Global

Persaingan dalam pasar global seringkali lebih sengit. Perusahaan perlu memiliki strategi pemasaran dan diferensiasi yang kuat untuk membedakan produk atau layanan mereka dari pesaing lokal dan internasional.

Untuk engatasi tantangan-tantangan ini diperlukan perencanaan yang matang, adaptasi strategis, dan fleksibilitas dalam menjalankan bisnis internasional. Perusahaan yang berhasil mengelola tantangan ini dapat memanfaatkan peluang dan meraih kesuksesan di pasar global.

Baca juga: Cara Memulai Bisnis Ekspedisi dan Peluang Bisnisnya

Contoh Sederhana dari Bisnis Internasional

Contoh Sederhana dari Bisnis Internasional

ilustrasi pengertian bisnis internasional. source envato

Contoh sederhana dari bisnis internasional dapat melibatkan sebuah perusahaan kecil yang mengimpor dan menjual produk dari luar negeri.

Berikut adalah skenario yang mengilustrasikan bisnis internasional dalam konteks yang lebih sederhana:

Nama Perusahaan: PT GlobalTrade

Deskripsi Bisnis:

PT GlobalTrade adalah perusahaan kecil yang berbasis di Indonesia dan fokus pada impor dan penjualan produk konsumen. Perusahaan ini menjalankan bisnis internasional dengan mengimpor barang-barang dari produsen di luar negeri untuk dijual di pasar domestik.

Skenario:

PT GlobalTrade memutuskan untuk memperluas lini produknya dengan mengimpor peralatan elektronik rumah tangga dari produsen di Tiongkok. Mereka memilih untuk mengimpor blender pintar yang baru dirilis untuk pasar Indonesia.

Langkah-langkah Menjalankan Bisnis Internasional:

1. Penelitian Pasar

Sebelum mengambil keputusan untuk mengimpor blender pintar, PT GlobalTrade melakukan penelitian pasar untuk memahami permintaan pasar lokal, persaingan, dan harga yang dapat diterima oleh konsumen.

2. Identifikasi Pemasok Internasional

Perusahaan ini menjalin kemitraan dengan pemasok di Tiongkok yang memproduksi blender pintar berkualitas tinggi dengan harga yang kompetitif.

3. Negosiasi dan Pemilihan Pemasok

PT GlobalTrade melakukan negosiasi harga, persyaratan pengiriman, dan kualitas produk dengan pemasok di Tiongkok. Setelah kesepakatan dicapai, mereka memesan sejumlah blender pintar untuk diimpor.

4. Pengaturan Logistik

Perusahaan mengurus proses pengiriman, termasuk pemilihan perusahaan pengangkutan dan penanganan masalah logistik seperti bea cukai dan pajak impor.

5. Pemasaran dan Penjualan

Setelah produk tiba di Indonesia, PT GlobalTrade meluncurkan kampanye pemasaran untuk mempromosikan blender pintar mereka. Mereka menggunakan berbagai saluran penjualan, termasuk toko daring dan offline.

6. Pelacakan dan Pemeliharaan Stok

Perusahaan mengelola stok dengan hati-hati, melacak penjualan dan memastikan ketersediaan produk yang memadai untuk memenuhi permintaan pasar.

7. Tantangan dan Kesuksesan

PT GlobalTrade menghadapi beberapa tantangan, seperti memahami kebijakan bea cukai, beradaptasi dengan perbedaan budaya, dan mengatasi fluktuasi nilai tukar mata uang.

Namun, dengan manajemen yang baik, pemahaman pasar, dan hubungan bisnis yang kuat dengan pemasok, PT GlobalTrade berhasil memasarkan dan menjual blender pintar dengan sukses di pasar Indonesia, menghasilkan keuntungan dari bisnis internasional mereka.

Baca juga: Apa itu MPOS? Ini Pengertian dan Manfaatnya untuk Bisnis!

Penutup

Kesimpulan dari pengertian bisnis internasional mencakup pemahaman bahwa beroperasi di pasar global memberikan sejumlah peluang dan tantangan

Jadi, pengertian bisnis internasional bukan hanya tentang ekspansi geografis, tetapi juga tentang manajemen risiko, fleksibilitas, dan adaptabilitas terhadap perubahan. Dengan pemahaman yang matang tentang pasar global dan implementasi strategi yang tepat, perusahaan dapat meraih kesuksesan yang berkelanjutan dalam lingkungan bisnis internasional.

Hal ini tentu Berbeda halnya dengan bisnis F&B, Jasa, ataupun Retail. Bisnis ini memerlukan suat sistem canggih yang mampu membantu mereka dalam meningkatkan efektifitas dan efisiensi bisnis, seperti dengan menggunakan aplikasi kasir digital dari Accurate POS.

Aplikasi berbasis cloud ini akan memudahkan setiap penggunanya dalam mencatat transaksi secara otomatis, menyediakan berbagai pilihan metode pembayaran, mengelola persediaan, hingga menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan.

Dengan menggunakan Accurate POS, maka Anda akan memiliki banyak waktu yang bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis secara lebih sukses.

Ayo buktikan sendiri dengan mencoba Accurate POS selama 30 hari gratis melalui tautan gambar di bawah ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

11 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Daftar konsultasi accurate lite
Ayunda

Artikel Terkait