Berbagai Ide Bisnis di Bidang Seni untuk si Penghobi Seni

Untuk Anda yang mempunyai hobi pada bidang seni atau lulusan seni, Anda tidak perlu khawatir akan sulitnya mempunyai pekerjaan, karena masih ada ide bisnis di bidang seni. Memang, mencari pekerjaan bukanlah hal mudah, terlebih lagi pada masa pandemi saat ini. Anda harus berusaha keras mencari dan mendaftar lowongan ke berbagai perusahaan demi mendapatkan kerjaan yang sesuai dengan gaji minimal UMR.

Namun, seringkali kita melihat banyak pekerja kantoran yang mempunyai gaji besar justru tidak merasa nyaman atas pekerjaannya. Hal ini dikarenakan tidak adanya konektivitas antara pekerjaan dengan minat atau bakatnya.

Sebagian diantara mereka akan mengorbankan perasaannya ini demi gaji besar, bisa makan enak, dan menabung lebih banyak. Hal ini memang tidak salah sepenuhnya, namun akan lebih baik lagi bila tidak memaksakan diri atas pekerjaan yang tidak nyaman di kantor. Jadi, solusinya adalah dengan melakukan pekerjaan yang memang sesuai dengan keahlian, hobi atau bakat Anda.

Atau bisa juga dengan berbisnis melalui beberapa ide bisnis pada bidang seni berikut ini yang bahkan mampu menghasilkan keuntungan jauh lebih besar daripada pendapatan Anda di kantor. Berikut ini adalah ulasannya.

Ide Bisnis pada Bidang Seni yang Sangat Menguntungkan

1. Desain Grafis

Dengan menjadi seorang freelance desain grafis, Anda tidak perlu berangkat subuh pulang malam lagi setiap hari karena jauhnya jarak kantor. Anda juga tidak perlu khawatir akan rasa kantuk di jalan akibat lembur hingga tengah malam.

Terdapat banyak sekali pekerjaan yang bisa Anda ambil ketika melakukan bisnis desain grafis, baik itu untuk sebuah perusahaan maupun kebutuhan orang-orang disekitar Anda. Contohnya adalah membuat desain poster, banner, hingga desain baju. Anda hanya perlu menguasai kemampuan mendesain dan mengoleksi semua aset digital Anda.

Berbagai aset digital tersebut bisa Anda dapatkan secara gratis pada web tertentu seperti freepik dan platform lainnya. Disana Anda hanya perlu mendaftar, dan berbagai aset digital terbaik pun bisa Anda miliki.

Selain itu, Anda juga hanya perlu mempersiapkan laptop atau PC dengan spesifikasi yang sedang dan beberapa aplikasi pendukung untuk mendesain serta jaringan internet. Lalu Anda bisa langsung memulai menjual dan memperkenalkan pada masyarakat tentang bisnis Anda ini.

Baca juga: Social Entrepreneurship: Pengertian Dan 11 Tips Sukses Menjadi Social Entrepreneurship

3. Lukisan Digital

Jika Anda memiliki keahlian dalam melukis wajah atau objek lainnya, maka manfaatkanlah keahlian tersebut.

Saat ini, semua kendali dipegang penuh secara digital. Oleh karenanya, Anda bisa mulai menjual berbagai lukisan Anda dalam media digital ataupun media sosial lainnya.

Anda bisa mengambil momentum yang tepat seperti pada hari ulang tahun, hari ibu, hari ayah, atau hari raya agama.

Kenapa ini bisa dijadikan peluang? Karena sebagian besar orang masih kesulitan dalam memberi hadiah untuk orang-orang yang mereka sayangi pada momen penting tersebut. Anda bisa secara langsung menawarkan jasa Anda yang dituangkan dalam bentuk kanvas digital.

Anda tidak perlu susah susah mempersiapkan kanvas, bingkai, dan alat lukis lainnya. Anda hanya butuh laptop yang sudah terinstal berbagai aplikasi menggambar lalu Anda sudah bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

4. Lukisan Kanvas

Bagaimana jika saya belum memiliki keahlian dalam melukis secara digital? Maka Anda bisa mulai melakukan bisnis ala kadarnya dengan cara yang sederhana.

Anda tinggal mempersiapkan bingkai, kertas, dan alat lukis Anda. Alat lukis disini bisa Anda sesuaikan dengan kemampuan serta keahlian Anda karena setiap pelukis tentu memiliki peralatannya masing-masing. Hasil akhirnya akan terlihat luar biasa jika Anda mampu menerapkannya dengan baik

Hampir sama sengan jasa lukisan digital, Anda bisa memanfaatkan berbagai momen terbaik, seperti hari-hari spesial tertentu dalam menawarkan jasa lukisan Anda. Bedanya adalah karya lukisan ini bisa Anda jual pada tempat terbuka, seperti tempat yang dilalui oleh banyak orang. Bisnis yang satu ini dijamin mampu menambah pundi tabungan Anda.

5. Custom Airbrushing Interior dan Eksterior

Jika Anda suka menggambar atau melukis di tembok, maka Anda bisa memanfaatkan kemampuan Anda ini untuk melakukan bisnsis custom airbrushing. Lukisan yang dibuat dengan menggunakan airbrush pada umumnya diterapkan pada beberapa media atau benda interior dan eksterior.

Beberapa dari Anda mungkin akan lebih mengenal lukisan pada tembok ini dengan istilah mural.

Jika diterapkan pada bisnis, gambar mural ini akan nampak lebih aestetik dan mampu memuaskan siapa saja yang melihatnya. Anda bisa membuatnya secara dua dimensi atau tiga dimensi yang mampu memberikan kesan timbul saat dilihat dari jarak yang jauh.

Namun, Anda harus mempersiapkan berbagai perlengkapan mural Anda sebelum memulai bisnis ini. Mulai dari alat tulis, stencil, kompresor udara, cat, dan airbrush.

Anda bisa memanfaatkan platform media sosial atau website dalam pemasarannya agar nama Anda bisa semakin dikenal masyarakat. Sehingga, Anda akan mendapat kepercayaan dalam mengerjakan berbagai jenis pekerjaan penting dalam bidang ini.

6. Make Up Artist (MUA)

Jika Anda seorang wanita yang sangat suka merias diri, maka manfaatkanlah kemampuan Anda dalam mengeruk keuntungan yang banyak.

Saat ini, bisnis tata rias masih terbilang sangat laku di pasar Indonesia. Banyak sekali wanita dari berbagai kalangan yang membutuhkan jasa make up untuk berbagai acara, seperti pernikahan, kondangan, wisuda, hingga tungangan.

Jika kemampuan Anda ini sudah terasa cukup bagus dan sangat layak untuk bisa diterapkan pada orang lain, maka lakukanlah bisnis ini sesegera mungkin.

Pekerjaan ini akan terasa sangat menyenangkan untuk Anda, karena pada dasarnya Anda sudah hobi atau suka merias diri.

Baca juga: 5 Aturan Sederhana untuk Menulis Rencana Bisnis yang Solid

7. Melukis Tato

Ide bisnis dalam bidang seni yang mampu mendatangkan banyak keuntungan lainnya adalah bisnis tato.

Profesi ini masih dianggap berani dan tidak biasa di pasar. Kenapa? Karena tidak semua orang memiliki kemampuan dalam menggambar dan membuat tato. Terlebih lagi medianya adalah tubuh manusia, bukan kanvas.

Dalam menggambar sebuah tato, kesalahan sekecil apapun tidak bisa ditolerir karena tinta pada jarum kecil yang masuk kedalam lapisan kulit tidak bisa dihapus kembali.

Itulah alasannya kenapa bisnis ini memiliki risiko yang besar. Anda harus mempunyai keberanian dan juga keahlian yang sangat mumpuni sebelum bisa turun langsung menjalani bisnis tato.

8. Pameran Lukisan (Art Dealer)

Jika Anda sangat suka menghadiri berbagai pameran karya seni lukis untuk menikmati berbagai lukisan terbaik, rasanya Anda sudah cocok untuk menjadi art dealer.

Art dealer adalah mereka yang mempunyai kemampuan dalam membuat pameran karya seni lukis dan mampu membungkusnya dengan berbagai konsep yang sangat menarik, sehingga akan banyak orang yang mau mengunjungi pemeran tersebut.

Modal yang diperlukan untuk menjalani bisnis ini memang besar, namun keuntungan yang didapat juga sangatlah luar biasa. Anda perlu modal uang yang banyak untuk menyewa tempat pada suatu lokasi yang sangat strategis, lalu mengumpulkan berbagai karya seni dari para seniman profesional.

Selain itu, Anda juga harus mempelajari berbagai hal tentang bisnis, marketing, dan cara negosiasinya. Apabila Anda sudah mempunyai seluruh keahlian ini, maka Anda bisa memperluas konektivitas bisnis Anda dan mulai membuat bisnis galeri seni Anda.

9. Tembikar

Inspirasi bisnis lainnya yang mampu mendatangkan banyak keuntungan adalah bisnis tembikar. Membuat dan mengukir tembikar adalah hasil karya seni yang sangat menakjubkan. Butuh tingkat kesabaran yang sangat besar dalam hal membuat tanah liat dan menjadikkanya sebuah karya seni yang memiliki nilai jual tinggi.

Bahkan, keahlian seni ini bisa Anda gunakan untuk meningkatkan keuntungan yang lebih tinggi lagi, seperti dengan membuat tembikar yang dibalut dengan ukiran unik serta ukuran yang beragam sesuai dengan permintaan pelanggan.

Keuntungan yang akan Anda dapatkan akan semakin besar jika tembikar tersebut sangat unik. Hal yang terpenting adalah Anda mau berusaha, semangat, dan yakin bahwa karya seni Anda akan disukai oleh banyak orang.

10. Guru Seni

Menjadi guru seni adalah ide bisnis terakhir yang bisa Anda coba lakukan untuk mendapatkan keuntungan. Beberapa dari Anda mungkin belum terpikirkan atau belum berminat untuk menjadi guru seni dengan alasan sulitnya mengikuti prosedur dan harus mengikuti kurikulum pengajaran yang berlaku.

Namun, yang kami maksud di sini adalah menjadi guru seni freelance, bukan guru yang mengajar pada sekolah formal.

Anda bisa membuka kelas seni seperti menyanyi, melukis, menari, atau memainkan alat musik. Anda hanya perlu menyesuaikannya saja dengan keahlian Anda.

Sebagai contoh, jika Anda ahli dalam bermain piano, maka Anda bisa membuka kelas kursus piano. Atau jika Anda ahli dalam seni lukis, maka Anda bisa membuka kelas kursus seni lukis Anda.

Baca juga: Pengertian Entrepreneur dan Perbedaannya Dengan Pengusaha

Kesimpulan

Beberapa referensi diatas bisa Anda pilih untuk meyakinkan kemana arah langkah yang akan Anda jalani dalam membukan bisnis dalam bidang seni. Jika Anda sudah yakin dan memilih salah satu dari ide bisnis seni diatas, maka Anda bisa langsung menjalaninya dengan strategi pemasaran dan juga keuangan yang tepat.

Strategi pemasaran bisa Anda lakukan dengan berbagai media, baik itu online maupun offline. Namun dalam strategi keuangannya, Anda harus merencanakan dengan matang agar Anda bisa melacak dan mengatur sistem keuangan yang tepat untuk bisnis seni Anda. Untuk itu, software akuntansi Accurate Online hadir untuk membantu sistem akuntansi pada bisnis yang Anda jalani.

Aplikasi ini akan memudahkan Anda dalam mengurus segala hal yang menyangkut akuntansi bisnis Anda secara lebih mudah dan cepat. Sehingga, Anda bisa fokus mengembangkan bisnis Anda. ertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini: