ISO 22000: Pengertian dan Peran Pentingnya untuk Sistem Manajemen Keamanan Pangan

Bila perusahaan Anda bergerak pada bidang industri pangan, maka Anda harus memahami informasi yang berkaitan dengan standar 22000 sebagai suatu pedoman dalam menjalankan Sistem Manajemen Keamanan Pangan agar mutu dan kualitas produk pangan Anda tetap terjaga dengan baik.

Lantas, sepenting apakah standar penerapan ISO 22000? Apakah memang sangat memiliki dampak pada keuntungan dan juga lingkungan perusahaan? Apa saja manfaat diterapkannya ISO 22000? Temukan jawabannya dengan membaca artikel tentang ISO 22000 di bawah ini hingga selesai.

Apa Itu ISO 22000?

Pengertian umum ISO 22000 adalah suatu standar internasional yang didalamnya membahas tentang sistem Manajemen Keamanan Pangan.

Di dalamnya bukan hanya berisi standar pedoman biasa, sistem ini bahkan diakui dan juga diresmikan serta diberikan sertifikasi oleh pihak yang berwenang di dalam ISO secara internasional. ISO ini pun mempunyai level yang juga sama dengan standarisasi sistem manajemen ISO lainnya.

Selain hanya untuk perusahaan tertentu saja, standar yang ada pada ISO ini memiliki isi sistem manajemen keamanan terkait pangan serta nantinya bisa diaplikasikan pada setiap organisasi yang bergerak dalam bidang pangan.

Sistem manajemen ini bisa dioperasikan di dalam rantai makanan peternakan dan juga pertanian. Selain itu, standarisasi ISO 22000 ini juga bertujuan agar bisa menyiapkan standar yang dikenal secara luas dan internasional.

Baca juga: ISO 45001 Adalah Standar Keselamatan dan Kesehatan untuk Karyawan, !ni Penjelasannya!

Apa itu Sistem Manajemen Keamanan Pangan?

Walaupun perhatian utama tentang keamanan pangan adalah adanya bahaya keamanan pangan di dalam titik konsumsi tertentu, namun bahaya utama sebenarnya bisa berada pada titik manapun yang ada di sepanjang rantai makanan.

Oleh karena itu, sangat penting sekali untuk memiliki kontrol yang memadai di dalam seluruh rantai makanan, dan setiap bagian dari organisasi harus melakukan kolaborasi dengan baik agar bisa memastikan keamanan pangan.

Nah, elemen yang ada di dalam FSMS yang dijelaskan di dalam ISO 22000 adalah sebagai berikut:

  • Melakukan komunikasi secara interaktif pada seluruh bagian organisasi
  • Melakukan manajemen sistem yang didalamnya mencakup sistem dokumentasi
  • Mengadakan program prasyarat agar bisa memastikan lingkungan yang bersih dan juga tersanitasi
  • Menjalankan prinsip HACCP, yakni membantu melakukan identifikasi, mencegah, dan juga menghilangkan bahaya keamanan pangan.

Standar tersebut juga mencakup berbagai prinsip lain, yang di dalamnya adalah bagian dari seluruh standar sistem manajemen ISO. Berbagai prinsip tersebut adalah sebagai berikut:

  • Fokus pada pelanggan
  • Kepemimpinan yang baik
  • Keterlibatan setiap pihak
  • Pendekatan proses yang baik
  • Perbaikan berkelanjutan
  • Mengambil keputusan sesuai dengan bukti yang ada
  • Melakukan manajemen hubungan

Apa Saja yang Dibutuhkan ISO 22000?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, FSMS nantinya akan menetapkan proses untuk memanajemen keamanan pangan yang berlaku dalam setiap perusahaan. Beberapa proses yang bisa dipertimbangkan oleh perusahaan terkait ISO 22000 adalah sebagai berikut:

  • Kebijakan keamanan pangan secara menyeluruh
  • Target yang akan mensupport perusahaan agar bisa mematuhi kebijakannya dengan baik.
  • Melakukan perencanaan, perancangan, dan mendokumentasikannya secara baik dalam sistem manajemen.
  • Menciptakan tim keamanan pangan yang di dalamnya terdiri dari individu yang berkualitas dan menugaskan setiap tanggung jawabnya.
  • Menetapkan prosedur komunikasi untuk melakukan komunikasi internal dan eksternal perusahaan, seperti pemasok, pelanggan, dan badan pengatur peraturan tertentu.
  • Membuat rencana darurat
  • Menerapkan rencana secara teratur untuk mengevaluasi performa FSMS
  • Strategi untuk menyediakan sumber daya yang mumpuni untuk memungkinkan kegiatan FSMS, termasuk di dalamnya personal yang berkualitas dan juga terlatih.
  • Rencana yang baik untuk mengikuti berbagai prinsip HACCP
  • Sistem yang baik agar bisa meningkatkan keterlacakan dan juga identifikasi produk
  • Membuat sistem agar bisa mengendalikan ketidaksesuaian di dalam produk
  • Membuat prosedur yang terdokumentasi untuk penarikan berbagai produk
  • Menerapkan program audit internal
  • Rencana yang matang untuk terus meningkatkan FSMS
  • Menerapkan program prasyarat

Manfaat Penerapan ISO 22000

Sistem ISO 22000 dibuat dengan banyak manfaat, terlebih lagi untuk suatu perusahaaan. Nah, manfaat ISO 22000 adalah sebagai berikut:

1. Bisa Menjamin Keamanan Produk Pangan

Perusahaan, organisasi ataupun badan bisa menjamin keamanan produk yang bisa dihasilkan. Sehingga, tidak hanya sekedar menghasilkan produk saja, namun juga menciptakan mutu yang lebih berkualitas dan juga terjamin. Karena sistem ISO ini pada dasarnya adalah bertujuan agar bisa mengelola dan menjamin hasil produk industri pangan.

2. Bisa Menjamin Kepercayaan Pelanggan

Dengan menciptakan produk pangan yang berkualitas baik dari adanya sistem manajemen keamanan di dalam suatu perusahaan, maka nantinya bisa meningkatkan kepercayaan dan juga kepuasan pelanggan.

Dengan adanya kepuasan dan kepercayaan pelanggan, mereka akan bisa bertahan pada produk yang Anda buat. Bahkan bisa membuat para pelanggan tidak akan beralih pada perusahaan lain.

3. Bisa Meningkatkan Produktivitas

Sistem manajemen mutu pangan dari ISO 22000 juga nantinya akan membantu meningkatkan produktivitas dalam suatu organisasi.

Dengan meningkatkan produktivitas, maka nantinya efisiensi kerja pada setiap staf yang terdapat di dalam organisasi akan bisa terjaga secara konsisten.

4. Meningkatkan Kinerja Sumber Daya Manusia

Selain bisa kita lihat berdasarkan produktivitasnya secara menyeluruh, yaitu dari organisasi, sistem dan juga peraturan, ISO juga nantinya bisa membuat sumber daya pada suatu perusahaan akan meningkat. Hal ini bisa kita lihat dari performa setiap pekerja yang lebih terarah dan lebih efisien.

5. Komunikasi Lebih Terarah

Bila kita perhatikan dalam hal komunikasi, ISO 22000 juga akan membantu pihak internal ataupun eksternal perusahaan bisa saling membantu meningkatkan hubungan dan saling mengingatkan antara satu dengan yang lainnya.

Beberapa contoh eksternal perusahaan adalah pemasok bahan baku pembuatan produk perusahaan.

Jenis Perusahaan yang Harus Menggunakan ISO 22000

Seperti yang sudah kita bahas pada poin sebelumnya, ISO 22000 akan lebih baik dan bahkan wajib untuk diterapkan pada perusahaan yang bergerak pada industri produk pangan.

Selain perusahaan jasa ataupun perusahaan pelayananan, perusahaan yang bergerak pada bidang pangan tentunya harus bisa memperhatikan dengan baik sistem manajemen mutu pangannya juga. Kenapa? karena mutu yang ada pada produk pangan adalah suatu hal yang sangat penting.

Lantas, bagaimana dengan perusahaan pangan yang belum bisa menerapkan sistem ISO 22000 ini? Bila suatu perusahaan memang ternyata tidak bisa menerapkan ISO 22000, maka tentunya akan membahayakan para konsumen atau pelanggan, karena mutunya sudah tidak sesuai dengan standarisasi yang sudah ditetapkan oleh ISO.

Sedangkan untuk perusahaan yang sudah menerapkan sistem keamanan mutu secara baik dan benar, maka nantinya akan membuat para konsumen dan juga para pelanggan merasa yakin dan percaya pada produk yang dihasilkan dari perusahaan.

Baca juga: ISO 14001 Adalah Standar Tentang Sistem Manajemen Lingkungan Perusahaan

Kesimpulan

Jadi pada intinya, penerapan ISO 22000 dalam suatu perusahaan ataupun organisasi tidak hanya fokus pada kepentingan produksi saja, seperti mencapai target, kecepatan proses produksi, dan berbagai hal lainnya. Tapi juga harus memerhatikan manfaat dan dampak dari produknya tersebut.

Bila produk sudah ada ditangan para pelanggan, maka mereka nantinya akan melakukan penilaian sendiri tentang kepuasan mereka pada mutu produk Anda.

Bila mereka memang puas, maka mereka akan kembali membeli produk pada perusahaan Anda. Bila mereka kurang puas, maka tentunya mereka akan beralih ke perusahaan lain yang memang mempunyai kualitas yang lebih baik daripada produk Anda. Tentunya Anda tidak ingin hal ini terjadi.

Untuk itu, Anda bisa melakukan evaluasi terkait sebelum dan sesudah menerapkan sistem manajemen mutu ISO 22000 pada perusahaan Anda. Sehingga, Anda bisa melihat adanya perbedaan dari sisi produktivitas, keuntungan penjualan, adanya peningkatan daya beli pelanggan, dll.

Nah, agar Anda lebih mudah dalam mengevaluasi dan melihat laporan tersebut, Anda bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online. Dengan Accurate Online, Anda akan mendapatkan seluruh data pengeluaran, pemasukan, transaksi, sampai upah karyawan secara otomatis, cepat, dan akurat.

Selain itu, Accurate Online juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur dan modul yang akan memudahkan Anda dalam mengelola bisnis. Sehingga, bisnis Anda akan bergerak lebih efisien dan efektif.

Penasaran? Klik banner di bawah ini untuk mencoba Accurate Online selama 30 hari, Gratis!accurate1