Pengertian Analisis SOAR dan 5 Strategi Ampuh Menerapkannya

oleh | Agu 4, 2023

source envato.

Pengertian Analisis SOAR dan 5 Strategi Ampuh Menerapkannya

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, penting bagi perusahaan untuk memiliki strategi yang efektif dalam menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang. Salah satu pendekatan yang inovatif dan efektif adalah analisis SOAR.

Analisis SOAR (Strengths, Opportunities, Aspirations, Results) adalah metode yang berfokus pada kekuatan internal perusahaan dan peluang eksternal yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Dalam analisis SOAR, perusahaan harus mengidentifikasi kekuatan internal yang dimiliki, seperti sumber daya manusia yang berkualitas, teknologi canggih, atau brand yang kuat.

Selain itu, perusahaan juga mencari peluang eksternal yang dapat dimanfaatkan, seperti perubahan tren pasar, perkembangan teknologi baru, atau kebijakan pemerintah yang mendukung.

Ingin mengetahui lebih dalam tentang analisis SOAR? Baca terus artikel di bawah ini hingga selesai.

Pengertian Analisis SOAR

accurate.id Pengertian Analisis SOAR

Berdasarkan artikel yang dipublikasikan oleh University of Missouri, analisis SOAR adalah suatu pendekatan dalam analisis bisnis yang berfokus pada kekuatan internal (Strengths), peluang eksternal (Opportunities), aspirasi atau tujuan jangka panjang (Aspirations), dan hasil yang diinginkan (Results).

Pendekatan ini berbeda dengan analisis SWOT yang lebih menitikberatkan pada masalah, kelemahan, dan ancaman.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dalam analisis SOAR, perusahaan harus mengidentifikasi kekuatan internal yang dimiliki, seperti sumber daya manusia yang berkualitas, teknologi canggih, atau brand yang kuat.

Selain itu, perusahaan juga mencari peluang eksternal yang dapat dimanfaatkan, seperti perubahan tren pasar, perkembangan teknologi baru, atau kebijakan pemerintah yang mendukung.

Dengan memahami kekuatan dan peluang ini, perusahaan dapat merumuskan aspirasi atau tujuan jangka panjang yang ingin dicapai.

Aspirasi ini harus realistis dan dapat diukur agar dapat dijadikan dasar dalam membuat strategi yang efektif. Selanjutnya, perusahaan perlu mengembangkan strategi yang dapat menghasilkan hasil yang diinginkan. Strategi ini harus berdasarkan pada kekuatan dan peluang yang telah diidentifikasi sebelumnya.

Baca juga: Apa itu Analisis SWOT dan Bagaimana Penerapannya Bagi Bisnis Anda?

Manfaat Melakukan Analisis SOAR

accurate.id Manfaat Melakukan Analisis SOAR

Manfaat melakukan analisis SOAR adalah sebagai berikut:

1. Fokus pada kekuatan dan peluang

Analisis SOAR membantu perusahaan untuk lebih memanfaatkan kekuatan internal yang dimiliki dan peluang eksternal yang ada. Dengan fokus pada hal-hal positif, perusahaan dapat mengoptimalkan potensi yang dimiliki dan menciptakan keunggulan kompetitif.

2. Pendekatan positif

Analisis SOAR tidak hanya mengidentifikasi masalah dan kelemahan, tetapi juga berfokus pada kekuatan dan aspirasi. Pendekatan ini dapat meningkatkan motivasi dan semangat dalam perusahaan, sehingga mendorong tim untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

3. Mendorong inovasi

Dengan mengidentifikasi kekuatan dan peluang, analisis SOAR dapat mendorong perusahaan untuk mengembangkan ide-ide inovatif. Perusahaan dapat membuat strategi berdasarkan kekuatan dan peluang yang ada untuk mencapai hasil yang diinginkan.

4. Mengarahkan strategi jangka panjang

Melalui analisis SOAR, perusahaan dapat merumuskan aspirasi atau tujuan jangka panjang yang ingin dicapai. Hal ini akan membantu perusahaan dalam mengarahkan strategi pengembangan bisnis yang berkelanjutan dan menciptakan masa depan yang diinginkan

5. Memperoleh wawasan ke depan

Analisis SOAR membantu perusahaan untuk memperoleh informasi tentang tren pasar, perkembangan teknologi, dan kebijakan pemerintah yang dapat dimanfaatkan sebagai peluang. Dengan pemahaman yang mendalam tentang lingkungan eksternal, perusahaan dapat merencanakan langkah-langkah yang tepat untuk mencapai tujuan bisnis.

6. Fokus pada tindakan

Analisis SOAR tidak hanya memberikan teori saja-teori, tetapi juga mendorong perusahaan untuk mengambil tindakan nyata. Dengan fokus pada tindakan, perusahaan dapat mengatasi kendala dan permasalahan yang ada secara realistis.

Dengan melakukan analisis SOAR, perusahaan dapat menggali potensi yang dimiliki, merumuskan strategi yang tepat, dan mencapai kesuksesan dalam bisnis. Analisis ini membantu perusahaan untuk berfokus pada kekuatan dan peluang, serta mengarahkan langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Baca juga: Analisis Usaha: Pengertian, Cara, dan Tujuannya dalam Pengembangan Usaha

Strategi Ampuh dalam Melakukan Analisis SOAR

accurate.id Strategi Ampuh dalam Melakukan Analisis SOAR

Berikut adalah beberapa strategi ampuh dalam melakukan analisis SOAR:

1. Identifikasi kekuatan internal dengan jelas

Dalam melakukan analisis SOAR, perusahaan harus mengidentifikasi kekuatan internal yang dimiliki dengan jelas dan terperinci. Hal ini akan membantu perusahaan untuk memahami potensi yang dimiliki dan merumuskan strategi yang tepat untuk mencapai tujuan yang diinginkan

2. Cari peluang eksternal yang dapat dimanfaatkan

Selain mengidentifikasi kekuatan internal, perusahaan juga harus mencari peluang eksternal yang dapat dimanfaatkan.

Peluang ini dapat berupa perubahan tren pasar, perkembangan teknologi baru, atau kebijakan pemerintah yang mendukung. Dengan memahami peluang ini, perusahaan dapat merumuskan strategi yang tepat untuk mencapai tujuan yang diinginkan

3. Libatkan semua pihak terkait

Dalam melakukan analisis SOAR, perusahaan harus melibatkan semua pihak terkait, seperti karyawan, manajemen, dan pelanggan. Hal ini akan membantu perusahaan untuk memahami kekuatan internal yang dimiliki dan peluang eksternal yang ada secara lebih komprehensif

4. Fokus pada aspirasi atau tujuan jangka panjang

Dalam melakukan analisis SOAR, perusahaan harus fokus pada aspirasi atau tujuan jangka panjang yang ingin dicapai. Aspirasi ini harus realistis dan dapat diukur agar dapat dijadikan dasar dalam membuat strategi yang efektif

5. Rancang strategi yang tepat

Setelah mengidentifikasi kekuatan internal dan peluang eksternal, serta merumuskan aspirasi atau tujuan jangka panjang, perusahaan perlu merancang strategi yang tepat untuk mencapai hasil yang diinginkan. Strategi ini harus berdasarkan pada kekuatan dan peluang yang telah diidentifikasi sebelumnya

Dengan menerapkan strategi-strategi di atas, perusahaan dapat melakukan analisis SOAR dengan lebih efektif dan merumuskan strategi yang tepat untuk mencapai tujuan bisnis yang diinginkan.

Baca juga: Proses Bisnis: Pengertian, Jenis, Manfaat dan Contohnya

Penutup

Dalam melakukan analisis SOAR, terdapat beberapa kesimpulan yang dapat diambil:

  • Fokus pada kekuatan internal: Analisis SOAR memberikan penekanan pada kekuatan internal yang dimiliki oleh perusahaan. Dengan memanfaatkan kekuatan ini, perusahaan dapat menciptakan keunggulan kompetitif dan mengoptimalkan potensi yang dimiliki.
  • Identifikasi peluang eksternal: Selain kekuatan internal, analisis SOAR juga mengidentifikasi peluang eksternal yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan. Dengan memahami peluang ini, perusahaan dapat merancang strategi yang tepat untuk mengambil keuntungan dari perubahan tren pasar, perkembangan teknologi, atau kebijakan pemerintah yang mendukung.
  • Merumuskan aspirasi atau tujuan jangka panjang: Analisis SOAR membantu perusahaan untuk merumuskan aspirasi atau tujuan jangka panjang yang ingin dicapai. Aspirasi ini harus realistis dan dapat diukur agar dapat menjadi landasan dalam merancang strategi yang efektif.
  • Pengembangan strategi berdasarkan kekuatan dan peluang: Dengan memahami kekuatan internal dan peluang eksternal, perusahaan dapat merancang strategi yang berbasis pada faktor-faktor tersebut. Strategi ini akan membantu perusahaan mencapai hasil yang diinginkan dan menciptakan keberhasilan dalam bisnis.
  • Pendekatan positif dan inovatif: Analisis SOAR memberikan pendekatan yang positif dan inovatif dalam menghadapi tantangan dan peluang. Dengan fokus pada kekuatan dan aspirasi, perusahaan dapat meningkatkan motivasi dan semangat dalam mencapai tujuan yang diinginkan.

Kesimpulan tersebut menunjukkan bahwa analisis SOAR merupakan pendekatan yang efektif dalam menggali potensi perusahaan, merumuskan strategi yang tepat, dan mencapai kesuksesan dalam bisnis.

Dengan memanfaatkan kekuatan internal dan peluang eksternal, perusahaan dapat menciptakan keunggulan kompetitif dan mencapai tujuan jangka panjang yang diinginkan.

Namun sebelum menerapkan analisis SOAR, pastikan Anda sudah memiliki sistem manajemen bisnis yang tepat. Nah, solusinya adalah dengan menggunakan Accurate Online.

Software akuntansi dan bisnis ini mampu membantu Anda dalam mengelola bisnis secara menyeluruh, dari mulai membuat laporan keuangan, mengelola persediaan, membantu penjualan dan pembelian, menyelesaikan urusan perpajakan, dan masih banyak lagi.

Ragu dengan Accurate Online? Klik tautan gambar di bawah ini untuk mencobanya terlebih dahulu selama 30 hari, Gratis!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

17 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Natalia

Artikel Terkait