Mengetahui Literasi Keuangan Agar Kita Melek Finansial

Menjadi melek finansial dapat membantu Anda dengan setiap aspek keuangan pribadi Anda, apakah Anda membuat anggaran, berinvestasi pada instrumen tertentu atau mengevaluasi tawaran pekerjaan. Literasi keuangan sangat penting untuk berhasil merencanakan masa depan. Mempelajari ke mana harus mencari informasi adalah langkah pertama yang bagus untuk meningkatkan literasi keuangan Anda.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas apa itu literasi keuangan, manfaat menjadi literasi keuangan, dan 10 langkah yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan literasi keuangan Anda.

Apa itu Literasi Keuangan?

Literasi keuangan mengacu pada kemampuan untuk memahami dan menerapkan keterampilan manajemen keuangan seperti investasi dan penganggaran. Ini melibatkan kemampuan untuk memahami prinsip dan konsep keuangan seperti mengelola utang, menerapkan teknik tabungan, merencanakan masa depan keuangan Anda, memahami dan menghitung bunga majemuk dan bahkan memahami prinsip waktu sebagai uang. Literasi keuangan sangat penting untuk stabilitas keuangan jangka panjang.

Manfaat Literasi Keuangan

Literasi keuangan melibatkan kemampuan mengelola keuangan pribadi secara efisien dan membuat keputusan yang tepat dan terdidik tentang keuangan pribadi Anda. Beberapa manfaat utama dari literasi keuangan meliputi:

Mengembangkan kebiasaan belanja yang lebih baik

Literasi keuangan dapat membantu Anda untuk tetap sadar akan kebiasaan belanja Anda. Dengan melacak pengeluaran Anda, Anda dapat mengelola tagihan Anda, membuat anggaran dan membuat rencana untuk menabung untuk tujuan jangka panjang dan pendek.

Karena Anda tahu berapa banyak yang Anda belanjakan, Anda akan tahu berapa banyak yang bisa Anda investasikan atau tabungkan Anda.

Mempelajari nilai dari rekening tabungan

Dengan melek finansial, Anda akan memahami pentingnya memiliki rekening tabungan yang dapat Anda gunakan jika terjadi keadaan darurat atau peristiwa besar dalam hidup. Anda dapat memulai dari yang kecil hanya dengan menjadwalkan setoran bulanan dari rekening giro Anda ke rekening tabungan.

Dengan secara teratur memasukkan uang ke dalam rekening tabungan, Anda akan merasa lebih percaya diri dengan keterampilan pengelolaan uang Anda dan menyadari pentingnya berinvestasi pada diri Anda sendiri.

Baca juga:Sistem Pembayaran: Pengertian, Komponen, Dan Jenis-Jenisnya

Mampu berkomunikasi lebih efektif tentang keuangan

Dengan menjadi melek finansial, Anda akan dapat berkomunikasi dengan orang lain tentang keuangan, akuntansi, bisnis, atau pengelolaan uang. Anda juga akan dapat memahami dokumen yang memiliki jargon keuangan, seperti perjanjian kartu kredit, surat penawaran atau surat promes.

Membuat keputusan keuangan yang lebih baik

Dengan melek finansial, Anda dapat membuat keputusan yang lebih terdidik tentang hipotek, kartu kredit, dan cara menangani utang. Anda akan cenderung menjadi korban pinjaman predator, penipuan dan suku bunga tinggi. Ketika Anda melek finansial, Anda memiliki keterampilan yang Anda butuhkan untuk:

  • Rekonsiliasi rekening bank Anda
  • Lunasi hutang
  • Kelola uang Anda secara bertanggung jawab
  • Bayar tagihan tepat waktu
  • Rencanakan masa depan

Bagaimana Menjadi lebih Melek Finansial

Meskipun dapat memakan waktu, ada beberapa langkah sederhana yang dapat Anda ambil untuk menjadi melek finansial:

1. Pelajari tentang masalah uang

Untuk mulai meningkatkan literasi keuangan Anda, langkah pertama adalah mulai membaca segala sesuatu tentang masalah uang, termasuk investasi, pengelolaan uang, dan keuangan. Anda bisa memulainya dengan majalah dan koran atau mencari buku yang mengajarkan literasi keuangan. Anda mungkin juga ingin mencari sumber daya online serta podcast dan webinar yang mengajarkan literasi keuangan.

2. Gunakan alat manajemen keuangan

Langkah penting lainnya untuk mendapatkan literasi keuangan adalah mulai menggunakan alat manajemen keuangan. Ada banyak layanan yang tersedia secara online dan Anda dapat dengan mudah menghubungkannya ke rekening giro dan tabungan, kartu kredit, dan KPR Anda untuk memantau pengeluaran Anda. Dengan menggunakan alat ini, Anda dapat membuat anggaran dan kemudian memantau seberapa efektif Anda mempertahankan anggaran.

3. Minta saran

Seorang penasihat keuangan dapat menjawab pertanyaan tentang bagaimana menangani kartu kredit berbunga tinggi dan hutang lainnya. Mereka dapat mengevaluasi situasi spesifik Anda dan membuat rekomendasi tentang bagaimana mengkonsolidasikan dan mengelola keuangan Anda untuk melunasi hutang Anda.

4. Gunakan jaringan Anda

Meskipun ada sumber daya tak terbatas untuk membantu meningkatkan literasi keuangan Anda, carilah sumber daya dalam jaringan langsung Anda sendiri. Kemungkinannya adalah Anda memiliki teman, anggota keluarga, atau CPA yang dapat menawarkan panduan atau wawasan untuk membantu Anda meningkatkan literasi keuangan Anda sendiri.

Baca juga: Market Cap Adalah Hal yang Harus Anda Ketahui Di Dunia Investasi, Ini Penjelasannya!

5. Belajar menganggarkan

Penganggaran adalah komponen kunci dari literasi keuangan. Belajar membuat dan mengelola anggaran memungkinkan Anda membayar atau menghindari utang, menghemat uang, dan merencanakan masa depan Anda.

6. Pahami kredit

Untuk menggunakan kredit Anda secara efektif, Anda harus terlebih dahulu memahaminya. Beberapa konsep penting yang harus Anda ketahui tentang kredit antara lain:

  • Mengapa kredit itu penting?
  • Informasi apa yang masuk ke skor kredit Anda?
  • Cara meningkatkan skor kredit Anda

Bagian dari pemahaman kredit termasuk belajar bagaimana membayar hutang kartu kredit berbunga tinggi.

7. Buat dan kelola rekening giro dan tabungan

Membuat dan mengelola rekening giro dan tabungan adalah langkah penting lainnya untuk literasi keuangan. Akun ini akan memungkinkan Anda untuk menyimpan uang Anda dengan aman dan membuat pembayaran tagihan lebih mudah. Penting juga untuk belajar mengelola akun untuk menghindari biaya cerukan.

8. Pahami hutang dan pinjaman

Belajar tentang utang dan pinjaman adalah bagian penting lain dari literasi keuangan. Tidak semua hutang diciptakan sama, jadi belajar tentang berbagai jenis hutang, strategi untuk masing-masing hutang dan apa yang harus Anda fokuskan untuk membayar terlebih dahulu harus menjadi prioritas utama.

9. Berinvestasi di masa pensiun

Tidak ada kata terlambat untuk merencanakan masa pensiun Anda. Gunakan rencana tabungan pensiun yang diuntungkan pajak seperti reksadana. Mulailah menginvestasikan 15% dari pendapatan Anda setiap bulan untuk memastikan Anda mengalahkan inflasi sambil tetap menyisakan pendapatan yang cukup untuk membayar pengeluaran lain, seperti hipotek atau pinjaman mahasiswa.

10. Pahami risiko pencurian identitas

Identifikasi pencurian adalah ketika seseorang menggunakan informasi pribadi Anda tanpa izin Anda untuk melakukan penipuan. Ini mungkin melibatkan penggunaan nama Anda, nomor kartu kredit, nomor Jaminan Sosial atau informasi lain yang terkait dengan identitas pribadi Anda. Cara terbaik untuk mencegah pencurian identitas adalah mempelajari cara melindungi informasi Anda.

Baca juga: Penetapan Biaya Standar: Pengertian, Keuntungan, Kekurangan dan Cara Membuatnya

Kesimpulan

Itulah beberapa hal dalam finansial literasi yang bisa Anda terapkan supaya Anda melek finansial. Sebagai pemilik bisnis, mengetahui finansial litaerasi adalah hal penting guna pengembangan bisnis dan pengelolaan keuangan usaha yang lebih baik.

Pemilik bisnis juga harus mengetahui dasar pembukuan agar mereka bisa memastikan bahwa bisnis yang dijalankan mendapatkan keuntungan yang diharapkan. Jika Anda tidak mengetahui pembukuan dan proses akuntansi, jangan kahawatir, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online yang mudah digunakan dan dengan harga terjangkau.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 350 ribu pengguna dari berbagai jenis dan skala bisnis di Indonesia. Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa dengan mudah melakukan pencatatan pembukuan, manajemen aset dan stok, pengelolaan dan pembayaran pajak, otomatisasi 200 jenis laporan keuangan dan masih banyak lagi.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Accurate-