Pengertian Net National Income dan 4 Cara Mudah Menghitungnya

oleh | Okt 2, 2023

source envato.

Pengertian Net National Income dan 4 Cara Mudah Menghitungnya

Net National Income (NNI) merupakan salah satu indikator ekonomi yang penting dalam mengukur kesejahteraan suatu negara. NNI adalah suatu konsep yang digunakan dalam ilmu ekonomi untuk mengukur nilai total pendapatan yang diterima oleh warga negara suatu negara dalam suatu periode tertentu setelah mengurangkan depresiasi modal.

Dalam kata lain, Net National Income menggambarkan berapa banyak pendapatan yang benar-benar tersedia bagi penduduk suatu negara setelah memperhitungkan kerusakan dan keausan dari modal yang ada.

Penggunaan konsep Net National Income sangat penting dalam analisis ekonomi, karena hal ini membantu dalam memahami sejauh mana kekayaan yang dihasilkan oleh suatu negara dapat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan penduduknya.

Artikel ini akan mengulas secara mendalam konsep Net National Income, metodenya, serta signifikansinya dalam konteks perekonomian Indonesia.

Pengertian Net National Income

Pengertian Net National Income

ilustrasi net national income. source envato

Berdasarkan laman Wikipedia, Net National Income (NNI) adalah salah satu indikator ekonomi yang digunakan untuk mengukur total pendapatan yang diterima oleh warga negara suatu negara dalam suatu periode tertentu.

NNI mengukur nilai pendapatan yang tersedia bagi penduduk suatu negara setelah memperhitungkan depresiasi atau penurunan nilai dari modal yang digunakan dalam produksi ekonomi.

Dalam pengertian lain, Net National Income mencerminkan pendapatan bersih yang benar-benar tersedia bagi penduduk negara tersebut setelah dikurangkan semua pengurangan yang berkaitan dengan keausan dan penyusutan modal.

NNI merupakan salah satu indikator penting dalam analisis ekonomi karena memberikan gambaran yang lebih akurat tentang kemakmuran sebenarnya yang dinikmati oleh penduduk suatu negara.

Dalam perhitungan NNI, beberapa komponen utama termasuk pendapatan dari faktor produksi seperti upah, bunga, sewa, dan laba bersih, serta mengurangkan depresiasi atau penyusutan modal seperti peralatan dan bangunan.

NNI digunakan sebagai alat untuk mengukur pertumbuhan ekonomi suatu negara, mengidentifikasi distribusi pendapatan, dan memahami kesejahteraan ekonomi warga negara. Hal ini juga akan membantu pemerintah dalam merencanakan kebijakan ekonomi yang lebih efektif dan berkelanjutan.

Dengan demikian, NNI adalah salah satu komponen penting dalam analisis ekonomi makro dan perencanaan ekonomi suatu negara.

Baca juga: Pengertian Sertifikat Bank Indonesia dan Dampaknya Pada Stabilitas Ekonomi Negara

Metode Perhitungan Net National Income

Metode Perhitungan Net National Income

ilustrasi net national income. source envato

Perhitungan Net National Income (NNI) melibatkan beberapa langkah dan komponen utama dalam analisis ekonomi suatu negara. Berikut adalah metode perhitungan NNI secara umum:

1. Menghitung Pendapatan Nasional Bruto (Gross National Income, GNI)

Langkah pertama dalam perhitungan NNI adalah menghitung GNI suatu negara. GNI adalah total pendapatan yang diterima oleh semua warga negara suatu negara, termasuk di dalam dan di luar negeri, selama suatu periode waktu tertentu.

GNI dapat dihitung dengan menjumlahkan komponen pendapatan seperti upah, bunga, sewa, dan laba bersih.

2. Mengurangkan Penerimaan dari Luar Negeri (Net Receipts from the Rest of the World)

Untuk mendapatkan NNI, kita perlu mengurangkan penerimaan dari luar negeri (net exports of income and goods and services) dari GNI.

Di dalamnya mencakup pendapatan yang diterima oleh warga negara suatu negara yang bekerja atau berinvestasi di luar negeri dan pendapatan yang diterima oleh warga negara asing yang bekerja atau berinvestasi di dalam negeri.

3. Mengurangkan Depresiasi Modal (Depreciation of Capital)

Selanjutnya, kita perlu mengurangi depresiasi atau penyusutan modal. Hal ini adalah nilai penurunan atau keausan modal seperti peralatan, bangunan, dan infrastruktur yang digunakan dalam produksi ekonomi negara.

Tujuannya adalah untuk memperoleh NNI yang merupakan pendapatan bersih setelah mempertimbangkan kerusakan modal.

4. Menghitung Net National Income (NNI)

Setelah melakukan pengurangan di atas, kita akan mendapatkan NNI, yang merupakan jumlah pendapatan bersih yang tersedia bagi penduduk suatu negara setelah mempertimbangkan semua faktor yang relevan.

Rumus perhitungan NNI dapat diringkas sebagai berikut:

NNI = GNI – Penerimaan dari Luar Negeri + Depresiasi Modal

Pengukuran NNI adalah penting karena memberikan gambaran yang lebih akurat tentang kesejahteraan ekonomi penduduk suatu negara. Dengan memperhitungkan depresiasi modal dan transaksi dengan luar negeri, NNI memberikan pandangan yang lebih lengkap tentang pendapatan yang sebenarnya tersedia untuk penduduk suatu negara. Metode ini menjadi alat yang berguna untuk analisis ekonomi makro dan perencanaan ekonomi nasional.

Baca juga: Pengertian Ekonomi Makro dan 10 Peran Pentingnya pada Perekonomian Negara

Signifikansi Net National Income

Signifikansi Net National Income

ilustrasi net national income. source envato

Net National Income (NNI) memiliki signifikansi yang penting dalam analisis ekonomi dan perencanaan kebijakan perekonomian suatu negara. Berikut adalah beberapa aspek signifikansi NNI:

1. Mengukur Kesejahteraan Ekonomi

NNI memberikan gambaran yang lebih akurat tentang kesejahteraan ekonomi penduduk suatu negara karena memperhitungkan depresiasi modal dan transaksi dengan luar negeri.

Metode ini mampu membantu Anda dalam memahami sejauh mana pendapatan yang dihasilkan oleh negara tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan penduduknya.

2. Pengukuran Pertumbuhan Ekonomi

NNI digunakan sebagai indikator pertumbuhan ekonomi suatu negara. Ketika NNI meningkat dari tahun ke tahun, itu menunjukkan bahwa pendapatan bersih yang tersedia untuk penduduk juga meningkat, yang dapat mencerminkan pertumbuhan ekonomi yang lebih baik.

3. Perbandingan Internasional

NNI memungkinkan perbandingan pendapatan bersih antara berbagai negara. Hal ini akan sangat membantu dalam mengevaluasi posisi relatif suatu negara dalam konteks ekonomi global dan dalam memahami sejauh mana negara tersebut dapat bersaing secara internasional.

4. Perencanaan Kebijakan Ekonomi

NNI memberikan pandangan yang lebih komprehensif tentang kesejahteraan ekonomi dan distribusi pendapatan. Hal ini akan membantu pemerintah dalam merencanakan kebijakan ekonomi yang lebih efektif untuk mengurangi kesenjangan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan penduduk.

5. Analisis Distribusi Pendapatan

Dengan NNI, perekonomian dapat dievaluasi bagaimana pendapatan didistribusikan di antara berbagai lapisan masyarakat. Hal ini akan membantu dalam mengidentifikasi ketidaksetaraan pendapatan dan memungkinkan perencanaan kebijakan yang lebih baik untuk mengatasi masalah tersebut.

6. Pemantauan Kesehatan Ekonomi

NNI juga digunakan untuk memantau kesehatan ekonomi suatu negara. Kenaikan NNI yang stabil dan berkelanjutan dapat menjadi indikator bahwa ekonomi sedang tumbuh dengan baik dan berkelanjutan.

Secara keseluruhan, NNI adalah alat penting dalam analisis ekonomi yang membantu dalam memahami kesejahteraan ekonomi suatu negara dan memandu pembuatan kebijakan ekonomi yang lebih baik.

Dengan memahami konsep dan signifikansi NNI, pemerintah dan pembuat kebijakan dapat mengambil langkah-langkah yang lebih tepat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Baca juga: Tindakan Ekonomi : Pengertian, Tujuan, Jenis Dan Contohnya

Penutup

Jadi, Net National Income (NNI) adalah konsep ekonomi yang sangat penting dalam mengukur kesejahteraan ekonomi suatu negara. Dengan memperhitungkan depresiasi modal dan transaksi dengan luar negeri, NNI memberikan pandangan yang lebih lengkap tentang pendapatan bersih yang benar-benar tersedia bagi penduduk negara tersebut.

Pentingnya NNI terletak dalam peranannya sebagai alat analisis ekonomi yang memungkinkan pemantauan pertumbuhan ekonomi, perencanaan kebijakan yang lebih baik, evaluasi distribusi pendapatan, dan perbandingan internasional.

Dengan memahami konsep dan perhitungan NNI, pemerintah dan pembuat kebijakan dapat membuat keputusan yang lebih tepat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Pemahaman yang mendalam tentang NNI merupakan langkah pertama dalam merancang kebijakan ekonomi yang efektif, berkelanjutan, dan berpihak pada kesejahteraan seluruh penduduk. Oleh karena itu, NNI tetap menjadi alat penting dalam analisis ekonomi modern dan perencanaan ekonomi nasional.

Sebagai pebisnis, Anda harus memerhatikan hal ini dengan serius, karena akan sangat berdampak pada kelangsungan bisnis Anda dalam mencapai kesuksesan.

Agar lebih mudah dalam mencapai kesuksesan bisnis, Anda bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Aplikasi berbasis online ini mampu membantu Anda dalam mengelola bisnis secara efektif dan efisien. Anda bisa lebih mudah dalam melakukan penjualan, mengelola aset dan persediaan, menyelesaikan perpajakan, dan mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara akurat.

Klik tautan gambar di bawah ini untuk langsung mencoba dan menggunakan Accurate Online selama 30 hari, Gratis!

ekonomikeuanganbanner

Efisiensi Bisnis dengan Satu Aplikasi Praktis!

Konsultasikan kebutuhan bisnismu dengan tim kami.

Jadwalkan Konsultasi

artikel-sidebar

Ibnu
Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia

Artikel Terkait