Pernah merasa pengeluaran perusahaan sulit dilacak atau seringkali melewati batas budget yang sudah ditentukan? Jika iya, corporate card atau kartu kredit korporat bisa menjadi solusi praktis untuk mengatasi masalah tersebut. Kok, bisa?
Jawabannya bisa, pasalnya corporate card tidak hanya memudahkan transaksi saja, tetapi juga sangat membantu dalam hal akuntansi perusahaan. Mulai dari dari pelaporan pengeluaran, pelacakan transaksi, hingga pengelolaan anggaran, semuanya bisa lebih efisien.
Nah, dari sekian banyaknya pilihan yang ada, memilih kartu kredit korporat yang paling cocok memang menjadi tantangan tersendiri. Maka dari itu, berikut 5 corporate card terbaik yang membuat akuntansi bisnis kamu jadi lebih mudah dan rapi. Simak yuk!
1. Paper Horizon Card
Paper Horizon Card adalah corporate card pilihan yang tepat untuk membantu perusahaan kamu dalam mengelola keuangan, terutama dalam hal akuntansi. Kartu kredit korporat dari Paper.id ini dirancang untuk memudahkan pengelolaan transaksi bisnis, baik untuk domestik maupun internasional, lho.
Selain bisa digunakan sebagai kartu transaksi multi guna untuk kebutuhan perusahaan, Paper Horizon Card juga memberikan kemudahan dalam memisahkan pengeluaran personal dan bisnis, serta membuat proses rekonsiliasi keuangan menjadi lebih efisien.
Berikut adalah manfaat khusus dari Paper Horizon Card untuk kebutuhan akuntansi:
- Biaya transaksi hanya 1,1%, sangat terjangkau untuk kebutuhan perusahaan sehingga bisa lebih mudah mengontrol dan mencatat biaya operasional tanpa membebani cash flow.
- Dapat tambahan tempo hingga 60 hari, hal ini memungkinkan perusahaan punya ruang lebih besar dalam mengelola cash flow.
- Ada cashback 0,5% untuk pembayaran platform online, seperti Google Ads, Meta Ads, dan Slack yang sangat berguna untuk perusahaan agar operasional menjadi lebih fleksibel.
- Cukup satu dashboard untuk semua transaksi, memungkinkan perusahaan bisa melacak semua transaksi bisnis secara real-time.
- Efisien dalam proses rekonsiliasi, setiap transaksi terekam otomatis dan dapat diakses kapan saja.
Bagaimana, menarik sekali, ‘kan? Yuk, dapatkan Paper Horizon Card sekarang juga! Untuk informasi lebih lanjut mengenai Paper Horizon Card dan bagaimana kartu ini dapat mendukung akuntansi, bisa klik di sini!
2. BNI Corporate Card
BNI Corporate Card menawarkan solusi kartu kredit yang dirancang khusus untuk karyawan perusahaan dengan posisi tertentu, dan digunakan untuk berbagai transaksi bisnis. BNI menyediakan dua varian kartu, yaitu BNI Corporate Card Gold dan BNI Corporate Card Platinum.
Berikut adalah manfaat BNI Corporate Card yang relevan untuk akuntansi perusahaan:
- Mudah dalam memonitoring pengeluaran, membantu memantau pengeluaran karyawan secara lebih rinci melalui billing statement yang disediakan.
- Meningkatkan efisiensi rekonsiliasi, semua pengeluaran dapat diaudit dengan lebih mudah, dan laporan keuangan bisa disusun lebih cepat dan akurat.
- Memperlancar cash flow perusahaan, dengan memberikan akses pembayaran kepada pemegang kartu, perusahaan bisa mengelola cash flow dengan lebih lancar.
- Memperbaiki citra perusahaan, nama perusahaan yang dicetak pada kartu meningkatkan profesionalisme dan kredibilitas perusahaan dalam setiap transaksi bisnis yang dilakukan.
Kendati demikian, BNI Corporate Card ini punya beberapa kelemahan yang perlu dipertimbangkan. Misalnya, jika tidak dikelola dengan baik, penggunaan kartu kredit oleh banyak karyawan bisa menjadi bumerang bagi perusahaan.
Salah satu risikonya adalah jika ada karyawan yang tidak jujur dan menyalahgunakan kartu kredit tersebut untuk keperluan pribadi. Hal ini bisa mengakibatkan pembengkakan biaya yang tidak terkontrol dan potensi kerugian finansial bagi perusahaan.
3. Mandiri Corporate Card
Mandiri Corporate Card merupakan kartu kredit korporat yang cocok untuk perusahaan yang ingin memiliki kontrol lebih baik atas transaksi bisnis dan perjalanan karyawan.
Mandiri menawarkan dua varian kartu, yakni Mandiri Corporate Card Gold dengan limit antara Rp 10-40 juta dan Mandiri Corporate Card Platinum dengan limit hingga Rp 1 miliar.
Nah, berikut adalah beberapa manfaat Mandiri Corporate Card yang relevan dalam konteks akuntansi:
- Kontrol pengeluaran yang lebih baik, dengan fitur expense management, kartu ini bisa memisahkan transaksi bisnis dan personal, sehingga sangat memudahkan dalam mengelola pengeluaran.
- Transparansi dengan laporan tagihan ganda, dengan fitur dual billing statement, di mana laporan penggunaan dapat dilihat oleh perusahaan dan pemegang kartu secara bersamaan.
- Adanya grace period hingga 50 hari, memungkinkan perusahaan untuk mengelola likuiditas jangka pendek tanpa terburu-buru membayar tagihan kartu kredit.
Dari sekian banyaknya manfaat dari kartu Mandiri Corporate Card ini, tentu ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan, misalnya jika perusahaan tidak mampu melunasi tagihan dalam periode grace period, potensi biaya bunga dapat mempengaruhi cash flow dan menambah beban keuangan.
4. Maybank Corporate Card
Berikut ada Maybank Corporate Card, kartu kredit korporat yang menawarkan sejumlah keuntungan yang bermanfaat untuk bisnis, terutama dalam konteks kebutuhan akuntansi.
Agar lebih jelas, berikut adalah beberapa kelebihan kartu ini untuk keperluan akuntansi perusahaan:
- Kurs kompetitif untuk transaksi internasional, membantu mengurangi fluktuasi biaya transaksi luar negeri, yang sangat penting bagi bagian akuntansi dalam memproyeksikan dan mencatat pengeluaran dengan lebih akurat.
- Laporan pengeluaran lebih terperinci, Ini membantu dalam menyusun pembukuan dan mengidentifikasi pengeluaran berulang atau pengeluaran yang bisa dioptimalkan.
- Ada asuransi perjalanan hingga Rp 1 Miliar, tidak perlu lagi mengalokasikan dana khusus untuk asuransi perjalanan, karena sudah tercover oleh kartu ini, sehingga bisa memotong biaya tambahan.
Sayangnya, penggunaan Maybank Corporate Card ini bisa berisiko jika tidak ada sistem kontrol yang baik. Misalnya, banyaknya akses untuk transaksi bisnis internasional dan fasilitas premium seperti lounge bandara dapat membuat pengeluaran tidak terkendali.
5. Mega Corporate Card
Terakhir ada Mega Corporate Card, kartu kredit korporat ini bisa disesuaikan dengan berbagai kebutuhan perusahaan, termasuk untuk kegiatan hiburan, perjalanan dinas, dan jamuan bisnis.
Di lain sisi, manfaat utama dari kartu ini dapat lebih terfokus pada kebutuhan akuntansi perusahaan sebagai berikut:
- Limit dapat disesuaikan dengan kebutuhan, ini membantu tim keuangan mengendalikan anggaran pengeluaran karyawan berdasarkan kebijakan perusahaan.
- Pengelolaan kartu dan limit yang fleksibel, perusahaan dapat mengeluarkan lebih dari satu kartu dengan limit yang berbeda sesuai kebutuhan setiap departemen atau level manajemen.
- Fitur dual control untuk pengawasan dan kontrol tagihan, perusahaan bisa memantau tagihan secara real-time dan mengidentifikasi pengeluaran yang tidak sah atau berlebihan.
Di balik keunggulan Mega Corporate Card ini, terdapat juga kelemahan yang perlu diperhatikan, salah satunya karena kartu ini sangat mendukung untuk kebutuhan hiburan, perusahaan perlu lebih waspada dalam memantau jenis pengeluaran ini agar tidak berlebihan dan tetap sesuai dengan kebijakan perusahaan.
Baca juga: 5 Rekomendasi Aplikasi Invoice Untuk Bisnis Anda!
Nah, itu dia 5 pilihan corporate card terbaik yang cocok untuk akuntansi perusahaan. Menggunakan kartu kredit korporat bukan hanya soal memudahkan transaksi karyawan, tetapi juga dapat menjadi langkah strategis untuk mengoptimalkan pengelolaan keuangan perusahaan, termasuk dalam hal akuntansi.
Jadi, yuk, pastikan kamu memilih corporate card yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan agar operasional semakin efisien!
*Artikel ini hasil kerja sama antara Paper.id dan Accurate