Kemampuan Intrapersonal Adalah: Ini Pengertian dan Cara Mengasahnya

Intrapersonal skill atau kemampuan intrapersonal adalah sebuah keterampilan yang wajib dimiliki oleh para pemimpin di masa depan. Tak hanya itu, juga dinyatakan bahwa tidak ada pemimpin yang bisa sukses tanpa keterampilan ini.

Intrapersonal adalah kemampuan yang mencakup aspek kesadaran diri, introspeksi dan refleksi diri yang dapat ditingkatkan oleh siapa saja jika konsisten. Jadi, Anda ingin tahu lebih banyak tentang keterampilan intrapersonal? Yuk simak penjelasannya

Peran Penting Kemampuan Intrapersonal Adalah

Untuk diri sendiri, kemampuan intrapersonal adalah suatu hal yang penting. Karena dangan kemampuan ini Anda bisa mempunyai kesadaran diri dan juga mengendalikan sikap internal.

Kemampuan intrapersonal adalah dasar penting ketika membangun sebuah hubungan dengan orang lain. Bisa diartikan bahwa kemampuan intrapersonal adalah suatu hal yang berbeda dengan interpersonal skill.

Meski kelihatan keduanya terkait secara erat. Ternyata dua kemampuan ini terkait pada dasar kecerdasan emosional serta dalam kemampuan berkomunikasi untuk menyampaikan suatu keinginan, ide, dan tujuan terhadap orang lain secara efektif.

Selain itu, kemampuan intrapersonal adalah suatu kemampuan yang berkaitan dengan unsur:

  • keingintahuan
  • pola pikir luas
  • fleksibilitas
  • karakter yang kuat
  • ketekunan

Intrapersonal skill yang kuat terbukti sebagai salah satu kunci kesuksesan dalam karier yang mungkin tidak disadari.  Ketika Anda mampu mengatur kemampuan intrapersonal, maka dalam hal ini Anda bisa bertanggung jawab atas emosi serta sikap Anda yang lebih baik dari rata-rata.

Selain intellectual, intelligence, juga intrapersonal intelligence, seperti ini adalah hal yang perlu amat diasah.

Walau Anda tak mempunyai kemampuan pada intrapersonal skill yang cukup matang, Maka disini Anda akan sulit untuk menghadapi sikap hal-hal yang tidak wajar serta menjalin hubungan yang erat terhadap rekan-rekan kerja. Jika itu akan terjadi, keberhasilan di kantor akan sangat sulit.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengembangkan Keterampilan Berpikir Inovatif?

Cara Mengasah Kemampuan Intrapersonal

1. Meluangkan Waktu Refleksi Diri

Cara pertama dalam mengasah kemampuan intrapersonal adalah meluangkan waktu untuk refleksi diri.

Ketika Anda melakukan refleksi diri, Anda bisa memahami apa saja kebiasaan-kebiasaan yang baik dan benar untuk produktivitas serta apa saja yang menjadi tantangan pekerjaan sehari-hari.

Ketika semua hal-hal ini bisa diidentifikasi, Anda bisa menentukan bagaimana cara mempertahankan yang positif juga memperbaiki yang negatif terkait dengan hubungan Anda terhadap orang lain dan bagaimana bersikapnya sehari-hari.

2. Menulis Sebuah Jurnal

Dilansir dari Healthline, journaling atau menulis jurnal juga merupakan salah satu cara meningkatkan intrapersonal skill. Terbukti, hal itu sangat membantu Anda mencatat secara nyata tentang perasaan yang Anda alami setiap hari.

Dalam menulis sebuah jurnal, Anda dapat mencatat tujuan, perasaan, serta pengalaman apapun yang Anda lalui untuk dievaluasi ketika melakukan refleksi diri.

3. Memberikan Energi Positif pada Diri Sendiri

Cara selanjutnya untuk meningkatkan kemampuan intrapersonal adalah dengan memberikan energi positif pada diri sendiri.

Cara ini sangat ampuh di berbagai kalangan orang, bahwa berbicara pada diri sendiri itu sangat penting, lho. Karena dengan cara ini seseorang dapat memberikan semangat positif pada diri Anda sendiri yang dapat meningkatkan kepercayaan diri serta keteguhan menghadapi tantangan saat bekerja.

Tak hanya itu, ketika Anda berbicara positif pada diri Anda sendiri, terkadang Anda pun harus meyakinkan diri untuk mampu bertanggung jawab pada kesalahan, namun tanpa menyalahkan diri lebih dari seharusnya.

4. Konsultasi Pada Pakar Ahli

Cara keempat dalam meningkatkan kemampuan intrapersonal adalah dengan berkonsultasi dengan para ahli di bidangnya.

Cara konsultasi ini sangat tepat untuk dilakukan. Intrapersonal skill bisa ditingkatkan oleh ahli pakar, misal seorang terapis psikologis.

Hal ini bertujuan terutama kalau Anda merasa memiliki masalah dalam mengelola emosi juga sikap terhadap orang lain serta segala hal yang Anda hadapi sehari-hari.

Terapis psikologis bisa membantu Anda dalam meningkatkan kesadaran diri saat berada di situasi-situasi yang sulit dan perlu dihadapi khususnya saat bekerja.

5. Belajar Menempatkan Diri Terhadap Posisi Orang Lain

Tanda kurangnya intrapersonal skill adalah tidak memiliki rasa empati kepada orang lain. Memang, hal ini sangat tidak mudah ditumbuhkan begitu saja.

Anda bisa mengawalinya dengan mencoba menempatkan diri Anda berada di posisi mereka untuk saling lebih memahami hal yang mengapa mereka melakukan tindakan tertentu pada diri Anda.

Memunculkan kebiasaan ini bisa meningkatkan intrapersonal skill dan memberikan energi yang lebih positif pada diri sendiri dan orang lain.

Adakah cara lain meningkatkan kemampuan interpersonal skill terhadap diri kita? Surely there are, dengan kita mempunyai intrapersonal skill maka diri kita akan lebih mudah dalam memahami apa saja kebiasaan-kebiasaan pada produktivitas pekerjaan

Atau juga, adakah sosok seseorang yang mempunyai kemampuan intrapersonal yang Anda kagumi? Jika ada, mintalah kepada mereka untuk menjadi mentor agar mendapatkan keterampilan intrapersonal yang sudah ada pada dirimu saat ini dapat lebih ditingkatkan lagi prosesnya.

Adapun cara yang Anda dipilih, penting bagi kita semua untuk terus memperbaiki serta mengembangkan kemampuan intrapersonal. Pasalnya, bukan berpengaruh pada kesuksesan terhadap diri kita saat bekerja nanti, melainkan keterampilan intrapersonal pun mampu membuat hidup kita menjadi bermakna dan berkualitas kedepannya.

Baca juga: 10 Teknik Mencari Ide untuk Pemecahan Masalah

Penutup

Nah, itu dia cara mengasah intrapersonal skill yang sangat penting khususnya dalam dunia pekerjaan. Apakah menurut Anda kemampuan intrapersonal yang sangat baik sudah Anda kuasai?

Selain 5 tips di atas, masih ada banyak lagi hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan intrapersonal skill ini.

Bila Anda bekerja pada bidang Accounting dan memiliki intrapersonal skill yang tinggi serta mampu melakukan manajemen keuangan dengan baik juga mampu menyajikan laporan keuangan secara tepat, maka Anda dinilai sudah memiliki kekuatan dalam finansial yang sehat.

Hal tersebut hanya bisa diperoleh dengan menggunakan sistem yang terintegrasi, contohnya seperti software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Accurate Online mampu menyajikan jenis-jenis laporan keuangan secara otomatis secara akurat dan cepat, dan yang bagusnya lagi Accurate Online bisa diakses kapanpun dan dimanapun Anda berada.

Tak hanya itu, di dalamnya juga sudah dibekali dengan berbagai fitur-fitur yang saling terintegrasi, sehingga akan membuat bisnis Anda bergerak lebih efisien dan simple.

Beralihlah sekarang juga dari sistem manual dan coba gratis Accurate Online selama 30 hari gratis dengan klik banner di bawah ini.

elvina

Penulis yang berasal dari lulusan jurnalistik yang tertarik dengan gaya hidup perkantoran dan dunia kerja. Di blog Accurate Online, Vina juga sering membuat berbagai konten artikel yang bermanfaat untuk pebisnis dan karyawan di Indonesia.