Mengenal Sejarah Manajemen di Dunia dan Indonesia

oleh | Des 5, 2023

source envato.

Mengenal Sejarah Manajemen di Dunia dan Indonesia

Di tengah dinamika perubahan zaman, konsep manajemen telah menjadi tulang punggung bagi perkembangan berbagai perusahaan, baik skala kecil maupun besar. Untuk memahami kemajuan serta tantangan yang dihadapi oleh dunia bisnis saat ini, tidak dapat dipungkiri bahwa penelusuran sejarah manajemen menjadi kunci utama.

Sejarah manajemen bukanlah sekadar kumpulan fakta historis, melainkan landasan yang membentuk fondasi bagi praktik-praktik manajerial yang kita kenal hari ini.

Dari periode kuno hingga revolusi industri, perjalanan panjang ini menampilkan evolusi konsep dan metode dalam mengelola aset, mengarahkan sumber daya manusia, serta merancang strategi untuk mencapai keunggulan kompetitif.

Artikel ini akan membahas berbagai era dan peristiwa penting yang membentuk perjalanan sejarah manajemen. Dari manajemen ilmiah yang diajarkan oleh Frederick Taylor pada awal abad ke-20 hingga revolusi digital yang sedang kita saksikan saat ini, kita akan membongkar warisan ide dan inovasi para pemikir terkemuka yang telah meninggalkan jejaknya dalam dunia manajemen.

Dengan menelusuri sejarah manajemen, kita dapat merenungkan pelajaran berharga yang dapat diaplikasikan dalam konteks bisnis modern.

Dalam memahami bagaimana pemikiran manajerial berkembang seiring waktu, kita dapat mengeksplorasi cara-cara di mana perusahaan dapat mengoptimalkan kinerja mereka, menghadapi tantangan global, dan membentuk masa depan yang berkelanjutan.

Sehingga, melalui perjalanan yang mendalam ini, mari kita bersama-sama menggali makna dan implikasi dari sejarah manajemen dalam konteks bisnis masa kini dan mendatang.

Mengenal Sejarah Manajemen

Mengenal Sejarah Manajemen

ilustrasi sejarah manajemen. source envato

Dirangkum dari laman Wikipedia, sejarah manajemen merupakan perjalanan panjang yang mencerminkan evolusi dan perkembangan konsep-konsep manajerial dari zaman kuno hingga era modern.

Pengembangan pemikiran manajemen melibatkan berbagai tokoh dan peristiwa yang membentuk fondasi dari prinsip-prinsip yang kita kenal dalam pengelolaan perusahaan saat ini.

Pada zaman kuno, peradaban Mesir dan Babilonia telah menunjukkan praktek-praktek manajemen dalam konteks pembangunan proyek-proyek besar seperti piramida dan tembok kota. Mereka menghadapi tantangan mengelola sumber daya manusia dan materi dengan efisien, menandai awal dari kebutuhan akan manajemen yang terorganisir.

Pada Abad Pertengahan, konsep manajemen terkait erat dengan sistem feodal dan struktur hierarkis. Keadilan sosial dan kontrol yang ketat menjadi ciri utama, menciptakan kerangka kerja manajemen yang tercermin dalam struktur perusahaan di masa itu.

Revolusi Industri di abad ke-18 dan ke-19 membawa perubahan dramatis dalam paradigma manajemen. Teknologi baru dan pertumbuhan ekonomi yang pesat memerlukan pendekatan manajerial yang lebih terstruktur. Pemikiran manajemen ilmiah oleh Frederick Taylor pada awal abad ke-20 membawa konsep efisiensi, standarisasi, dan pengukuran kinerja.

Pemikiran Taylor kemudian melahirkan gerakan manajemen manusia yang menekankan pentingnya hubungan antara manajer dan karyawan. Mary Parker Follett dan Elton Mayo adalah tokoh utama dalam mengembangkan konsep-konsep ini, menyoroti peran sosial dan psikologis dalam manajemen.

Pada pertengahan abad ke-20, muncul pendekatan manajemen sistem yang melihat perusahaan sebagai suatu sistem yang kompleks. Konsep-konsep ini memperkenalkan ide koordinasi antarbagian perusahaan dan fokus pada interaksi antara elemen-elemen yang saling terkait.

Masuknya era digital dan globalisasi membawa perubahan signifikan dalam paradigma manajemen. Teknologi informasi mempercepat aliran informasi, memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih cepat, dan menuntut fleksibilitas perusahaan.

Pemikiran manajemen kontemporer menggabungkan elemen-elemen dari pendekatan sebelumnya dengan penekanan pada inovasi, keberlanjutan, dan adaptabilitas.

Dalam konteks sejarah manajemen, perjalanan ini menyoroti bagaimana paradigma manajerial terus berkembang sejalan dengan perubahan sosial, ekonomi, dan teknologi.

Sebuah pemahaman mendalam tentang sejarah manajemen membantu perusahaan untuk belajar dari masa lalu, mengadaptasi konsep-konsep yang relevan, dan menghadapi tantangan masa depan dengan pemahaman yang lebih baik.

Baca juga: 7 Tahapan Proses Manajemen Risiko dan Strateginya

Sejarah Manajemen Di Indonesia

Sejarah Manajemen Di Indonesia

ilustrasi sejarah manajemen. source envato

Sejarah manajemen di Indonesia mencerminkan perjalanan panjang dalam menghadapi tantangan dan perubahan yang terjadi seiring dengan perkembangan ekonomi, sosial, dan politik di negara ini. Berikut adalah tinjauan singkat mengenai sejarah manajemen di Indonesia:

1. Era Pra-Kemerdekaan

Sebelum kemerdekaan Indonesia, praktek manajemen diwarnai oleh sistem pemerintahan kolonial Belanda. Di sektor ekonomi, terutama pada perusahaan-perusahaan perkebunan dan perdagangan, diterapkan sistem manajemen yang didasarkan pada prinsip-prinsip Eropa.

Seiring dengan perkembangan nasionalisme, mulai muncul kesadaran akan pentingnya pengelolaan sumber daya dan perencanaan yang lebih baik untuk memajukan bangsa.

2. Masa Kemerdekaan dan Pembangunan

Setelah proklamasi kemerdekaan pada tahun 1945, Indonesia menghadapi tantangan besar dalam membangun negara yang baru. Periode ini mencirikan upaya pemerintah untuk membentuk struktur ekonomi yang mandiri.

Konsep manajemen diadaptasi untuk memenuhi kebutuhan pembangunan nasional, dengan fokus pada pengelolaan sumber daya alam, industri, dan ketenagakerjaan.

3. Orde Baru (1966-1998)

Pada masa Orde Baru, pemerintahan Presiden Soeharto menekankan pembangunan ekonomi yang cepat dan stabil.

Dalam konteks manajemen, pemerintah memainkan peran besar dalam pengelolaan ekonomi dan perusahaan. Pembentukan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menjadi bagian integral dari strategi pembangunan ekonomi.

4. Reformasi dan Globalisasi

Setelah Reformasi tahun 1998, Indonesia mengalami perubahan signifikan di berbagai bidang, termasuk manajemen.

Pembebasan ekonomi, globalisasi, dan perkembangan teknologi informasi memengaruhi cara perusahaan dan perusahaan di Indonesia mengelola operasional mereka. Peningkatan transparansi, akuntabilitas, dan praktik manajemen modern semakin menjadi fokus.

5. Era Digital dan Inovasi

Dengan masuknya era digital, Indonesia menyaksikan pertumbuhan industri teknologi informasi dan startup. Konsep manajemen inovatif, berbasis teknologi, dan orientasi pada pelanggan menjadi lebih dominan.

Peningkatan akses ke teknologi dan penyebaran informasi memengaruhi cara perusahaan di Indonesia beradaptasi untuk tetap kompetitif.

Dalam konteks sejarah manajemen di Indonesia, perjalanan ini mencerminkan dinamika perubahan ekonomi, politik, dan sosial. Peningkatan kesadaran akan praktik manajemen yang efektif dan berkelanjutan menjadi kunci dalam membentuk masa depan perusahaan di Indonesia.

Pemerintah, sektor bisnis, dan akademisi berperan penting dalam merancang dan menerapkan konsep manajemen yang sesuai dengan tuntutan zaman.

Baca juga: Apa Itu Manajemen? Berikut Pengertian, Fungsi, Unsur, Gaya, Jenis, Dan Karakteristiknya

Penutup

Sejarah manajemen mencerminkan perjalanan panjang yang mencakup berbagai perubahan dan evolusi dalam cara manusia mengelola sumber daya dan perusahaan.

Beberapa kesimpulan utama dari sejarah manajemen melibatkan pemahaman akan perubahan paradigma, perkembangan konsep-konsep manajerial, dan dampak perubahan sosial dan teknologi terhadap praktik manajemen.

Dengan memahami sejarah manajemen, perusahaan dapat mengambil pelajaran berharga untuk merancang praktik manajerial yang efektif dan berkelanjutan.

Kesimpulan ini memberikan dasar bagi pengembangan pemikiran manajemen yang mengakui nilai sejarah sambil memandang ke depan untuk menghadapi tantangan masa kini dan mendatang.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

12 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Anggi

Artikel Terkait