Pengertian Asas-asas Manajemen dan Peran Pentingnya

oleh | Des 5, 2023

source envato.

Pengertian Asas-asas Manajemen dan Peran Pentingnya

Perlu Anda ketahui bahwa Manajemen yang efektif bukan hanya sekadar keterampilan, melainkan suatu seni yang memadukan pengetahuan mendalam, kebijaksanaan strategis, dan kepemimpinan yang bijaksana. Asas-asas manajemen memainkan peran penting dalam membentuk fondasi yang kuat bagi kelangsungan dan pertumbuhan bisnis.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa aspek utama dari manajemen modern yang perlu diperhatikan oleh para pemimpin bisnis. Dari perencanaan strategis hingga pengorganisasian yang efisien, setiap langkah memiliki peran kritis dalam membentuk peta jalan menuju keunggulan kompetitif.

Pengertian Asas-Asas Manajemen

Pengertian Asas-Asas Manajemen

ilustrasi asas manajemen. source envato

Berdasarkan laman Hubspot, management principles atau asas-asas manajemen merujuk pada prinsip-prinsip dasar yang membimbing praktik-praktik manajerial dalam mengelola suatu organisasi atau bisnis. Asas-asas ini memberikan dasar untuk pengambilan keputusan, perencanaan strategis, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan dalam konteks manajemen.

Memahami dan menerapkan management principles ini akan membantu perusahaan untuk tetap terorganisir, fokus pada tujuan, dan responsif terhadap perubahan yang terjadi di sekitarnya. Asas ini adalah fondasi yang kuat untuk mencapai keberlanjutan dan kesuksesan dalam dunia bisnis yang kompetitif.

Baca juga: Pengertian Sistem Manajemen Bisnis dan Cara Menerapkannya

Apa Saja Asas-asas Manajemen Itu?

Apa Saja Asas-Asas Manajemen Itu?

ilustrasi asas manajemen. source envato

Asas-asas manajemen melibatkan sejumlah prinsip dasar yang membimbing keputusan dan tindakan manajerial. Berikut adalah beberapa management principles yang umumnya diakui:

1. Tujuan Organisasi

Manajemen harus memfokuskan upayanya pada pencapaian tujuan organisasi. Setiap tindakan dan keputusan harus sejalan dengan visi dan misi perusahaan.

2. Efisiensi dan Efektivitas

Manajemen harus mencapai efisiensi dalam penggunaan sumber daya (melakukan sesuatu dengan cara yang paling ekonomis) dan efektivitas dalam mencapai tujuan organisasi.

3. Perencanaan

Proses penentuan tujuan, penentuan sumber daya yang diperlukan, dan perancangan strategi untuk mencapai tujuan tersebut.

4. Pengorganisasian

Manajemen harus mengorganisir sumber daya manusia dan fisik dengan efektif. Ini melibatkan struktur organisasi, delegasi tugas, dan pembentukan tim.

5. Pengarahan atau Pemimpinan

Manajemen melibatkan kepemimpinan yang efektif untuk membimbing, memotivasi, dan mengarahkan anggota tim agar mencapai tujuan.

6. Pengendalian

Proses mengukur dan mengevaluasi kinerja organisasi untuk memastikan bahwa tujuan dicapai. Ini melibatkan perbandingan antara kinerja aktual dan standar yang ditetapkan.

7. Koordinasi

Manajemen harus mengkoordinasikan kegiatan dan sumber daya di seluruh organisasi agar bekerja bersama-sama secara efisien.

8. Keadilan

Perlakuan yang adil terhadap semua anggota organisasi dalam pengambilan keputusan dan alokasi sumber daya.

9. Keterbukaan

Mendorong komunikasi terbuka dan transparansi di antara semua tingkatan dalam organisasi.

10. Ketidakpastian dan Risiko

Manajemen harus mampu mengelola ketidakpastian dan risiko yang terkait dengan lingkungan bisnis dan perubahan pasar.

11. Kontinuitas

Organisasi harus memastikan kelangsungan operasionalnya melalui perencanaan dan adaptasi terhadap perubahan lingkungan.

12. Keseluruhan (Holisme)

Memandang organisasi secara keseluruhan dan mempertimbangkan semua elemen yang saling terkait.

Memahami dan mengaplikasikan asas-asas manajemen ini membantu pemimpin dan manajer dalam mengambil keputusan yang bijaksana, memotivasi tim, dan mencapai kesuksesan jangka panjang bagi organisasi.

Baca juga: Ruang Lingkup Manajemen dan Strategi Efektif Menjalankannya

Peran Penting Asas-Asas Manajemen Bagi Perusahaan

Apa Saja Asas-Asas Manajemen Itu?

ilustrasi asas manajemen. source envato

Asas-asas manajemen memainkan peran penting dalam mengarahkan, mengelola, dan mengoptimalkan kinerja suatu perusahaan. Berikut adalah beberapa peran penting asas-asas manajemen bagi perusahaan:

1. Mencapai Tujuan Organisasi

Asas-asas manajemen membantu perusahaan untuk merumuskan dan mencapai tujuan organisasinya. Dengan menetapkan visi dan misi yang jelas, perusahaan dapat menggunakan management principles sebagai panduan untuk menentukan langkah-langkah strategis dan operasional.

2. Optimasi Penggunaan Sumber Daya

Asas-asas manajemen, khususnya efisiensi dan efektivitas, membantu perusahaan dalam mengoptimalkan penggunaan sumber daya yang dimiliki, termasuk manusia, keuangan, dan waktu. Ini membantu meningkatkan produktivitas dan mengurangi pemborosan.

3. Perencanaan yang Terarah

Management principles memberikan kerangka kerja untuk perencanaan yang terarah. Melalui proses perencanaan, perusahaan dapat mengidentifikasi peluang, mengantisipasi tantangan, dan merancang strategi untuk mencapai tujuan jangka pendek dan panjang.

4. Pengorganisasian yang Efektif

Asas-asas manajemen, khususnya pengorganisasian, membantu perusahaan dalam merancang struktur organisasi yang efektif. Hal ini akan melibatkan pembagian tugas dan tanggung jawab, delegasi, dan pembentukan tim yang dapat bekerja secara sinergis.

5. Kepemimpinan yang Berkualitas

Management principles, terutama pengarahan atau kepemimpinan, memberikan panduan untuk mengembangkan kepemimpinan yang berkualitas. Pemimpin yang efektif dapat memotivasi, membimbing, dan mengarahkan karyawan menuju pencapaian tujuan.

6. Pengendalian Kinerja

Asas-asas manajemen, termasuk pengendalian, membantu perusahaan dalam mengukur dan mengevaluasi kinerja. Dengan pemantauan yang efektif, perusahaan dapat mengidentifikasi penyimpangan dari rencana dan mengambil tindakan korektif.

7. Koordinasi yang Efisien

Management principles mempromosikan koordinasi yang efisien antara berbagai unit atau departemen dalam perusahaan. Ini membantu menghindari tumpang tindih dan memastikan bahwa seluruh organisasi bekerja sebagai satu kesatuan.

8. Adaptasi terhadap Perubahan Lingkungan

Asas-asas manajemen, khususnya ketangguhan dan keberlanjutan, membantu perusahaan untuk beradaptasi dengan perubahan lingkungan yang cepat. Ini termasuk perubahan dalam pasar, teknologi, dan regulasi.

9. Pemberdayaan Karyawan:

Prinsip-prinsip manajemen yang adil dan terbuka membantu menciptakan lingkungan kerja yang mendukung pemberdayaan karyawan. Ini dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan karyawan.

10. Pengelolaan Risiko

Management principles membantu perusahaan dalam mengidentifikasi, menilai, dan mengelola risiko yang dapat mempengaruhi pencapaian tujuan. Ini melibatkan pemahaman terhadap lingkungan bisnis dan kebijakan risiko yang sesuai.

Dengan menerapkan management principles secara konsisten, perusahaan dapat mengoptimalkan kinerja mereka, menjaga daya saing, dan mencapai keberlanjutan jangka panjang.

Baca juga: Apa Itu Manajemen? Berikut Pengertian, Fungsi, Unsur, Gaya, Jenis, Dan Karakteristiknya

Penutup

Jadi, asas-asas manajemen memegang peran penting dalam membentuk fondasi yang kokoh bagi kesuksesan perusahaan. Dengan merinci panduan untuk perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, pengendalian, dan koordinasi, asas-asas ini membimbing para pemimpin perusahaan dalam mengelola sumber daya dengan efisien, mengarahkan tim menuju pencapaian tujuan, dan beradaptasi dengan perubahan lingkungan.

Penerapan management principles tidak hanya menciptakan struktur yang terorganisir dan efektif di dalam perusahaan, tetapi juga memastikan bahwa setiap langkah yang diambil sesuai dengan visi jangka panjang.

Dengan memaksimalkan penggunaan sumber daya, memotivasi karyawan, dan mengendalikan kinerja, perusahaan dapat membentuk fondasi yang tangguh untuk menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang yang muncul.

Dengan demikian, kesuksesan perusahaan tidak hanya ditentukan oleh produk atau layanan yang ditawarkan, tetapi juga oleh kemampuan pemimpinnya untuk memahami, menerapkan, dan mengoptimalkan asas-asas manajemen.

Nah, di jaman yang sudah serba digital seperti saat ini, penerapan manajemen yang tradisional akan sangat menghambat bisnis perusahaan. Untuk itu, perusahaan harus beradaptasi dengan mengadaptasikan teknologi digital dalam mengelola perusahaan, seperti dengan menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Aplikasi bisnis berbasis cloud ini akan membuat operasional bisnis Anda berjalan lebih efektif melalui fitur di dalamnya yang saling terintegrasi. Accurate Online juga akan mempercepat dan melancarkan pengelolaan bisnis Anda. Dengan begitu, Anda akan lebih fokus dalam mengembangkan bisnis.

Penasaran fitur apa saja yang ada di dalamnya? Silakan coba sendiri selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

18 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Anggi

Artikel Terkait