Organizational Development, Cara yang Ampuh Untuk Mensukseskan Bisnis Anda

Organizational development adalah suatu rangkaian ataupun suatu program dalam jangka waktu yang panjang yang memiliki tujuan meningkatkan kemampuan suatu organisasi agar bisa bertahan. Caranya adalah dengan mengembangkan suatu perubahan.

Organizational development juga adalah suatu perubahan yang terencana, yang mana perubahan tersebut akan terbentuk pada suatu pembaharuan dan juga modernisasi yang terjadi secara terus-menerus dalam suatu organisasi atau perusahaan.

Setelah itu, perubahan tersebut akan memberikan suatu pengaruh yang sangat besar di masyarakat. Maka dengan adanya pengembangan tersebut,suatu organisasi harus bisa menggerakkan setiap anggotanya agar bisa beradaptasi pada setiap perubahan yang terjadi.

Jadi, bisa kita simpulkan bahwa organizational development adalah suatu proses pengumpulan data maupun informasi sehingga pada akhirnya bisa meningkatkan suatu performa di dalam suatu organisasi atau perusahaan

Manfaat Dari Adanya Organizational Development 

Beberapa manfaat dari  organizational development adalah sebagai berikut.

1.  Meningkatkan Tanggung Jawab

Organizational development bisa menjadi suatu hal yang mampu memberikan dampak baik untuk para karyawan di dalam perusahaan. Salah satu contohnya adalah dengan menebar motivasi kerja karyawan.

Sehingga, karyawan akan menjadi lebih semangat untuk menjalankan tugasnya serta tanggung jawabnya. Anda bisa menggunakan analisis SWOT  baik itu dalam karyawan ataupun menilai perusahaan anda sendiri.

2. Pengembangan yang Berkelanjutan

Adanya suatu perubahan organisasi akan menciptakan pola perbaikan yang lebih konstan, yang mana strategi tersebut agar bisa dikembangkan dan juga dievaluasi dan diterapkan agar kualitasnya lebih baik.

Hari ini tentunya akan menciptakan lingkungan yang akan menguntungkan perusahaan, yang mana mereka  bisa menerima perubahan baik itu secara internal maupun eksternal perusahaan. Pengembangan tersebut bisa dilakukan untuk memanfaatkan pembaruan secara berkala.

3. Meningkatkan Kreativitas dan Juga Inovasi Perusahaan

Adanya suatu perubahan di dalam struktur organisasi pasti akan berdampak pada proses operasional perusahaan. Namun, perubahan tersebut akan selalu diupayakan agar bisa meningkatkan layanan hingga menjadi perusahaan yang lebih kreatif dan juga lebih inovatif.

Untuk itu, segala perubahan ini nantinya diharapkan bisa membantu perusahaan agar bisa semakin berkembang ke arah yang lebih sukses.

Baca juga: Agile Adalah Metode Project Management yang Fokus ke User

Tujuan Organizational Development

1. Menciptakan Iklim yang Lebih Positif di Dalam Perusahaan

Dengan  diterapkannya organizational development, maka pihak perusahaan bisa menciptakan iklim positif di dalam lingkungan perusahaan. Tentunya hal ini akan membuat Setiap karyawan agar bisa bekerja secara lebih baik lagi.

Karena hal tersebut, maka perusahaan bisa menanamkan dan juga meningkatkan motivasi untuk para karyawan. Hal ini juga akan membuat setiap karyawan mampu bekerja lebih baik dengan hasil yang memuaskan.

2. Membatasi Adanya Hambatan di Dalam Suatu Perusahaan

Tentunya berbagai macam hambatan bisa terjadi dalam kegiatan ekonomi perusahaan. Untuk itu, dalam hal ini tujuan organizational development adalah sebagai upaya untuk mengatasi adanya hambatan tersebut.

Bahkan, sebisa mungkin seluruh hambatan yang mungkin bisa terjadi dalam perusahaan bisa dicegah atau diminimalisir. Sebab, hambatan tersebut akan menghalangi proses pertumbuhan dan juga perkembangan perusahaan.

3. Perubahan Manajemen Secara Lebih Terencana

Suatu perubahan memang bisa terjadi kapan saja, termasuk dalam hal struktur organisasi suatu perusahaan. Hal ini tentunya akan mempengaruhi sperforma karyawan di dalam perusahaan. Untuk itu, perubahan yang dilakukan secara terencana ini harus diiringi dengan manajemen operasi yang baik. Sehingga, perubahan yang akan terjadi nanti tidak akan menimbulkan masalah apapun.

4. Menciptakan Budaya Kerja

Adanya pengembangan organisasi atau organizational development  yang terjadi dalam suatu perusahaan pasti bisa meningkatkan suatu produktivitas  setiap pegawai.

Tujuan organizational development adalah untuk membangun budaya kerja yang mana di dalamnya selalu ada saja perubahan yang terjadi. Karena dengan adanya suatu budaya kerja yang akan berubah tentu akan membuat perusahaan menjadi lebih baik lagi dan semakin lebih produktif serta lebih tepat sasaran.

 Tugas Organizational Development

Beberapa tugas atau job desk dari organizational  development adalah sebagai berikut ini

  • Memberikan Pelatihan Secara Kontinyu

Adanya perubahan di dalam suatu organisasi perusahaan pasti akan membuat setiap pihak harus bisa menerima setiap perubahan tersebut. Oleh karena itu, tugas ataupun job desk organizational development dalam hal ini adalah melakukan pelatihan ataupun proses belajar secara berkelanjutan.

Sehingga dengan dilakukannya hal ini bisa membuat setiap pihak menjadi lebih mudah menerima setiap perubahan yang terjadi di dalam perusahaan.

  • Melakukan Analisa Data 

Nantinya, berbagai data tentu bisa Anda peroleh dalam perusahaan agar bisa dijadikan sebagai bahan analisis. Maka, tugas ataupun organizational development adalah untuk menganalisa data. Berdasarkan hasil analisa itulah maka perusahaan bisa melakukan suatu perubahan atau perbaikan ke arah yang lebih sempurna lagi.

  • Mengelola Perusahaan Agar Lebih Efektif Lagi

Perubahan yang ada pada suatu organisasi harus tetap bisa dikelola dengan baik dan juga dengan tepat . Pengelolaan perubahan ini harus dilakukan secara lebih efektif. Maka, beberapa hal yang harus dilakukan oleh perusahaan adalah membentuk pengertian pada berbagai pihak dan juga pelaksanaan sistem tersebut.

  • Mengidentifikasi Suatu Tujuan

Perbaikan atau perubahan yang dilakukan di dalam suatu perusahaan umumnya dibuat dengan tujuan yang baik dan juga tepat. Hal ini ini akan membuat tujuan kerja menjadi lebih jelas sehingga mencapai tujuan pun bisa dilakukan dengan cara-cara yang lebih tepat lagi.

Dengan semakin berkembangnya revolusi industri yang terjadi pada saat ini tentu akan banyak membawa tantangan baru bagi setiap pebisnis untuk mencoba lebih berkembang. Dimana setiap pebisnis ataupun perusahaan yang tidak mampu mengikuti program tersebut sudah pasti akan jauh tertinggal di belakang.

Untuk membuat suatu organisasi atau pengembangan organisasi semakin berkembang pada bisnis anda tentu Anda memerlukan suatu laporan pembukuan yang lebih baik agar Anda bisa memantau setiap perkembangan yang Anda hasilkan.

 Organisasi Pembelajar

Setidaknya ada tantangan besar yang harus dihadapi oleh pebisnis atau perusahaan yaitu bagaimana merubah kinerja yang efektif ataupun luar biasa menjadi yang standar.

Artinya, saat suatu perusahaan melakukan sebuah standar yang bagus dan juga luar biasa, maka tantangannya adalah bagaimana standar yang dianggap hebat tersebut atau tinggi tersebut dijadikan suatu kinerja yang sudah distandarisasi.

Di dalam era disruption seperti saat ini, perubahan akan sangat cepat terjadi dalam lingkungan perusahaan. Apa yang sebelumnya kita anggap sangat luar biasa, banyak produk yang membuat kita sangat kagum, akan sangat cepat menjadi biasa-biasa saja.

Contohnya saja jika kita mencantumkan informasi mampu menguasai komputer, bisa berbahasa Inggris, dan juga memiliki ijazah S2 pada CV kita, maka hal tersebut akan menjadi sangat luar biasa. Namun, saat ini hal tersebut menjadi hal yang sangat biasa dan wajar.

Begitupun dengan teknologi, dimana pada tahun awal 2010 lalu kecepatan internet sebesar 3 mbps di dianggap sangatlah hebat, padahal saat ini kecepatan internet seperti itu sudah sangat biasa saja atau bahkan dianggap sangatlah lambat

Lima Elemen Organizational Development Adalah

Terdapat lima elemen dan juga kepemimpinan yang terdiri dari berbagai subjek pembahasan didalam organizational development. Kelima elemen tersebut adalah sebagai berikut.

1. Strategi

Berbagai hal yang mencakup topik strategi adalah analisa strategis membuat visi misi dan formulasi destination statement memformulasikan suatu strategi, penyelarasan strategi dan mengeksekusi strategi serta bagaimana memonitor suatu kinerja perusahaan.

2. Sistem

Berbagai hal yang mencakup topik sistem adalah manajemen proses, manajemen informasi, manajemen pelanggan, manajemen ilmu pengetahuan, manajemen Inovasi dan juga manajemen risiko.

3.  Struktur

Berbagai topik yang mencakup struktur adalah pembuatan struktur organisasi dan juga implementasi dari peran dan tanggung jawab.

Tujuannya adalah untuk menunjukkan bagaimana suatu struktur di dalam organisasi didesain untuk mengelola relasi antar unit yang ada didalamnya. Tujuan utamanya adalah untuk memberikan kejelasan pembagian tugas dan juga tanggung jawab pengelompokkan kegiatan, mengatur adanya koordinasi secara vertikal maupun secara horizontal, termasuk adanya ketersediaan profil pada setiap pos.

4. Budaya

Budaya adalah terkait implementasi berbagai nilai perusahaan dan judul manajemen perubahan. Implementasi budaya perusahaan mempunyai tantangannya masing-masing. Setiap dari kita mungkin mengetahuinya, sangat tidak mudah untuk merubah budaya perusahaan.

Diperlukan upaya yang lebih ekstra dan juga lebih konsisten. Sebuah bank besar yang sudah sukses merubah budaya ataupun membentuk budaya baru perusahaan memerlukan waktu yang sangat lama hingga 8 tahun.

5. Manusia

Pembahasan ini terkait dengan SDM ataupun human capital. SDN ini sangat menarik bukan karena SDM adalah singkatan dari sumber dari masalah, tapi SDM adalah salah satu faktor yang sangat penting dalam memberikan keuntungan bagi suatu perusahaan. Topik yang ada didalamnya sangatlah banyak.

Baca juga: Overall Equipment Effectiveness/OEE adalah: Pengertian, Manfaat, dan Cara Menghitungnya

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang organizational development atau yang disingkat menjadi OD. Berbagi pembahasan dan juga topik di dalamnya sangatlah banyak sekali.

Dengan adanya pembahasan ini, diharapkan setiap bisnis di Indonesia bisa membuat pengembangan organisasi yang lebih baik lagi agar perusahaannya bisa lebih maju dan juga tetap eksis di tengah persaingan dunia bisnis yang sangat ketat seperti saat ini

Hal lainnya yang tidak boleh dilupakan adalah tentang bagaimana mengatur keuangan  perusahaan. Setiap pebisnis harus bisa melakukannya secara tepat dan akurat. Namun, bila Anda adalah salah satu orang yang kesulitan untuk melakukan pengelolaan keuangan perusahaan, Anda bisa berlangganan software akuntansi dari Accurate Online.

Accurate Online adalah salah satu software akuntansi di Indonesia yang menyediakan 200 laporan keuangan dan bisa Anda akses di mana saja dan kapan saja.

Terlebih lagi berbagai fitur di dalamnya juga akan sangat memudahkan Anda dalam melakukan kegiatan bisnis online ataupun bisnis offline. Selain itu, tampilan dan seperti dalamnya juga sangat sederhana sehingga akan sangat mudah dimengerti oleh siapa saja, bahkan yang belum memiliki pengetahuan tentang akuntansi sekalipun.

Seluruh keunggulan ataupun fitur menarik dari Accurate Online tersebut bisa dengan mudah Anda nikmati secara gratis selama 30 hari dengan hanya klik tautan gambar di bawah ini.

accurate 200 ribu perbulan