Mengenal Pengertian, Tujuan, dan Karakteristik Wirausaha

Sekarang banyak orang beralih menjadi seorang wirausahawan. Apalagi banyak pilihan usaha yang hanya membutuhkan modal yang minim. Ketika usaha yang dijalankan berkembang dengan pesat, usaha ini mampu menciptakan lapangan pekerjaan dan mengurangi pengangguran. Tertarik untuk berwirausaha? Yuk, pahami dulu tentang pengertian, tujuan, dan karakteristik wirausaha.

Definisi Karakteristik Wirausaha

Karakteristik wirausaha dapat didefinisikan sebagai hal yang berhubungan dengan ciri khas, perilaku, watak, tabiat, sikap serta tindakan seseorang terhadap untuk mewujudkan gagasan inovatif ke dalam dunia usaha.

Sikap dan tindakan tersebut biasanya mencakup sebagian besar sikap dan tindakan seorang wirausahawan dalam kesehariannya. Karakteristik wirausaha dianggap berhasil setelah sikap keseharian, berupa komitmen dalam melakukan pekerjaan dilakukan dengan sepenuh hati.

Baca juga : Audit keuangan: Pengertian, Tujuan, dan Tahapan Audit Keuangan

Tujuan Wirausaha

Ketika membangun suatu usaha, seorang wirausahawan pasti memiliki tujuan. Tujuan tersebut mencakup tujuan pribadi ataupun untuk kepentingan orang lain. Berikut ini adalah beberapa tujuan wirausaha.

1. Mensosialisasikan tentang kewirausahaan kepada masyarakat

Saat seseorang mulai menjalani wirausaha dan sukses, maka muncullah kesadaran masyarakat untuk ikut berwirausaha. Masyarakat akan tergerak untuk mencari tahu tips dan trik sukses berwiraswasta dan belajar menjadi pribadi yang tangguh dan ulet dalam membangun usaha.

2. Membudayakan perilaku, sikap, dan semangat berkemampuan dalam berwirausaha

Salah satu tujuan wirausaha adalah membudayakan perilaku, sikap, dan semangat berkemampuan dalam berwirausaha. Ketika masyarakat melihat kesuksesan, mereka akan belajar untuk berperilaku menjadi orang yang sukses. Mereka juga akan bersemangat dan berjuang dengan gigih agar usaha yang dijalankan berhasil.

3. Meningkatkan jumlah wirausaha yang berkualitas

Sumber daya manusia menjadi salah satu hal yang dibutuhkan saat menjalankan suatu usaha. Hal ini akan berimbas pada pemberdayaan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia sehingga memungkinkan sumber daya manusia tersebut membuka lapangan pekerjaan sendiri.

4. Memajukan dan menyejahterakan masyarakat

Tujuan wirausaha lainnya adalah memajukan dan menyejahterakan masyarakat. Ketika suatu usaha berkembang dan menjadi sukses, usaha tersebut otomatis membutuhkan banyak karyawan untuk menjalankan dan mempertahankan usaha tersebut. Dengan begitu, para wirausahawan telah menambah lapangan pekerjaan serta mengurangi pengangguran.

Baca juga : Pengertian Bisnis Afiliasi beserta Keuntungan dan Kerugiannya

Karakteristik Wirausaha

Jika Anda tertarik untuk berwirausaha, pastikan Anda memahami beberapa karakteristik wirausaha. Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Jujur

Kejujuran merupakan hal utama jika ingin menjadi pengusaha yang sukses. Apalagi jika Anda menjadi pemimpin dalam usaha tersebut, memiliki karyawan yang jujur akan membuat usaha berkembang dengan pesat.

2. Disiplin

Kedisiplinan menjadi salah satu modal utama jika ingin memulai berwirausaha. Memiliki sifat disiplin dapat menggerakkan semangat dan motivasi untuk menjalankan pekerjaan usaha dan pekerjaan sesuai dengan target yang ingin dicapai.

3. Kreatif dan inovatif

Memiliki kreativitas dan inovasi merupakan bagian dari karakteristik wirausaha. Kreativitas memungkinkan Anda untuk menciptakan hal yang berbeda. Apalagi kreativitas tersebut ditunjang dengan inovasi, maka usaha yang sedang Anda jalankan dapat menarik minat para pelanggan. Oleh karena itu, tumbuhkan sifat kreatif dan inovatif untuk mengembangkan usaha.

4. Berkomitmen tinggi

Mulailah untuk berkomitmen ketika berwirausaha. Dengan memiliki komitmen yang tinggi serta memegang teguh prinsip, usaha akan berkembang dan mencapai kesuksesan.

5. Mandiri serta realistis

Salah satu karakteristik yag harus dimiliki ketika berwirausaha adalah mandiri dan realistis. Hal ini karena ketika berwirausaha membutuhkan kemampuan untuk mengambil keputusan cepat. Seorang wirausahawan harus menjadi mandiri dan realistis jika ingin usaha yang digelutinya berkembang dengan pesat.

6. Memiliki keterampilan personal

Ketika terjun berwirausaha, Anda harus memiliki keterampilan personal. Hal ini dikarenakan Anda harus mampu mencari, memanfaatkan setiap peluang, berkomunikasi, dan mampu bekerja sama dengan berbagai pihak agar dapat menguntungkan usaha yang sedang dijalani.

Baca juga  : Mengenal Macam-macam Sistem Ekonomi Untuk Keberlangsungan Bisnis

Infografis karakteristik wirausaha

Kesimpulan

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa karakteristik wirausaha berhubungan dengan ciri khas, perilaku, watak, sikap serta tindakan seseorang terhadap untuk mewujudkan gagasan inovatif ke dalam dunia usaha.  Karakteristik dalam berwirausaha akan terwujud jika sikap keseharian dan komitmen dalam melakukan pekerjaan dilakukan dengan sepenuh hati.

Baca juga : Accurate Online Memudahkan Pembukuan Usaha Penjualan Pulsa Anda

Dalam berwirausaha, dibutuhkan juga konsistensi untuk mencatat segala pengeluaran dan pemasukan yang terjadi pada bisnis. Hal ini adalah penting, selain bisa menilai kesehatan bisnis dari untung atau rugi yang Anda dapatkan, Anda juga bisa membuat rencana pengembangan bisnis yang berkesinambungan berdasarkan data keuangan Anda.

Lakukanlah pencatatan transaksi melalui proses pembukuan yang benar dan sesuai standar yang berlaku. Anda bisa mencoba melakukan pembukuan manual atau menggunakan software akuntansi yang mudah digunakan seperti Accurate Online.

Masih banyak wirausahawan yang tidak melakukan pembukuan karena masih banyak yang berpikir bahwa hal tersebut memakan waktu dan mereka tidak mengetahui lebih jauh tentang pembukuan. Dengan Accurate Online, Anda bisa melakukan pencatatan transaksi, pemantauan stok, penghitungan gaji, aset, dan pajak dengan mudah. Bahkan Anda bisa membuat lebih dari 100 jenis laporan keuangan dengan mudah dimana saja dan kapan saja.

Accurate Online telah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pemilik usaha dari berbagai jenis bisnis, bergabunglah bersama mereka merasakan kemudahan pengembangan bisnis dengan proses pembukuan yang lebih baik bersama Accurate Online.

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.