Pengertian Gudang Transit dan 7 Alur Sederhana yang Terdapat di dalamnya

oleh | Mei 17, 2023

source envato.

Pengertian Gudang Transit dan 7 Alur Sederhana yang Terdapat di dalamnya

Pada dasarnya, gudang transit adalah gudang yang dimanfaatkan untuk penyimpanan barang sebelum sampai ke pihak penerima barang itu sendiri.

Seperti yang kita ketahui bersama, gudan memiliki peran yang sangat penting dalam bisnis impor, ekspor, pengangkutan dan produksi barang.

Anda sebagai pihak pebisnis harus bisa menjaga seluruh alur produksi hingga pengiriman agar bisa berjalan teratur di satu tempat agar bisa menghemat anggaran dan juga meningkatkan produkstivas bisnis.

Lantas, apa sebenarnya gudang transit itu? Bagaimana alur yang terdapat di dalamnya? Baca terus artikel tentang gudang transit di bawah ini hingga selesai.

Pengertian Gudang Transit

accurate.id gambar gudang transit-1

Dilansir dari laman Kumparan, gudang transit adalah sebuah fasilitas atau tempat penyimpanan sementara yang digunakan untuk mengumpulkan, memisahkan, dan menyimpan barang atau kargo sebelum dikirimkan ke tujuan akhirnya.

Gudang transit sering kali berfungsi sebagai pusat distribusi yang memfasilitasi perpindahan barang dari satu moda transportasi ke moda transportasi lainnya.

Tujuan utama dari gudang transit adalah untuk memfasilitasi dan mempercepat aliran barang dalam rantai pasok. Biasanya gudang ini terletak di lokasi yang strategis, seperti di dekat pelabuhan, bandara, atau jalur transportasi utama lainnya, sehingga memudahkan proses pengiriman dan distribusi barang.

Jenis gudang ini dapat digunakan dalam berbagai industri, seperti industri manufaktur, logistik, perdagangan internasional, dan lain sebagainya. Mereka dapat beroperasi sebagai gudang milik perusahaan atau gudang yang dikelola oleh pihak ketiga yang menyediakan jasa penyimpanan dan distribusi.

Di gudang transit, barang-barang dapat dikelompokkan, disortir, diperiksa, dan dilakukan aktivitas-aktivitas lainnya yang diperlukan untuk mempersiapkan pengiriman lanjutan.

Gudang transit juga dapat menyediakan layanan tambahan, seperti pelabelan ulang, pengemasan ulang, penggabungan kargo, dan penanganan dokumen yang terkait dengan pengiriman barang.

Secara umum, gudang transit memainkan peran penting dalam menjaga kelancaran aliran barang dalam rantai pasok dan membantu memastikan pengiriman tepat waktu ke tujuan akhir.

Baca juga: Pengertian Sistem Inventory, Manfaat, serta Tips Pengelolaannya

Alur Pengiriman yang Terdapat Pada Gudang Transit

accurate.id gambar gudang transit-2

Alur pengiriman di gudang ini dapat bervariasi tergantung pada perusahaan atau penyedia layanan logistik yang mengoperasikannya. Namun, berikut adalah alur umum yang biasanya terjadi dalam proses pengiriman di gudang transit:

1. Penerimaan barang

Barang atau kargo diterima di gudang transit dari berbagai sumber, seperti produsen, pemasok, atau pihak pengirim. Pada tahap ini, barang-barang tersebut diidentifikasi, diperiksa, dan dicatat dalam sistem inventaris.

2. Pemisahan dan pengelompokkan

Barang-barang tersebut kemudian dipisahkan dan dikelompokkan berdasarkan tujuan pengiriman akhirnya. Proses ini melibatkan penyortiran barang berdasarkan tujuan atau rute pengiriman yang ditentukan sebelumnya.

3. Penyimpanan sementara

Setelah pemisahan dan pengelompokkan, barang-barang disimpan sementara di gudang transit. Mereka dapat ditempatkan dalam rak, palet, atau sistem penyimpanan lainnya yang memungkinkan untuk pengaturan yang efisien dan penanganan yang mudah.

4. Pelabelan dan pengepakan ulang

Jika diperlukan, barang-barang dapat diberi label ulang atau dikemas ulang untuk memenuhi persyaratan pengiriman yang berlaku. Hal ini mungkin diperlukan untuk memastikan kepatuhan terhadap peraturan pengiriman atau untuk menggabungkan barang-barang yang sejenis.

Baca juga: Siklus Hidup Produk: Pengertian, Tahapan, Serta Contohnya dalam Bisnis

5. Penanganan dokumen

Di gudang ini, dokumen-dokumen terkait pengiriman, seperti faktur, kontrak, atau surat pengiriman, diperiksa dan dikelola. Informasi ini penting untuk melacak dan memverifikasi barang serta untuk administrasi pengiriman.

6. Pengiriman lanjutan

Setelah persiapan selesai, barang-barang siap untuk dikirimkan ke tujuan akhirnya. Mereka dapat dipindahkan ke kendaraan pengangkut yang sesuai, seperti truk, kapal, atau pesawat terbang, untuk dilanjutkan ke tahap selanjutnya dalam rantai pasok.

7. Pelaporan dan pemantauan

Selama proses pengiriman, gudang ini akan memantau dan melacak pergerakan barang serta memberikan pembaruan status kepada pihak terkait, seperti pengirim atau penerima. Informasi ini penting untuk memastikan transparansi dan keandalan dalam rantai pasok.

Setiap langkah dalam alur pengiriman ini dapat melibatkan teknologi, seperti sistem manajemen inventaris, perangkat lunak pelacakan, atau alat otomatisasi lainnya, untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi proses.

Baca juga: Persediaan Adalah: Berikut Adalah Pengertian, Jenis, dan Metodenya

Penutup

accurate.id gambar gudang transit-3

Jadi, gudang transit merupakan fasilitas penyimpanan sementara yang memainkan peran penting dalam rantai pasok untuk mengumpulkan, memisahkan, dan menyimpan barang atau kargo sebelum dikirimkan ke tujuan akhirnya.

Alur pengiriman di gudang transit umumnya melibatkan langkah-langkah seperti penerimaan barang, pemisahan dan pengelompokkan, penyimpanan sementara, pelabelan dan pengepakan ulang, penanganan dokumen, pengiriman lanjutan, serta pelaporan dan pemantauan.

Di gudang transit, barang-barang diterima dan diidentifikasi sebelum dipisahkan dan dikelompokkan berdasarkan tujuan pengiriman. Mereka disimpan sementara dengan pengaturan yang efisien, dan jika diperlukan, dilakukan pelabelan ulang atau pengepakan ulang.

Penanganan dokumen juga penting dalam memastikan kelancaran pengiriman. Setelah persiapan selesai, barang-barang dikirimkan ke tujuan akhir melalui kendaraan pengangkut yang sesuai.

Selama seluruh proses pengiriman, gudang transit memberikan pembaruan status dan informasi kepada pihak terkait, serta melacak pergerakan barang. Teknologi dan sistem manajemen inventaris sering digunakan untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam alur pengiriman di gudang transit.

Secara keseluruhan, gudang transit berfungsi sebagai pusat distribusi yang mengoptimalkan aliran barang dalam rantai pasok dan memastikan pengiriman tepat waktu ke tujuan akhir.

Nah, untuk Anda yang memiliki banyak persediaan dan juga penyimpanan di dalam gudang, terlebih lagi multi gudang, Anda bisa menggunakan aplikasi akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Kenapa? Karena software buatan anak bangsa ini mampu membantu Anda mengelola persediaan, stok dan gudang dengan sangat mudah. Di dalamnya, Anda bisa mengelola lebih dari satu gudang, melakukan multi satuan, melakukan stock opname, penyesuaian persediaan, dan banyak lagi.

Selain itu, aplikasi ini juga mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis secara otomatis, termasuk laporan persediaan.

Masih ragu dengan Accurate Online? Tenang, Anda bisa membuktikan kehebatan Accurate Online dengan mencobanya selama 30 hari gratis melalui tautan gambar di bawah ini.

marketingmanajemenbanner
sidebarPromo
Anggi
Seorang wanita lulusan sarjana manajemen bisnis dan akuntansi yang hobi menulis blog tentang manajemen bisnis secara spesifik.

Artikel Terkait