Class Diagram Adalah: Pengertian, Manfaat, Komponen dan Contohnya

Semua informasi data tentang suatu proyek dalam bisnis, ternyata tersusun dari sebuah struktur yang disebut Class diagram. Class diagram adalah bagian dari sistem UML yang sangat diperlukan ketika hendak membuat sebuah aplikasi.

Aplikasi yang kita gunakan untuk melancarkan pekerjaan dalam bisnis atau perusahaan kita tersusun dari suatu sistem UML dengan struktur Class diagram. Lalu apa itu Class diagram?

Pengertian Class diagram Adalah

Class diagram adalah salah satu jenis diagram berbentuk struktur pada model UML. Diagram ini menggambarkan struktur, atribut, kelas, hubungan dan metode dengan sangat jelas dari setiap objeknya.

Diagram kelas memberikan data berupa hubungan apa yang terjadi diantara kelas-kelas, bukan menjelaskan kejadiannya. Class diagram dalam suatu proyek umumnya menggunakan konsep yang disebut object- oriented, sehingga membuatnya mudah untuk digunakan.

Class diagram atau diagram kelas juga merupakan bagian terpenting dari UML (unified modeling language). UML adalah pemodelan dalam bentuk implementasi sistem yang dibutuhkan ketika hendak membuat suatu aplikasi.

Selain itu, Class diagram adalah sesuatu yang bisa membantu dalam memvisualisasikan struktur setiap kelas dari sebuah sistem. Bagian dari UML ini juga akan memperlihatkan kumpulan dari kelas, collaboration, interface dan relasi yang ada di dalam sistem.

Baca juga: Apa Itu DPI? Ini Pengertian, Fungsi, dan Contoh Kerjan Pada Gambar

Fungsi Class Diagram Adalah

Agar lebih memahami tentang class diagram, sebaiknya kita mengetahui tentang apa fungsi dari Class diagram itu sendiri dalam sebuah sistem. Jadi, beberapa fungsi class diagram adalah sebagai berikut:

  • Dapat meningkatkan pemahaman mengenai gambaran umum atau suatu skema dari program yang dibuat
  • Dapat menunjukan struktur sebuah sistem dengan sangat jelas
  • Dapat memberikan gambaran tentang perangkat lunak dan relasi-relasi yang ada di dalamnya
  • Dapat menjadi bahan analisis bisnis, serta dapat digunakan untuk model sistem yang akan dibuat dari sisi bisnis

Manfaat Class Diagram Adalah

Dalam membuat suatu aplikasi, bagian dari UML yang disebut Class diagram adalah hal penting yang memiliki banyak manfaat. Nah, manfaat dari Class diagram adalah sebagai berikut:

  • Dibuatnya Class diagram bisa membantu dalam pembuatan sebuah bagan yang tampak jelas dan sangat terperinci. Kemudian, kita harus memperhatikan kode spesifik yang diperlukan oleh suatu program.
  • Class diagram juga bisa dibuat menjadi tampilan visual dengan kebutuhan spesifik dari sebuah informasi. Kemudian, semua bisnis juga mendapatkan berbagai informasi secara merata.
  • Jika mempelajari Class diagram, maka hal tersebut bisa membantu meningkatkan pemahaman dan gambaran umum tentang suatu skema dari sebuah aplikasi
  • Dapat memberikan gambaran umum tentang pemodelan data untuk sistem informasi, baik yang sederhana maupun yang kompleks.

Simbol Class Diagram

Seperti yang telah diulas sebelumnya, bahwa dalam Class diagram kita bisa melihat gambaran tentang hubungan antara kelas dalam suatu sistem. Gambaran tersebut akan dibuat dalam bentuk simbol – simbol Class diagram. Berikut ulasannya:

  • Garis lurus (Generalization), menunjukan hubungan objek anak (descendent) dan induk (ancestor) dalam hal berbagai perilaku dan struktur datanya
  • Nary Association, suatu upaya untuk menghindari asosiasi yang melebihi 2 objek
  • Class, suatu himpunan dari objek-objek dalam sistem, yang kemudian berbagi atribut dan operasi yang persis sama
  • Collaboration, berupa urutan aksi-aksi dalam sistem agar menghasilkan sebuah hasil yang terukur
  • Realization, sebuah operasi yang benar-benar dilakukan oleh objek dalam sistem
  • Dependency, suatu hubungan pada perubahan yang terjadi dalam independent yang mempengaruhi elemen yang tidak mandiri
  • Association, bagian yang menghubungkan objek yang satu dengan yang lainnya

Komponen Penyusun Class Diagram

Sebuah pemodelan pastinya tersusun dari komponen-komponen tertentu. Dalam Class diagram terdapat 3 komponen penting penyusun, yaitu:

  • Komponen Tengah

Komponen ini berisi class dan atribut yang digunakan untuk menjelaskan bagaimana kualitas dari suatu kelas tertentu. Atributnya bisa diperjelas secara detail dengan memasukan tipe nilai.

  • Komponen Atas

Komponen atas terdiri nama kelas. Setiap kelas ini akan memiliki nama yang berbeda-beda. Jika ada sebutan lain untuk nama kelas, maka itu adalah nama sederhana.

  • Komponen Bawah

Komponen selanjutnya dari class diagram adalah komponen bawah, yang menyertakan operasi dalam tampilan daftar. Hal ini umumnya menggambarkan bagaimana kelas berinteraksi dengan data-data.

Hubungan Antar Class diagram

Penting bagi seorang programmer dalam memahami class diagram dan hubungan antar kelasnya. Apa saja hubungan yang terjadi antar kelas tersebut, berikut penjelasannya:

  • Asosiasi

Hubungan antar kelas dalam class diagram ada yang disebut sebagai asosiasi. Hubungan ini menggambarkan dua kelas yang sifatnya statis atau memiliki atribut tambahan berupa kelas lainnya. Contoh: Penumpang – Kereta

  • Agregasi

Hubungan agregasi dalam class diagram menggambarkan salah satu kelas yang merupakan bagian kelas lainnya, tetapi berdiri masing-masing. Contohnya: Perpustakaan – Buku

  • Pewarisan

Hubungan pewarisan dalam class diagram adalah hubungan secara general dan mewarisi atribut serta metode dari kelas asal ke kelas lainnya. Contoh: Hewan – (burung, ikan, singa)

Contoh Class Diagram Sederhana

Agar lebih mudah memahami tentang class diagram, berikut ini kami berikan contoh class diagram sederhana yang mudah dipahami:

  • Class Diagram Sistem Perpustakaan

Sistem perpustakaan menggunakan class diagram yang cukup sederhana. Dimana anggota perpustakaan hanya perlu mengetahui tentang kelas buku asing, kelas pinjam buku, kelas buku, kelas petugas perpustakaan, dan kelas buku lokal.

  • Class Diagram Sistem ATM Bank

Begitu juga dengan contoh Class diagram pada ATM bank, dimana nasabahnya hanya perlu menekan beberapa tombol untuk bisa menarik uang dari ATM tertentu. Namun, agar keamanan tetap terjaga, maka perlu disematkan lapisan keamanan agar mencegah tindakan kriminal seperti penipuan dan lain sebagainya.

  • Class Diagram Sistem Manajemen Hotel

Contoh Class diagram sederhana lainnya adalah pada sistem manajemen perhotelan. Hubungan antar objek akan ditunjukan, seperti bagaimana tanggung jawab staff, informasi jumlah kamar, informasi jumlah tamu, petugas kebersihan yang sedang beroperasi, hingga bill untuk setiap transaksi hotel.

Baca juga: Data Modeling: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Manfaatnya

Kesimpulan

Struktur Class diagram merupakan bagian dari sistem UML atau unified modeling language. UML merupakan sebuah blueprint dari software atau piranti lunak untuk membuat sistem teknologi informasi di bidang jasa dan produksi saat ini.

UML dan juga class diagram sebagai salah satu bagiannya, yang diharapkan dapat mempermudah penggunaan piranti lunak, serta memenuhi semua kebutuhannya, termasuk tentang security, scalability, robustness dan lain sebagainya.

Begitu juga dalam hal mengatur keuangan dalam perusahaan, penerapan teknologi harus dimanfaatkan untuk tujuan perusahaan yang lebih baik dan berkembang. Salah satunya adalah penggunaan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Accurate Online merupakan sebuah software berbasis cloud, yang sudah dilengkapi fitur keuangan yang penting bagi perusahaan seperti manajemen aset, pembukuan, gudang, dan lain sebagainya.

Selain itu, terdapat otomatisasi hingga lebih dari 200 jenis laporan keuangan, termasuk pencatatan perpajakan di dalamnya.

Semua fitur tersebut bisa Anda miliki melalui software Accurate Online, dengan pengalaman lebih dari 20 tahun dan telah membantu lebih dari 370 ribu pengguna di berbagai skala bisnis di nusantara. Tunggu apa lagi!

Kini Anda bisa mencoba software berbasis cloud Accurate Online ini gratis selama 30 hari lewat tautan gambar di bawah ini.Accurate-