Accurate Online Memudahkan Proses Akuntansi Peternakan Anda

oleh | Okt 11, 2023

source envato.

Accurate Online Memudahkan Proses Akuntansi Peternakan Anda

Perlu Anda ketahui bahwa langkah-langkah yang bijak dalam mengelola bisnis peternakan akan mendukung stabilitas ekonomi negara, menciptakan lapangan kerja, dan membantu memenuhi kebutuhan gizi masyarakat. Namun, upaya untuk mengembangkan bisnis peternakan tidaklah tanpa tantangan. Adanya perubahan iklim, perubahan kebijakan, serta akuntansi peternakan adalah beberapa faktor yang perlu dihadapi.

Melalui pemahaman mendalam tentang peran bisnis peternakan dalam ekonomi Indonesia, serta komitmen untuk meningkatkan keberlanjutan sektor ini, kita dapat menciptakan peluang yang berkelanjutan bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Mengenal Bisnis Peternakan

mengenal bisnis peternakan

ilustrasi akuntansi peternakan. source envato

Berdasarkan laman Farmers, bisnis peternakan adalah kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan pemeliharaan dan pengembangbiakan hewan ternak untuk memproduksi produk seperti daging, susu, telur, dan berbagai produk turunannya.

Peternakan memiliki peran penting dalam memenuhi kebutuhan pangan dan bahan baku industri, serta memberikan kontribusi signifikan dalam perekonomian suatu negara.

Berikut adalah beberapa aspek yang perlu Anda kenal dalam bisnis peternakan:

  1. Jenis Peternakan: Bisnis peternakan melibatkan berbagai jenis hewan ternak, seperti sapi, kambing, domba, ayam, bebek, ikan, dan bahkan hewan eksotis. Setiap jenis peternakan memiliki karakteristik dan kebutuhan perawatan yang berbeda.
  2. Produk Ternak: Peternakan menghasilkan berbagai produk, seperti daging, susu, telur, bulu, kulit, dan produk sampingan lainnya. Produk-produk ini dapat dijual untuk konsumsi manusia atau digunakan sebagai bahan baku dalam industri makanan, tekstil, dan farmasi.
  3. Manajemen Ternak: Keberhasilan dalam bisnis peternakan sangat tergantung pada manajemen yang baik. Ini meliputi pemilihan bibit yang berkualitas, nutrisi yang tepat, perawatan kesehatan hewan, dan pemantauan yang cermat.
  4. Kesejahteraan Hewan: Aspek etika dan kesejahteraan hewan sangat penting dalam bisnis peternakan. Upaya untuk memastikan hewan-hewan tersebut diberi perlakuan yang baik, makanan yang cukup, tempat tinggal yang layak, dan akses ke perawatan medis yang tepat sangat ditekankan.
  5. Aspek Lingkungan: Peternakan juga memiliki dampak lingkungan, terutama dalam hal limbah, penggunaan air, dan emisi gas rumah kaca. Oleh karena itu, praktik-praktik berkelanjutan dalam peternakan semakin ditekankan.
  6. Teknologi dalam Peternakan: Inovasi dan teknologi modern semakin memainkan peran penting dalam bisnis peternakan. Automatisasi, pemantauan berbasis data, dan genetika hewan adalah contoh-contoh teknologi yang digunakan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi peternakan.
  7. Pasar dan Distribusi: Sebagai bisnis, peternakan juga melibatkan perencanaan pemasaran, distribusi produk, serta pemahaman tentang dinamika pasar. Peternak perlu memahami permintaan konsumen dan faktor-faktor ekonomi yang memengaruhi harga dan penjualan produk.
  8. Peraturan dan Keamanan Pangan: Bisnis peternakan tunduk pada peraturan pemerintah yang berkaitan dengan kesehatan hewan, keamanan pangan, dan lingkungan. Kepatuhan terhadap regulasi-regulasi ini sangat penting.

Bisnis peternakan dapat memiliki skala yang beragam, mulai dari peternakan skala kecil hingga industri peternakan besar. Selain memenuhi kebutuhan pangan, bisnis peternakan juga berkontribusi pada perekonomian, menciptakan lapangan kerja, dan memainkan peran penting dalam sektor pertanian.

Membuka bisnis peternakan adalah sesuatu yang cukup menantang. Hal ini dikarenakan bisnis ini memiliki permintaan yang cukup tinggi namun juga tantangan yang cukup besar, terutama pada akuntansi dalam bisnis peternakan itu sendiri.

Dan seiring perkembangan teknologi, kini bisnis peternakan tidak lagi di anggap sebagai bisnis yang identik dengan kotor atau pekerjaan berat yang harus mengeluarkan tenaga besar. Kini telah banyak alat alat penunjang peternakan yang canggih dapat memudahkan segala proses pada bisnis peternakan Anda.

Begitupun dengan proses akuntansi pada peternakan. Jika dahulu Anda melakukan melalui buku log yang tebal dan membuang banyak waku, kini Anda bisa melakukan proses pembukuan jauh lebih mudah dengan software akuntansi seperti Accurate Online.

Tidak hanya proses pembukuan yang berhubungan dengan keuangan, dengan Accurate Online Anda bisa memantau stok, menghitung pajak, aset, dan hal lainnya yang membantu Anda dalam pengembangan bisnis secara berkelanjutan. Untuk mengetahui lebih jauh bagaimana Accurate Online membantu pembukuan pada bisnis peternakan, mari kita bahas lebih jauh.

Baca juga: Siklus Akuntansi : Pengertian dan Penjelasan yang Lengkap

Menu Aset pada Accurate Online untuk Fitur Aset Terlengkap

Aset adalah hal krusial pada pembukuan bisnis peternakan. Hal ini dikarenakan banyaknya aset yang harus Anda hitung saat Anda mendirikan peternakan. Macam macam aset pada bisnis peternakan misalnya: Ladang atau kandang mengelola hewan ternak, kendaraan operasional, atau bahkan hewan itu sendiri jika Anda menganggap ternak Anda adalah aset Anda contohnya sapi perah yang hanya Anda ambil susunya, bukan dagingnya.

akuntansi peternakan accurate online

Dengan menu aset pada Accurate Online Anda bisa mendata aset berdasarkan kategori aset, mencatat perubahan atau pemindahan aset dan mencatat disposisi aset. Nantinya Anda akan menerima laporan perubahan nilai aset setiap bulan secara otomatis. Dengan begitu Anda tidak perlu menghitung keseluruhan aset secara manual yang hanya menghabiskan waktu Anda.

Bukankah akan lebih baik jika menggunakan waktu Anda untuk memikirkan pengembangan bisnis bukan?

Memiliki Transaksi dengan Interval Serupa, Gunakan Fitur Transaksi Berulang

Bisnis peternakan identik dengan transaksi serupa yang dilakukan setiap bulan seperti pembelian pakan, pesanan dari pelanggan tetap, atau jasa pembersihan kandang dan vaksin. Semua itu adalah transaksi yang akan Anda lakukan secara teratur pada waktu tertentu, entah itu mingguan, bulanan, atau tahunan.

akuntansi peternakan accurate online

Untuk memudahkan transaksi seperti ini, Anda bisa menggunakan fitur transaksi berulang. Transaksi Berulang adalah fitur di Accurate Online yang memungkinkan Anda membuat transaksi yang sama persis dari suatu transaksi yang dibuat perulangannya untuk suatu periode yang sudah ditetapkan. Untuk mengetahui lebih jauh fitur ini, Anda bisa melihatnya secara lengkap melalui artikel ini.

Baca juga: Laporan Keuangan: Pengertian, Contoh, dan Fungsinya Untuk Bisnis Anda

Laporan Terlengkap untuk Akuntansi Peternakan Anda

Dengan banyaknya pos pengeluaran dan pemasukan pada bisnis peternakan, menjadikan bisnis ini memiliki perputaran arus kas yang lebih unik dari dari bisnis lain. Belum lagi produk yang dihasilkan pada bisnis ini adalah makhluk hidup yang tidak bisa Anda kalkulasikan secara pasti, bisa saja wabah penyakit atau cuaca akan mempengaruhi hasil yang akan Anda dapatkan.

akuntansi peternakan accurate online

Accurate Online memiliki fitur laporan terlengkap mulai dari laporan keuangan seperti laporan laba rugi, laporan arus kas, neraca, rasio keuangan dan masih banyak lagi. Ada juga banyak laporan lain terkait informasi perkembangan bisnis Anda seperti laporan penjualan, laporan stok atau persediaan, laporan pembelian dan laporan lainnya.

Baca juga : Jadikan Pembukuan Bisnis Kosmetik lebih Mudah dengan Accurate Online

Kesimpulan

Masih banyak peternak tidak menggunakan akuntansi atau pembukuan pada bisnis peternakan mereka dan ini adalah kesalahan, akuntansi dan peternakan adalah dua hal yang tidak bisa Anda pisahkan. Terlebih lagi peternakan adalah jenis bisnis yang memiliki perputaran kas juga pos pengeluaran dan pemasukan yang cepat.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa melakukan pembukuan pada peternakan milik Anda lebih mudah, cepat, dan meminimalisir kesalahan dalam proses pembukuan Anda. Jadikan pengembangan bisnis lebih cepat dengan software akuntansi yang tepat .

Anda bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan gambar di bawah ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

321 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Khaula Senastri

Artikel Terkait