Jadikan Pembukuan Bisnis Kosmetik lebih Mudah dengan Accurate Online

oleh | Okt 10, 2023

source envato.

Jadikan Pembukuan Bisnis Kosmetik lebih Mudah dengan Accurate Online

Pembukuan bisnis kosmetik merupakan salah satu aspek kunci dalam menjalankan usaha kosmetik dengan efisien dan terorganisir. Dalam era yang semakin kompetitif seperti saat ini, menjaga catatan keuangan yang akurat dan teratur adalah suatu keharusan bagi para pemilik bisnis kosmetik.

Dalam konteks bisnis kosmetik, pembukuan bukan hanya sekadar pencatatan transaksi keuangan, tetapi juga merupakan alat yang kuat untuk mengukur kesehatan finansial perusahaan, mengidentifikasi tren bisnis, dan mengambil keputusan strategis yang tepat.

Dalam artikel ini, mari kita pelajari bersama tentang pentingnya pembukuan bisnis kosmetik, manfaatnya, serta langkah-langkah yang perlu diambil untuk memastikan bahwa pembukuan bisnis kosmetik Anda berjalan dengan baik.

Pentingnya pemahaman yang kuat tentang pembukuan tidak dapat diabaikan oleh pemilik bisnis kosmetik mana pun, terutama dalam menghadapi berbagai tantangan dan peluang yang ada di pasar kosmetik yang dinamis.

Oleh karena itu, mari kita eksplorasi lebih lanjut mengenai pembukuan bisnis kosmetik dan bagaimana Anda dapat memanfaatkannya untuk mencapai kesuksesan dalam industri yang berubah-ubah ini.

Apa itu Bisnis Kosmetik?

Apa itu Bisnis Kosmetik?

ilustrasi bisnis kosmetik. source envato

Bisnis kosmetik adalah jenis bisnis yang berfokus pada produksi, penjualan, dan distribusi produk-produk kecantikan, perawatan kulit, rambut, dan produk-produk lainnya yang digunakan untuk meningkatkan penampilan fisik dan perawatan pribadi. Bisnis kosmetik melibatkan berbagai macam produk, seperti:

  1. Kosmetik Wajah: Termasuk foundation, bedak, lipstik, eyeshadow, eyeliner, mascara, dan produk-produk lain yang digunakan untuk merias wajah.
  2. Perawatan Kulit: Produk-produk perawatan kulit termasuk krim, losion, serum, pembersih wajah, toner, dan produk-produk anti-penuaan.
  3. Perawatan Rambut: Ini melibatkan sampo, kondisioner, produk styling rambut, pewarna rambut, dan produk perawatan rambut lainnya.
  4. Produk Kuku: Ini mencakup produk-produk seperti kuteks, pernis kuku, dan aksesori perawatan kuku.
  5. Parfum dan Wewangian: Produk-produk parfum dan wewangian yang digunakan untuk memberikan aroma yang menyenangkan.
  6. Produk Perawatan Tubuh: Ini termasuk produk-produk seperti sabun mandi, losion tubuh, scrub tubuh, dan produk perawatan tubuh lainnya.

Bisnis kosmetik dapat mencakup berbagai jenis usaha, mulai dari produsen besar yang memproduksi produk dalam jumlah besar hingga pemilik bisnis kecil yang menjual produk-produk kecantikan secara langsung kepada konsumen. Industri kosmetik sangat kompetitif dan selalu berkembang seiring dengan perubahan tren kecantikan dan permintaan konsumen.

Perlu digaris bawahi bahwa bisnis kosmetik juga terkait dengan peraturan yang ketat terkait dengan keamanan produk dan label produk. Hal ini bertujuan untuk melindungi konsumen dari produk yang tidak aman atau mengandung bahan berbahaya. Karena itu, pemilik bisnis kosmetik perlu memahami dan mematuhi peraturan yang berlaku di wilayah hukum mereka.

Berbisinis kosmetik dan kecantikan juga menjadi merupakan pilihan bisnis yang menarik terutama pada masa media sosial menjadi kebutuhan setiap orang seperti sekarang. Banyaknya influencer kecantikan pada media sosial seperti instagram atau youtube menjadikan bisnis ini menjadi salah satu bisnis yang sangat menjanjikan dan memiliki keuntungan besar.

Lebih jauh, menurut Business Insider, bisnis kosmetik telah menjadi industri berkembang dengan nilai lebih dari 532 miliar us dolar. Besarnya peluang pada bisnis ini juga dibarengi oleh masalah yang terjadi pada hampir semua bisnis, yaitu selain salah dalam membuat rencana bisnis terkadang para pemula dalam bisnis ini tidak melakukan pembukuan dalam bisnis kosmetik mereka.

Baca juga: Laporan Keuangan: Pengertian, Contoh, dan Fungsinya Untuk Bisnis Anda

Tantangan Pembukuan Pada Bisnis Kosmetik

Tantangan Pembukuan Pada Bisnis Kosmetik

ilustrasi bisnis kosmetik. source envato

Pembukuan pada bisnis kosmetik dapat melibatkan sejumlah tantangan yang perlu diatasi oleh pemilik bisnis. Berikut beberapa tantangan pembukuan yang mungkin dihadapi dalam bisnis kosmetik:

1. Variasi Produk yang Luas

Bisnis kosmetik seringkali memiliki berbagai produk dengan karakteristik yang berbeda, termasuk produk perawatan kulit, rambut, kuku, dan makeup. Mengelola pembukuan untuk semua jenis produk ini bisa menjadi rumit.

2. Rotasi Stok yang Cepat

Produk kosmetik bisa memiliki umur simpan yang terbatas, dan tren kecantikan dapat berubah dengan cepat. Ini dapat menyebabkan rotasi stok yang cepat dan perlu pemantauan yang cermat terhadap stok dan penjualan.

3. Perubahan Tren dan Musiman

Industri kecantikan sangat dipengaruhi oleh perubahan tren dan musim. Produk yang populer dalam satu musim mungkin tidak laku di musim berikutnya. Hal ini dapat memengaruhi perencanaan persediaan dan pemasukan.

4. Perizinan dan Regulasi

Bisnis kosmetik sering kali tunduk pada peraturan ketat yang berkaitan dengan bahan-bahan yang digunakan dalam produk kosmetik. Pemilik bisnis harus memastikan bahwa produk mereka memenuhi semua persyaratan perizinan dan regulasi yang berlaku.

5. Pemasaran dan Promosi

Pengeluaran untuk pemasaran dan promosi produk kosmetik bisa besar, terutama dalam upaya membangun merek dan menjangkau pasar yang lebih luas. Mengelola anggaran pemasaran dalam pembukuan menjadi penting.

6. Pengelolaan Persediaan

Persediaan kosmetik perlu dijaga dengan cermat agar tidak mengalami kelebihan atau kekurangan stok. Pengelolaan yang buruk dapat mengakibatkan biaya penyimpanan yang tinggi atau hilangnya peluang penjualan.

7. Pencatatan Biaya Produksi

Bagi bisnis kosmetik yang memproduksi sendiri produk mereka, mencatat dengan akurat semua biaya produksi, termasuk bahan baku, tenaga kerja, dan overhead, adalah penting untuk menghitung margin keuntungan yang tepat.

8. Pajak dan Pajak Penjualan

Sistem perpajakan dan pajak penjualan berbeda di setiap negara bagian atau wilayah, dan pemilik bisnis perlu memastikan bahwa mereka memahami dan mematuhi kewajiban pajak yang berlaku.

9. Pencatatan Transaksi E-commerce

Jika bisnis Anda menjual produk kosmetik secara online, pencatatan transaksi e-commerce dan pengelolaan inventaris secara real-time dapat menjadi tantangan.

10. Kepatuhan Terhadap Hukum Perlindungan Konsumen

Pemilik bisnis kosmetik juga perlu mematuhi hukum perlindungan konsumen dan mengatasi keluhan konsumen dengan baik, yang dapat memengaruhi pencatatan dan proses pembukuan.

Untuk mengatasi tantangan-tantangan ini, penting bagi pemilik bisnis kosmetik untuk memiliki sistem pembukuan yang baik, memantau keuangan secara teratur, dan mungkin mendapatkan bantuan dari seorang akuntan atau profesional keuangan yang berpengalaman dalam industri kosmetik.

Baca juga : 5 Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Untuk Bisnis yang Lebih Baik

Accurate Online membuat Pembukuan Bisnis Kosmetik lebih Baik

Dengan besarnya kebutuhan untuk menerapkan pembukuan yang baik pada bisnis kosmetik, tentunya merupakan solusi yang tepat untuk menggunakan Accurate Online. Accurate Online sendiri adalah software akuntansi buatan Indonesia yang memiliki fitur yang cocok untuk semua jenis bisnis di Indonesia, termasuk untuk bisnis kosmetik Anda.

Berikut adalah fitur-fitur yang dapat membantu pembukuan pada bisnis kosmetik Anda menjadi lebih mudah dan lebih baik.

Menjual produk ke berbagai marketplace? Gunakan fitur Smartlink Ecommerce pada Accurate Online

Mungkin Anda menjual produk kosmetik Anda ke shopee, bukalapak, tokopedia, atau marketplace lain dan Anda membutukan laporan transaksi yang menggabungkan itu semua secara instan? Dengan Accurate Online bisa!

pembukuan bisnis kosmetik

Accurate Online mempunyai fitur smartlink ecommerce yang bisa mengimport transaksi penjualan dari apikasi secara semi otomatis dari shopee, tokopedia, bukalapak, lazada, elevania, blibli, dan jd.id. 

Ftur ini juga sangat berguna bagi Anda pelaku bisnis kosmetik yang menjual produk Anda pada toko omline untuk meminimalisir penolakan pesanan pada akun toko online Anda akibat laporan stok yang tidak up to date, sekaligus dengan mudah mendapatkan laporan keuangan secara keseluruhan secara mudah.

Ingin bisnis berkembang secara berkesinambungan? gunakan target penjualan

Pada Accurate Online terdapat fitur target penjualan yang bisa menentukan target penjualan dari produk yang dijual. Target penjualanpun bisa dibuat berdasarkan kuantitas, kategori barang, penjual (salesman) atau periode. Nantinya, analisa dari hasil target penjualan dengan riil penjualan akan disajikan dalam laporan penjualan.

pembukuan bisnis kosmetik

Fitur ini akan membantu Anda memaksimalkan penjualan dengan data nyata yang terjadi setiap bulannya. Jika target tidak tercapai, berarti ada yang salah dengan cara Anda membaca data pada laporan keuangan.

Fitur multi mata uang bagi Anda Importir produk kosmetik

Fitur multi mata uang di Accurate Online sangat berguna bagi Anda pelaku importir kosmetik. Dengan fitur ini Anda bisa menghasilkan laporan keuangan tanpa harus terlebih dahulu menghitung kurs terkini.

pembukuan bisnis kosmetik

Nantinya, beberapa tipe akun yang bisa ditentukan mata uangnya adalah Kas Bank, Piutang Usaha, Aset Lancar Lainnya, Aset Lainnya, Hutang Usaha, Kewajiban Jangka Pendek, dan Kewajiban Jangka Panjang. Untuk menggunakan fitur ini, Anda dapat melihatnya melalui artikel ini.

Hitung komisi reseller dengan fitur komisi penjual

Seperti yang telah kami bahas diatas, mungkin sebagian dari Anda adalah produsen atau distributor produk kosmetik yang memiliki banyak reseller atau salesman, dan mengahruskan Anda menghitung komisi yang mereka dapatkan setiap bulan dan mencatatnya pada laporan keuangan.

pembukuan bisnis kosmetik

Dengan fitur komisi penjual pada Accurate Online, Anda bisa dengan mudah menghitung besaran komisi atas penjualan barang-barang tersebut, karena hal tersebut sudah terhitung secara otomatis melalui fitur komisi penjual pada sistem Accurate Online.

Fitur komisi penjual pada Accurate Online sendiri terdiri dari 2 macam yaitu membuat komisi penjualan berdasarkan kuantitas dan komisi penjualan bertingkat. Untuk mengetahui lebih jauh fitur ini, Anda bisa membacanya secara lengkap melalui link ini.

Baca juga: Siklus Akuntansi : Pengertian dan Penjelasan yang Lengkap

Kesimpulan

Seiring dengan peluang, tantangan pada bisnis kosmetik juga makin besar, termasuk pada pembukuan. Dengan menggunakan Accurate Online, pembukuan pada bisnis kosmetik Anda akan menjadi lebih mudah dan minim kesalahan. Pengembangan bisnis Anda akan lebih terencana dengan baik dengan laporan keuangan yang terperinci.

Accurate Online sendiri adalah software akuntasi berbasis cloud buatan indonesia yang sudah dikembangkan sejak 20 tahun lalu. Memiliki fitur terbaik dan dengan harga yang paling terjangkau menjadikan Accurate Online sebagai software akuntansi terbaik di Top Brand Award sejak tahun 2016 sampai sekarang.

Anda juga bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan gambar di bawah ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

187 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Khaula Senastri

Artikel Terkait