Memahami Laporan Keuangan Konsolidasi Beserta Contohnya

oleh | Okt 17, 2023

source envato.

Memahami Laporan Keuangan Konsolidasi Beserta Contohnya

Laporan Keuangan Konsolidasi adalah salah satu alat penting yang digunakan oleh perusahaan yang memiliki anak perusahaan atau investasi saham dalam entitas lain.

Laporan ini memberikan gambaran komprehensif tentang performa keuangan perusahaan dan semua anak perusahaan atau investasi yang dimilikinya.

Laporan Keuangan Konsolidasi sering kali menghadirkan tantangan tersendiri karena melibatkan berbagai elemen dari entitas yang berbeda.

Bagi investor, pemilik perusahaan, atau pemangku kepentingan lainnya, pemahaman yang kuat tentang laporan ini adalah kunci untuk membuat keputusan bisnis yang cerdas.

Mari kita mulai artikel ini dengan menjelaskan dasar-dasar Laporan Keuangan Konsolidasi dan mengapa mereka diperlukan dalam dunia bisnis.

Pengertian Laporan Keuangan Konsolidasi

Pengertian Laporan Keuangan Konsolidasi

ilustrasi Laporan Keuangan Konsolidasi. source envato

Perusahaan yang memiliki satu atau lebih anak perusahaan biasanya akan menyajikan laporan keuangan dalam bentuk laporan keuangan konsolidasi.

Dilansir dari Kemenkeu Learning Center, laporan keuangan konsolidasi adalah penyajian laporan keuangan yang isinya gabungan dari laporan milik perusahaan induk dan entitas anak perusahaan dalam satu laporan sehingga seolah-olah mereka adalah satu entitas.

Tujuan dari penyusunan adalah untuk memberikan gambaran objektif secara keseluruhan mengenai posisi keuangan dan aktivitas dari suatu kelompok perusahaan (induk dan anaknya) sehingga bisa dipahami oleh pihak-pihak yang berkepentingan (investor, auditor, dsb).

Bentuk laporan tersebut dibutuhkan jika perusahaan induk memiliki kendali atas perusahaan lain (anak perusahaan). Syarat dari perusahaan yang membutuhkan laporan keuangan konsolidasi adalah sebagai berikut:

  • Mempunyai satu atau lebih anak perusahaan yang dibuktikan dengan kepemilikan saham
  • Kepemilikan saham induk perusahaan terhadap anak perusahaan lebih dari 50%
  • Kepemilikan saham induk perusahaan terhadap anak perusahaan kurang dari 50% namun perusahaan induk memiliki kendali penuh

Jika syarat di atas tidak terpenuhi, perusahaan cukup membuat laporan keuangan masing-masing secara mandiri.

Baca juga : Mengenal Lebih Jauh Pajak Progresif dan Cara Perhitungannya

Manfaat Laporan Keuangan Konsolidasi

Manfaat Laporan Keuangan Konsolidasi

ilustrasi Laporan Keuangan Konsolidasi. source envato

Jika digunakan sesuai dengan ketentuan, laporan keuangan konsolidasi memiliki beberapa manfaat diantaranya:

  • Mengetahui efek entitas anak perusahaan terhadap induk perusahaan dalam jangka panjang
  • Memberikan informasi paling mutakhir kepada tim manajemen perusahaan induk mengenai kinerja anak perusahaan yang diimiliki
  • Memberikan informasi kepada pihak luar yang membutuhkan

Baca juga: Akuntansi Perusahaan Adalah: Ini Penjelasannya

Prinsip Kerja dan Cara Pembuatan Laporan Keuangan Konsolidasi

Prinsip Kerja dan Cara Pembuatan Laporan Keuangan Konsolidasi

ilustrasi Laporan Keuangan Konsolidasi. source envato

Secara umum, bagian-bagian yang harus dibuat sama dengan laporan keuangan biasa yaitu adanya laporan neraca (balance sheets), laporan laba rugi (income statements), laporan perubahan modal (statement of change equity), serta laporan arus kas (cashflow statements).

Di Indonesia, standar pembuatan laporan keuangan mengikuti PSAK (Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan).

Cara menyusun laporan keuangan konsolidasi adalah dengan meletakkan laporan-laporan keuangan entitas induk dan entitas anak secara bersisian dalam sebuah kertas kerja konsolidasi.

Anda bisa menggunakan aplikasi Microsoft Excel atau aplikasi akuntansi khusus lainnya yang memiliki fasilitas tersebut.

Hal yang perlu diperhatikan adalah penyesuaian dan eliminasi dari saldo akun tertentu yang memang perlu disesuaikan.

Pahami sifat transaksi yang diringkas dari tiap akun dan coba untuk menganalisis bentuk penggabungan usaha yang terkonsolidasi.

Penyesuaian dan eliminasi ini sebaiknya dilakukan dengan sangat teliti supaya saldo akhir yang dihasilkan dapat dibaca secara bermakna.

Berikut langkah-langkah terstruktur yang bisa Anda ikuti untuk membuat laporan keuangan konsolidasi:

  • Periksa laporan keuangan entitas induk dan entitas anak secara keseluruhan. Identifikasi jika ada kesalahan atau kelalaian dalam pencatatan lalu lakukan koreksi dan penyesuaian.
  • Sesuaikan laporan untuk melakukan eliminasi terhadap laba-rugi antar masing-masing perusahaan.
  • Eliminasi penghasilan dan dividen dari anak perusahaan serta kembalikan saldo akun investasi di anak perusahaan ke saldo ketika awal periode.
  • Lakukan penyesuaian untuk membuat catatan dari bagian kepentingan non pengendali atas laba dan dividen anak perusahaan.
  • Pada laporan entitas anak, eliminasi saldo resiprokal investment yang tadinya dilaporkan dalam laporan keuangan entitas induk. Sebaliknya, eliminasi ekuitas yang tadinya dilaporkan pada keuangan entitas anak.
  • Jika ada selisih-selisih nilai wajar, lakukan alokasi dan amortisasi.
  • Lakukan eliminasi pada saldo-saldo resiprokal lainnya (utang piutang, pendapatan dan beban, dll).

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui tentang pembuatan laporan keuangan konsolidasi.

Hal-hal di atas dapat berguna bagi Anda yang membutuhkan cara untuk membuat laporan keuangan dari kelompok perusahaan (induk perusahaan dan anaknya) ataupun yang ingin berinvestasi dan memahami laporan keuangan perusahaan tersebut.

Baca juga : Laporan Keuangan: Pengertian, Contoh, dan Fungsinya Untuk Bisnis Anda

Kesimpulan

Pembuatan laporan keuangan pada suatu bisnis adalah suatu keharusan.

Dengan laporan keuangan yang terperinci, pemilik bisnis bisa dengan mudah melakukan improvisasi atau perencanaan pengembangan bisnis secara berkesinambungan berdasarkan data keuangan yang faktual.

Untuk bisnis kecil dan UKM mungkin akan mudah untuk membuat laporan keuangan dengan pembukuan manual, namun saat terdapat banyak transaksi dan pengelolaan data keuangan yang semakin kompleks.

Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang mudah digunakan dan memiliki fitur yang lengkap seperti Software Akuntansi dan Bisnis Accurate Online.

Mari bergabung bersama ratusan ribu pengguna lainnya dalam kemudahan bisnis dengan pembukuan yang lebih baik.

Coba Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik gambar di bawah!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

192 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Khaula Senastri

Artikel Terkait