Akuntansi Perusahaan Adalah: Ini Penjelasannya

Dalam mengoperasikan suatu perusahaan atau bisnis, tentu setiap pebisnis ingin memastikan perusahaan atau bisnisnya tersebut sudah berjalan dengan baik. Membuat akuntansi perusahaan adalah salah satu cara untuk memastikannya.

Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan proses akuntansi perusahaan yang nantinya akan membantu Anda dalam mencatat keuangan bisnis.

Pengertian Akuntansi Perusahaan

Pada dasarnya, akuntansi perusahaan adalah suatu proses pencatatan ataupun prosedur akuntansi perusahaan, seperti dengan mengetahui siklus akuntansi, akun bisnis yang digunakan, dan juga mengetahui laporan keuangan, seperti laporan arus kas, laporan laba rugi, atau laporan lainnya dalam suatu perusahaan dalam kurun waktu periode yang telah ditetapkan.

Nah, beberapa laporan yang diperlukan dalam akuntansi perusahaan adalah laporan neraca, laporan laba rugi, laporan persediaan barang, laporan arus kas, laporan piutang dan laporan utang.

Untuk itu, sangat penting sekali bagi Anda untuk memahami detail dan laporan keuangan perusahaan serta beberapa akun bisnis ataupun alokasi keuangan di dalam bisnis yang sedang Anda jalankan.

Baca juga: Unqualified Opinion Adalah: Pengertian dan Contohnya

Jenis Akuntansi Perusahaan

 1. Akun Pembelian

Jenis pertama dari akuntansi perusahaan adalah akun pembelian. Akun ini digunakan untuk mencatat pembelian barang atau jasa yang masuk ke dalam bisnis Anda atau perusahaan Anda sebelum dijual ke pelanggan. Transaksi lain selain pembelian barang atau jasa tidak boleh dimasukkan ke dalam akun ini.

2. Akun Penjualan

Jenis akun selanjutnya di dalam akuntansi perusahaan adalah akun penjualan. Akun ini berguna untuk menyimpan berbagai kegiatan ataupun transaksi penjualan barang dagang perusahaan pada konsumen atau perantara. Transaksi selain penjualan barang sangat dilarang untuk dimasukkan ke dalam akun ini.

3. Akun Persediaan

Akun yang ketiga dan harus Anda ketahui dalam akuntansi perusahaan adalah akun persediaan. Jenis akun ini sangat penting sekali untuk mengetahui persediaan barang yang masih ada di gudang. Selain itu, akun ini juga nantinya akan menyimpan data terkait persediaan barang di gudang dalam periode waktu tertentu.

4. Harga Pokok Penjualan atau HPP

Harga pokok penjualan atau yang sering disingkat dengan HPP adalah suatu akun yang digunakan untuk menentukan harga beli barang yang selanjutnya barang tersebut akan dijual dalam suatu periode waktu tertentu.

Harga pokok penjualan ini akan sangat dipengaruhi oleh harga pasar. Untuk itu, mencatat harga pokok penjualan sangat penting bagi bisnis apapun.

5. Akun Potongan Tunai

Akun potongan tunai adalah suatu akun yang dibuat sebagai penggunaan pemberian diskon ataupun potongan harga yang diberikan oleh pihak penjual kepada pihak pelanggan karena sudah membayar barang secara tunai saat terjadinya suatu transaksi.

6. Akun Potongan Pembelian dan Penjualan

Akun selanjutnya yang harus Anda ketahui dalam akuntansi perusahaan adalah akun potongan pembelian dan juga penjualan. Akun pembelian harus dicatat saat potongan harga diberikan oleh pihak penjual barang atau pemasok. Sedangkan akun penjualan adalah pencatatan potongan yang harus diberikan pada pihak pembeli.

7. Akun Retur Penjualan

Akun ini digunakan untuk menganalisis dan menyimpan data terkait barang yang telah terjual ke pihak pelanggan namun dikembalikan lagi ke pihak perusahaan karena kondisinya cacat, tidak baik, atau tidak sesuai dengan apa yang telah dipesan oleh pelanggan.

8. Beban Pemasaran

Akun terakhir yang terdapat di dalam akuntansi perusahaan adalah akun beban pemasaran. Akun ini digunakan untuk mencatat seluruh biaya yang ditanggung oleh pihak perusahaan untuk menjual berbagai barang persediaannya sampai tiba ke tangan para pelanggan atau konsumen.

Baca juga: Akun Riil dan Berbagai Jenisnya Di Dalam Akuntansi

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang akuntansi perusahaan. Jadi, akuntansi perusahaan adalah suatu proses pencatatan ataupun prosedur akuntansi perusahaan, seperti dengan mengetahui siklus akuntansi, akun bisnis yang digunakan, dan juga mengetahui laporan keuangan, seperti laporan arus kas, laporan laba rugi, atau laporan lainnya dalam suatu perusahaan dalam kurun waktu periode yang telah ditetapkan.

Di dalam akuntansi perusahaan terdapat delapan akun utama, yaitu akun pembelian, penjualan, persediaan, harga pokok penjualan, potongan tunai, potongan pembelian dan penjualan, retur penjualan dan akun beban pemasaran.

Namun dengan terus berkembangnya kemajuan zaman, teknologi pun sudah memudahkan Anda dalam melakukan kegiatan akuntansi. Bila sebelumnya kegiatan akuntansi dilakukan di buku catatan kertas yang besar dan tebal, atau menggunakan aplikasi Microsoft Excel, sekarang kegiatan akuntansi sudah bisa dilakukan secara mudah dengan menggunakan aplikasi berbasis website.

Aplikasi jenis ini tidak perlu lagi melakukan proses penginstalan ataupun pembaruan yang memakan banyak waktu. Selain itu, jenis aplikasi ini tidak akan memakan banyak ruang penyimpanan Anda, karena seluruh data Anda akan tersimpan secara aman di sistem yang disebut dengan Cloud Computing. Nah, aplikasi yang dimaksud tersebut adalah aplikasi bisnis dari Accurate Online.

Accurate Online adalah aplikasi yang sudah dipercaya oleh ratusan ribu pebisnis di Indonesia, mulai dari pebisnis UMKM hingga pebisnis besar. Bahkan, aplikasi ini telah berhasil meraih penghargaan TOP Brand Award dari tahun 2016 dalam kategori software akuntansi. Sehingga, Anda sudah tidak perlu ragu lagi akan keandalan dari aplikasi ini.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda akan mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang bisa Anda akses di mana saja dan kapan saja Anda perlukan. Seluruh kegiatan akuntansi pun bisa diselesaikan secara otomatis, cepat dan akurat.

Selain itu, Accurate Online juga akan membantu Anda dalam menyelesaikan administrasi pajak secara cepat, melakukan penjualan dan pembelian secara mudah, mengelola persediaan barang di gudang, dan masih banyak lagi.

Bagaimana, tertarik untuk menggunakan Accurate Online? Anda bisa mencobanya selama 30 hari gratis dengan klik banner di bawah ini.