Bagaimana Cara Mencari Laba Bersih di Laporan Keuangan? Ini Caranya!

oleh | Jan 24, 2024

source envato.

Bagaimana Cara Mencari Laba Bersih di Laporan Keuangan? Ini Caranya!

Dalam dunia bisnis yang penuh dengan kompleksitas dan dinamika, pemahaman terhadap laporan keuangan merupakan kunci utama bagi para pemilik usaha dan investor. Salah satu elemen yang paling mencolok dalam laporan keuangan adalah laba bersih, yang menjadi tolok ukur keberhasilan suatu perusahaan.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi metode dan strategi yang efektif untuk mencari laba bersih dalam laporan keuangan. Pemahaman mendalam terhadap angka-angka ini tidak hanya memberikan gambaran yang akurat tentang performa finansial suatu perusahaan, tetapi juga memberikan wawasan yang berharga untuk pengambilan keputusan bisnis yang lebih cerdas.

Mari kita selami bersama-sama langkah-langkah yang perlu diambil untuk menggali potensi laba bersih dalam laporan keuangan perusahaan dengan bahasa semi-formal yang bersahaja namun informatif.

Apa itu Laba Bersih?

Apa itu Laba Bersih?

ilustrasi mencari laba bersih di laporan keuangan. source envato

Berdasarkan laman Investopedia, laba bersih, yang juga dikenal sebagai keuntungan bersih atau net profit, adalah sisa pendapatan perusahaan setelah dikurangkan dengan semua biaya, beban, dan pajak yang dikeluarkan.

Ini merupakan ukuran dari seberapa efisien perusahaan dalam mengelola operasinya dan mencapai keuntungan setelah mempertimbangkan semua faktor biaya dan pengeluaran.

Dalam laporan keuangan, laba bersih seringkali dinyatakan setelah pengurangan biaya operasional, biaya bunga, dan pajak. Laba bersih memberikan gambaran yang lebih holistik tentang kesehatan finansial perusahaan karena mencerminkan keuntungan aktual yang dapat digunakan untuk pembayaran dividen, pengembangan bisnis, atau cadangan keuangan.

Secara matematis, laba bersih dihitung dengan mengurangkan total pengeluaran (biaya operasional, biaya bunga, dan pajak) dari total pendapatan.

Laba bersih memberikan pemahaman yang mendalam tentang hasil keuangan suatu perusahaan dalam suatu periode waktu tertentu, dan menjadi parameter utama bagi para investor, pemilik bisnis, dan analis keuangan untuk mengevaluasi kinerja finansial suatu perusahaan.

Baca juga: Bagaimana Cara Mencari Modal Sendiri dalam Laporan Keuangan?

Lantas, Bagaimana Cara Mencari Laba Bersih di Laporan Keuangan?

Lantas, Bagaimana Cara Mencari Laba Bersih di Laporan Keuangan?

ilustrasi mencari laba bersih di laporan keuangan. source envato

Mencari laba bersih di laporan keuangan melibatkan pemahaman terhadap struktur laporan keuangan dan melakukan kalkulasi yang sesuai. Berikut adalah langkah-langkah umum yang dapat membantu Anda mencari laba bersih

1. Dapatkan Laporan Keuangan

Peroleh laporan keuangan perusahaan yang ingin Anda analisis. Laporan keuangan biasanya terdiri dari tiga bagian utama: laporan laba rugi (income statement), neraca (balance sheet), dan laporan arus kas (cash flow statement).

2. Buka Laporan Laba Rugi

Fokus pada bagian laporan laba rugi, di mana laba bersih umumnya diumumkan.

3. Identifikasi Pendapatan

Temukan total pendapatan perusahaan dari operasional bisnisnya, termasuk penjualan produk atau jasa.

4. Kurangi Biaya Operasional

Kurangkan semua biaya operasional, termasuk biaya produksi, biaya penjualan, biaya administrasi, dan biaya lain yang terkait dengan kegiatan operasional.

5. Kurangi Biaya Bunga

Jika ada, kurangkan biaya bunga yang dikeluarkan perusahaan. Ini mencerminkan beban finansial yang harus ditanggung perusahaan.

6. Kurangi Pajak

Kurangkan pajak yang harus dibayarkan oleh perusahaan.

7. Hitung Laba Bersih

Dengan mengurangkan semua biaya (operasional, bunga, dan pajak) dari pendapatan total, Anda akan mendapatkan laba bersih. Rumus umum untuk laba bersih adalah sebagai berikut:

Laba Bersih = Pendapatan Total − (Biaya Operasional+Biaya Bunga+Pajak)

8. Perhatikan Tren dan Analisis Tambahan

Perhatikan tren laba bersih dari waktu ke waktu untuk menilai kinerja jangka panjang perusahaan. Bandingkan dengan angka tahun-tahun sebelumnya untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang perkembangan keuangan.

9. Bandingkan dengan Indikator Lain

Perbandingkan laba bersih dengan indikator keuangan lainnya, seperti margin laba kotor, margin laba operasional, dan rasio keuangan lainnya untuk mendapatkan gambaran yang lebih komprehensif tentang kesehatan finansial perusahaan.

Dengan langkah-langkah ini, Anda dapat melakukan analisis yang lebih mendalam terhadap laporan keuangan dan memahami faktor apa yang berkontribusi terhadap laba bersih suatu perusahaan.

Baca juga: Siklus Akuntansi : Pengertian dan Penjelasan yang Lengkap

Penutup

Dalam mencari laba bersih di laporan keuangan, langkah-langkah yang terstruktur dan pemahaman mendalam terhadap unsur-unsur laporan keuangan sangatlah penting.

Proses ini memungkinkan para pemangku kepentingan, termasuk pemilik usaha dan investor, untuk menilai kinerja finansial perusahaan secara komprehensif.

Dengan memperhatikan pendapatan, biaya operasional, biaya bunga, dan pajak, kita dapat menghitung laba bersih sebagai indikator utama keuntungan yang diperoleh perusahaan setelah mempertimbangkan semua faktor pengeluaran.

Analisis laba bersih tidak hanya memberikan gambaran tentang profitabilitas suatu perusahaan, tetapi juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi tren jangka panjang dan membuat perbandingan dengan indikator keuangan lainnya.

Sebagai hasilnya, pemahaman yang mendalam terhadap laba bersih dapat menjadi landasan bagi pengambilan keputusan bisnis yang cerdas, strategis, dan berdasarkan informasi yang akurat.

Dengan cara ini, para pemangku kepentingan dapat mengoptimalkan pengelolaan keuangan perusahaan dan merencanakan langkah-langkah yang tepat untuk pertumbuhan dan kesinambungan bisnis.

Namun, bila Anda masih menggunakan cara yang manual dalam membuat laporan keuangan atau membuat laporan laba rugi, maka akan ada banyak sekali risiko negatifnya. Mulai dari kesalahan dalam input data, memakan banyak waktu, hingga risiko kecurangan.

Untuk menekan atau mencegah hal tersebut, Anda bisa mulai menerapkan otomasi dan digitalisasi dengan cara menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Aplikasi bisnis berbasis website ini akan membantu Anda dalam membuat lebih dari 200 jenis laporan keuangan, dari mulai laporan laba rugi, laporan arus kas, laporan perubahan modal, laporan neraca, dan masih banyak lagi. Berbagai laporan tersebut juga bisa Anda akses di mana saja dan kapan saja secara real time.

Dengan begitu, Anda bisa membuat keputusan bisnis yang lebih tepat untuk pengembangan bisnis yang lebih berkelanjutan.

Lebih dari itu, Accurate Online juga akan membantu Anda dalam mengotomasi operasional bisnis Anda karena berbagai fitur di dalamnya yang saling terintegrasi. Jadi, Anda bisa lebih mudah dalam mengelola persediaan, mengelola aset dan inventaris, membantu proses manufaktur, membuat dan melaporkan pajak usaha, dan masih banyak lagi.

Sehingga, bisnis Anda akan bergerak lebih kompetitif, efektif, dan efisien. Anda juga bisa meningkatkan keuntungan bisnis secara signifikan.

Aplikasi luar biasa ini juga bisa Anda nikmati dengan biaya investasi yang sangat terjangkau, yaitu sekitar 200 ribuan saja per bulannya.

Jadi tunggu apa lagi? Coba dan gunakan sekarang juga selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

14 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Khaula Senastri

Artikel Terkait