Pengertian Akuntansi Bisnis dan 7 Ruang Lingkupnya

oleh | Nov 27, 2023

source envato.

Pengertian Akuntansi Bisnis dan 7 Ruang Lingkupnya

Dalam era globalisasi yang begitu dinamis, peran akuntansi bisnis menjadi semakin penting dalam menjaga keseimbangan dan keberlanjutan perusahaan. Akuntansi bisnis bukan sekadar catatan transaksi keuangan, melainkan sebuah instrumen strategis yang dapat membantu perusahaan dalam mengambil keputusan yang tepat dan berkelanjutan.

Dengan berkembangnya teknologi dan perubahan regulasi, praktik akuntansi bisnis pun terus bertransformasi untuk menjawab tantangan zaman. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai aspek penting tentang akuntansi bisnis yang dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap kinerja perusahaan.

Dari pengelolaan laporan keuangan hingga penerapan standar internasional, pembahasan akan difokuskan pada bagaimana akuntansi bisnis tidak hanya menjadi alat pencatatan, tetapi juga instrumen analisis yang dapat membimbing perusahaan dalam menghadapi perubahan dan memaksimalkan potensi pertumbuhan.

Mari kita telaah lebih dalam peran krusial akuntansi bisnis dalam menghadapi dinamika bisnis kontemporer.

Pengertian Akuntansi Bisnis

Pengertian Akuntansi Bisnis

ilustrasi business accounting. source envato

Business accountinbusiness accountin atau Akuntansi bisnis adalah cabang dari akuntansi yang fokus pada pengelolaan dan pemahaman informasi keuangan sebuah entitas bisnis, seperti yang dijelaskan dalam laman Xero.

Tujuan utama dari dilakukannya business accounting adalah dengan menyediakan catatan yang akurat dan relevan tentang transaksi keuangan perusahaan, sehingga manajemen dapat membuat keputusan yang informasional dan strategis.

Dalam praktiknya, akuntansi jenis ini mencakup berbagai aspek, termasuk pengelolaan laporan keuangan, perencanaan anggaran, perpajakan, dan pemantauan performa keuangan perusahaan.

Dengan menggunakan prinsip-prinsip akuntansi, seperti prinsip matching dan prinsip konservatif, akuntansi bisnis membantu menciptakan gambaran yang jelas dan obyektif tentang kesehatan keuangan perusahaan.

Selain itu, business accounting juga terkait erat dengan penerapan standar akuntansi internasional, yang memungkinkan perbandingan yang konsisten antara perusahaan-perusahaan di berbagai negara.

Dengan demikian, business accounting hanya sekadar alat administratif, tetapi juga instrumen yang mendukung proses pengambilan keputusan yang cerdas dan berorientasi pada pertumbuhan jangka panjang.

Baca juga: Mengenal Akuntansi Rumah Sakit dan Manfaatnya

Ruang Lingkup Akuntansi Bisnis

Ruang Lingkup Akuntansi Bisnis

ilustrasi business accounting. source envato

Ruang lingkup akuntansi bisnis mencakup berbagai aspek yang luas dan penting untuk keberlanjutan dan pertumbuhan sebuah entitas bisnis. Beberapa elemen penting dalam ruang lingkup ini adalah sebagai berikut:

1. Mencatat Transaksi Keuangan

Akuntansi bisnis mencakup pencatatan setiap transaksi keuangan yang dilakukan oleh perusahaan, termasuk pembelian, penjualan, pengeluaran, dan penerimaan. Ini melibatkan penggunaan berbagai jurnal dan buku besar untuk mencatat setiap kegiatan keuangan.

2. Membuat Laporan Keuangan

Ruang lingkup ini melibatkan penyusunan laporan keuangan, seperti neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas. Laporan ini memberikan gambaran yang jelas tentang posisi keuangan perusahaan pada suatu periode waktu tertentu.

3. Membuat Perencanaan Anggaran

Akuntansi bisnis membantu dalam perencanaan anggaran perusahaan. Di dalamnya mencakup penentuan target keuangan, alokasi sumber daya, dan pengawasan terhadap kinerja aktual dibandingkan dengan anggaran yang telah ditetapkan.

4. Perpajakan

Pengelolaan aspek perpajakan, termasuk perhitungan dan pembayaran pajak yang sesuai dengan regulasi perpajakan yang berlaku. Akuntan bisnis memastikan perusahaan mematuhi kewajiban pajaknya.

5. Audit

Sebagai bagian dari pengendalian internal, business accounting mencakup proses audit internal dan eksternal untuk memastikan keakuratan dan keandalan informasi keuangan perusahaan.

6. Manajemen Risiko Keuangan

Akuntansi bisnis juga terlibat dalam manajemen risiko keuangan, seperti identifikasi risiko keuangan, pengukuran, dan pengelolaannya untuk mengurangi dampak negatifnya terhadap kesehatan keuangan perusahaan.

7. Penerapan Standar Akuntansi

Memastikan penerapan standar akuntansi yang relevan, baik standar nasional maupun internasional, untuk memberikan konsistensi dan transparansi dalam pelaporan keuangan.

Melalui ruang lingkup yang komprehensif ini, business accountingidak hanya membantu perusahaan mematuhi regulasi keuangan, tetapi juga menjadi alat yang sangat penting dalam pengambilan keputusan strategis untuk mencapai tujuan bisnis jangka panjang.

Baca juga: Siklus Akuntansi : Pengertian dan Penjelasan yang Lengkap

Penutup

Dengan ruang lingkup yang luas dan peran yang krusial, akuntansi bisnis membuktikan dirinya sebagai fondasi yang kokoh dalam mengelola keuangan dan informasi bisnis. Dalam era dinamis ini, kemampuan business accounting untuk tidak hanya mencatat transaksi keuangan tetapi juga menerjemahkan data tersebut menjadi wawasan strategis menjadi kunci keberhasilan perusahaan.

Dengan disiplin dan ketelitian, akuntansi bisnis menghadirkan gambaran yang jelas tentang kesehatan finansial perusahaan. Dari perencanaan anggaran hingga pelaporan keuangan, setiap langkah dalam proses akuntansi memiliki dampak langsung terhadap kemampuan perusahaan untuk bertahan dan berkembang.

Namun, untuk lebih mudah lagi dalam menyelesaikan akuntansi bisnis, Anda bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Aplikasi yang sudah dipercaya oleh ratusan ribu pengguna ini akan mencatat seluruh kegiatan transaksi bisnis, melakukan rekonsiliasi bank, mengelola arus kas, sampai membuat laporan keuangan.

Dengan begitu, Anda bisa mengelola bisnis secara lebih efektif dan lebih fokus dalam mengembangkan bisnis.

Klik tautan gambar di bawah ini untuk langsung mencoba Accurate Online selama 30 hari, Gratis!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

15 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Khaula Senastri

Artikel Terkait