Tips untuk Melakukan Proses Akuntansi Untuk Bisnis Kecil Anda

Ada proses akuntansi yang baik untuk usaha kecil dan ada yang buruk. Ketika sampai pada situasi pengelolaan pembukuan bisnis kecil Anda, jangan abaikan tanda peringatan untuk jalur menuju arus kas negatif. Manfaatkan proses akuntansi terbaik ini untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan akuntansi Anda, dan untuk menjaga pembukuan Anda di jalur yang benar untuk jangka panjang dan membuat pengembangan usaha yang lebih baik.

1. Tetapkan metode akuntansi Anda dan gunakan itu

Ada dua metode akuntansi, masing-masing dapat menguntungkan tergantung pada sifat bisnis Anda. Tidak hanya penting untuk mengetahui apa dua metode ini, tetapi lebih penting lagi untuk tetap menggunakannya.

Metode Akrual: metode ini terdiri dari pencatatan transaksi di buku segera setelah transaksi dilakukan. Demikian juga, biaya diakui dan dicatat ketika dikonsumsi atau ketika faktur diterima. Saat menggunakan metode ini, pendapatan dan faktur tidak harus dibayar sebelum mencatatnya di buku Anda.

Metode Kas: di sisi lain, metode kas adalah bentuk akuntansi paling sederhana. Dalam hal ini, Anda mencatat pendapatan saat uang tunai diterima. Demikian juga, Anda mencatat pengeluaran saat tagihan dibayarkan.

Jika Anda menggunakan software akuntansi kebanyakan menggunakan metode akrual, contohnya adalah Accurate Online. Accurate Online dijalankan dengan akuntansi berbasis akrual karena bermanfaat untuk analisis arus kas, pencatatan kredit, dan bahkan pengurangan biaya. Jika saat ini Anda menggunakan metode dan proses akuntansi berbasis kas saat ini  mempertimbangkan untuk beralih ke metode akrual.

Baca juga : Pengertian Lengkap Tentang Buku Besar Dan Cara Membuatnya

2. Buat informasi finansial transparan

Tidak masalah jika Anda memiliki akuntan yang mengelola akuntansi internal, atau Anda melakukannya sendiri. Salah satu proses terbaik akuntansi utama adalah untuk mengetahui cara membaca laporan keuangan. Mempelajari cara membaca dan memahami laporan keuangan dapat memberikan wawasan yang lebih dalam tentang posisi keuangan bisnis Anda pada waktu tertentu. Pada gilirannya, akan membantu Anda membuat keputusan bisnis yang lebih baik. Beberapa laporan keuangan yang perlu Anda ketahui adalah:

  • Laporan Arus Kas: merangkum arus kas Anda (baik ke dalam maupun ke luar) sebagai hasil dari kegiatan operasi, investasi, dan pendanaan perusahaan Anda.
  • Neraca: dokumen ini menyoroti total aset, kewajiban, dan modal perusahaan Anda, pada periode tertentu. Biasanya dibuat setiap triwulan dan tahunan.
  • Laba & Rugi atau Laporan Penghasilan: dokumen ini menunjukkan pendapatan yang dihasilkan dan biaya yang dikeluarkan selama periode tertentu.

3. Lacak SEMUANYA

Awalnya, pelacakan di awal bisnis Anda tampak seperti tugas yang mudah. Tetapi seiring pertumbuhan bisnis Anda, Anda akan membutuhkan lebih dari sekadar spreadsheet sederhana. Nomor yang kompleks, sulit, dan tidak pernah berakhir akan mengisi spreadsheet ini.

Cepat atau lambat, Anda akan menyadari bahwa software akuntansi yang jauh lebih akurat dan otomatis diperlukan untuk menjaga semua pendapatan dan pengeluaran terorganisir. Accurate Online memungkinkan Anda untuk menjadi ahli dalam proses akuntansi terbaik untuk bisnis kecil, seperti pelacakan, memahami metode akrual, dan membaca laporan, dalam waktu singkat.

Bagian terbaik tentang Accurate Online adalah tidak diperlukan entri manual. Cukup dengan menggunakan Accurate Online, Anda akan menarik semua transaksi Anda dan memproses semua proses akuntansi secara otomatis. Dari sana tinjau saja bahwa informasi di bawah ini benar, kategorikan jika perlu, dan kirimkan ke buku besar Anda!

  • Nama pemasok / penagih
  • Jenis Biaya atau Penghasilan
  • Faktur tanggal diterima
  • Rekonsiliasi bank
  • Pajak
  • Penggajian
  • Laporan percabang

Baca juga : Pengertian, Komponen, dan Contoh Laporan Perubahan Modal

4. Pertahankan akurasi catatan Anda

Mempertahankan catatan yang akurat dan terkini adalah proses terbaik akuntansi yang penting — terutama untuk pengembalian pajak dan pengambilan keputusan Anda untuk pemberi pinjaman atau investor untuk memutuskan apakah mereka harus berinvestasi dalam bisnis Anda.

IAI merekomendasikan agar Anda menyimpan catatan pajak dan semua dokumen tambahan selama minimal enam tahun.

Sistem seperti Accurate Online akan membuat seluruh proses akuntansi lebih mudah untuk menjaga catatan dan laporan keuangan Anda akurat. Accurate Online akan membuat laporan dari entri dan membuat seperangkat Bagan Akun yang tepat untuk Anda berdasarkan pada industri Anda.

Hal ini  juga akan membuat Anda mengambil keputusan lebih baik dan membuat pengembangan bisnis Anda menjadi lebih mudah.

5. Batasi piutang dagang sebagai bagian dari proses terbaik akuntansi untuk usaha kecil

Tidak ada perasaan yang lebih baik daripada menutup kesepakatan atau menandatangani klien baru. Tapi jangan terjebak dalam kemewahan. Penjualan tidak benar-benar berhasil sampai uang Anda dapatkan. Sebagian besar perusahaan memiliki kebijakan yang tepat. Namun, tidak semua bisnis menerapkan kebijakan tersebut secara efektif dan dalam beberapa kasus, beberapa perusahaan tidak mengadopsi proses yang benar sama sekali.

Konsekuensi risiko dari tidak memonitor piutang usaha adalah tinggi. Sebagai bagian dari praktik dan proses terbaik akuntansi, batasi piutang Anda untuk memastikan bahwa Anda tidak meminjam uang jika Anda tidak perlu (dan karena pelanggan Anda terlambat membayar). Pahami dulu kelebihan dan kekurangan sebelum Anda melakukan pengajuan hutang.

Membawa piutang yang tertagih membawa biaya besar. Menurut Deloitte, “daripada memiliki modal gratis untuk berinvestasi dalam peluang pertumbuhan, meningkatkan pembayaran pemegang saham, membeli peralatan baru atau memperkenalkan produk baru, uang Anda terikat pada neraca Anda.”

Lagipula, beberapa strategi untuk mengurangi masalah dengan piutang meliputi, menetapkan kebijakan kredit yang jelas dan konsisten, menerima pengiriman setelah pembayaran layanan Anda, dan meminta bagian pembayaran di muka.

Baca juga : Mengenal Jurnal Penyesuaian, Fungsi, dan Contohnya pada Bisnis

6. Melakukan tinjauan proses akuntansi bulanan (atau mingguan)

Meluangkan waktu untuk ulasan bulanan adalah kunci terakhir untuk menetapkan dasar yang kuat dalam akuntansi bisnis kecil Anda — dan jelas merupakan proses terbaik. Tinjauan akuntansi bulanan sudah cukup ketika menjalankan bisnis kecil Anda sendiri, tetapi semakin sering Anda meninjau tugas akuntansi bisnis kecil Anda, semakin sulit mereka dalam jangka panjang.

Dengan Accurate Online, pemilik usaha kecil menghabiskan rata-rata 15-20 menit sebulan untuk meninjau transaksi bulanan mereka. Alih-alih harus duduk dan memasukkan semua faktur dan pengeluaran Anda setiap bulan, Accurate Online secara otomatis melacak semua ini untuk Anda dengan menggunakan otomatisasi dan peringkasan data bisnis Anda. Tidak ada lagi tugas akuntansi yang berlebihan dan lebih banyak waktu untuk menjalankan bisnis Anda!

Baca juga : Langkah Awal Menggunakan Accurate Online untuk Pembukuan Bisnis

Sebagian besar pemilik usaha kecil takut gagasan mengelola pembukuan dan akuntansi mereka sendiri. Tetapi jika Anda mengikuti proses terbaik akuntansi ini, Anda dapat yakin bahwa Anda berada di jalur yang benar untuk pengorganisasian dan pengelolaan keuangan yang tepat serta mencegah kerugian pada bisnis.

Coba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link di bawah ini:

accurate berhenti membuang waktu