6 Tips Mudah Membangun Bisnis Foodcourt

Akhir-akhir ini, bisnis foodcourt adalah bisnis yang semakin diminati oleh masyarakat. Kenapa? Karena dengan bentuk pengelolaan yang baik, bisnis foodcourt bisa berkembang dengan cepat.

Walaupun sampai saat ini pandemi Covid-19 belum kunjung selesai, namun peluang untuk membuka bisnis foodcourt masih terbuka lebar.

Lalu, bagaimana cara membuka bisnis foodcourt? Pelajari caranya dengan membaca tips membangun bisnis foodcourt di bawah ini hingga selesai.

Tips Sukses Membuka Bisnis Foodcourt

1. Pilih Lokasi Yang Bagus

Apapun bisnisnya, lokasi adalah hal yang sangat penting, termasuk dalam membuka bisnis foodcourt. Bisnis foodcourt sangat kental dengan konsep dine-in nya, untuk itu usahakanlah untuk tidak membuka lokasi bisnis foodcourt di zona merah.

Namun, Anda juga harus memastikan lokasi yang sudah Anda pilih berada di lokasi yang strategis dan mudah untuk dijangkau oleh pelanggan. Faktor strategis tersebut jauh lebih penting ketimbang hanya sekedar menghindari zona merah saja.

Kenapa? karena Anda tentu ingin membangun bisnis yang bertahan lama. Sedangkan pandemi yang terjadi saat ini hanyalah sementara dan kita berharap akan segera berakhir. Untuk itu, memilih lokasi yang strategis akan membantu bisnis Anda agar bisa bertahan lebih lama.

Baca juga: Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Konsumen Untuk Berbelanja

2. Tentukan Sistem yang Tepat

Memiliki bisnis foodcourt artinya Anda harus menyewa tempat berjualan di berbagai tenant. Nah, dalam hal ini Anda harus bisa menentukan sistem penyewaan tersebut. Terdapat dua sistem yang banyak sekali diterapkan.

Pertama, terdapat sistem bagi hasil dan yang kedua ada sistem sewa biaya. Umumnya, sistem bagi hasil dilakukan dengan berdasarkan penghasilan setiap tenant melalui jumlah persentase yang telah disepakati, contohnya 10% atau 20%.

Pendapatan yang Anda dapatkan akan berbeda-beda tergantung pada penjualan tenant itu sendiri. Semakin banyak penjualan tenant, maka akan semakin tinggi juga pendapatan Anda.

Bila Anda kurang menyukai pendapatan yang tidak pasti dan sering berubah-ubah, maka Anda bisa menerapkan sistem biaya sewa. Anda bisa menetapkan harga sewa per bulan ataupun pertahun yang dapat Anda sesuaikan dengan keperluan bisnis. Sehingga, Anda akan memperoleh omset yang pasti dari tenant Anda.

Pastinya kedua sistem tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Untuk itu, terapkanlah sistem yang sudah sesuai dengan bisnis Anda.

3. Buatlah Foodcourt Senyaman Mungkin

Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membuat bisnis foodcourt senyaman mungkin, artinya tidak berantakan dan terjaga selalu kebersihannya.

Selain itu, Anda harus memastikan bahwa bisnis foodcourt Anda tidak panas, bahkan bila perlu gunakanlah air conditioner. Hindari berbagai bau yang tidak sedap juga.

Bila Anda menyediakan musik, baik itu live music ataupun lagu yang diputar lewat media player, aturlah volume suaranya agar tidak terlalu berisik yang membuat pengunjung kesulitan untuk mengobrol.

Pada intinya, buatlah para pengunjung nyaman dan dengarkan kritik serta saran yang mereka berikan.

4. Berikan Program dan Fasilitas Menarik

Salah satu cara dalam menarik para pengunjung untuk mau makan di foodcourt Anda adalah dengan memberikan fasilitas dan program yang menarik, contohnya seperti karaoke bar, live music, maupun fasilitas main untuk anak-anak.

Selain itu, dekorasi yang menarik pun akan bisa meningkatkan minat pengunjung. Bahkan, mereka nantinya bisa berswafoto dan membagikannya di media sosial. Sehingga, hal tersebut akan meningkatkan exposure bisnis Anda.

Baca juga: Cara Menghitung Modal Awal Secara Mudah Untuk Berbagai Bisnis

5 Gunakanlah Sistem Digital

Agar Anda lebih mudah dalam mengelola bisnis foodcourt, Anda bisa menggunakan sistem digital yang sudah mencakup sistem penjualan seperti Accurate POS.

Terintegrasi secara langsung dengan ekosistem Accurate Online, aplikasi kasir ini akan mempercepat proses transaksi di konter kasir, mengelola persediaan bahan baku makanan, mengelola para pelanggan dan karyawan Anda, serta mampu menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis.

Jadi tunggu apa lagi, ayo digitalisasikan bisnis Anda sekarang juga dengan Accurate POS dan coba gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

accuratepos