10 Cara Efektif Meningkatkan Keuntungan Bisnis yang Wajib Anda Ketahui

oleh | Des 8, 2023

source envato.

10 Cara Efektif Meningkatkan Keuntungan Bisnis yang Wajib Anda Ketahui

Perlu Anda ketahui bahwa keuntungan bisnis tidak hanya sebatas pada peningkatan pendapatan, melainkan juga mencakup efisiensi operasional, inovasi produk atau layanan, dan kepuasan pelanggan. Pemahaman yang mendalam terhadap faktor-faktor tersebut menjadi kunci untuk membangun fondasi bisnis yang tangguh dan berkelanjutan.

Salah satu aspek penting dalam meraih keuntungan bisnis adalah melibatkan diri dalam penelitian pasar yang cermat. Dengan memahami kebutuhan dan keinginan konsumen, sebuah perusahaan dapat mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif, yang pada gilirannya akan berdampak positif terhadap peningkatan penjualan dan profitabilitas.

Dalam artikel ini, kita akan menggali lebih dalam tentang strategi-strategi bisnis yang dapat memberikan kontribusi positif terhadap pencapaian keuntungan. Dari pengelolaan sumber daya hingga inovasi produk, setiap langkah strategis akan dianalisis secara mendalam demi membantu para pengusaha meraih keberhasilan finansial dalam lingkungan bisnis yang dinamis.

Dengan berbagai tantangan dan peluang yang ada, artikel ini bertujuan untuk memberikan wawasan yang komprehensif bagi para pembaca yang tengah menjalankan atau merencanakan bisnis mereka.

Dengan pemahaman yang baik tentang faktor-faktor yang dapat meningkatkan keuntungan bisnis, diharapkan pembaca dapat mengambil langkah-langkah strategis yang tepat untuk meraih kesuksesan dalam dunia bisnis yang terus berkembang.

Apa itu Keuntungan Bisnis?

Apa itu Keuntungan Bisnis? 

ilustrasi keuntungan bisnis. source envato

Keuntungan bisnis mengacu pada hasil finansial positif yang diperoleh oleh sebuah perusahaan atau usaha setelah memperhitungkan semua biaya produksi, operasional, dan administratif.

Dalam konteks bisnis, keuntungan menjadi ukuran utama keberhasilan karena mencerminkan kemampuan perusahaan untuk menghasilkan lebih banyak pendapatan daripada biaya yang dikeluarkan.

Keuntungan bisnis tidak hanya mencakup laba bersih yang diperoleh dari penjualan produk atau layanan, tetapi juga dapat melibatkan elemen-elemen lain seperti efisiensi operasional, pengelolaan sumber daya, dan inovasi. Ada beberapa jenis keuntungan bisnis, di antaranya:

  1. Laba Kotor (Gross Profit): Selisih antara pendapatan total dan biaya langsung produksi atau penyediaan layanan. Laba kotor memberikan gambaran awal tentang kemampuan perusahaan untuk menghasilkan keuntungan sebelum mempertimbangkan biaya-biaya lainnya.
  2. Laba Bersih (Net Profit): Setelah dikurangkan semua biaya, termasuk biaya operasional, administratif, dan pajak, kita mendapatkan laba bersih. Ini adalah jumlah yang sesungguhnya menjadi keuntungan bagi pemilik perusahaan setelah semua kewajiban dibayarkan.
  3. Keuntungan Operasional (Operating Profit): Selisih antara laba kotor dan biaya operasional. Ini mencerminkan kemampuan perusahaan untuk menghasilkan keuntungan dari operasional inti bisnisnya.
  4. Keuntungan Bersih Sebelum Pajak (Profit Before Tax): Laba bersih sebelum dikurangkan oleh kewajiban pajak. Ini memberikan gambaran tentang kesehatan keuangan perusahaan sebelum pemotongan pajak.
  5. Marjin Keuntungan (Profit Margin): Merupakan persentase laba bersih dibandingkan dengan pendapatan total. Marjin keuntungan memberikan indikasi tentang efisiensi dan profitabilitas perusahaan dalam skala persentase.

Keuntungan bisnis menjadi indikator kritis dalam menilai performa keuangan suatu entitas usaha. Pencapaian keuntungan yang stabil dan berkelanjutan menjadi tujuan utama bagi para pengusaha dan pemilik bisnis.

Baca juga: Cara Mudah Menjalankan Bisnis Beras dan Peluang Bisnis di dalamnya

Cara Meningkatkan Keuntungan Bisnis

Cara Meningkatkan Keuntungan Bisnis

ilustrasi keuntungan bisnis. source envato

Meningkatkan keuntungan bisnis merupakan tujuan utama bagi setiap perusahaan yang beroperasi dalam lingkungan bisnis yang kompetitif. Untuk mencapai tujuan ini, perlu dilakukan serangkaian strategi yang terencana dan terfokus. Diruangkum dari laman Forbes, berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat diambil untuk meningkatkan keuntungan bisnis:

1. Pemahaman Pasar

Pemahaman mendalam tentang pasar adalah kunci untuk meraih keuntungan. Lakukan riset pasar yang cermat untuk memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan. Identifikasi tren pasar dan saingan, dan gunakan informasi ini untuk mengarahkan strategi bisnis Anda.

2. Efisiensi Operasional

Evaluasi dan perbaiki proses operasional bisnis untuk meningkatkan efisiensi. Pengelolaan sumber daya yang baik, pengendalian biaya, dan peningkatan produktivitas dapat mengoptimalkan hasil operasional, yang pada gilirannya berkontribusi pada peningkatan keuntungan.

3. Diversifikasi Produk atau Layanan

Pertimbangkan untuk diversifikasi produk atau layanan agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas atau memenuhi kebutuhan pelanggan yang beragam. Ini dapat menciptakan peluang baru untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan.

4. Inovasi Produk atau Layanan

Tingkatkan daya saing bisnis dengan terus menerapkan inovasi. Riset dan pengembangan yang berkelanjutan dapat menghasilkan produk atau layanan baru yang menarik bagi pelanggan dan membedakan bisnis Anda dari pesaing.

5. Strategi Harga yang Tepat

Atur strategi harga yang sejalan dengan nilai produk atau layanan Anda, dan pertimbangkan untuk menyesuaikan harga secara fleksibel sesuai dengan kondisi pasar. Jika memungkinkan, tambahkan nilai tambah untuk memberikan alasan bagi pelanggan untuk memilih produk atau layanan Anda meskipun harga sedikit lebih tinggi.

6. Pemasaran yang Efektif

Lakukan upaya pemasaran yang cerdas dan efektif. Manfaatkan media sosial, kampanye iklan, dan strategi pemasaran digital lainnya untuk mencapai audiens yang lebih luas. Fokus pada brand awareness dan pembentukan citra positif.

7. Pengelolaan Persediaan yang Cermat

Hindari biaya persediaan yang tidak perlu dengan memonitor dan mengelola persediaan dengan hati-hati. Mengurangi persediaan yang tidak terjual dan memastikan ketersediaan produk yang optimal dapat membantu meningkatkan keuntungan.

8. Pelayanan Pelanggan yang Unggul

Pelayanan pelanggan yang baik dapat menciptakan loyalitas pelanggan, yang pada gilirannya dapat meningkatkan retensi dan meningkatkan nilai pelanggan seiring waktu. Ini memberikan kontribusi positif terhadap pendapatan dan reputasi bisnis.

9. Kemitraan dan Aliansi Strategis

Jalin kemitraan atau aliansi strategis dengan pihak-pihak yang dapat memberikan nilai tambah bagi bisnis Anda. Ini bisa mencakup kolaborasi dengan mitra industri atau asosiasi yang relevan.

10. Evaluasi dan Adaptasi Berkelanjutan

Teruslah mengevaluasi kinerja bisnis Anda secara berkala. Adaptasi terhadap perubahan pasar dan lingkungan bisnis akan membantu bisnis tetap relevan dan kompetitif.

Meningkatkan keuntungan bisnis bukanlah tugas yang mudah, tetapi dengan pendekatan yang terencana dan terus-menerus, bisnis dapat mengoptimalkan kinerja keuangan mereka dan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan.

Baca juga: 10+ Ide Bisnis Rumahan Tanpa Modal dan Cara Menjalankannya

Cara Meningkatkan Keuntungan Bisnis dengan Sistem Order Online!

Cara Meningkatkan Keuntungan Bisnis dengan Sistem Order Online!

ilustrasi keuntungan bisnis. source envato

Penerapan sistem order online sebelumnya masih benar-benar bersifat opsional atau dijadikan pelengkap saja. Tapi dengan adanya pandemi Covid-19 yang berkepanjangan seperti saat ini, setiap pebisnis sepertinya harus bisa menerapkan sistem ini. Walaupun begitu, tingkat keuntungan yang bisa diberikan bukan hanya dari sisi keamanan dan kesehatan saja, tapi juga dari sisi efisiensi operasional bisnis.

Lantas apa saja keuntungan yang bisa dirasakan dalam menerapkan sistem order online? Temukan jawabannya dengan membaca artikel ini hingga tuntas.

  • Keuntungan Sistem Order Online Untuk Konsumen

Perlu Anda ketahui bahwa penerapan sistem order online tidak hanya memberikan keuntungan untuk perusahaan, tapi juga untuk konsumen. Sistem ini akan memberikan pelayanan yang lebih cepat dan juga lebih nyaman untuk konsumen.

Dengan adanya sistem pemasaran online, mereka bisa membuat pesanan kapan saja dan di mana saja, sesuai dengan waktu senggang yang mereka miliki.

Bahkan, mereka bisa melakukan pemesanan sambil menyelesaikan pekerjaannya, seperti memesan makan siang di tengah kesibukan menyelesaikan laporan bulanan. Di waktu yang bersamaan, laporan pun bisa diselesaikan tepat waktu dan urusan perut pun bisa tercukupi.

Selain itu, umumnya konsumen juga bisa memeriksa status pemesanannya secara mudah dengan menggunakan aplikasi ataupun website penjual. hal ini sangat penting sekali, apalagi bila Anda menerapkan model bisnis B2B. kenapa?

Dalam berbisnis, pengelolaan persediaan adalah bagian yang sangat sulit dan cukup menantang. Para pebisnis tentu ingin mempunyai stok produk yang cukup namun tidak ingin menumpuknya terlalu lama. Untuk itu, informasi tentang status pesanan dan estimasi tibanya produk adalah hal yang sangat penting untuk konsumen.

Dengan mengetahui perkiraan tiba produk, maka konsumen yang berstatus sebagai bisnis besar bisa lebih mudah dalam mengelola ruang persediaannya lebih dahulu.

Terakhir, konsumen bisa memilih atau memesan produk yang diinginkannya secara langsung, sehingga potensi dalam mencatat pesanan dan mengirim pesanan akan sangat minim. Hal ini sangat penting demi kepuasan pelanggan.

Baca juga: Apa itu MPOS? Ini Pengertian dan Manfaatnya untuk Bisnis!

  • Keuntungan Sistem Order Online Untuk Pebisnis

Umumnya, sistem pemasaran online akan mampu memaksimalkan operasional bisnis harian. Selain bisa menjadikan kegiatan bisnis menjadi lebih efisien, sistem ini juga memiliki peran yang sangat penting dalam mengurangi terjadinya kesalahan dan juga menekan kemungkinan terjadinya duplikasi pemesanan.

Selain itu, Anda juga bisa menghemat banyak waktu dan bisa membuka banyak peluang dalam mengembangkan bisnis yang lebih besar lagi.

Contohnya, usaha warung makan dengan menggunakan web link untuk membagikan menu melalui pesan WhatsApp atau pada media digital lainnya. Sehingga, pesanan yang diterima pun akan sesuai dan akan minim akan human error, karena pihak konsumen sudah menulis dan juga memilih sendiri pesanannya.

Sedangkan dari sisi pembayaran, sistem order online juga terkenal sangat efisien. Sistem ini bisa terhubung langsung dengan e-wallet, sehingga kegiatan transaksi pun bisa dilakukan dengan sangat mudah, terlebih lagi jika Anda sudah menggunakan Aplikasi POS dari Accurate POS.

Kenapa? Karena Accurate POS sudah didukung dengan fitur pembayaran tunai dan non tunai. Sehingga, akan mampu memberikan pengalaman yang lebih baik dan mampu mempercepat proses penjualan.

Selain itu, Accurate POS juga akan menatat setiap transaksi secara otomatis dan akan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara akurat. Dengan begitu, Anda bisa memiki lebih banyak waktu untuk fokus pada pengembangan bisnis.

Ayo buktikan sendiri dengan mencoba dan menggunakan Accurate POS selama 30 hari gratis melalui tautan gambar di bawah ini.

aplikasikasirbanner
sidebarPromo
Ayunda
Seorang yang memiliki hobi penulisan dan jurnalistik dan sedang mendalami ilmu akuntansi dan bisnis agar bisa memberikan manfaat bagi para pebisnis di Indonesia.

Artikel Terkait