Coffee Shop, Ini 3 Tips Memilih Lokasi Bisnisnya yang Harus Anda Ketahui

Jika Anda ingin membuka bisnis coffee shop, maka Anda harus mengetahui lokasi yang tepat dalam menjalankan bisnis tersebut.

Terdapat beberapa hal yang harus Anda ingat dalam memilih lokasi untuk membuka bisnis ini. Rencana bisnis yang matang serta konsep yang unik dan menarik tidak akan berjalan dengan baik jika lokasi bisnis Anda kurang strategis.

Untuk itu, dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan tips untuk memilih lokasi coffee shop terbaik untuk Anda.

Tips Memilih Lokasi Coffee Shop

1. Di Lokasi yang Banyak Dilalui Orang dan Mudah Terlihat

Sama seperti bisnis lain pada umumnya, salah satu kunci sukses dalam membuka bisnis kedai kopi adalah lokasi. Hal ini bukan tentang di mana bisnis Anda berada, walaupun memang hal tersebut juga penting. Tapi, kali ini kita harus memikirkan terkait bagaimana lingkungan yang berada di lokasi coffee shop Anda.

Lalu lintas kendaraan dan pejalan kaki harus menjadi salah satu faktor yang harus Anda pertimbangkan. Jadi, memilih lokasi coffee shop di pusat perbelanjaan, lokasi bisnis, ataupun area kampus adalah pilihan terbaik.

Namun, hal yang harus Anda ingat adalah tidak terlalu mengandalkan kata-kata dari orang lain. Maksudnya, luangkanlah waktu Anda untuk melakukan survey di area tersebut, bila perlu hitunglah jumlah mobil dan juga orang yang melewati lokasi tersebut.

Selain itu, pastikan juga jumlah kendaraan dan juga orang yang melewati lokasi tersebut cukup untuk membuat bisnis coffee shop Anda bisa bertahan lama.

Anda juga harus memastikan coffee shop yang ingin Anda bangun mudah terlihat. Contohnya, bila lokasi coffee shop Anda di area kampus namun berada di ujung gang yang sempit, maka orang pun akan kesulitan untuk melihatnya, dan akan sangat berdampak pada bisnis Anda. Oleh karena itu, pilihlah tempat yang mudah untuk terlihat orang.

Jika Anda memang terpaksa memilih lokasi yang tidak mudah terlihat, karena misalnya alasan anggaran, maka gunakanlah signage. Semakin menarik dan semakin besar signage yang Anda pasang, maka akan semakin baik.

Baca juga: Biaya Eksplisit: Ini Pengertian dan Contohnya

2. Pertimbangkan Area Dengan Kebiasaan Orang Minum Kopi Di Luar Rumah

Saat kita membahas tentang coffee shop, beberapa dari Anda mungkin terbayang wilayah Yogyakarta. Namun, area mana yang lebih tepat? Jadi bila kita membicarakan coffee shop di wilayah Yogyakarta, maka area seperti Demangan, Seturan, atau Jalan Kaliurang adalah area yang pas.

Atau bila Anda terbayang wilayah Bali, maka Anda bisa membuka coffee shop di area Ubud. Atau bila Anda ingin membuka di Jakarta, Anda bisa memilih area di sekitar Senopati atau di sekitar Tebet.

Nah, sebelum Anda memutuskan kota atau area mana yang pas untuk membuka coffee shop, lakukanlah terlebih dahulu riset yang mendalam. Khususnya terkait kebiasaan orang dalam meminum kopi di area tersebut.

Selain itu, cari tahu juga pendapatan rata-rata masyarakat dan berapa banyak yang mau mengeluarkan uang untuk minum kopi di luar rumah.

Anda bisa mulai mencari berbagai data statistik yang penting, seperti jumlah konsumsi kopi per kapita dari situs resmi Badan Pusat Statistik Nasional.

Baca juga: Poin Reward, Strategi Membangun Loyalitas Pelanggan

3. Jangan Berusaha Menyenangkan Semua Orang

Anda tidak akan bisa menyenangkan semua orang, termasuk dalam membuka bisnis coffee shop. Kenapa? Karena sewa tempat yang bagus dan berada di area kampus atau perkantoran, bukan berarti Anda harus menargetkan kedua pasar tersebut.

Ingatlah bahwa yang dicari oleh mahasiswa yang berumur belasan hingga dua puluhan awal berbeda dengan kebutuhan para pekerja kantoran.

Untuk itu, fokuslah pada hal khusus yang ingin Anda tawarkan dan melakukannya dengan baik. Untuk dapat menarik perhatian generasi muda dan memenuhi kebutuhan mereka, Anda bisa menyediakan kopi berkualitas baik yang dikombinasi dengan minuman lainnya yang menarik.

Tapi jika Anda ingin memenuhi kebutuhan mereka yang ingin merasakan makanan lezat, maka Anda bisa fokus pada menyediakan menu makan yang lezat. Anda juga bisa tetap menyediakan kopi yang berkualitas tinggi, namun variasinya saja yang mungkin terbatas.

Hal yang ingin Anda fokuskan tersebut bisa Anda jadikan pedoman dalam memilih lokasi coffee shop. Karena, hal tersebut sangat berhubungan dengan target pasar yang ingin Anda sasar.

Baca juga: Dept Store Adalah: Ini Pengertian dan Bedanya Dengan Supermarket

Penutup

Demikianlah tips memilih lokasi coffee shop dari kami. Walaupun memang cukup rumit dan kompleks, tapi perlu Anda ketahui bahwa memilih lokasi coffee shop tidak hanya akan berdampak pada keuntungan yang akan Anda peroleh, tapi juga akan berdampak pada semua citra bisnis Anda.

Memilih lokasi yang tepat tidak bisa Anda lakukan dan putuskan secara cepat. Anda harus bisa melakukan riset yang mendalam. Semakin banyak upaya dan waktu yang Anda investasikan dalam memilih lokasi bisnis, maka akan semakin baik juga dampaknya untuk bisnis dalam jangka waktu yang panjang.

Selain itu, terapkanlah digitalisasi pada bisnis coffee shop Anda agar bisa tetap relevan dengan perkembangan teknologi saat ini. Salah satu penerapan teknologi yang bisa mulai Anda terapkan adalah menggunakan sistem POS atau aplikasi kasir dari Accurate POS yang sudah terintegrasi dengan ekosistem Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate POS, kegiatan transaksi di konter kasir akan berlangsung dengan cepat dan bisa mendukung berbagai metode pembayaran.

Selain itu, setiap transaksi pun akan tercatat secara otomatis di dalam laporan keuangan yang sudah disediakan oleh Accurate POS.

Masih ada banyak lagi fitur dari Accurate POS yang akan membuat operasional bisnis Anda berjalan lebih efisien. Penasaran? Coba gratis sekarang juga selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini.

footer image blog Accurate POS

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

ayunda tania

Seorang yang memiliki hobi penulisan dan jurnalistik dan sedang mendalami ilmu akuntansi dan bisnis agar bisa memberikan manfaat bagi para pebisnis di Indonesia.