Metode Emotional Marketing untuk Mendapatkan Pelanggan

Pada dasarnya, emotional marketing adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh pihak perusahaan pada nama brand-nya agar bisa menjaga para pelanggan dan menciptakan emosi pada pereka untuk tetap mempertahankan penggunaan produk yang brand tersebut ciptakan.

Jadi, emotional marketing adalah suatu kegiatan untuk menjaga hubungan yang berkelanjutan dengan para pelanggan, sehingga nantinya akan timbul rasa puas serta rasa ketergantungan pada produk tersebut.

Sentuhan emosi diklaim mampu membuat adanya perbedaan yang besar atas suatu brand. Hubungan emosional pada pelanggan dengan brand akan secara otomatis tercipta melalui bagaimana para pelanggan tersebut menghabiskan waktunya dengan brand.

Emosi manusia menjadi suatu alat pemasaran yang sangat efektif. Setiap pebisnis sudah mengetahui rahasia umum tersebut. Anda mungkin akan mengira bahwa keputusan para pelanggan dalam membeli suatu produk atau barang ditentukan oleh suatu hal yang sifatnya objektif, seperti harga, kualitas barang, ataupun pelayanan pelanggan.

Namun, hal tersebut tidak sepenuhnya tepat. Emosi adalah suatu penentu yang bisa membuat seorang pelanggan mau melakukan pembelian produk.

Emotional marketing sangat berguna agar produk Anda terlihat lebih berbeda dari pada produk lainnya. selain itu, para pelanggan pun akan lebih fokus pada perasaan mereka ketika menggunakan produk tersebut, jadi tidak selamanya fokus pada produk.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan lima pendekatan emotional marketing yang mampu mengubah pelanggan Anda menjadi pelanggan yang loyal.

5 Pendekatan Emotional marketing

1. Inspirasional Emotional Marketing

Bila reputasi suatu brand sangat melekat pada orang yang sangat inspirasional, maka kesempatan bagi suatu brand untuk berkembang akan sangat besar. masyarakat akan secara efektif menghubungkan perilaku seorang model atas brand-brand tersebut. Misalnya, ada tokoh terkenal yang membintangi suatu produk iklan.

Baca juga: Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Konsumen Untuk Berbelanja

2. Aspirasional Emotional Marketing

Strategi marketing dengan pendekatan aspirasional seringkali berhubungan dengan bagaimana suatu brand menciptakan mampu dan mampu membuat suatu reaksi emosional yang positif dari keinginan target pasarnya untuk bisa menggapai mimpi tersebut.

Beberapa pelanggan mungkin sangat mendambakan finansial yang aman, mampu menikmati gaya hidup tertentu, menyekolahkan anaknya setinggi mungkin, ataupun mempunyai properti pribadi. 

3. Mengekspresikan Cinta Kasih

Cara yang paling baik dalam memanusiakan suatu brand adalah dengan menampilkan bahwa brand tersebut mampu membuat kehidupan orang lain menjadi semakin mudah, lebih baik, dan memberikan rasa bahagia saat menggunakan produk tersebut. 

4. A Milestone Connection

Suatu peringatan lahir dan bertahan karena suatu perusahaan mampu menjadi kesempatan untuk brand dalam memperkuat hubungannya dengan para konsumen.

Suatu brand mampu menampilkan tingkat konsistensi dalam mengembangkan suatu strategi baru yang lebih mengutamakan pelanggan.

Dengan membuat suatu cerita tentang bagaimana brand tersebut memiliki peran yang penting dalam kehidupan sehari-hari pelanggan, maka akan menjadi strategi yang sangat efektif untuk menarik perhatian para pelanggan.

5. Local Angle

Suatu brand bisa menjadi sangat menarik jika menghubungkan kebanggaannya pada daerah tempat brand tersebut lahir. Brand yang mampu mengedepankan penjualan produk lokal akan mampu mendapatkan keuntungan dari menjadi ciri khas daerah itu sendiri.

Strategi marketing yang dilakukan bisa dengan mengaitkan suatu brand dengan olahraga, atraksi, sekolah, ataupun tradisi lainnya yang terkenal dari masyarakat setempat.

Baca juga: Cara Menghitung Modal Awal Secara Mudah Untuk Berbagai Bisnis

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang metode emotional marketing. Anda bisa mengedepankan kelima pendekatan di atas untuk diterapkan dalam bisnis.

Namun, jangan lupa juga untuk memberikan pengalaman berbelanja yang berbeda pada pelanggan agar mereka bersedia menjadi pelanggan setia. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi kasir dari Accurate POS.

Dengan Accurate POS, Anda bisa melakukan penjualan secara cepat, mengelola karyawan dengan baik, mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan, dan berbagai hal lainnya untuk mengembangkan bisnis Anda.

Penasaran? Klik banner di bawah ini untuk bisa mencoba Accurate POS selama 30 hari, gratis!

accuratepos

ayunda tania

Seorang yang memiliki hobi penulisan dan jurnalistik dan sedang mendalami ilmu akuntansi dan bisnis agar bisa memberikan manfaat bagi para pebisnis di Indonesia.