Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Konsumen Untuk Berbelanja

Saat konsumen berbelanja, tentu akan ada banyak sekali faktor yang menjadi bahan pertimbangan konsumen dalam mengambil keputusan untuk membeli suatu produk barang atau jasa. Nah, faktor ini bisa berbentuk harga, penilaian, serta tergantung dari keperluan setiap pelanggan.

Untuk itu, penting sekali bagi kita untuk memahami bersama tentang hal apa saja yang menjadi bahan pertimbangan konsumen dalam membeli produk, mengetahui cara menyiapkan strategi, dan juga memasukkan produk ke pangsa pasar yang lebih tepat.

Nah, berikut ini adalah beberapa faktor yang mampu mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli suatu barang.

5 Hal yang Mempengaruhi Faktor Konsumen Berbelanja

1. Akses yang Mudah

Kemudahan untuk menemukan dan mengakses platform Anda dalam berjualan bisa menjadi faktor konsumen berbelanja. Bila bisnis Anda sulit untuk ditemukan dan juga diakses, maka bisa dipastikan konsumen Anda akan beralih dan mencari toko lain.

Untuk itu, solusinya adalah Anda bisa mencoba mempromosikan dan berjualan produk di marketplace, channel online, dan yang paling penting adalah mempunyai website toko Anda sendiri. Sehingga, produk dan bisnis Anda bisa lebih mudah untuk ditemukan oleh audiens.

Baca juga: Cara Menghitung Modal Awal Secara Mudah Untuk Berbagai Bisnis

2. Harga yang Terjangkau

Selain akses yang mampu membantu pelanggan dalam menemukan produk, harga pun bisa menjadi salah satu faktor penting saat membeli barang. Pastikanlah harga produk Anda sesuai dengan kualitas yang Anda berikan. Tidak terlalu murah dan tidak juga terlalu mahal.

3. Kualitas, Informasi, dan Foto yang Lengkap

Anda harus bisa memastikan kualitas suatu produk sebelum melakukan transaksi, hal ini dikarenakan kualitas sangat mempengaruhi fungsi dan juga nilai dari produk itu sendiri.

Selain itu, Anda juga harus bisa memerhatikan informasi dan foto produk Anda. Informasi serta foto yang jelas dan detail akan mampu memberikan gambaran terkait kualitas produk Anda. Sehingga, hal tersebut mampu meyakinkan konsumen terkait produk atau jasa yang Anda tawarkan. Selain itu, usahakanlah untuk selalu memperbarui stok produk Anda.

4. Penilaian Pelanggan lain

Untuk Anda yang menjalankan bisnis secara online, testimoni dan juga penilaian dari pelanggan sebelumnya bisa Anda jadikan pertimbangan khusus pelanggan baru yang ingin membeli produk dari Anda.

Penilaian dan juga testimoni ini dianggap sebagai review produk yang sebenar-benarnya. Untuk itu, Anda harus memastikan bahwa produk Anda mempunyai testimoni dan juga penilaian yang baik dari pelanggan.

5. Promosi yang Menarik

Kehadiran promosi tentu bisa menjadi daya tarik yang besar untuk pelanggan. Anda pun pastinya pernah melihat suatu promosi yang dilakukan secara besar-besaran di waktu tertentu.

Dibuatnya promo tersebut adalah agar bisa menarik konsumen baru. Namun, Anda tidak perlu melakukannya sesering mungkin. Buatlah promo yang menarik agar pelanggan Anda terus menanti-nantikan promosi produk atau jasa Anda.

Baca juga: Happy Hour: Pengertian dan Manfaatnya Untuk Bisnis Restoran

Penutup

Demikianlah beberapa faktor konsumen dalam berbelanja. Anda harus memastikan kelima hal tersebut sudah Anda miliki. Pasalnya, hal ini akan sangat berdampak pada perkembangan bisnis Anda di masa depan. Sehingga, para pelanggan tidak perlu lagi memikirkan banyak hal saat melihat produk Anda.

Nah, sebagai aplikasi kasir yang sudah terintegrasi dengan ekosistem Accurate Online, Accurate POS akan membantu Anda dalam menciptakan hubungan yang baik dengan konsumen untuk berbelanja di toko Anda.

Salah satunya adalah dengan adanya fitur yang bisa membuat Anda mengatur diskon untuk pelanggan Anda yang sudah terdaftar sebagai member. Sehingga, Anda bisa membuat suatu program yang saling menguntungkan.

Ayo, coba langsung Accurate POS selama 30 hari gratis dengan hanya klik banner di bawah ini.accuratepos