Bisnis Kopi Gula Aren, Kenapa Banyak Sekali Peminatnya?

Sebagian besar dari kita pasti pernah mencoba kopi gula aren, khususnya Anda para generasi milenial. Bisnis kopi gula aren saat ini gerainya bisa kita temukan dengan mudah di berbagai tempat.

Terdapat banyak sekali alasan yang membuat bisnis tersebut terasa begitu menggoda. Untuk itu, jangan heran bila banyak pebisnis yang mencoba membuka bisnis minuman yang satu ini dengan nama dan keunikannya tersendiri.

Lantas, kenapa bisnis kopi gula aren ini sangat banyak peminatnya? Penasaran? Tenang, karena kami akan menjelaskannya pada Anda secara lengkap di bawah ini.

4 Alasan Kenapa Bisnis Kopi Gula Aren Banyak Peminatnya

1. Produk Lama dengan Kemasan Baru

Sama seperti tren bisnis lainnya, seperti bisnis fashion yang terus berubah dan berputar-putar, kopi yang disajikan bersama dengan gula aren pun salah satu tren yang sebenarnya sudah pernah hadir, lalu kembali muncul ke permukaan dengan tingkat popularitas yang jauh lebih tinggi.

Ide bisnisnya pun bukanlah ide bisnis yang segar. Dari dulu, gula aren memang sering digunakan sebagai pengganti gula putih dan juga tebu. Teksturnya yang lebih kental untuk digunakan sebagai pelengkap hidangan sangat terasa menggoda dan juga nikmat.

Untuk Anda para penggemar dan penikmat makanan atau minuman tradisional, pastinya Anda sudah sangat akrab dengan konsep gula merah atau gula aren yang banyak dijajakan di jajanan pasar. Beberapa contohnya adalah es cendol dan juga klepon.

Kopi gula aren pun sudah ada sejak dulu dan bukanlah minuman baru. Bedanya adalah saat ini teknik branding yang digunakan untuk kopi gula aren terasa lebih terjangkau dan membumi dengan menggunakan bahasa Indonesia, yang mana saat dulu kita hanya bisa menemukannya dengan nama café au lait dan harganya pun sangat mahal.

Kopi dan gula aren disajikan dengan satu paket minuman yang sangat kekinian dan teras segar sebagai ide yang baru. Padahal, mungkin bila mau, sejak puluhan tahun yang lalu, kita bisa menemukan minuman tersebut dengan mudah di pinggir perkebunan kopi milik warga.

Baca juga: 6 Tips Mudah Membangun Bisnis Foodcourt

2. Branding Kopi Kekinian Berhasil

Walaupun memang sebenarnya minuman ini adalah minuman yang sederhana dan sudah ada sejak dulu, branding sebagai kopi kekinian berhasil mengantar kopi gula aren sebagai suatu tren yang baru dalam menikmati kopi yang segar.

Dengan penentuan pasar yang sangat tepat dan diikuti dengan teknik branding yang baik pada pasar tersebut, maka kesuksesan tren ini pun berhasil diperoleh.

Target para generasi milenial atau anak muda yang sangat suka dengan hal baru, sebutan minuman kekinian membuat generasi muda menjadi target pasar yang tak ingin untuk ketinggalan mencoba.

Perlahan lahan, pasar yang ditargetkan tersebut pun menganggap bahwa minum kopi gula aren adalah suatu budaya baru yang mulai harus diadopsi. Untuk itu, jangan heran bila branding sukses mengantar minuman kopi gula aren mencapai puncak popularitasnya.

3. Sukses Memanfaatkan Budaya yang Sudah Ada

Kesuksesan kopi gula aren sebagai tren minuman baru yang kekinian tidak diraih secara instan. Setiap pebisnis yang memulai bisnis ini sangat pandai dalam melihat peluang dan juga karakteristik pasar yang mereka targetkan. Ditambah lagi, budaya minum kopi pun bukanlah suatu yang baru di masyarakat Indonesia.

Di berbagai buku pelajaran pun seringkali diilustrasikan adanya seorang ayah yang sedang menikmati kopi di waktu senja, lengkap dengan cemilannya dan sambil melihat anak-anaknya bermain.

Sebagian besar dari kita pun tumbuh dengan anggapan bahwa kopi adalah minumannya para orang dewasa, sehingga generasi muda yang mulai bertambah usia merasa untuk mulai minum kopi sebagai salah satu langkah awal untuk memasuki dunia para orang dewasa yang sering mereka baca di buku pelajaran.

Selain itu, masyarakat Indonesia pun sudah sangat terbiasa dengan adanya budaya nongkrong, berkumpul dengan teman ataupun orang kesayangan, serta membahas hal apapun dengan adanya dasar kebersamaan.

Berbagai budaya tersebut lalu difasilitasi dan dirangkum dengan kehadiran gerai kopi yang mampu menyuguhkan minuman dengan kemasan yang bisa dibawa pulang ataupun minum di tempat sambil mengobrol dengan teman.

Dengan cara memanfaatkan berbagai budaya tersebut dengan baik, maka bisnis kopi pun semakin berkembang dan terus menjamur.

Baca juga: Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Konsumen Untuk Berbelanja

4. Mudahnya Menemukan Gerai

Para pebisnis seolah tidak ingin meninggalkan peluang bisnis yang satu ini. seiring dengan banyaknya para pebisnis yang mulai terjun ke dalam industri ini, maka banyak gerai kopi yang semakin muncul ke permukaan, baik itu dari jenama yang sudah terkenal, sampai nama baru lain yang tidak ingin ketinggalan dalam mengambil bagiannya.

Semakin banyaknya pilihan yang saat ini tersedia membuat para penikmat kopi semakin senang dan mereka bisa dengan mudah mengakses produk tersebut.

Untuk itu, jangan heran bila bisnis kopi ini berkembang dengan pesat dan diklaim tidak akan mati dalam kurun waktu yang singkat. Walaupun memang kompetisi di pasar semakin besar, namun animo pelanggan pada produk minuman kopi gula aren pun tetap tinggi.

Bila Anda ingin mencoba bisnis dengan peluang keuntungan yang tinggi dan mencari bisnis yang sedang tren serta bertahan lama, maka bisnis kopi gula aren bisa jadi pilihan terbaik. Dengan banyaknya alasan di atas, Anda akan seolah-olah memiliki jaminan bahwa bisnis ini adalah bisnis yang sehat dan sudah teruji.

Sisanya tinggal bagaimana Anda meningkatkan ketekunan dan keuletan dalam menyajikan berbagai nilai tambah dalam membuat kopi gula aren Anda agar terasa berbeda dengan kompetitor lainnya.

Selain dalam hal produk, Anda juga bisa memberikan nilai tambah pada para pelanggan dengan cara menggunakan aplikasi kasir yang mampu menyajikan transaksi pemesanan dan pembayaran pada para pelanggan menjadi lebih cepat, mudah dan praktis, lengkap dengan berbagai pilihan metode pembayaran.

Salah satu aplikasi kasir yang patut Anda pertimbangkan adalah aplikasi kasir dari Accurate POS. Kenapa? Karena Accurate POS sudah terintegrasi dengan ekosistem Accurate Online, sehingga Anda bisa melakukan penjualan dengan cepat, mengelola pegawai, serta mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis.

Penasaran? Anda bisa mencoba Accurate POS terlebih dahulu dengan klik tautan gambar di bawah ini.accuratepos

ayunda tania

Seorang yang memiliki hobi penulisan dan jurnalistik dan sedang mendalami ilmu akuntansi dan bisnis agar bisa memberikan manfaat bagi para pebisnis di Indonesia.