Tips Melakukan Manajemen Gudang yang Baik dengan Aplikasi POS

Manajemen gudang, terutama untuk para pebisnis yang bergerak pada industri retail, adalah salah satu hal penting yang harus dilakukan agar proses bisnis bisa berjalan dengan baik. Jangan sampai nanti ada pelanggan yang berkunjung ke tempat bisnis Anda  menjadi kecewa saat tidak menemukan produk yang dicarinya karena salah mengelola inventaris.

Nah, untuk bisa memastikan ketersediaan barang selalu terjaga, terdapat beberapa tips ampuh yang bisa dilakukan. Uniknya, salah satu tips tersebut adalah dengan menggunakan aplikasi POS atau aplikasi kasir.

Kok bisa? Apa saja tips tersebut? Temukan jawabannya dengan membaca artikel ini hingga selesai.

4 Tips Melakukan Manajemen Gudang

1 Catat Setiap Barang yang Masuk dan Keluar

Walaupun mungkin Anda sudah memiliki kesepakatan khusus dan mempercayakan pada supplier pilihan Anda. Namun, usahakanlah untuk tetap menghitung ulang setiap barang yang masuk ke gudang Anda. Pastikanlah agar seluruh jumlah barang sudah sesuai dengan yang sudah dipesan.

Selain itu, catat juga setiap barang yang keluar, sehingga Anda memiliki perkiraan kasar tentang waktu terbaik untuk memesan produk tersebut kembali untuk persediaan. Bila perlu, pisahkanlah berbagai catatan antara barang yang masuk ke gudang dengan yang berada di etalase, sehingga hal ini akan membuat perhitungan yang lebih rapi.

Baca juga: 8 Cara Ampuh Meminimisir Kecurangan di Konter Kasir

2. Periksa Data Penjualan Setiap Produk yang Anda Pesan

Adalah hal yang wajar bila ada salah satu barang yang lebih cepat terjual dengan barang lain. Oleh karena itu, mengelola inventaris bisnis harus dilakukan dengan cara mempertimbangkan siklus jual pada setiap produk.

Jangan sampai Anda kehabisan produk yang banyak dicari pelanggan karena Anda menunda restock produk tersebut agar memesannya bisa secara sekaligus dengan produk yang lainnya dalam satu waktu bersamaan.

Data penjualan ini akan sangat membantu Anda bila Anda ingin melakukan restock pada jadwal tertentu, seperti sebulan sekali. Perkirakanlah berapa banyak produk yang bisa Anda jual dalam kurun waktu sebulan, sehingga tidak akan ada produk tertentu yang stoknya makin tipis dan membuat Anda harus memesan ulang di luar jadwal yang sebelumnya sudah ditetapkan.

3. Buat Sistem Keluar Masuk Barang Yang Mempermudah Karyawan

Pengelolaan gudang bukan hanya tentang memeriksa kembali jumlah barang yang sudah dipesan, namun secara fisik juga mampu memaksimalkan dengan cara menempatkan produk yang laku dijual di depan atau di bagian tertentu yang mudah dicapai karyawan.

Sehingga, saat proses pengelolaan inventaris yang ada di etalase pun karyawan Anda Bisa bekerja lebih efektif dan juga lebih efisien. Data penjualan ini bisa Anda gunakan lagi untuk memperkirakan produk apa yang memiliki perputaran lebih cepat dan harus ditempatkan pada area strategis dalam gudang.

Baca juga: Dengan Software POS, Kini Menjalankan Bisnis Restoran Tidak Ribet Lagi

4. Kelola Inventaris Dengan Aplikasi POS

Aplikasi kasir atau software POS (Point of Sales) dewasa ini tidak hanya berfungsi sebagai aplikasi untuk membantu kerja karyawan kasir Anda saja. Beberapa aplikasi POS juga bahkan menawarkan berbagai fitur untuk memudahkan Anda dalam mengelola inventaris.

Dengan fitur yang sudah terintegrasi antara yang satu dengan yang lainnya, Anda bisa lebih mudah dalam melakukan analisa data penjualan untuk menentukan produk yang paling baik untuk mengisi ulang gudang Anda, sekaligus melakukan pencatatan inventaris secara akurat.

Nah, Accurate POS Beta sudah dikembangkan sedemikian rupa agar setiap produk yang sudah Anda pesan bisa lancar dan diproses mulai dari ketika produk tiba di gudang, dipajang pada papan etalase, dan terjual di meja kasir.

Dengan melakukan manajemen gudang yang baik dan alur bisnis yang lancar, tentunya setiap pelanggan Anda akan lebih puas dalam melakukan transaksi dan tertarik untuk melakukan pembelian lagi di masa depan.

Bagaimana? Apakah Anda sudah merasakan manfaat Accurate POS tersebut? Berikan feedback Anda pada email yang sebelumnya sudah kami kirim, yah.