Tips Efektif Memasarkan Produk Makanan

Bisnis kuliner memang tidak pernah sepi peminat, karena bisnis kuliner diprediksi bisa terus berkembang semakin pesat. Hal tersebut dikarenakan makanan adalah kebutuhan pokok dan manusia akan terus-menerus memerlukan makanan dan juga minuman hingga kapanpun. Oleh karena itu, bisnis kuliner ini adalah bisnis yang pasarnya tidak akan pernah surut. Namun, menjalankan bisnis makanan juga harus diiringi cara memasarkan produk makanan dengan tepat agar bisa terus bertahan lama di pasar kuliner.

Lantas, bagaimana cara memasarkan produk makanan dengan tepat? Simak tipsnya dengan membaca artikel di bawah ini hingga selesai.

Strategi Memasarkan Produk Makanan 

1. Kemasan yang Mengesankan

Salah satu bentuk strategi pemasaran yang bisa Anda terapkan adalah kemasan produk. Kenapa? karena kemasan produk yang mengesankan bisa menarik setiap calon pelanggan untuk bisa membeli produk Anda. Selain itu, Anda juga harus bisa membuat kemasan sesuai dengan target pasar produk Anda.

Salah satu contoh sederhana dari target pasar produk makanan adalah para anak muda atau kaum milenial. Untuk mereka, Anda bisa membuat kemasan dengan konsep dan juga warna yang lebih ceria serta modern. Sehingga, mereka akan merasa tertarik dengan produk Anda.

2. Tampilkan Testimoni yang Menarik

Testimoni yang menarik dan jujur dari para pelanggan akan membuat calon pembeli lainnya percaya dengan produk makanan yang Anda jual.

Dengan cara menampilkan testimoni produk, maka Anda bisa memberikan bukti pada calon pelanggan bahwa kualitas dan juga cita rasa makanan yang Anda tawarkan memang yang terbaik.

3. Foto Produk yang Menggugah Selera

Anda harus bisa memastikan foto produk makanan Anda bisa menggugah selera mereka agar mereka bisa semakin penasaran dengan makanan Anda. Kenapa? karena foto adalah salah satu komponen yang sangat penting dalam strategi memasarkan produk makanan.

Disekitar kita pasti sering sekali ada suatu kejadian yang mana para pebisnis mempunyai produk bagus, namun karena angle dan juga pencahayaan yang kurang mendukung, maka hasilnya pun menjadi kurang memuaskan.

Untuk itu, dengan adanya visual yang menarik, maka calon pelanggan akan tertarik untuk membeli produk makanan Anda. Selain itu, jangan lupa juga untuk menyertakan foto produk makanan dengan berbagai caption yang menggoda, agar setiap calon pelanggan makin ingin membeli produk dari Anda.

4. Kerjasama dengan Layanan Pesan Antar

Anda bisa menjadikan aplikasi layanan pesan antar makanan sebagai salah satu media untuk mempromosikan dan memasarkan produk makanan Anda.

Kehadiran aplikasi tersebut akan sekaligus membuat pelanggan lebih mudah dalam menemukan bisnis Anda dan mereka sudah tidak perlu lagi datang ke restoran Anda untuk membeli produk makanan. Hal ini pun nantinya akan membantu produk makanan Anda diketahui oleh calon pelanggan yang ada disekitar tempat Anda.

5, Memasarkan Produk Makanan Online

Bila penjualan secara offline sudah Anda lakukan dan tidak memberikan hasil yang memuaskan, maka Anda bisa memasarkan produk secara online. Strategi pemasaran produk makanan secara online atau lewat media sosial ini sangat efektif untuk bisa memangkas biaya sewa tempat atau sewa ruko.

Dengan adanya berbagai kemajuan teknologi, maka Anda juga harus bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman. Nah, salah satunya adalah dengan mempromosikan produk makanan di media sosial.

Dengan menggunakan media sosial, maka Anda bisa menjalin interaksi secara lebih mudah dan juga efisien dengan para calon pelanggan Anda.

6. Mengikuti Event Kuliner

Dalam hal ini, Anda bisa mengikuti berbagai food festival agar bisa dikenal secara lebih luas oleh calon pelanggan. Dengan mengikuti event ini, maka Anda bisa memperkenalkan bisnis Anda ke banyak calon pelanggan.

Bahkan, bila ada pelanggan yang cocok dengan produk Anda, mereka akan mengajak lebih banyak teman atau memperkenalkan produk makanan Anda ke orang lain yang ada disekitarnya.

Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu mencantumkan media sosial serta nama restoran dan produk Anda di acara tersebut, agar nantinya pelanggan Anda bisa terus mengingat dan mencari produk makanan Anda.

7. Berikan Promo, Diskon, dan Giveaway

Salah satu cara yang efektif dalam menarik calon pelanggan adalah dengan memberikan promo, diskon dan juga giveaway. Anda bisa membagikan produk makanan Anda secara gratis dengan berbagai syarat tertentu.

Namun, cara ini harus Anda iringi juga dengan pengelolaan dan pemantauan bisnis secara berkala. Tujuannya adalah agar hasil yang Anda dapatkan bisa digunakan secara lebih bijak.

Saat ini Anda bisa lebih mudah dalam memantau bisnis karena sudah ada software POS (Point of Sales) atau aplikasi kasir digital dari Accurate POS.

Karena sudah terintegrasi secara langsung dengan ekosistem Accurate Online, Anda bisa melakukan penjualan, melakukan manajemen karyawan, mengelola pelanggan, dan mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis cepat dan akurat.

Di dalamnya juga Anda bisa memasarkan produk dengan cara memberikan potongan harga atau diskon untuk para pelanggan yang sudah menjadi anggota member, sehingga mereka akan loyal pada produk Anda.

Tertarik? Anda bisa mencoba Accurate POS terlebih dahulu selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.

footer image blog Accurate POS

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

ayunda tania

Seorang yang memiliki hobi penulisan dan jurnalistik dan sedang mendalami ilmu akuntansi dan bisnis agar bisa memberikan manfaat bagi para pebisnis di Indonesia.