Cara Menyesuaikan Pos Kerja Karyawan Berdasarkan Soft Skillnya

Walaupun soft skill memang tidak secara langsung berhubungan dengan pekerjaan seseorang, namun tetap mempunyai dampak yang tidak bisa diabaikan terkait dengan cara seseorang dalam menyelesaikan setiap pekerjaannya.

Untuk itu, setiap pebisnis harus menyesuaikan keterampilan yang dimiliki oleh seorang karyawan dengan pos kerja yang dimiliki olehnya. Apa saja keterampilan yang dimaksud?

Baca terus artikel tentang cara menyesuaikan pos kerja karyawan berdasarkan soft skill nya di bawah ini.

3 Jenis Softskill dan pos kerja yang sesuai dengannya

1. Komunikasi

Komunikasi pada dasarnya adalah salah satu keterampilan yang sangat penting dan juga wajib untuk dimiliki oleh setiap tenaga kerja, terlepas dari apapun jenis pekerjaan tersebut.

Kemampuan terkait komunikasi ini harus selalu diasah, sehingga tidak perlu lagi khawatir bila ada yang belum mempunyai kemampuan untuk melakukan komunikasi dengan baik, karena kemampuan ini bisa dilatih dari waktu ke waktu sesuai dengan kebutuhan.

Nah, karyawan yang sudah memiliki keterampilan komunikasi bisa dimanfaatkan untuk ditempatkan pada divisi pemasaran ataupun penjualan untuk melakukan kegiatan upselling, atau bahkan pada bagian kasir agar bisa memastikan para pelanggan bisa menikmati pengalaman melakukan transaksi yang memuaskan guna menjaga tingkat retensi pada bisnis Anda.

Baca juga: UMKM Naik Kelas Dengan Perangkat Digital yang Canggih

2. Critical Thinking atau Berpikir Kritis

Karyawan yang mempunyai pemikiran kritis bisa menjadi kekuatan yang akan sangat menguntungkan bisnis. apalagi jika karyawan tersebut diberikan posisi manajerial yang memang harus bisa mengidentifikasi masalah dan solusinya dari berbagai aspek.

Untuk itu, karyawan yang mempunyai kemampuan berpikir kritis sangatlah tepat untuk ditempatkan pada posisi manajerial, karena bisa membantu Anda sebagai pebisnis dalam mengembangkan strategi yang mampu membuat bisnis Anda untuk terus maju.

Tapi, bukan berarti kemampuan ini tidak dibutuhkan untuk para karyawan lainnya yang bekerja di lapangan.

3 Kesopanan dan Etika Kerja

Tidak semua karyawan paham akan pentingnya menunjukkan rasa sopan dan etika dalam bekerja. Kebanyakan karyawan yang sudah mempunyai kemampuan ini akan diiringi dengan kemampuan manajemen waktu yang baik dan juga mampu beradaptasi dengan cepat saat harus berhadapan dengan pelanggan ataupun teman kerjanya.

Berhubungan dengan integritas yang ditunjuk oleh karyawan dalam hal menjaga manajemen waktunya agar tetap rapi, Anda bisa menempatkan mereka pada beberapa pos pekerjaan yang memang memerlukan kemampuan tersebut.

Contohnya saja bagian gudang, mereka yang mampu menunjukkan etika kerja dengan baik akan bisa berkembang pesat di dalam bagian ini.

Mulai dari mencatat barang yang keluar-masuk, sampai gigih dalam menghadapi karyawan yang berasal dari divisi lain saat memerlukan tenaga gudang untuk memastikan setiap barang yang keluar-masuk sudah melalui prosedur yang tepat. Sehingga, kerugian bisnis yang muncul karena cara pengelolaan gudang yang buruk pun bisa dihindari.

Selain itu, ketelitian juga termasuk pada bagian keterampilan etika. Untuk itu, bila Anda sudah mengetahui bahwa Ada karyawan yang teliti dan baik saat melakukan sesuatu, maka Anda bisa menempatkan mereka pada bagian jaminan mutu atau keuangan.

Baca juga: Peran Penting Aplikasi Kasir demi Kemajuan UMKM Indonesia

Penutup

Setiap keterampilan di atas tentunya mempunyai pos kerjanya tersendiri yang sesuai. Agar bisa memastikan setiap karyawan sudah ditempatkan pada posisi yang tepat sesuai dengan keterampilannya, maka sebagai pebisnis Anda harus mengetahui terlebih dahulu cara setiap karyawan Anda dalam bekerja dan keterampilan apa saja yang memengaruhi kinerja mereka.

Kegiatan ini adalah salah satu bagian yang penting dari keterampilan kepemimpinan, yakni kemampuan dalam mengelola SDM dan mengarahkan mereka pada setiap porsi kerja yang memang sudah sesuai. Untuk mengelola sumber daya lainnya, maka Anda mungkin bisa memanfaatkan berbagai fitur yang ditawarkan di dalam software Accurate POS Beta.

Accurate POS Beta juga sudah dilengkapi dengan fitur yang akan membantu Anda dalam mengelola karyawan, mulai dari fitur absensi sampai dengan menghitung komisi karyawan Anda.

Jadi, bagaimana pengalaman Anda selama ini menggunakan Accurate POS Beta?kirim pengalaman, kritik dan saran terbaik Anda pada kami melalui email yang sebelumnya sudah kami kirim, yah!

ayunda tania

Seorang yang memiliki hobi penulisan dan jurnalistik dan sedang mendalami ilmu akuntansi dan bisnis agar bisa memberikan manfaat bagi para pebisnis di Indonesia.