North Star Metric: Pengertian dan Cara Menentukannya

Jika Anda ingin mendalami dunia bisnis, maka north star metrics adalah suatu istilah yang harus Anda pahami dengan baik. Hampir sama dengan growth hacking, parameter yang satu ini diklaim sebagai salah satu metrik yang paling penting di dalam dunia bisnis.

Parameter ini bisa membantu Anda dan karyawan lainnya untuk bisa memahami peran penting dari nilai suatu produk bisnis perusahaan.

Lalu, apa pengertian sebenarnya dari north star metrics? Kenapa cara metrik ini sangat penting untuk bisnis? Tenang, pada kesempatan kali ini kami sudah merangkum jawabannya khusus untuk Anda pada artikel tentang north star metrics di bawah.

Pengertian North Star Metrics

Berdasarkan laman Grow, NSM atau north star metrics adalah satu-satunya parameter yang diklaim paling efisien dalam hal memprediksi kesuksesan jangka panjang perusahaan. Parameter ini menjadi metrik yang secara spesifik bisa menangkap nilai inti dari produk barang ataupun jasa yang nantinya akan diberikan oleh perusahaan pada pelanggan.

North star metrics sendiri pertama kali digunakan oleh perusahaan yang bergerak dalam industri teknologi di Silicon Valley, Amerika Serikat. Mereka mengungkapkan bahwa metrik ini bisa membantu perusahaan bergerak melampaui tingkat perkembangan yang lebih sederhana.

NSM mampu memberikan solusi pada setiap perusahaan agar bisa menghasilkan nilai yang lebih tahan lama.

Secara tidak langsung, north star metrics mampu membantu perusahaan agar bisa terus bersaing dengan cara mempersiapkan solusi terbaik untuk risiko di masa mendatang.

Baca juga: Cara Menaikan Omset Penjualan Bisnis Secara Efektif

Fungsi NSM untuk Perusahaan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, north star metrics adalah suatu parameter yang harus Anda pahami bila ingin bisa terjun ke dalam dunia bisnis.

Tapi, metrik yang satu ini juga mempunyai peran yang sangat penting untuk tim produksi perusahaan. Kenapa? karena metrik ini mampu menjelaskan hubungan antara masalah pelanggan yang coba dipecahkan oleh tim produk dan juga pendapatan yang ingin dihasilkan oleh tim bisnis.

Selain hal tersebut, biasanya NSM juga mempunyai tiga fungsi utama untuk perusahaan, yaitu:

  • NSM mampu memberikan kejelasan pada perusahaan dan keselarasan tentang hal yang harus dimaksimalkan dan ditinggalkan oleh tim produk.
  • Parameter ini juga bisa mengkomunikasikan dampak dan juga kemajuan nilai produk ke semua perusahaan. Hal ini secara tidak langsung akan menghasilkan dukungan yang lebih banyak dan juga inisiatif produk strategis secara lebih cepat.
  • NSM juga mampu membantu perusahaan untuk menciptakan produk yang lebih menguntungkan untuk bisnis dan pelanggan.

Baca juga: Pengertian Marketing Below The Line, Above The Line, dan Through The Line

Cara Menentukan NSM

Setelah mengetahui fungsi dan pengertian NSM untuk perusahaan, jelas sudah bahwa north star metrics adalah suatu hal yang harus dimengerti dengan baik oleh tim produk dan tim bisnis. Walaupun begitu, menentukan NSM bukanlah hal yang mudah. Anda dan perusahaan harus memutuskan apa saja yang benar-benar penting untuk keputusan bisnis.

Namun, membahas hal yang penting untuk perusahaan sangatlah kompleks dan cenderung sulit untuk ditentukan. Tidak sedikit perusahaan yang lebih menekankan fokus pada pendapatan dan bukan pada berbagai hal lainnya yang cukup penting.

Berdasarkan laman Mixpanel, cara yang paling efisien dalam menentukan NSM secara ampuh adalah sebagai berikut:

  • Tanyakanlah hal apa saja yang penting untuk masa depan bisnis Anda, prioritaskan dan bentuklah daftar tertentu.
  • Seperti apakah KPI atau metrik yang digunakan dalam menilai berbagai faktor yang berada di puncak daftar?
  • Metrik apa saja yang mampu merangkum tingkat kesuksesan perusahaan dalam membuat produk yang lebih berkualitas?
  • Bangunlah hirarki metrik dengan NSM sebagai parameter yang utama.

Selain keempat hal diatas, Anda juga harus mengajukan beberapa pertanyaan lain agar bisa lebih membentuk north star metrics yang lebih ampuh.

Baca juga: Bisnis O2O Adalah: Kelebihan dan Cara Menerapkannya

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang north star metrics. Jadi, north star metrics adalah satu-satunya parameter yang diklaim paling efisien dalam hal memprediksi kesuksesan jangka panjang perusahaan. Untuk bisa menggunakan parameter ini, Anda bisa menentukannya terlebih dulu lewat cara yang sudah kami jelaskan di atas.

Untuk membantu Anda dalam menyediakan parameter yang lebih baik, maka Anda harus beradaptasi dan menerapkan digitalisasi di dalam bisnis. Anda bisa memulainya dengan menggunakan sistem POS atau aplikasi kasir digital dari Accurate POS.

Dengan menggunakan Accurate POS, maka Anda bisa lebih mudah dalam mengelola penjualan, pembelian, persediaan, dan masih banyak lagi. Selain itu, karena sudah terintegrasi dengan ekosistem Accurate Online, maka Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat.

Tunggu apa lagi? Ayo gunakan dan coba Accurate Online sekarang juga selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini.

accurate.id footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!