On Demand Service: Model Bisnis yang Akhir-akhir Ini Makin Populer

oleh | Feb 16, 2022

source envato.

On Demand Service: Model Bisnis yang Akhir-akhir Ini Makin Populer

Perkembangan teknologi yang terjadi sangat pesat beberapa tahun belakang ini membuka banyak peluang bisnis, salah satunya adalah on demand service. Sederhananya, model bisnis ini adalah suatu model bisnis yang dilakukan dengan menyediakan jasa ataupun produk secara cepat setelah pelanggan berhasil melakukan pemesanan sesuai dengan kebutuhannya.

Untuk di Indonesia sendiri, peluang untuk membuka bisnis on demand service ini masih terbuka sangat luas. Bisnis ini berkembang dengan sangat pesat seiring dengan perkembangan e-commerce. Bisnis ini pun sudah mempunyai momentum yang sangat besar semenjak Gojek berhasil memasuki pasar Indonesia pada tahun 2015 lalu.

Perusahaan tersebut hadir dengan menyediakan jasa ojek online yang bisa dipesan melalui aplikasi dan dianggap mampu menyelesaikan masalah transportasi yang terjadi di kota-kota besar, khususnya di Jakarta.

Lantas, apa itu model bisnis on demand service? Seberapa besar potensi model bisnis ini? Lalu, Apa saja kelebihan dalam menjalankan model bisnis on demand service? Temukan jawabannya dengan membaca artikel tentang model bisnis on demand service di bawah ini hingga selesai.

Potensi Model Bisnis On Demand Service

Kabar baiknya, potensi yang terjadi di pasar on demand service ini tidak hanya sebatas layanan seperti Gojek saja. Masih ada banyak perusahan startup lainnya yang berlomba untuk membantu pengguna dalam menemukan berbagai vendor lokal, mulai dari jasa perbaikan AC sampai jasa membersihkan gudang perkantoran.

Dalam era new normal seperti saat ini, on demand service sudah menjadi suatu model bisnis yang bisa diterapkan di berbagai klinik kecantikan atau salon. Para pelanggan bisa menggunakan jasa mereka dan menikmati layanan hanya dari rumah saja.

Walaupun memang masih sangat terbatas, namun peluang bisnis ini nyatanya dilirik oleh para pebisnis dalam industri kesehatan. Buktinya, saat ini kita bisa dengan mudah menggunakan aplikasi pemesanan dan pengantaran obat seperti aplikasi GoApotik.

Disisi lain, semakin mudahnya akses dalam menggunakan internet dengan kecepatan tinggi membuat layanan video on demand service semakin banyak dinikmati oleh masyarakat. Oleh karena itu, jangan heran jika aplikasi seperti Netflix, iFlix, Video, atau HOOQ mulai mempunyai tempat yang sangat besar di pasar Indonesia.

Meskipun banyak bisnis yang terus hadir di tengah masyarakat, namun model bisnis on demand service ini masih memasuki tahap awal. Kenapa? Karena model bisnis ini adalah area yang cukup susah untuk digeluti dengan alasan keterbatasan, khususnya dalam hal infrastruktur.

Tapi, peluangnya masih tetap menjanjikan dan sangat layak untuk digali lebih dalam. Bagaimanapun juga, negara kita ini masih menjadi salah satu dengan dengan jumlah masyarakat paling banyak.

Sementara itu, internet baru bisa menjangkau separuh dari semua masyarakat di Indonesia. Untuk itu, masih banyak sekali potensi pasar yang bisa dieksplorasi dari bisnis ini.

Baca juga: Ide Promo Valentine Di Bulan Cinta Untuk Bisnis Anda

Kelebihan Bisnis On Demand Service

Bisnis apapun yang ingin Anda jalankan, Anda harus bisa menganalisa kebutuhan konsumen dan menawarkan solusi yang relevan bila ingin mencapai kesuksesan. Selain itu, Anda juga harus bisa mempelajari peluang dan teknologi agar mampu memberikan fasilitas yang paling baik bagi para pelanggan.

Kelebihan yang ada pada model bisnis ini adalah para pelanggan bisa memenuhi kebutuhannya di mana saja dan kapan saja hanya dengan smartphone-nya.

Untuk itu, pengembangan pada aplikasi on demand service pun semakin meningkat. Karena, teknologi mampu membantu menyederhanakan dan memberikan kontribusi yang besar pada kebutuhan pelanggan dan pebisnis.

Terlepas dari adanya motivasi pelanggan dalam menggunakan layanan on demand, setiap penyedia jasa tetap harus memastikan kecepatan, kualitas, akurasi dan kepuasaan para pelanggannya. Sehingga, bisnis on demand service bisa terus meningkatkan lahirnya inovasi agar bisa menyediakan berbagai layanan yang tepat sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Baca juga: Peran Penting Inovasi dan Kreativitas Dalam Menjalankan Bisnis

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang model bisnis on demand service dan kelebihan yang ada di dalamnya. Jadi, apa Anda mulai tertarik untuk menjalankan bisnis on demand service ini?

Bila Anda tertarik, Anda harus mulai terbiasa dengan dunia digital dan menggunakan berbagai software untuk mendigitalisasikan bisnis Anda. Nah, Anda bisa memulainya dengan menggunakan aplikasi kasir digital dari Accurate POS.

Dengan Accurate POS, maka Anda bisa mengelola pelanggan dan karyawan, melakukan penjualan dan pembelian, menyediakan berbagai jenis metode pembayaran, dan seluruh transaksi yang terjadi akan tercatat secara otomatis, cepat dan akurat.

Selain itu, Accurate POS juga sudah terintegrasi penuh dengan software akuntansi dan bisnis Accurate Online. Sehingga Anda bisa mendapatkan 200 jenis laporan keuangan dan menggunakan berbagai fitur dan modul yang lengkap di dalamnya agar operasional bisnis Anda berjalan lebih efisien.

Penasaran? Anda bisa mencoba Accurate POS terlebih dahulu selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

2 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

aplikasikasirbanner

Efisiensi Bisnis dengan Satu Aplikasi Praktis!

Konsultasikan kebutuhan bisnismu dengan tim kami.

Jadwalkan Konsultasi

artikelpos-sidebar

Ayunda
Seorang yang memiliki hobi penulisan dan jurnalistik dan sedang mendalami ilmu akuntansi dan bisnis agar bisa memberikan manfaat bagi para pebisnis di Indonesia.

Artikel Terkait