Peran Penting Aplikasi Kasir dalam Kesuksesan UMKM

Sebuah bisnis besar yang sudah bertahun-tahun menggunakan sistem POS pasti sudah sangat paham dan menghargai pentingnya sistem ini dalam hal memaksimalkan keuntungan bisnisnya.

Sebuah sistem POS yang baik dan kompleks tentu akan memiliki sistem yang kuat, lebih mudah untuk dikustomisasi, lebih canggih, sangat teknis, dan harus dioperasikan oleh seluruh staf agar bisa digunakan secara maksimal.

Sistem POS atau aplikasi kasir sebenarnya akan membuat bisnis kecil yang berorientasi pada pelanggan bisa merasakan keuntungan yang ditawarkan oleh aplikasi ini dengan harganya yang sangat terjangkau dan dengan dedikasi waktu serta tenaga yang tidak terlalu banyak.

Umumnya, aplikasi ini bisa didesain sesuai dengan keperluan bisnis secara spesifik, seperti salon dan restoran, dengan berbagai fitur yang sesuai dengan keperluan industri tersebut. Namun sayangnya, tidak semua aplikasi kasir ini dibuat untuk memaksimalkan potensi bisnis kecil.

Nilai kesuksesan bisnis kecil dalam hal menggunakan aplikasi kasir membutuhkan kombinasi antara fitur yang lebih spesifik sesuai bisnisnya, kemudahan untuk menyesuaikan aplikasi dengan keperluan spesifik bisnis, kemudahan dalam hal instalasi, penggunaan kenadalan, dan juga kemampuannya dalam hal memonitor berbagai aspek bisnis.

Lantas, bagaimana sebuah aplikasi kasir bisa membantu UMKM untuk terus berkembang? Temukan jawabannya dengan membaca artikel ini hingga selesai.

Bagaimana Aplikasi Kasir Mampu Membantu Kesuksesan UMKM?

1. Penawaran yang Terjangkau dan Menguntungkan Bisnis

Merumuskan suatu harga promo pada suatu barang tentu membutuhkan analisis yang mendalam dan juga sangat detail. Anda harus mengetahui barang mana yang tidak banyak terjual dan hanya memenuhi rak belanja Anda.

Informasi terkait hal tersebut sangat penting untuk diketahui agar nantinya bisa mengestimasi harga barang. Disinilah aplikasi POS memainkan perannya. Selain mampu menampilkan informasi inventori secara lengkap, aplikasi ini juga mampu menghitung harga diskon, promo, kupon, dll.

Selain itu, Aplikasi POS juga mampu memberikan informasi tentang bagaimana penawaran yang Anda berikan akan berdampak pada penjualan Anda secara umum.

Baca juga: Ayo Pangkas Biaya Operasional Harian Bisnis Anda dengan Menggunakan Aplikasi POS

2. Tanpa Downtime

Seluruh data POS akan tersimpan di perangkat yang bisa Anda gunakan di toko ataupun pada restoran Anda, bukan di server. Jadi, bisnis Anda bisa tetap berjalan nantinya meski koneksi internet saat itu sedang lambat ataupun terputus. Aplikasi POS akan mengunggah seluruh data ketika koneksi Anda sudah tersambung lagi.

3. Kontrol 24 jam sehari, 7 hari seminggu

Anda tidak perlu lagi khawatir dengan jam tutup toko Anda. Bila Anda berlangganan POS, maka proses tersebut bisa dilakukan secara mudah. Kenapa? karena POS adalah suatu aplikasi berbasis cloud, sebagai pebisnis Anda bisa memantau detail transaksi, analisa pelanggan, mengelola persediaan, presensi dan absensi karyawan kapanpun dan dimanapun Anda berada.

4. Manajemen Inventori Yang Lebih Terpadu

Bila Anda menjalankan bisnis, khususnya bisnis ritel, inventori tentu salah satu hal yang sangat penting bagi bisnis Anda.

Melakukan pendekatan tradisional dalam mengelola stok akan membuat Anda menghitung seluruh stok yang Anda miliki secara fisik dan reguler. Tentunya hal tersebut akan sangat melelahkan dan akan menghabiskan banyak waktu, terutama bila bisnis Anda semakin besar.

Melakukan eksekusi tanpa aplikasi POS tentu akan melibatkan banyak perhitungan manual dan berbagai dokumen penting.

5. Tak Perlu Khawatir Pencurian

Toko ritel akan selalu rawan pada setiap tindakan pencurian yang dilakukan, baik itu oleh karyawannya sendiri ataupun pelanggan.

Nilai kerugian yang diderita ini seringkali menjadi beban yang sangat berat untuk bisnis. Dengan menggunakan sistem POS, maka Anda mempunyai kontrol yang lebih baik pada seluruh barang Anda.

Semakin baik manajemen inventori yang Anda miliki, maka akan semakin kecil juga kemungkinannya dicuri tanpa Anda ketahui, ataupun dimanipulasi oleh pegawai Anda sendiri.

Baca juga: Tips Melakukan Manajemen Gudang yang Baik dengan Aplikasi POS

Penutup

Demikianlah pembahasan dari kami tentang peran penting aplikasi kasir dalam kesuksesan UMUM. Jadi, setidaknya ada lima hal yang membuat aplikasi kasir mampu membantu UMKM dalam meraih kesuksesan, yaitu adanya penawaran yang terjangkau dan menguntungkan bisnis UMKM, tanpa adanya downtime, bisa diakses 24 jam penuh, adanya manajemen inventori yang lebih terpadu, dan tak perlu khawatir dengan tindakan pencurian.

Seluruh poin di atas bisa juga Anda dapatkan pada Accurate POS Beta. Meskipun saat ini masih dalam tahap beta, namun, aplikasi kasir ini tidak kalah dengan aplikasi kasir lain yang sudah rilis lebih dulu.

Bagaimana pengalaman Anda selama ini menggunakan Accurate POS Beta? Yuk, berikan pengalaman, kritik, dan saran Anda pada terkait penggunaan Accurate Pos Beta pada email yang sebelumnya sudah kami kirim.